Inilah 8 Cara Jadi YouTuber Untuk Pemula dengan Modal Seadanya


Banyak hal yang bisa kamu lakukan secara online untuk mendapatkan income tambahan. Selain dari ngeblog ada juga dengan cara menjadi youtuber. Jika kamu pintar membuat video menarik dan unik pastinya kamu akan bisa sukses menjadi seorang youtuber.

Di zaman milenial kayak sekarang, jadi astronot, dokter, guru bahkan presiden sepertinya udah gak laku. Bagi anak-anak sekarang, berprofesi sebagai youtuber adalah sesuatu yang keren, sesuatu yang bakal meningkatkan derajat di kalangan teman-teman.

Gak ada salahnya memang untuk bisa menjadi youtuber. Pasalnya, banyak orang yang cukup sukses memanfaatkan media sosial yang diciptakan pada tahun 2005 ini. Sebut saja beberapa youtuber terkenal seperti Chandra Liow, Bayu Skak, SkinnyIndonesia24, dan Edho Zell.

Mungkin Kamu pun terinspirasi untuk mengikuti kesuksesan youtuber populer tadi. Tenang guys! Apapun bisa kamu wujudkan jika kamu benar-benar bertekad melakukannya. Kalau kamu bingung bagaimana cara menjadi Youtuber yang sukses, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan! Berikut ini Saya mempunyai tips yang dijamin berguna banget sebagai langkah awal untuk menjadi Youtuber sukses, antara lain:


1. Buat Channel Youtube



Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun YouTube terlebih dahulu. Kamu bisa masuk ke YouTube dengan menggunakan akun Gmail milikmu.

Setelah itu, kamu tinggal membuat channel YouTube dengan mengklik ‘my channel’. Buatlah nama channel yang menarik dan mencerminkan video-video yang akan kamu upload.


2. Membuat Akun adSense



Bukan hanya akun Youtube saja, namun kamu juga harus membuat akun Google Adsense. kamu mungkin akan bertanya-tanya, untuk apa pentingnya membuat akun yang satu ini?

Sejumlah pendapatan yang akan kamu peroleh dari Youtube, akan dihitung berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh para penonton video kamu nanti. Sedangkan semua iklan dan juga penghitungan pembayaran atas akun Youtube kamu, akan dilakukan oleh Google Adsense. Jadi, kamu wajib membuat akun Adsense terlebih dahulu, agar kamu bisa mendapatkan uang dari akun Youtube kamu nanti.

Akun Adsense ini juga akan mengatur berbagai hal terkait dengan pembayaran kamu, termasuk cara dan juga pilihan jenis pembayaran yang kamu inginkan atas akun Youtube kamu tersebut.


3. Buat Konsep dan Ide



Setelah kamu membuat channel Youtube, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan supaya cara menjadi youtuber sukses kamu berhasil, kamu harus melakukan brainstorming!

Brainstorming yang Jaka maksud di sini adalah kamu harus benar-benar memikirkan secara matang mengenai konten apa yang akan kamu buat, personality apa yang ingin kamu tampilkan, dan lain-lain.


4. Membuat Konten yang Menarik



Selanjutnya, kamu bisa mulai membuat video yang kamu inginkan. Durasi yang diperlukan tak perlu panjang, cukup sekitar 5-20 menit saja agar penonton tidak merasa bosan. Kamu bisa merekam video dengan menggunakan kamera ponsel. Untuk inspirasi, ada beberapa tipe video yang biasanya sering ditonton orang lewat YouTube seperti:
  • Video tutorial
  • Video tutorial seperti tutorial memasak, DIY, dan lain sebagainya akan banyak ditonton orang karena langsung mempraktekkan sesuatu dan berguna untuk orang yang ingin belajar tentang sesuatu.
  • Video list 
  • Video list ini bisa berupa list top 10 atau top 20 yang memuat kolase foto atau potongan-potongan video. Rata-rata orang yang menonton video list ini akan menontonnya hingga habis karena penasaran dengan keseluruhan isi list-listnya.
  • Video unboxing
  • Manusia memiliki rasa keingintahuan yang teramat tinggi. Apalagi terhadap sesuatu yang baru seperti gadget atau peralatan elektronik. Tak heran jika orang kemudian mencari video-video unboxing terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu.
  • Video mukbang
  • Semua orang pasti suka melihat kuliner lezat yang bisa menggugah selera. Video mukbang merupakan video yang akan menampilan kamu menyantap aneka kuliner lezat tertentu dan nantinya kamu akan menjelaskan seperti apa citarasanya kepada penonton.
  • Video Parodi
  • Video parodi selalu bisa membuat kita tertawa dan terhibur sehingga tak heran kalau ada banyak orang yang menontonnya. Video ini bisa berupa menirukan sesuatu baik itu adegan di film, anime, drama, hingga lagu.
  • Video Hewan
  • Punya hewan peliharaan di rumah? Kamu bisa memvideokannya secara diam-diam karena hewan peliharaan selalu memiliki tingkah yang lucu dan jenaka sehingga bisa membuat  membuat penonton gemas.
  • Vlog
  • Terakhir ada vlog yang merupakan kepanjangan dari video blog. Vlog memang sangat tren di kalangan para artis karena video ini membuat kamu berkomunikasi atau bercerita secara langsung kepada penonton, baik itu bercerita tentang pengalaman hingga kehidupan sehari-hari. Misalkan saja kamu menceritakan bagaimana cara untuk mendapatkan uang dengan cepat untuk mahasiswa, cara untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri, dan lain sebagainya.
Kamu harus selalu membuat video yang original jika ingin akun YouTubemu memiliki banyak subscriber. Kalau kamu mengambil cuplikan video orang lain, usahakan untuk mencantumkan copyright dari video tersebut.


5. Tingkatkan Kemampuan Edit Video



Nah, kalau hal yang satu ini kamu perlu melatihnya secara terus-menerus. Semakin banyak kamu berlatih, semakin baik hasilnya.

Pilih aplikasi edit video vlog atau kalau kamu memang mencari cara jadi youtuber di hp, maka kamu bisa latihan edit video vlog di Android dulu!

Tidak ada hasil yang instant. Seiring kamu berlatih dan rajin membaca tutorial cara mengedi video, dijamin kamu bisa!

Youtuber favorit kamu juga -gak_ bakal instan untuk sukses. Lihat video pertama Casey Neistat, Pew Die Pie atau SuperWoman!


6. Upload Video



Konten video yang menarik dan berkualitas akan jadi sia-sia kalau kamu tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini saat menguploadnya:

  • Judul Video
  • Judul video sangat menentukan pencarian video milikmu karena selain dirimu ada puluhan ribu youtuber lain yang menjadi sainganmu. Jangan sampai judul video missleading dan tidak relevan dengan video yang kamu upload. Gunakan judul yang mengandung keyword karena bagaimanapun juga kamu harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization).
  • Thumbnail
  • Thumbnail adalah image di bagian depan yang muncul ketika orang menemukan video milikmu. Jadi usahakan untuk menggunakan thumbnail yang menarik dan bisa mewakiliki keseluruhan isi video.
  • Deskripsi
  • Buat deskripsi video yang jelas, padat, tidak kaku, dan pastinya memiliki keyword di dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan link keluar yang masih relevan dengan videomu.
  • Cantumkan tag yang relevan
  • Selalu cantumkan tag yang relevan dengan video karena tag merupakan semacam pengkategorian video sehingga tag yang bagus bisa membawa banyak penonton. Gunakan setidaknya 12 tag dengan jumlah karakter yang tak lebih dari 120 karakter dan pisahkan dengan tanda kutip ganda, misalkan “tutorial memasak tempe, tutorial membuat akun youtube, tutorial mobile legend”

7. Promosikan Video



Berhubung kamu masih youtuber pemula, video yang sudah dibuat dan diupload tak langsung serta merta bisa dilihat banyak orang karena kamu pasti belum memiliki subscriber. Jadi pintar-pintarlah melakukan promosi dengan mulai membagikan link atau mendistribusikan video melalui akun jejaring sosial milikmu seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google+, dan lain sebagainya.

Tapi jangan sekali-kali kamu melakukan spam di sosial media dengan mengupload link video youtube yang sama berulang-ulang kali karena kemungkinan besar akun kamu malah dibanned. Biarlah penonton mengunjungi videomu secara natural. Meski memakan waktu yang cukup lama, tapi pertumbuhan secara perlahan ini jauh lebih baik dibanding traffic video yang meloncat tinggi hanya beberapa saat saja.


Waktu yang dibutuhkan untuk menjadi mendapatkan banyak subscriber dan menaikkan traffic secara alami adalah kurang lebih satu tahun. Cara lain untuk mempromosikan video adalah dengan cara berkolaborasi dengan youtuber lain. Hal ini sudah terbukti mampu mendongkrak traffic dan mendatangkan subscriber baru secara otomatis.


8. Bersosialisai dengan Sesama Content Creator



Cara jadi youtuber dengan modal seadanya adalah dengan berkolaborasi dengan youtuber lain yang sudah terlebih dahulu populer.


Cara ini cukup efektif sebagai ajang promosi channel YouTube Kamu. Selain itu, kolaborasi juga berguna  memperkaya konten/video yang secara tidak langsung juga berpotensi membawa subscriber-subscriber baru.


Artikel Terkait 9 Langkah Cara Merubah Nama Akun atau Profile Youtube
9 Kiat Yang Bisa Dilakukan Sambil Menunggu Peninjauan Monetisasi Youtube

Tambahan

Trik dan Tips Youtuber Pemula Terbaru

Untuk bisa menjadi konten kreator yang sukses maka beberapa hal sangat perlu diperhatikan dalam mebangun channel youtube. Beberapa penjelasan dibawah ini sangat direkomendasikan untuk anda baca sehingga lebih paham mengenai dunia youtube.


Bagaimana Menghasilkan Duit Dari Youtube ?

Untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube tentunya yang paling utama adalah Viewer yang banyak. Bagaimana mendapatkan Viewer youtube yang banyak? Buatlah Video yang dicari oleh orang lain atau pikirkan Judul Video yang banyak dicari orang tetapi memiliki sedikit tingkat pesaingan. Usahakan untuk mengisi Video dengan Tema dan Judul yang sesuai dengan Chanel yang anda miliki, misalnya tentang Game maka isilah dengan berbagai Video seputar Game sehingga Chanel akan fokus pada satu Niche tertentu yang akan memudahkan Chanel yooutube anda lebih dikenal.


Bagaimana Cara Menjadi Terkenal Di Youtube (Popularitas)

Jangan terburu buru untuk segera menghasilkan uang dan menargetkan penghasilan terlebih dulu. Lebih fokuslah pada kualitas konten Video yang anda buat dan membuat Penonton Betah untuk berlama-lama menyaksikan Video anda dan menjelajahi berbagai Video lain di Chanel anda. Itu akan membantu Nama Chanel anda baik dimana Viewer dan juga terdeteksi baik oleh sitem Youtube yang akan secara otomatis menjadi Video anda diunggulkan untuk menjadi Tranding setiap harinnya.

Nah, tentunya selain menghasilkan pastikan tujuan yang paling utama adalah memberikan tayangan yang bermanfaat bagi pemirsa dan juga Video memiliki nilai edukasi yang mendidik serta bermanfaat bagi orang lain. Jadi sudah siapkah anda menjadi seorang youtuber?

Terakhir (Pesan dan Kesan)

Niat tidak akan mengkhianati hasil! selama kamu bersungguh-sungguh dengan yang kamu kerjakan, maka kamu akan berhasil!

Seperti caption Instagram kekinian yang sering kamu baca, "Bersabar adalah kunci segalanya!"

Mungkin sebagian orang bisa viral dan terkenal dengan mudahnya! Tetapi sebagian besar harus bersusah payah dan berdarah-darah untuk mewujudkan mimpinya!

Kalau kamu yakin bahwa menjadi Youtuber adalah cita-cita kamu, maka raihlah mimpi itu!



Komentar

Popular Posts

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang