Pengertian Sistem Operasi Komputer dan Jenisnya


Pengertian Sistem Operasi

Pada sebuah komputer kita mengenal istilah perangkat lunak dan perangkat keras. Yang akan kita bahas ialah pengertian sistem operasi dan jenis-jenisnya yang merupakan salah satu dari perangkat lunak atau software.

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Fungsi Sistem Operasi

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
Alur Operasional Komputer
Selain memiliki tugas tertentu, sistem operasi juga memiliki beberapa fungsi yang sangat penting, dimana keberadaannya tidak bisa digantikan oleh perangkat lain. beberapa fungsi sistem operasi diantaranya adalah:
  • Untuk Mengatur Kerja Hardware
    Selain memiliki software, komputer juga memiliki hardware. Fungsi sistem operasi juga berlaku pada hardware yang merupakan perangkat keras yang melengkapi operasi kerja komputer. Hardware yang dimaksud adalah seperti CPU, Speaker, mouse, dan lainnya. Sistem operasi ini memiliki tugas yakni untuk mengatur kerja perangkat keras serta menyambungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak agar komputer dapat berjalan dengan baik.
  • Untuk Mengatur Berbagai Macam Aplikasi
    Berbagai macam aplikasi yang anda punya biasanya tersimpan dalam memori penyimpanan. Semua aplikasi tersebut terintegrasi dengan sistem operasi. Sehingga, jika tidak ada sistem operasi dalam komputer tersebut, tentu anda tidak dapat menjalankan program aplikasi-aplikasi tersebut.
  • Untuk Koordinasi Perangkat Komputer
    Adapula fungsi lain dari sistem operasi komputer yaitu dapat mengkoordinasikan banyak hal yang ada pada komputer berkenaan dengan penyusunan program yang kompleks menjadi lebih tersistem, lebih simpel, dan berurutan.Sehingga, sistem operasi ini dapat dikatakan memberikan kelebihan yang cukup nyata dengan membantu pekerjaan pengguna menjadi lebih praktis dan efisien.
  • Untuk Fungsi Komputer yang Optimal
    Sistem operasi lainnya adalah mengoptimasi kerja perangkat lunak dan perangkat keras komputer agar dapat berjalan sesuai fungsinya dan berjalan secara optimal. Beberapa perangkat membutuhkan perlakuan yang berbeda, seperti halnya CPU yang membutuhkan waktu dalam menjalankannya, yang melakukan pemanggilan-pemanggilan file yang tersimpan dalam harddisk.
Tugas Sistem operasi

Secara umum, Sistem operasi memiliki tugas untuk mengelola semua perangkat lunak dan perangkat keras yang ada pada komputer. Sistem operasi tersebut mengatur proses-proses pengaksesan perangkat lunak yang satu dengan yang lain untuk memastikan setiap perangkat lunak berjalan normal.

Untuk lebih detail, berikut beberapa tugas sistem operasi:
  1. Menyediakan antarmuka pengguna (user interface), berupa:
    • Melakukan perintah (command-base user interface) dalam bentuk teks.
    • Mengarahkan menu (menu driven).
    • Antarmuka unit grafik (graphical user interface-GUI).
    • Kombinasi ikon dan menu untuk menerima dan melaksanakan perintah.
  2. Menyediakan informasi yang berkaitan dengan hardware, yaitu berupa perangkat yang aktif atau pasif, dan mengendalikan perangkat I/O.
  3. Melakukan tugas pengolahan dan pengendalian sumber daya dalam sebuah proses sebagai berikut:
    • Multitasking, yaitu melakukan tugas secara serentak atau sekaligus pada aplikasi yang sama maupun berbeda.
    • Multiprocessing, penggunaan atau pemrosesan sebuah program secara serentak oleh beberapa unit CPU.
    • Timesharing, menggunakan sistem komputer yang sama pada banyak pengguna.
    • Multithreading, memproses aktivitas pada bentuk yang sama dengan multitasking tetapi pada aplikasi tunggal.
    • Scalability dan Network, upaya komputer dalam mengendalikan dan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan jumlah pengguna dan memperluas pelayanan.
  4. Pengelolaan file dan direktori data, yaitu memastikan file-file dalam penyimpanan sekunder tersedia jika diperlukan, dan mengamankan dari pengguna yang tidak diizinkan.
Jenis Sistem Operasi Komputer

Di pasaran tersedia banyak sistem operasi. Kita dapat memilih sistem operasi LINUX, Microsoft Windows, atau sistem operasi yang lain. Untuk mengetahui beberapa sistem operasi, simak uraian berikut.

A. Sistem Operasi MS-DOS

Sistem operasi MS-DOS dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981. Meskipun dirasa kurang populer, Anda masih dapat menemukan MS-DOS dalam sistem operasi Microsoft Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP, MSDOS yang digunakan berupa versi 5.1.2600. MS-DOS bersifat single tasking.

Sistem operasi ini belum berbasis antarmuka, sehingga perintah pemrogramannya harus menggunakan tulisan terlebih dahulu atau biasa dikenal dengan sebutan Command Prompt.

Hampir sama dengan komputer zaman terdahulu. Tampilan MS-DOS ini masih hitam putih, tidak terdapat gambar dan tampilannya masih berupa tulisan saja.Akhirnya, Microsoft terus mengembangkan MS-DOS ini hingga 8 kali versi. Namun, kemudian pengembangan sistem operasi ini pun dihentikan pada tahun 2000.

Ada beberapa kelebihan dari MS-DOS ini, antara lain:
  • Memiliki ukuran yang kecil
  • Ukuran yang kecil membuat OS ini ringan dalam penggunaan memori dan tidak membuat memori cepat penuh
  • Yang paling menyenangkan adalah OS ini kompatibel dengan berbagai perangkat.
Selain itu, adapun beberapa kekurangannya. Antara lain: 
  • Perintah masih berupa tulisan, tidak terdapat grafik dan tampilan masih hitam putih

B. Sistem Operasi Microsoft Windows
Dapat dikatakan bahwa sistem operasi Microsoft Windows mendominasi dunia komputer. Penggunaan ikon atau gambar sebagai antarmuka (interface) membuat sistem operasi ini begitu mudah digunakan. Sistem operasi ini bersifat multitasking dan multiuser. Tidak heran, sistem operasi Microsoft Windows sangat digemari. Bahkan, hingga saat ini telah lahir berbagai versi sistem operasi Microsoft Windows

Sistem Operasi Window ini merupakan sistem operasi generasi kedua setelah pengembangan pada sistem operasi DOS berhenti. Pada awal kemunculannya, Windows telah menggunakan tampilan antarmuka serta dipasang pada hampir semua komputer IBM dan komputer lain. Oleh karena itu, Windows menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia.



Dalam perkembangannya, Windows dibuat menjadi beberapa sistem operasi yakni Stand Alone dan Jaringan.Berikut adalah perkembangan Windows dari masa ke masa:
  • Windows 1.0 (1983)
  • Windows 2.0 (1987)
  • Windows 3.0 (1990)
  • Windows 3.1 (1992)
  • Windows 95
  • Windows 98
  • Windows Milenium Edition (2000)
  • Windows NT 3.1 (1993)
  • Windows NT 3.5 (1994)
  • Windows 2000 /Windows NT 5.0
  • Windows XP (2001)
  • Windows Vista (2006)
  • Windows 7 (2009)
  • Windows 8 (2012)
  • Windows 8.1 (2013)
  • Windows 10 (2015)
Setelah mengalami perkembangan OS yang cukup beragam, berikut adalah beberapa kelebihan yang dimilikioleh Windows. Antara lain:
  1. Tampilan antar muka pada OS ini membuatnya menjadi user friendly
  2. Proses Instalasi OS ini terbilang lebih mudah jika dibandingkan OS lain
  3. Salah satu kelebihan yang cukup memfasilitasi pengguna adalah karena OS ini lebih support driverdibanding yang lain
  4. Banyak perusahaan yang membuat software atau aplikasi yang cocok dengan Windows karena OS ini yang paling banyak digunakan pengguna di seluruh dunia.
  5. Bisa dibilang selalu berkembang dan berinovasitiap tahunnyakarena seperti yang sudah dilihat bahwa Windows selalu memiliki pembaruan di hampir tiap tahunnya.
Namun, selain itu, juga terdapat beberapa kekurangan pada OS Windows, seperti:
  1. Windows merupakan OS yang tidak open source sehingga jika ingin menggunakannya, maka harus membeli terlebih dulu
  2. OS ini rentan dan mudah diretas karena sistem keamanan OS masih terbilang lemah
  3. Jika pengguna tidak memiliki software bawaan, maka pengguna harus membeli terlebih dahulu untuk mendapatkan OS Windows
  4. Sistem keamanan yang rendah juga membuat OS ini rentan terkena Virus

C. Sistem Operasi Mac OS

Mac OS kependekan dari Macintosh Operating System. Sistem operasi berbasis GUI ini dirilis oleh perusahaan Apple Computer pada tahun 1984. Saat itu, teknologi Mac OS dianggap paling maju. Sayang, kehebatan ini tidak dapat dipertahankan. Tahun-tahun berikutnya Mac OS kalah bersaing dengan Microsoft Windows. Hingga saat ini Mac OS masih disempurnakan agar dapat bersaing dengan Microsoft Windows. Mac OS merupakan hasil pengembangan dari dasar sistem operasi Linux.

Kelebihannya jika dibandingkan dengan OS yang lainnya, Mac OS ini merupakan sistem operasi komputer yang pertama kali menggunakan GUI/ tampilan antarmuka yang kemudian beberapa tahun setelahnya diterapkan pula oleh Microsoft.

Dalam perkembangannya, Mac OS akhirnya diubah dengan menggunakan versi terbarunya yaitu Mac OS X. Mac OS X adalah versi ke sepuluh yang merupakan hasil pengembangan dari versi Mac OS 9. Mac OS X mulai diperkenalkan pada tahun 2001.

Sistem operasi ini memiliki kekhasan tersendiri dan terbilang eksklusif jika dibandingkan dengan sistem operasi yang lain sehigga menjadikan sistem operasi ini memiliki tempat tersendiri bagi penggunanya.

Adapun perkembangan Windows dari waktu ke waktu, sebagai berikut:
  • Mac OS System 1 (1984)
  • Mac OS System 2 (1985 )
  • Mac OS System 3 (1986)
  • Mac OS System 4 (1987)
  • Mac OS System 5 (1987)
  • Mac OS System 6 (1988)
  • Mac OS System 7 (1991)
  • Mac OS 8(1997)
  • Mac OS 9 (1999)
  • Mac OS X (2001)
  • Mac OS X /Cheetah (2001)
  • Mac OS X /Puma (2001)
  • Mac OS X /Jaguar (2002)
  • Mac OS X /Panther (2003)
  • Mac OS X /Tiger (2005)
  • Mac OS X /Leopard (2007)
  • Mac OS X /Snow Leopard (2009)
  • Mac OS X /Lion (2011)
  • Mac OS X /Mountain Lion (2012)
  • Mac OS X /Maverick (2013)
  • Mac OS X /Yosemite (2014)
Sistem operasi Mac OS juga memiliki kelebihan, antara lain:
  1. Sistem operasi lebih labik karena menggunakan UNIX
  2. Sistem Operasi yang Multitasking jika dibandingkan dengan yang lain
  3. Dokumen di Mac bisa dibaca menggunakan sistem operasi lainnya
  4. Tampilan antarmuka-nya cocok jika digunakan untuk graphic design/multimedia
  5. Memiliki tingkat keamanannya tinggi jika dibandingkan OS lain, sehingga tidak rentan terkena virus ataupun dibobol.
Selain itu, ada beberapa kekurangan pada OS ini, yaitu:
  1. Karena merupakan OS paling eksklusif diantara OS lainnya, maka harga OS ini bisa dibilang cukup mahal
  2. Mac OS hanya bisa digunakan pada komputer bermerk Apple.
  3. Software yang disediakan pada Mac OS tidak terlalu lengkap
  4. Sistem operasi ini kurang cocok jika digunakan untuk bermain game

D. Sistem Operasi UNIX

Sistem operasi UNIX dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories. UNIX digunakan untuk menjalankan jaringan komputer. Awalnya UNIX merupakan sistem operasi jenis Command line interface. Keadaan ini menyulitkan bagi pengguna (user) baru. Untuk memudahkan penggunaan, sekarang UNIX juga disediakan dalam versi Graphical User Interface.

Saat ini, orang sudah jarang memakai Unix karena OS ini terbilang kalah pamor jika dibandingkan dengan 3 Sistem Operasi lainnya seperti Windows, Mac OS, dan Linux. Beberapa jenis Unix adalah sebagai berikut:

  • A/UX
  • Domain/X
  • Darwin
  • CTIX
  • Distrix
  • UniCOs
  • DG/UX
  • Ultrix
  • CLIX
  • Digital UNIX
  • DVIX
  • SINIX
  • Dyix
  • SCO XENIX
  • SCO OpenServer
  • SCO UNIX
  • Coherent
  • Tru64
  • XENIX
  • AIX
  • UinxWare
  • Uniplus+
  • IRIX
  • FreeBSD
  • Mach
  • Minix
  • SunOS
  • NetBSD
  • Nexstep
  • QnX
  • OSF/1
  • BSD/1
  • Solaris
  • Unix System V
  • Eunice
  • OpenBSD
  • GNU/Hurd
  • GNU/Linux
  • BSD UNIX
Ada beberapa kelebihan OS ini, yaitu:
  • Memiliki portabilitas yang cukup
  • Merupakan sistem operasi jaringan sehingga bisa digunakan Multiuser
  • Selain itu, juga Multitasking. Sehingga, bisa digunakan untuk mengerjakan dan menjalankan tugas yang berbeda-beda sekaligus.
  • Tidak rentan terkena virus
Selain itu, terdapat beberapa kekurangan pada OS ini, yaitu:
  • Beberapa hardware kesulitan menyediakan driver untuk OS ini
  • Lumayan rumit jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya
  • Tampilannya kurang menarik dibandingkan OS lain yang sudah populer
  • OS ini memerlukan ruang penyimpanan memori yang lumayan besar

E. Sistem Operasi LINUX

LINUX merupakan pengembangan dari UNIX. Sistem operasi ini awalnya dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa di Finlandia. LINUX yang dibuat pada tahun 1991 kemudian dikembangkan oleh programmer-programmer di dunia.

Meskipun begitu, Linux tetap bisa sukses jika disandingkan dengan sistem lain. Keunggulan yang cukup berbeda adalah bahwa OS ini tidak bergantung pada vendor dan selain itu biaya operasional yang dikeluarkan untuk pengoperasian OS ini cukup rendah dibanding OS lain. Sejak awal perilisannya, OS Linux sudah menggunakan basis grafis, antar muka, serta bisa berbasis teks.

Beberapa distro linux dari waktu ke waktu:
  • Red Hat
  • Debian
  • Slackware
  • SuSE
  • Mandrake
  • WinLinx
  • Ubuntu dan turunannya : Kubuntu, Xubuntu, Sabily (Ubuntu Muslim Edition), Edubuntu, Gnewsense, ubuntuCEGoBuntu,
  • OpenSUSE
  • Fedora
  • BackTrack
  • Mandriva
  • Slackware
  • Debian
  • PCLinuxOS
  • Knoppix
  • Xandros
  • Sabayon
  • CentOS
  • Red Hat
  • ClearOS
  • Chrome OS
  • Gentoo Linux

Adapun beberapa kelebihan pada Linux, adalah sebagai berikut:
  • Sifatnya yang Open Source membuat OS ini tidak memiliki biaya lisensi untuk membeli dan menggunakannya
  • Semakin berkembangnya dan dikembangkannya Linux, membuat OS ini menjadi lebih mudah jika dibandingkan dahulu yang sangat susah.
  • Sebagian aplikasi di Windows terdapat pula di Linux
  • Perkembangan OS ini sangat cepat dan tiap tahunnya memiliki versi terbaru. Sangat inovasi dan sadar pengembangan, karena juga dikembangkan oleh banyak orang.
Selain itu, terdapat beberapa kekurangan pada Linux, yaitu:
  • Penggunaan Linux yang kurang populer membuatnya kurang dipahami banyak orang, sehingga sepertinya perlu adanya pelatihan kepada pengguna awal supaya terbiasa dengan Linux
  • Tidak semua support hardware cocok di Linux
  • Proses instalasi Linux terbilang rumit termasuk juga pada softwarenya
Jenis Sistem Operasi Mobile

A. Sistem Operasi Windows Phone

Sistem Operasi yang biasa disebut dengan OS ini dibuat oleh Microsoft. OS Windows Phone digunakan untuk sistem operasi Smartphone agar bisa bersaing dengan Android. OS Windows Phone dipasang pada salah satu merk smartphone yakni Nokia Lumia dan bertahan sampai sekarang.

Windows Phone diluncurkan pada tahun 2010. Berbeda dari OS Windowsuntuk komputer yang khusus ditujukan pada perusahaan, Smartphone ini justru ditujukan untuk mendapatkan pasar.

Berikut beberapa kelebihan dari Windows Phone :
  • Lebih mudah dioperasikan oleh pengguna yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi Windows PC
  • Hampir semua software yang ada di Desktop terdapat pada smartphonenya.
Selain itu, berikut beberapa kekurangan dari Windows Phone :
  • Tampilan tidak lebih menarik jika dibandingkan dengan Android dan IOS
  • Baterai Smartphone yang menggunakan OS ini cukup boros dan cepat habis
  • Aplikasi yang bisa digunakan terbatas sehingga bisa dikatakan bahwa OS ini tidak selengkap Android dan IOS
  • Kemunculan OS ini terbilang sedikit terlambat jika dibandingkan dengan OS lainnya

B. Sistem Operasi Apple IOS

Jika di Desktop ada Mac OS X maka di smartphone atau versi mobilenya terdapat IOS. Pada tahun 2008, IOS ini diperkenalkan dan membuat dunia takjub karena berhasil menghadirkan smartphone pertamadi dunia. Selain di Smartphone Apple iPhone, OS ini juga dipasang pada iPod, iPad yang juga merupakanproduk Apple lainnya.
Berikut beberapa kelebihan dari IOS, antara lain :
  • Bisa dengan mudah terintegrasi dengan produk Apple yang lain
  • Sangat mudah untuk melakukan aktifitas apapun sehingga dapat meningkatkan produktifitas karena memiliki Widget di mana-mana
  • Layar yang multitouch membuatkan sangat responsif sehingga pekerjaan bisa berlangsung dengan cepat
  • Penggunaan memorinya tidak terlalu besar
Adapun kekurangan dari IOS adalah, sebagai berikut:
  • Terbatas pada produk Apple saja karena eksklusif
  • Memiliki biaya yang tergolong mahal
  • Tidak memiliki media eksternal

C. Sistem Operasi Google Android

Smartphone yang akhir-akhir ini sangat populer adalah Android. Sistem operasi ini adalah milik perusahaan Alphabet. Semua perusahaan smartphone menggunakan Android sebagai sistem operasinya. OS ini berbasis Linux serta bersifat open source.

Awalnya, sistem operasi ini dipasang di HTC dan semakin berjalannya waktu maka, OS ini diupdate terus menerus dengan masing-masing update diberi nama Makanan yang memiliki urutan abjad. Seperti Jelly bean, Kitkat, Lollipop, hingga sekarang versi terbarunya yaitu Oreo.

Adapun beberapa kelebihan Android, yakni :
  • Memiliki sifat open source
  • Memiliki dukungan dari Google
  • Memiliki memori eksternal, sehingga memudahkan kita untuk menambah ruang penyimpanan
  • Dengan harga yang terjangkau pun kita sudah bisa memilikinya.
Selain itu, ada beberapa kekurangan OS Google Android, yaitu :
  • Sistem ini membutuhkan banyak ruang memori
  • Sering terjadi kemacetan/hang pada smartphone tertentu karena pembuatan software dan hardwarenya yang berbeda atau terpisah
  • Rentan virus karena sifatnya yang open source

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang