Cara Membuat Kalimat Banding Channel YouTube Yang Telah di Disable Karena Pelanggaran Hak Cipta


Ketika sebuah channel youtube kita di suspend oleh pihak youtube baik karena pelanggaran kebijakan maupun karena pelanggaran pedoman komunitas maka kita tidak bisa lagi mengakses dashboard youtube kita. Pelanggaran biasanya diberitahukan oleh pihak youtube melalui email kita.

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat kalimat banding channel youtube yang telah di suspend, mari kita ulas sedikit penyebab akun youtube yang disuspend. Adapun penyebab akun kita disuspend adalah sebagai berikut:

Sebenarnya masalah awal yang membuat YouTube gencar men-suspend YouTube adalah upload video lain tanpa mengeditnya terlebih dahulu. Awalnya memang video yang berlisensi CC diperbolehkan untuk di-upload ulang. Namun, kemudahan yang disediakan malah membuat para creator tidak kreatif untuk menciptakan sebuah video yang unik.

Dengan banyaknya creator video yang melakukan hal instan semacam ini, apalagi video berlisensi CC itu tidak sedikit. Hal tersebut mengakibatkan munculnya banyak duplikat video yang sama dengan berbagai judul yang berbeda.

Ini membuat pihak YouTube bertindak lebih tegas dalam melancarkan aksi suspend YouTube secara massal pada Desember tahun 2016. Walaupun penangguhan akun YouTube memang sudah sering dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun pada awal tahun 2017, telah tercatat sebagai masa yang terbesar sepanjang sejarah channel Youtube disuspend dan ditangguhkan.

Selain bertujuan untuk memangkas jumlah data yang tersimpan di hosting YouTube, hal ini juga dilakukan agar para pemilik channel menjadi lebih taat pada peraturan yang berlaku. Sehingga creator instan ini bisa jera dan tidak berani lagi untuk melanggar peraturan.

1. Repost atau Upload Ulang Video Orang Lain
Nah, hal ini mendapat urutan pertama yang menjadi penyebab akun di blok oleh YouTube. Karena hal inilah yang paling dicari-cari oleh pihak YouTube dan pihak yang merasa dirugikan karena video yang sudah dibuat di upload ulang demi mendapatkan uang dari AdSense.

2. Robot Player
Apakah Robot Player itu? Robot Player adalah dugaan yang datang dari logaritma YouTube. Jadi apabila Anda memiliki beberapa akun YouTube dan saling berkaitan, entah dari alamat, nomor hp ataupun memakai sumber IP yang sama untuk login (masuk), YouTube bisa mengetahuinya. Maka Anda jangan sampai coba-coba untuk memutar video secara otomatis dari chennel tersebut karena akan dianggap aktifitas mencurigakan oleh YouTube dan pasti akan berujung SUSPENDED bagi akun YouTube Anda.

3. Menggunakan TAG secara Berlebihan
Dalam berbisnis di dunia Internet, apalagi profesi publisher, memanglah harus berupaya demi dikenal mesin pencari apalagi kalau bukan dengan menggunakan keyword yang sering dicari oleh para pengguna internet. Tak terkecuali juga YouTube ini. Namun jika Anda menggunakan TAG secara berlebihan, maka akan dianggap telah melanggar peraturan yang telah ditentukan karena dapat mengecoh mesin pencari dan hanya mencari keuntungan sendiri.

4. Pembohongan Publik (Judul Berbeda Dengan Konten)
Hal ini biasa kita kenal dengan sebutan click bait. Ini juga sangat merugikan apalagi buat orang yang menggunakan paket data untuk menonton video yang ternyata hanya tipuan belaka, dan sudah terkecoh oleh Judul video.

5. Spam (Mengirim Email Link Massal)
Selanjutnya hal yang bisa membuat suspend YouTube adalah spam atau mengirim email Link Massal. Anda memang seharusnya membagikan video yang Anda miliki ke teman-teman agar bisa dilihat dan diketahui keberadaannya. Namun jika Anda berbagi link video secara terlalu berlebihan, ataupun memberikan komentar ke beberapa channel lain dengan cara copy paste dan itu memanglah dianggap sebagai SPAM (Sampah) dan sudah pasti Anda sangat bisa terkena suspend YouTube.

Langkah pertama yang bisa dilakukan ketika akun kita disuspend adalah mengajukan banding dengan cara megisi formulir banding, dan dikirim kepada pihak youtube. Proses banding ini sedikit memakan waktu, biasanya sampai 48 jam kedepan setelah kita mengisi formulir, barulah permohonan kita akan ditanggapi. 

Kualitas isi suatu permohonan banding sangatlah penting, kita dituntut untuk bisa membuat kalimat banding yang sesuai dengan kesalahan kita. Untuk itu kalimat permohonan banding yang asal asalan justru malah memperparah kesalahan channel kita dan tidak akan di aktifkan kembali oleh pihak youtube. Proses banding ini akan ditanggapi langsung oleh team youtube yang dalam hal ini adalah manusia bukan mesin atau robot. Jadi penggunaan kalimat dalam bahasa inggris adalah sangat utama agar lebih cepat proses penyelesaianya.

Kembali lagi ke masalah utama, bagaimana cara membuat kalimat atau pernyataan banding kepada youtube agar diterima? Berikut adalah contoh kalimat banding yang pernah penulis lakukan:

Kepada tim youtube yang terhormat

Salam sejahtera,

Beberapa hari yang lalu saya menerima email dari tim youtube bahwa channel youtube saya atas nama "Nama Channel Anda" dinyatakan bahwa tidak lagi memenuhi syarat untuk monetisasi. Email tersebut saya terima tanggal 6 Maret 2019 dan saya diberikan waktu selama 30 hari untuk memperbaiki kesalahan ataupun kekeliruan yang telah saya perbuat pada channel.

Saya telah memahami kenapa hukuman itu diberikan kepada channel saya, dan saya sangat mengakui bahwa saya telah melanggar Pedoman dan Persyaratan Layanan Komunitas Partner Youtube. Maka dari itulah pada kesempatan ini, saya bermaksud untuk meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada tim youtube atas keselahan yang telah saya perbuat, saya sangat mengakui kesalahan yang telah saya lakukan dan saya menimbang pantas kalau channel saya mendapat hukuman tersebut.

Saya sangat bersyukur bahwa dibalik hukuman yang diberikan, tim youtube masih memberikan kesempatan untuk mengajukan kembali channel untuk ditinjau (reapply). Terlepas daripada itu, saya telah menjalani hukuman selama 30 hari dan telah memperbaiki beberapa konten yang ada pada channel yang sekiranya melanggar Pedoman dan Persyaratan Layanan Komunitas Partner Youtube. Dan kemarin, tepatnya tanggal 7 April 2019 saya telah mengajukan kembali channel saya untuk ditinjau. Saya sangat berharap kepada tim youtube agar bisa mempertimbangkan kembali channel saya agar bisa mengaktifkan kembali status monetisasi saya. Saya berjanji untuk tidak mengulanginya dan akan lebih berhati-hati lagi.

Terus terang saya adalah Creator Youtube pemula, saya memulai membuat atau meng-update konten channel ini sekitar 2 tahun lalu, tepatnya di tahun 2017 dan baru disetujui status monetisasinya perkiraan akhir tahun 2018 kemarin. Banyak hal yang masih harus saya pelajari tentang Creator Youtube dan kesalahan ini merupakan pengalaman berharga bagi saya. Saya menerimanya dengan lapang dada. Namun, perlu tim ketahui bahwa beberapa bulan terakhir ini, penghasilan channel ini telah menghidupi istri dan kedua anak saya, Ananta (umur 4.5 tahun) dan Amanda (umur 2 tahun). Maka dari, saya sangat berharap kepada tim agar bisa mengaktifkan kembali status monetisasi channel saya. Karena saya sangat membutuhkan channel tersebut untuk menghidupi istri dan kedua anak saya.

Demikian yang bisa sampaikan untuk bisa dijadikan bahan pertimbangan, terima kasih.

Itu adalah contoh kalimat banding yang penulis kirimkan ketika channel saya kena suspend karen terlalu sering reupload video orang lain, sehingga status monetisasinya dinonaktifkan.

Contoh lain kalimat banding yang penulis dapatkan dari berbagai sumber:

Kepada tim youtube yang terhormat
Tadi malam saya menerima email dari youtube tim bahwa channel youtube saya atas nama "NAMA CHANNEL ANDA" telah ditangguhkan. Saya mohon kepada youtube untuk mengaktifkan kembali channel saya, saya minta maaf jika saya melakukan pelanggaran atas kebijakan atau pedoman komunitas. Saya tidak pernah berniat untuk SPAM ataupun yang lainnya. Tolong aktifkan kembali akun saya. Saya sangat butuh channel tersebut. Mohon maaf atas kesalahaan saya, dan saya berjanji untuk tidak mengulanginya dan lebih berhati hati lagi. Saya tunggu kabar baik nya dari youtube tim. Terima kasih

Permohonan banding dengan meminta maaf adalah salah satu faktor utama keberhasilan proses banding kita, tidak perlu banyak membantah. cukup akui saja kita bersalah walau terkadang kita merasa tidak melanggar apapun, namun pihak youtube akan menghargai permohonan maaf kita tersebut.

Demikianlah contoh isi permohonan banding, semoga bermanfaat. dalam penggunaannya tinggal disesuaikan dengan masalah yang teman-teman hadapi. Semoga Lancar dan Sukses selalu.



Komentar

Popular Posts

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang