2 Langkah Membuat Short Link (Pemendek URL) Online


Ngeblog adalah hal yang menyenangkan, menurut saya. Karena dengan ngeblog kita dapat berbagi dengan sesama baik ilmu ataupun pengalaman pribadi. Setelah membuat artikel, biasa para blogger pasti berbagi link yang mereka tulis ke media-media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Google+, Linkedin dan sosial media lainnya.

Dalam berbagi artikel ini tergadang sedikt terganggu khususnya saat berbagi ke Twitter karena limit tweet yang sedikit namun link url blog yang panjang. Dalam hal ini sudah ada solusinya, yaitu menggunakan bantuan short url yang dapat membuat link kita menjadi lebih pendek dengan link unik seperti bit.ly dan situs-situ penyedia short url lainnya.

Shortlink adalah sebuah layanan yang biasa digunakan blogger untuk memperpendek URL agar memudahkan orang-orang untuk mengingat URL atau link yang panjang dari blog bersangkutan. Namun penggunaan shortlink ini tidak hanya memberikan fungsi memperpendek URL saja, tapi rupanya juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan uang. Memang ada banyak sekali website yang menyediakan layanan shortlink atau istilahnya shorter URL seperti adf.ly, shorte.st, bit.ly dan lain sebagainya.

Dan minimal pencairan atau Pay Out (PO) setiap website shortlink berbeda-beda, ada hanya dengan minimal US$ 5 bahkan juga ada minimal US$ 100 barulah pengguna bisa melakukan Pay Out. Anda pun juga harus cermat dalam memilih layanan shortlink, seperti yang sudah terpercaya dan terbukti membayar penggunanya. Karena banyak layanan shortlink juga tidak memberikan tampilan pendapatan yang transparan, sehingga hal itu akan sangat merugikan pengguna.

Perlu diketahui bahwa cara kerja shortlink tidak terlalu susah dipahami. Pertama pengguna harus memiliki URL asli dari blog yang mau diperpendek, misalnya:

Dengan URL yang lebih pendek tentu saja membuat pengguna lebih ingat dan mempermudah dalam pengetikannya. Perlu diketahui bahwa ketika penggunjung mengunjungi linkasli atau link yang sudah diperpendek, maka mereka akan dialihkan ke suatu laman web yang sama. Intinya tidak ada tujuan lain dari shortlink selain memperpendek URL yang pastinya untuk memudahkan pengguna maupun pengunjung dalam mengingat.

Terdapat 2 cara untuk memperpendek link, yaitu dengan menggunakan Google URL Shortener dan Bit.ly

Cara pertama:

Cara membuat short link menggunakan Google URL Shortener

  1. Buka google shortener link di goo.gl
  2. Masukkan link yang ingin kamu pendekkan, kemudian klik tulisan “SHORTEN URL
  3. Setelah itu klik icon COPY untuk menyalin short link yang sudah jadi. Jangan lupa klik DONE jika sudah
  4. Selesai, short link sudah siap digunakan
Cara kedua:

Cara membuat short link menggunakan bitly.com

  1. Masuk ke Bitly.com
  2. Masukkan link yang ingin kamu pendekkan, kemudian klik tulisan “SHORTEN
  3. Setelah itu klik icon COPY untuk menyalin short link yang sudah jadi.
  4. Selesai, short link sudah siap digunakan

Komentar

Popular Posts

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang