KASUS MEMBUAT RENCANA PEMASARAN


BAB I
PENDAHULUAN
1.       LATAR BELAKANG
Pembuatan rencana pasar pada pemasaran merupakan aspek penting dalam memahami system pemasaran.System pemasaran mengidentifikasikan komponen yang saling berinteraksi. Baik secara internal mauun eksternal bagi perusahaan,yang memungkinkan perusahaan menjual produk atau jasa ke pasar. Lingkungan ekternal dan eksternal memainkan peranan penting dalam pengembangan rencana pemasaran. Jadi analisis lingkungan akan memberikan pandangan awal terhadap pembuatan rencana pemasaran.
Konsep dari initi pemasaran tersebut yaitu meliputi : kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi, dan hubungan pasar, pemasarn dan pasar.
Manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan dan diorganisasikanyang meliputi perindustian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap  kebijakan – kebijakan yang telah dibuat agar  tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai.
2.       RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
a)      Apakah pengertian dari perencanaan ?
b)     Apakah pengertian dari pemasaran ?
c)      Apakah tujuan adanya perencanaan  pemasaran ?
d)     Apa saja ruang lingkup perencanaan pemasaran ?
e)      Analisis apa saja yang mempengaruhi perencanaan pemasaran ?
f)       Bagaimana karakteristik perencanaan pemasaran ?
g)      Bagaimana langkah-langkah dalam pembuatan rencana pemasaran ?
3.       TUJUAN PEMBAHASAN
Tujuan di buatnya makalah ini yaitu sebagai berikut :
a)      Untuk melengkapi tugas dari dosen pembimbing konsentrasi mata kuliah pemasaran.
b)     Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang pemasaran.
c)      Untuk bisa megetahui sejauh mana rencana pemasaran agar dapat berjalan denan baik.

BAB II
PEMBAHASAN

1.       PENGERTIAN PERENCANAAN.
Perencanaan adalah proses menentukan dengan cepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Perencanaan juga bisa didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi, diantara kesempatan  – kesempatanyang diprediksi terlebih dahulu.

2.       PENGERTIAN PEMASARAN
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya : menurut Philip Kotler pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Sedangkan menurut Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses social dan managerial yang membuat individu dan kelompok emperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lwat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Pemasaran dapat juga didefinisikan sebagai suatu sistemtotal dari kegiatan bisnis yang diarncang untuk merencanakan , menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang – barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Menurut W.Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli.

3.       TUJUAN PERENCANAAN PEMASARAN
Perencanaan organisasional mempunyai dua maksud yaitu :
1)     Perlindungan / protective
Meminimalisasi resiko dengan mengurangi ketidak pastian disekitar kondisi bisnis dan menjelaskan konsekwensi tindakan manejerial yang berhubungan.
2)     Kesempatan / affirmative
Untuk meningkakan tingkat keberhasilan organisasional,
Disamping itu juga tujuan perencanaan itu sendiri adalah membentuk usaha terkoordinasi dalam organisasi, karena tanpa adanya perencanaan biasanya disertai dengan tidak adanya koordinasi dan timbulnya ketidakefisienan.Akan tetapi tujuan yang paling mendasar yaitu membantu organisasi mencpai tujuannya.Untuk melancarkan pencapaian usaha dan tujuan.
Program perencanaan pemasaran mempunyai banyak keuntungan yaitu ;
a)      Membantu pengusaha berorientasi kemasa depan. Dimana mereka dipaksa untuk melihat keluar dari masalah harian  yang normal untuk memproyeksikan apa yang aan mereka hadapi di masa yang akan datang.
b)     Koordinasi keputusan, keputusan yang hendaknya tidak dibuat sekarang tanpa adanya gagasan tentang bagaimana mempengaruhu keputusan yang harus dibuat.
c)      Perencanaan pemsaran menekankan pada tujuan dari pengusaha, karena titik awal perencanaan, pengusaha secara konstan diingatkan dengan apa yang ingin dicapai.

4.       RUANG LINGKUP PERENCANAAN PEMASARAN/ MARKETING PLAN.
Sebelum menyusun marketing plan maka pengusaha harus mengetahui seluk beluk atau konsep konsep pemasaran dan segala informasi telah dikumpulkan.
Untuk menyusun marketing plan maka perlu di jawab dulu pertanyaan berikut :

a.       Where have we been ? / dari mana kita memulai ?
Untuk itu harus diperhatikan latar belakang perusahaan, kekuatan, dan kelemahan perusahaan, bagaimana keadaan persaingan, serta bagaimana peluang dan kendala yang dihadapi.
b.       Where do we want to go ? / kemana arah yang akan dituju ?
Yang perlu diterapkan adalah sasaran marketing untuk masa yang akan datang.
c.       How do we get there ? / bagaimana mencapai sasaran Itu ?
Disinilah perlu ditetapkan strategi pemasaran, mungkin yang perlu disiapkan adalah anggaran belanja untk melaksanakan rencana ini.
Menurut Bygrave, 1994 : 73 Marketing plan yaitu the marketing plan in-cludes a situation analysis that in large part comprises a market apportunity analysis and an assement of the existing or potential business’ strength.Dimanayang dimaksud  disini adalah bagian dari rencana bisnis dan perencanaan tersebut harus disiapkan dimana analisa situasi perusahaan dan lingkungannya, dan analisa penilaian peluang, kekuatan, kelemahan, kendala yang dihadapi di pasar.
Jadi  inti dari marketing pla adalah :
a)      Analisa situasi lingkungan dan peluang pasar.
b)     Mengembangkan sasaran pasar.
c)      Menetapkan strategi pemasaran.
d)     Menciptakan taktik atau tindakan pelaksanaan.
e)      Karakteristik dari suatu marketing plan yang baik harus memenuhi kriteria yaitu :
a.       Harus didasarkan atas fakta dan asumsi yang besar tentang target market, dimana lokasi mereka, berapa besar kemungkinan daya serapnya.
b.       Bagaimana tekhnik promosi terakhir
c.       Bagaimana perubahan harga di pasar
d.       Bagaimana saluran distribusi
e.       Bagaimana keadaan pesaing
f.        Menyiapkan sumber – sumber yang diperlukan ( SDM, keuangan, fasilitas dan perawatan )
Tujuan dari setiap pemasaran adalah menimbulkan kepuasan consume, jika konsumen puas maka konsumen akan melakukan pembelian ulang,

5.       ANALISIS YANG MEMPENGARUHI PERENCANAAN PEMASARAN
Analisis yang mempengaruhi adalah sebagai berikut :
1)     Analisis lingkungan eksternal
Yang pada umumnya dipandangsebagai hal yang tidak dapat dikendalikan oleh pengusaha, akan tetapi dalam pembuatan rencana pemasaran pengusaha hendaknya menyadari hal hal sebagai berikut :
a.       Perekonomian
Pengusaha harus mempertimbangkan perubahan dalam pendapatan nasional bruto, pengangguran menurut daerah geografis, pendapatan siap konsumsi dan lain sebagainya.
b.       Kebudayaan
Evaluasi kebudayaan mungkin mungkin mempertimbangkan pergeseran pada populasi menurut demografi, dampak ledakan penduduk, atau pertumbuhan para manula perubahan sikap, kesehatan dan nutrisi.
c.       Tekhnologi
Kemajuan tekhnologi sulit diprediksi akan tetapi pengusaha hendaknya mempertimbangkan tekhnologi potensial yang ditentukan dari sumber daya yang terlibat dalam suatu industry.
d.       Permintaan
Sebagian besar produk mengikuti daur hidup.Selama berbagai tahap dalam dari daur hidup, pertmubuhan permintaan, penurunan, atau stabilisasi mungkin bisa terjadi.
e.       Persoalan hkum
Pengusaha harus bersiap siap debgan adanya perubahan peraturan hukum dari pemerintahan yang mungkin akan mempengaruhi produk atau jasa.
f.        Persaingan
Sebagian besar pengusaha umumnya menghadapi ancaman potensial  dari peusahaan yang lebih besar.
g.       Bahan mentah
Juga cukup sulit meramalkan bahan mentah, adalah gagasan yang cukup kuat bagi pengusaha untuk membentuk hubungan yang kuat dengan pemasok bahan mentah itu sendiri.
2)     Analisis lingkungan internal
Yang diantaranya yaitu :
a.       Sumber daya finansial
Menguraikan kebutuhan finansial dari usaha yang dijalankan.
b.       Manajemen
Sangat penting bagi suatu organisasi untuk memberikan tanggung jawab implementasi perencanaan.Ketersediaan paraahli yang bisa memberikan tanggung jawab.
c.       Pemasok
Didasarkan pada sejumlah factor yaitu :
Harga, waktu, kualitas, dan lain lain.
d.       Sasaran dan tujuan
Menetapkan sasaran dan tujuan yang akan menuntut perusahaan melalui pembuatan keputusan jangka panjang. Yang melibatkan manajemen dan program pemasaran pada arah yang terbatas.

6.       BATASAN RENCANA PEMASARAN
Rencana pemasaran hendaknya dipahami oleh setiap manajemen karena merupakan sebagai pedoman penerapan pembuatan keputusan pemasaran dan tidak hanya sebagai dokumen yang tak berarti saja. Ketika pengusaha tidak meluangkan waktu yang tepat untuk mengembangkan rencana pemasaran atau berfikir bahwa hal ini membuang buang waktu saja mereka akan menafsirkan secara slah arti dari rencana pemasaran ayng ingin dicapai.pengembangan rencana perlu mendokumentasikan secara formal dan menguraikan sebanyak perincian pemasaran yang akan menjadi bagian dari  pembuatan keputusan. Proses ini kan memungkinan pengusaha untuk tidak hanya memahami dan mengetahui isu isu penting, tetapi siap dengan perubahan lingkungan. Bahkan walaupun rencana pemasaran memberikan cara formal untuk mengimplementasikan strategi pemasaran terdapat kasus yang menyebabkan sulitnya perencanaan pemasaran. Kasus / masalah tersebut yaitu :
a)      Peramalan
Kemampuan pengusaha untuk membuat peramalan realistis yang merupakan tugas yang sangat sulit dengan perubahan lingkungan bersaing.
b)     Memperoleh informasi yang dibutuhkan
untuk mengembangkan rencana pasar yang effective sangat diperlukan infprmasi mengenai kecenderungan pasar, kebutuhan konsumen, tekhnologi, pangsa pasar, reaksi pesaing, dan lain lain.
c)      Kendala waktu
Sulit untuk memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat perencanaan.pasar secara memadai.Karena waktu sangat penting bagi pengusaha.
d)     Koordinasi proses perencanaan
Proses prencanaan harus dikoordinasikan dengan tim manajemen karena sebagian besar dari anggota tim mungkin kurang berpengaaman dalam perencanaan pasar.
e)      Implementasi perencanaan pasar
Rencana pemasaran berarti komitment oleh  pengusaha pada strategi tertentu. Rencana tersebut bukanlah dokumen format saja bagi pendukung finansial dai luar semata mata. Komitmen harus dibuat untuk mengimplementasikan semua tahap tahap rencana maupun untuk penyesuaian.

7.       KARAKTERISTIK PERENCANAAN PEMASARAN
Rencana pemasaran hendaknya dirancang sedemikian rupasehingga kriteria tertentu terpenuhi. Beberapa karakteristik yang penting yang harus ada pada rencana pemasaran efektif adalah sebagai berikut :
a.       Rencana pemasaran hendaknya memberikan strategi untuk mencapai tujuan atau misi perisahaan.
b.       Hendaknya didasarkan pada fakta dan asumsi valid
c.       Hendaknya emungkinkan penggunaan sumber daya yang ada, alokasi semua peralatan, sumber daya finansial dan sumber daya manusia yang harus diuraikan.
d.       Organisasi yang tepat harus diuraikan untuk mengimplementasikan perencanaan pasar.
e.       Harus memberikan kesinambungan sehingga setiap rencana pemasaran tahunan yang dibuat berdasarkan hal tersebut bisa memenuhi tujuan dan sasaran dalam jangka panjang.
f.        Hendaknya singkat dan simple
g.       Tergantung pada fleksibilitas
h.       Hendaknya mensfesifikasikan kriteria kinerja yang akan dimonitor dan dikendalikan.

8.       LANGKAH LANGKAH DALAM PEMBUATAN PERENCANAAN PEMASARAN
Langkah langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut :
a.       Mendefinisikan suatu bisnis
Suatu bisnis adalah telaah dimana perusahaan berada. Jika perusahaan tersebut merupakan usaha yang barulatar belakang lebih bersifat pribadi dan menguraikan bagaimana produk barang dan jasa dikembangan dan bagaimana ia dikembangkan.
b.       Mendefinisikan segmen pasar / peluang dan ancaman
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar kedalam kelompok homogn yang lebih kecil.
c.       Menganalisis kekuatan dan kelemahan
Penting bagi pengusaha mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan produk pada pasra yang dituju.
d.       Penetapan tujuan dan sasaran
Sebelum keputusan pemasaran bisa di uraikan pengusaha harus menetapkan tujuan dan sasaran pemasaran yang realistis an spesipik.
e.       Mendefinisikan strategi pemasaran dan usaha yang dilakukan
Sekali tujuan dan sasaran ditetapkan pengusaha mengembangkan strategi tersebut untuk mengembangkan usahanya.
f.        Perencanaan tanggung jawab implementasi
Harus diimplementasikan secara efektif untukmemenuhi semua tujuan yang ingin dicapai.
g.       Penganggaran strategi pemasaran
Harus mempertimbangkan biaya biaya dlam implementasi keputusan yang diambil.

h.       Memonitor kemajuan usaha pemasaran
Melibatkan penjajakan hasil hasil tertentu dari usaha pemasaran.

BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan dan diorganisasikanyang meliputi perindustian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap  kebijakan – kebijakan yang telah dibuat agar  tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai. Pemasaran sebagai suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang diarncang untuk merencanakan , menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang – barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Menurut W.Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli.
perencanaan itu sendiri adalah membentuk usaha terkoordinasi dalam organisasi, karena tanpa adanya perencanaan biasanya disertai dengan tidak adanya koordinasi dan timbulnya ketidakefisienan. Akan tetapi tujuan yang paling mendasar yaitu membantu organisasi mencpai tujuannya. Untuk melancarkan pencapaian usaha dan tujuan



DAFTAR PUSTAKA




http://tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/7591-macam-macam-pemasaran-jasa.html

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang