Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”


BAB I
PENDAHULUAN

Eratnya persaingan kerja sekarang ini yang disebabkan karena keadaan ekonomi di Indonesia yang memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melanda bangsa Indonesia membuat banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran. Banyaknya para pengusaha yang bangkrut kemudian gulung tikar. Banyak para remaja yang putus sekolah dan menjadi pengangguran. Sebagai Warga Negara kreatif kita tidak boleh putus asa ataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha, kreatif, inovatif dan berani mengambil suatu keputusan serta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak harus bergantung pada orang lain. Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin. Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwirausaha. Dengan kita berwirausaha kita bisa belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang



BAB II
POTENSI DAN PELUANG USAH
Kebutuhan yang berkaitan dengan aktifitas menyatukan besi batangan satu dengan yang lainnya sepertinya kian menjanjikan di era yang penuh pembangunan seperti saat ini. Itulah gambaran dari usaha las yang kini potensinya bisa dibilang cukup besar. Kebutuhan untuk beberapa bangunan rumah seperti di beberapa perumahan tentu mengandalkan jasa tukang las untuk beberapa konstruksi seperti pagar besi maupun pintu roling door untuk garasi rumah. Untuk itu usaha las saat ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata karena potensinya bisa dibilang sangat potensial untuk mengeruk banyak untung dari usaha yang identik dengan penyambungan dan pembentukan besi menjadi aneka macam barang perlengkapan sebuah rumah maupun yang berkaitan dengan besi-besi lainnya. Kebutuhan untuk las sendiri saat ini bisa dibilang cukup menjanjikan, terlebih bagi yang ahli di bidang las maka terdapat kesempatan besar untuk berwiausaha mandiri dengan mendirikan bengkel las sendiri. Namun sayangnya bagi kebanyakan sang ahli las, kurang mampu berkembang lantaran tak memiliki cukup modal untuk mengembangkan ketrampilan yang dimiliki.
Bagi yang memiliki keahlian yang cukup bagus dalam bidang las mengelas namun tak memiliki cukup modal untuk membuka sebuah bengkel las, maka alternatif menjalin kerja sama dengan para pemiliki modal bisa menjadi solusi tepat. Untuk membeli peralatan las, terkadang memang bukan kemampuan bagi para pemodal kecil. Terlebih saat ini yang cukup potensial adalah bengkel las yang lengkap dengan besi-besi sebagai bahan bakunya. Dan harga besi yang kian terus naik tentunya tak selalu bisa dijangkau oleh mereka yang punya modal kecil. Dan menjalin kerjasama dengan para pemilik modal tentunya bisa menjadi solusi cerdas agar bisa menjalankan usaha las dan bisa dilirik para pemborong yag sedang membuat perumahan atau yang berkaitan dengan konstruksi besi.
Menilik potensi dari bengkel las sendiri sebenarnya sangat potensial. Hal ini bukan tanpa alasan tentunya, karena bisa kita lihat saat ini perumahan terus berkembang dan dalam membuat pagar besi sebagai pelindung rumah tentu melibatkan tukang las untuk mengerjakannya.
Namun bukan hanya dari maraknya pembangunan rumah saja, karena alat transportasi seperti mobil, motor, tentu membutuhkan jasa las untuk beberapa kebutuhan seperti menyambung besi yang putus, mengelas body mobil yang keropos maupun rangka yang keropos. Dan tentunya masih banyak lagi yang bisa dikerjakan dan potensinya masih sangat bagus.
Punya keahlian di bidang las, tentu tidak akan kelaparan dimanapun tempat, karena jasa kahlian mengelas bisa ditawarkan ke beberapa perusahaan atau bidang usaha yang membutuhkan. Namun akan lebih tepat lai bila menjalin peluang kerjasama usaha dengan pemilik modal yang mau mendanai untuk mendirikan bengkel las.


BAB III
RINTISAN USAHA
A.    Latar belakang
Kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai prospek dari membuka usaha bengkel las dan bagaimana mempersiapkan pembukaan usaha ini dalam skala kecil menengah. Meski usaha bengkel las bukan jenis usaha yang asing bagi Anda, bahkan bisa jadi tak jauh dari kediaman Anda juga berdiri sebuah usaha serupa, tetapi tak banyak memang yang mengulas mengenai usaha jenis ini dan bagaimana cara untuk membangun usahanya.Perkembangan bisnis dari usaha bengkel las memang cukup pesat seiring dengan meningkatnya permintaan jasa las besi dan logam dewasa ini. Ada banyak hal yang melatari meningkatnya permintaan dari pasar jasa las dan inilah yang membuat usaha bengkel las terus hidup dan berkembang bahkan bisa menjadi sangat menjanjikan.
Jasa las pada dasarnya adalah jasa menyambung besi dan logam supaya lekat dengan proses pembakaran dan pemanasan. Ada banyak sekali produk yang membutuhkan proses pengelasan untuk dapat menghasilkan produk sempurna, kebanyakan memang terkait dengan konstruksi tetapi sebagian lain juga terkait dengan beberapa industri lain. Sebut saja pembuatan rangka rumah, rangka atap, pagar, teralis dan kuda-kuda. Selain itu jasa las juga bisa membantu memperbaiki beberapa masalah domestik seperti perbaikan rangka sepeda dan motor, atau industri kecil pembuatan jemuran besi. Masih banyak lagi produk lain yang memanfaatkan jasa las ini untuk proses pembuatan dan finishingnya.
Peningkatan industri property bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya permintaan terhadap jasa las. Setidaknya untuk sebuah rumah saja, diperlukan setidaknya 3 – 4 bagian yang membutuhkan proses pengelasan dan ini bisa menjadi pasar yang prospektif bagi usaha bengkel las. Bayangkan dengan perkembangan perumahan belakangan ini dimana setidaknya 1 – 2 perumahan baru terus bermunculan tiap bulannya.Tetapi dalam memulai usaha bengkel las, terutama las listrik Anda tidak bisa membukanya sembarangan tanpa perhitungan sebagaimana Anda membuka usaha kelontong. Anda perlu memahami medan dengan lebih baik termasuk dari sisi pemahaman teknis sampai pemahaman yang matang dalam pemasaran.Percuma saja membuka usaha ini kalau Anda tidak bisa menemukan pasar strategis untuk mendapatkan konsumen. Tetapi lebih percuma lagi kalau Anda dan tim kerja Anda tidak sepenuhnya memahami cara melakukan proses pengelasan. Pasalnya pengelasan bisa menyangkut resiko nyawa. Bayangkan kalau Anda harus membuat rangka rumah dan proses pengelasan yang Anda lakukan tidak sempurna. Bisa jadi rumah yang nantinya dibangun akan mudah rubuh dan rapuh hanya karena rangka yang tidak sepenuhnya terekatkan dengan sempurna. Belum lagi resiko kecelakaan kerja yang bisa mengancam mengingat peralatan yang Anda gunakan juga relatif berbahaya.

B.     Tujuan Berdirinya Usaha .
Tujuan yang kami harapkan dari adanya usaha Las Listrik ini
 diantaranya :
1.      Inisiatif wirausaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha
2.      Memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki ekonomi masyarakat
3.      Dapat membuka lapangan kerja baru

C.     Ruang Lingkup Usaha
Lokasi usaha terletak di jalan Pulai Obi dimana tempat usaha ini merupakan milik pribadi.
Lokasi menempati posisi penting dalam menjalankan usaha bengkel las. Ada beberapa aspek dalam mempertimbangkan lokasi sebuah usaha bengkel las seperti lokasi yang sebaiknya mudah diakses dan dekat jalan raya mengingat Anda perlu mengantarkan barang-barang las dengan kendaraan roda empat yang akan sulit Anda lakukan bila lokasi tidak terakses jalan raya. Lokasi juga relatif tidak dekat pemukiman rumah tinggal mengingat bengkel las cenderung berisik. Perhatikan aspek ukuran lokasi usaha mengingat Anda juga kadang bisa menggarap pengelasan barang berukuran besar.
D.    Aspek Pasar dan Pemasaran
Produk dan Segmentasi Pasar.
Yang dimaksud usaha Bengkel Las Listrik adalah menerima pesanan pembuatan Pagar besi, tralis besi, rak besi dan juga perbaikan yang berkaitan dengan las listrrik Sedangkan dalam pemasaran usaha ini ditargetkan pada 2 segmentasi pasar, yaitu:
a.       Perumahan Baru,
b.       Perumahan Lama untuk Renovasi / Perbaikan
Permintaan
Informasi yang kami peroleh dari pemilik bengkel tersebut kami ajak bicara pada saat ia tidak bertugas (sore hari) mengatakan Data omset penjualan bengkel tersebut rata-rata 1bulam terakhir adalah Rata-rata /bulan Rp. 30.000.000 (pendapatan kotor)
E.     Aspek Teknis , Teknologi Dan Operasional
·         Lokasi dan Teknis
Bengkel las dan Bubut “ SABADA LOGAM “  terletak di jalan Pulai Obi Banyuning Timur Singaraja dimana tempat usaha ini merupakan milik pribadi yang berdiri pada tahun 2006.
Perlengkapan usaha yang diperlukan dalam membangun usaha ini adalah:
- Mesin Las Listrik 3 unit x @ Rp 2.500.000 Rp 7.500.000
- Mesin Grinda 2 unit x @ Rp 150.000 Rp 300.000
- Mesin potong Grinda 1 unit x @ Rp 300.000 Rp 300.000
- Mesin pembengkok besi 1 unit x @ Rp 500.000 Rp 500.000
- Rak 2 unit x @ Rp 300.000 Rp 600.000
- Mobil Pick-up Second Rp 20.000.000
- Perlengkapan, dan lain-lain Rp 500.000
·         Kebutuhan Bahan Baku
a.      Bahan Baku
Bahan baku untuk produksi atau pembuatan Teralis, Pagar, Canopy, Tangga, dll secara umum adalah : Plat Baja, Baja Batangan, Besi Siku, Hollow Bar, Stainless Steel, Besi Beton, Pipa, dll. Ada dua type atau spesifikasi material yang umumnya digunakan sebagai bahan baku di bengkel las; yaitu : Baja Konstruksi (Baja Karbon Rendah), dan Stainless Steel (Baja Tahan Karat) dengan berbagai bentuk. Baja Stainless Steel agar dipilih yang komposisinya 18-8; artinya Khrom-nya 18% dan Nikel- nya 8%; kalau dalam spesifikasi teknik adalah : AISI 304, SUS 304.
b.      Bahan Tambahan
Bahan tambahan yang dimaksud adalah material yang terkait dengan proses pengelasan namun bukan merupakan bahan baku; antara lain : kawat las, gas elpiji atau asetelin, dan oksigen. Semua bahan tersebut diatas harus disediakan stock minimal masing masing 1 dos Kawat Las, 1 Botol Oksigen, dan 1 Botol Asetelin atau LPG. Kawat Las yang disediakan umumnya 2 ukuran; yaitu besar dan keci atau 2,5 mm dan 3,2 mm, namun kawat las untuk pengelasan Stainless Steel beda lagi dengan kawat las untuk besi beton atau baja karbon/ baja konstruksi biasa.
c.        Asesoris
Asesories untuk pembuatan teralis, pagar, canopy, tangga, dll. Umumnya adalah ornamen untuk memperindah yang terbuat dari besi cor. Berbagai bentuk ornamen seperti ini banyak dijual di toko besi; misalnya saja : mata tombak, motif bunga, motif daun, motif bintang, dll. Disarankan untuk tidak terlalu banyak memasang ornamen, selain mengurangi estetika juga kurang efisien dan ketika sudah jadi kadang banya yang terlepas. Suatu saat kita juga harus menyediakan sekrup, mur baut, dan fastener lainnya.

·         Tenaga Kerja
a.       Tukang Las
Tukang Las atau Juru Las atau Welder akan menjadi karyawan andalan dalam usaha bengkel las teralis, pagar, canopy, dll. karena mereka merupakan karyawan kunci dalam proses produksi yang umumnya dilakukan dengan proses pengelasan. Tukang las sebaiknya dicari orang yang sudah memilki kemampuan dan berpengalaman. Apabila pesanan dan pekerjaan bertambah maka jumlah Tukang Las harus ditambah, karena pekerjaan pengelasan adalah pekerjaan berat. Kita harus meminta waktu kepada semua Tukang Las untuk diberikan semacam pengarahan dan penjelasan tentang menjaga kualitas hasil kerjanya.
b.      Pembantu Tukang
Pembantu Tukang akan bertugas mendampingi dan membantu Tukang Las serta mengerjakan pemotongan material. Setelah selesai bertugas pemotongan material bahan baku dia harus bertugas untuk melayani dan membantu Tukang Las; misalnya : menyediakan kawat kawat las, membantu finishing, menyediakan dan memasang instalasi gas untuk pengelasan, dll.
c.        Keuangan
Keuangan atau Kasir akan bertugas mengelola uang masuk dan uang keluar, dia juga harus bertanggung jawab terhadap penagihan dan mencatat semua aktifitas keuangan serta membuat laporannya. Setiap transaksi keuangan baik itu uang masuk maupun uang yang keluar harus melalui persetujuan kita dan kita sebaiknya memonitor aktifitas ini dari waktu ke waktu.


·         Proses Pemilihan Bahan Baku
Beberapa Jenis bahan tentu masih awam buat konsumen berikut karakteristik bahan baku yang di gunakan untuk pagar
a.       Holow berbahan besi ukuran bervariasi contoh 40×40, 40×60 dll yang perlu di perhatikan ketebalan besi yang biasanya bertahap dari 10 mm s/d 15 mm setiap toko memiliki kode yang berbeda dengan kode warna mintalah pada bengkel pilihan anda minimum ketebalan 12 mm karena di bawak ketebalan 12mm akan menyebabkan pagar rumah anda menjadi cepat keropos. bahan besi biasa cenderung mengalami pengkaratan jadi dengan bahan baku ini pagar minimalis anda diperkirakan mempunyai kekuatan berkisar 5 tahun dan untuk wilayah dekat dengan laut/pantai proses pengkaratan akan semakin cepat berkisar 2-3 tahun
b.      Holow besi Galvanis merupakan holow yang menjadi bahan baku wajib.
bahan baku galvanis (besi coating galvanis) yang telah di Proses ada dua macam. Pertama adalah electro-plating atau UCP Galvanis. Proses ini dengan cara memberi aliran listrik dalam kolam galvanis. Sehingga partikel galvanis menempel pada besi sampai ketebalan yang diinginkan. Sedang proses kedua adalah hot-dip galvanis yaitu dengan mencelupkan besi ke dalam kolam galvanis panas. semakin tebal lapisan galvanisnya jika besi sering dicelupkan. bahan ini direkomendasikan untuk bahan pagar besi minimalis karena memiliki toleransi yang mumpuni terhadap karat  dengan di padukan pengecatan zingcromt anti karat pagar minimalis rumah anda akan tahan sampai usia puluhan tahun dan tentunya untuk jenis pagar ini perlu mengeluarkan anggaran sedikit lebih mahal

c.       Stainless steel
Baja tahan karat atau lebih dikenal dengan Stainless Steel adalah senyawa besi yang mengandung setidaknya 10,5% Kromium untuk mencegah proses korosi (pengkaratan logam). Komposisi ini
membentuk protective layer (lapisan pelindung anti korosi) yang merupakan hasil oksidasi oksigen terhadap Krom yang terjadi secara spontan.
Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium, dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum). Tentunya harus dibedakan mekanisme protective layer ini dibandingkan baja yang dilindungi dengan coating (misal Seng dan Cadmium) ataupun cat.
F.      Aspek Manajemen Personalia
1.      Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI
BENGKEL LAS LISTRIK SABADHALOGAM
Direktur                       : Nyoman Adi
Bendahara                    : Made Widiasih
Pemasaran                   : -
Pemimpin Bengkel      : Nyoman Adi                      
Karyawan                    :  Ketut Redita
Karyawan                    : Sharullah
Karyawan                    :  Putu Suparna
Karyawan                    : Gede Astawa
Karyawan                    : Ketut Ariawan


2.      Uraian Tugas
Adapun pembagian tugas sebagai berikut :
a.       Pemilik bertugas mengatur dan mengawasi pekerja dalam melaksanakan tugasnya.
b.      Pekerja bertugas melakukan pengelasan dan pekerjaan yang bersangkutan dengan las mengelas dan lain sebagainya.
c.       Sistim pengupahannya
Dalam hal ini upah yang diberikan pekerja adalah upah
d.      Menerima sistim borongan
e.       Menerima jasa pengerjaan pintu,konopi,trails,relling,tangga relling door dan service cetakan batako dan traktor.

G.    Aspek Ekonomi
Dengan adanya usaha ini tentu akan dapat membuka peluang kerja untuk masyarakat sehingga mengurangi tingkat pengangguran di buleleng dan selain itu juga akan menambah tingkat pendapatan masyarakat.

H.    Aspek Keuangan
Tujuan dalam nilai suatu proyek investasi adalah untuk mengetahui manfaat keuangan yang akan datang.
Total Biaya Pembangunan Usaha Bengkel las Listrik ini sebesra Rp. 75.000.000
 rincian sebagai berikut:
Investasi tetap
- Biaya Pembangunan tempat usaha Rp. 35.000.000
 -Mesin las listrik Rp. 7.500.000
- Mesin Grinda Rp. 300.000
- Mesin Potong Grinda Rp. 300.000
- Mesin Pembengkok besi Rp. 500.000
- Rak Rp 600.000
- Mobil Pick Up Rp. 20.000.000
- Perlengkapan dan lain-lain Rp 500.000
Total Rp.64.700.000
Modal Kerja Operasional bualan pertama Rp. 10.300.000
Grand Total = RP 75.000.000
DANA INVESTASI
Kebutuhanan Dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan pinjaman dari bank
Yaitu:
Modal sendiri
·         Investasi Tetap Rp 18.800.000(50%)
·         Modal Kerja Rp 18.700.000 (50%)
 Total Rp 37.500.000
Kredit Bank
·         Investasi Tetap Rp 18.800.000(50%)
·         Modal Kerja Rp 18.700.000 (50%)
 Total Rp 37.500.000

PROYEKSI LABA/RUGI
BENGKEL LAS DAN BUBUT “ SABADA LOGAM “

Keterangan


Proyeksi Laba Rugi
Pendapatan global selama 1 bulan
41.150.000
Bahan Baku
22.632.500
Upah Pekerja
8.230.000
Listrik Pulsa
700.000
Laba Bersih perusahaan
9.587.500


I.       Aspek Sosial Budaya
Dampak dari usaha ini tidak terlalu menimbulkan banyak limbah yang dapat mengganggu masyarakat karena sisa dari besi atau logam bisa dijual.

J.       Aspek Hukum
Berdasarkan undang – undang dan peraturan di daerah usaha ini tidak bertentangan dengan hokum.


BAB IV
UPAYA PENGEMBANGAN
Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dan ditunjang oleh pendapatan masyarakat semakin meningkat sangat membuka peluang dari usaha ini untuk di kembangkan dengan baik dengan jalan memperluas pemasaran, dan dengan berkembangnya usaha ini yang nantinya di harapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat buleleng, membuka peluang kerja sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui lapangan kerja yang seluas –luasnya.

BAB V
KENDALA DAN MASALAH
Adapun kendala-kendala yang dialami oleh pemilik :
a.       Banyaknya pesaing
Hal ini menyebabkan keuntungan yang didapat oleh si pemilik bengkel sedikit.
b.      Adanya konsumen dalam pembayaran masih nunggak dan terkadang sisa hutang tidak dibayar
c.       Tenaga kerja
Hal ini menjadi masalah dalam lancarnya pekerjaan, karena banyak karyawan yang sering minta libur, dan karyawan yang setelah lama bekerja dan mampu bekerja sendiri karyawan ini memilih untuk berhenti dan membuka usaha sendiri.

BAB VI
PENUTUP

Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa:
1.      Pengertian las listrik Pengelasan adalah suatu proses penyambungan logam dimana logam menjadi satu akibat panas dengan atau tanpa tekanan, atau dapat didefinisikan sebagai akibat dari metalurgi yang ditimbulkan oleh gaya tarik menarik antara atom. Sebelum atom atom tersebut membentuk, permukaan yang akan menjadi satu perlu bebas dari gas yang terserap atau oksida-oksida.
2.      Membuka suatu usaha diperlukan suatu modal dan niat yang sangat kuat agar dalam menjalankan usaha tersebut kita tidak cepat putus asa, dan mampu menanggung resiko yang dihadapi.
Adapun kendala-kendala yang dialami yaitu: banyaknya pesaing, konsumen yang tidak baik, tenaga kerja


Daftar Pustaka

diakses tanggal  3 April 2016
Penelitian langsung di pemilik usaha bengkel las “Sabadha Logam” jl.Pulau Obi tanggal  3 April 2016



Komentar

  1. artikel yang bermanfaat, berisi informasi-informasi menarik seputar usaha
    Aplikasi Bengkel

    BalasHapus
  2. saya khawatir ketika saya akan membeli rumah saya dengan nilai kredit buruk saya. saya ditolak pinjaman dari bank saya dan tidak bisa mendapatkannya. Saya menjelaskan kepada seorang teman, dia kemudian memperkenalkan saya kepada pria terhebat sepanjang masa pedro jerome. saya menjelaskan masalah saya kepadanya dengan mengirim teks ke suratnya dan dia membantu saya menyelesaikan semuanya dalam waktu 3 hari kerja. dia memberi saya pinjaman 400,000.00 euro untuk membayar rumah saya di mana saya juga digunakan untuk mengembangkan bisnis saya juga. semoga Tuhan memberkatinya! Anda dapat mengajukan pinjaman cepat dari mr pedro jerome yang bekerja dengan sekelompok investor .. dia penyihir yang dibicarakan semua orang di seluruh internet .. hubungi dia melalui surat di mr pedro pedroloanss@gmail.com. nomor whatsapp: +18632310632.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang