10 macam yang hal/usaha yang berhubungan dengan pariwisata


1.      Transportasi
Sudah sangat jelas sekali bahwa transportasi memang diperlukan dalam kegiatan pariwisata. Transportasi adalah sistem memindahkan manusia dari satu tempat ke tempat lain. Ada beberapa macam tranportasi, diantaranya: 
a.       Transportasi Darat
Transportasi darat adalah jenis transportasi yang sangat banyak digunakan saat melakukan perjalanan wisata, karena disamping biayanya yang murah, transportasi darat juga relative lebih cepat. Contoh-contoh transportasi darat yang sering digunakan adalah Bus, Mobil, Motor, dan Sepeda.
b.      Transportasi Laut
Jenis transportasi ini biasanya digunakan oleh orang yang melakukan perjalanan wisata yang melewati sungai atau laut. Jenis angkutan yang digunakan biasanya Kapal.
c.       Transportasi Udara
Jenis transportasi ini digunakan ketika seseorang akan melakukan perjalanan yang relative jauh. Transportasi ini dipilih karena waktu tempuh yang relatif singkat.
2.      Penginapan
Penginapan sangat diperlukan bagi wisatawan sebagai tempat menginap atau tempat istirahat apabila orang tersebut berwisata lebih dari 1 hari. Ada beberapa jenis tempat menginap, diantaranya: 
a.       Hotel
Hotel adalah pilihan menginap bagi sebagian wisatawan yang memiliki uang lebih, karena biasanya hotel memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, dan pasti biayanya juga sebanding dengan fasilitas yang didapatkan.
b.      Penginapan
Salah satu alternatif yang bisa dipilih wisatawan untuk tempat istirahat ialah penginapan. Dengan biaya yang tidak begitu mahal wisatawan bisa menghemat pengeluaran sehingga tidak membuat kantong jebol.


c.       Losmen
Losmen (dari bahasa Perancis "logement", "penghunian", lewat bahasa Belanda) adalah sejenis penginapan komersial yang menawarkan tarif yang lebih murah daripada hotel. Losmen disebut pula hotel melati.
3.      Rumah Makan (Restoran)
Restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis restoran
a.       A’la Carte Restaurant adalah restoran yang telah mendapatkan ijin penuh untuk menjual makanan lengkap dengan banak variasi  di mana tamu bebas memilih sendiri makanan yang mereka ingini. Tiap-tiap makanan di restoran jenis ini mempunyai harga sendiri-sendiri.
b.      Table D’hote Restaurant ialah suatu restoran yang khusus menjual manu table d’hotel yaitu suatu susunan menu yang lengkap (dari hidangan pembuka sampai dengan hidangan penutup) dan tertentu, dengan harga yang telah ditenutkan pula.
c.       Coffee Shop atau Brasserie adalah suatu restoran yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat di mana tamu bisa mendapatkan makan pagi, makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang cukupan. Pada umumnya sistem pelayanannya adalah denganAmerican Service dimana yang diutamakan adalah kecepatannya. Ready on plate service,artinya makanan sudah diatur dan disiapkan di atas piring. kadang-kadang penyajiannya dilakukan dengan cara Buffet atau prasmanan.
d.      Cafetaria atau Café adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya terbatas dan tidak menjual minuman yang beralkohol.
e.       Canteen adalah restoran yang berhubungan dengan kantor, pabrik, atau sekolah, tempat dimana para pekerja dan para pelajar bisa mendapatkan makan siang dan coffee break, yaitu acara minum kopi disertai makanan kecil untuk selingan jam kerja, jam belajar ataupun dalam acara rapat-rapat dan seminar
f.       Continental Restaurant adalah suatu restoran yang menitikberatkan hidangna continental pilihan dengan pelayanan elaborate atau megah suasananya santai, susunannya agak rumit, disediakan bagi tamu yang ingin makan secara santai atau rileks.

g.      Carvery merupakan suatu restoran yang sering berhubungan dengan hotel di mana para tamu dapat mengisi sendiri hidangan panggang sebanyak yang mereka inginkan dengan harga hidangan yang sudah ditetapkan.
h.      Dining Room, yang terdapat di hotel kecil, motel atau Inn, merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis daripada tempat makan baisa. Dining Room pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel itu, namun juga terbuka bagi para tamu dari luar
i.        Discotheque ialah suatu restoran yang pada prinsipnya berarti juga tempat dansa sambil menikmati alunan musik. Kadang-kadang juga menampilkan live-band. Bar adalah salah satu fasilitas utama untuk sebuah diskotik. Hidangan yang tersedia pada umumnya berupa snack.
j.        Fish and Chip Shop ialah suatu restoran yang banyak terdapat di Inggris, dimana kita dapat membeli macam-macam kripik (chips) dan ikan Cod, dibungkus dalam kertas dan dibawa pergi. Jadi makanannya tidak dinikmati di tempat itu.
k.      Grill Room (Rotiserrie) adalah suatu restoran yang menyediakan bermacam-macam daging panggang. pada umunya antara restoran dengan dapur dibatasi oleh sekat dinding kaca sehingga para tamu dapat memilih sendiri potongan daging yang dikehendaki dan melihat sendiri bagaimana memasaknya.
4.      Usaha daya tarik wisata merupakan usaha pengelolaan daya tarik wisata alam, daya tarik  wisata budaya, dan/atau daya tarik wisata buatan/binaan manusia.
5.      Usaha kawasan pariwisata merupakan usaha pembangunan dan/atau pengelolaan kawasan untuk memenuhi kebutuhan pariwisata sesuai peraturan perundang-undangan.
6.      Usaha penyelenggaraan kegiatan hiburan & rekreasi merupakan usaha penyelenggaraan kegiatan berupa usaha seni pertunjukan, arena permainan, karaoke, serta kegiatan hiburan dan rekreasi lainnya yang bertujuan untuk pariwisata, tetapi tidak termasuk di dalamnya wisata tirta dan spa.
7.      Usaha jasa pramuwisata merupakan usaha penyediaan dan/atau pengoordinasian tenaga pemandu wisata untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dan/atau kebutuhan biro perjalanan wisata.
8.      Usaha wisata tirta yang selanjutnya disebut dengan usaha pariwisata adalah usaha penyelenggaraan wisata dan olahraga air, termasuk penyediaan sarana dan prasarana serta jasa lainnya yang dikelola secara komersial di perairan laut, pantai, sungai, danau, dan waduk.
9.      Usaha spa merupakan usaha perawatan yang memberikan layanan dengan metode kombinasi terapi air, terapi aroma, pijat, rempah-rempah, layanan makanan/minuman sehat, dan olah aktivitas fisik dengan tujuan menyeimbangkan jiwa dan raga dengan tetap memperhatikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia
10.  Usaha jasa penyelenggaraan pertemuan, perjalanan insentif, konferensi dan pameran merupakan pemberian jasa bagi suatu pertemuan sekelompok orang, penyelenggaraan perjalanan bagi karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan atas prestasinya, serta penyelenggaraan pameran dalam rangka penyebarluasan informasi dan promosi suatu barang dan jasa yang berskala nasional, regional, dan internasional.

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang