PURA BUKIT PUNCAK CEMARA GESENG | LEMUKIH - BULELENG

Candi Bentar Pura Bukit Cemara Geseng

Pura Bukit Puncak Cemara Geseng terletak di ketinggian 1.184 meter diatas permukaan laut. Kawasan pura bukit masuk ke dalam wilayah Desa Silangjana. 

Disebut Pura Cemara Geseng, karena dulunya di puncak bukit ini  terdapat habitat pohon cemara geseng, dengan nama latin Casuarina junghuhniana. Dimana menurut biodiversitywarriors.org Cemara geseng merupakan tanaman pioner karena akarnya mampu menambat nitrogen, biasanya tumbuh subur menghijau di puncak. Getahnya untuk obat sakit perut, daunnya untuk upacara adat ngaben, dan kayunya untuk tangkai peralatan (madik, kandik, kapak, dsb)

Nah, Namun sekitar beberapa puluh tahun yang lalu pohon cemara tersebut habis terbakar, yang hingga saat ini belum diketahui apa penyebabnya, apakah terbakar karena bekas dupa yg baru habis digunakan untuk bersembahyang atau karena gesekan antar pohon shg bisa menimbulkan percikan api, atau mungkin bekas kayu bakar anak2 kemah yang mungkin apinya tidak dipadamkan dengan baik ketika mereka hendak pulaang kemah. Nah maka dari itu, saya berpesan kpd temen2 yang suka berkemah dimanapun itu, mohon tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan, jaga kebersihan, padamkan api bekas api unggun dengan baik sampai benar-banr mati ketika akan meninggalkan tempat perkemahan. Ini semua demi kebaikan kita bersama.

Nah, PURA BUKIT CEMARA GESENG, dapat dilalui melalui 4 jalur utama yaitu 
  1. dari Sudaji melewati Pura Bukit Madia dan Pura Tihing yang memakan waktu kira-kira 4 jam, 
  2. dari Lemukih melewati kawasan Batu Megantung dengan waktu tempuh 2 jam, 
  3. lewat jalur selatan dari Lemukih (perbatasan dengan Pegayaman) dengan melalui Bukit Padi Puyung ditempuh sekitar 2 jam, 
  4. dan dari Silangjana melewati Pura Pesimpangan dengan waktu lebih kurang 2 jam.
Nah itu merupakan jalan alternative yang bisa dilalui, bagi saudara-saudara yang ingin berkunjung sembahyang, atau mungkin berkemah ke Pura ini.

AreaPura Bukit Cemara Geseng
Pura ini disungsung/diempon oleh 3 desa Pakraman yaitu Desa Pakraman Sudaji, Desa Pakraman Lemukih dan Desa Pakraman Silangjana. Sedangkan upacara piodalan dari ketiga desa ini biasanya dilakukan dalam waktu yang berbeda-beda. Tetapi biasanya masing-masing desa pekraman melangsungkan upacara piodalan setiap 2 tahun sekali. Dan jikalaupun waktunya jatuh bertepatan atau bersamaan biasanya antar desa pekraman melakukan koordinasi terlebih dahulu. Karena tidak mungkin dua atau tiga desa melakukan upacara piodalan sekaligus di hari yang sama, karena dilihat dari sisi tempat/areal/wilayah tidak memungkinkan. Karena wilayah pura PUNCAK CEMARA GESENG sangat sempit. Dipastikan tidak sanggup untuk menampung pemedek dari dua atau tiga desa sekaligus. 

Pada saat piodalan, suasananya sangat ramai dan pemedek biasanya mekemit. Pemedek biasanya membuat rompok (gubuk) yang terbuat dari dahan pohon dan daun-daunan yang didirikan dipinggiran area pura. ini sangat indah dan classic sekali. Pemedek biasanya mulai mendaki mulai dari jam 1 pagi/dini hari. Guna untuk menghindari panas teriknya matahari, shg rasa lelah bisa sedikit berkurang.

Nah bagi temen-temen yang belum pernah tangkil/berkunjung ke pura ini, segerlah. Mendakilah, Sebelum mendaki itu dilarang…. Hahahahaha…. Di puncak temen-temen akan disuguhi pemandangan yang sangat indah, sejuk, alami, dijamin rasa capeknya akan terbayar dengan indahnya pemandangan di sekitar puncak. Penasa

Pesan-pesan:
  1. Siapkan fisik yang cukup jika hendak mendaki
  2. Berhati-hatila di perjalanan, karena di kiri kanannya adalah jurang
  3. Siapkan/bawa perbekalan yang cukup, karena tidak ada rumah ataupun perkampungan di sekitarnya
  4. Siapkan mantel/sweater/jaket yang tebal, karena sangat iklim akan sangat dingin di malam hari
  5. Jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar
  6. Matikan api bekas api unggun sampai benar-benar mati.
Demikian informasi kali ini, Jangan lupa klik Comment, Share and Subscribe jika artikelnya bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Popular Posts

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang