Food and Beverage (F & B) Departement



Food and Beverage (F & B) Departement

A.    PENGERTIAN F&B DEPARTEMENT
Merupakan suatu department yang ada di hotel yang mencakup food and beverage service dan food and beverage product dimana kedua bagian tersebut berfungsi untuk menjual jasa pelayanan makanan dan minuman  untuk para tamu hotel dan dikelola secara komersial dan professional.
B.     TUJUAN F&B DEPARTEMENT
1.      Untuk memenuhi selera tamu, keuasan dari makan dan minum
2.      Untuk memelihara dan meningkatkan nama baik hotel, khususnya tamu dari luar hotel yang ingin membuat perjamuan
3.      Untuk membuat keuntungan yang wajar, artinya tamu puas dan hotel memperoleh keuntungan
C.    RUANG LINGKUP F&B DEPARTEMENT
Food and Beverage Depertment terbagi atas dua bagian yaitu:
1.      Food &  Beverage Product
Merupakan  department yang menyajikan makanan, mulai dari proses pemasakan sampai berupa makanan jadi. Product terbagi atas  berbagai macam bagian yaitu main kitchen, kithen caffe shop, pastry bakery. Dimana semua bagian tersebut mempunyai fungsi yang berbeda beda tetepi bertujuan sama yaitu menjual produck ke konsumen hotel.
2.      Food & Beverge Service
Bertugas menangani penghidangan makannan minuman, penyiapan beberapa jenis minuman diantaranya minuman campuran (mixed drinks)

Dalam suatu hotel F & B service berfungsi sebagai penjamu pelayanan makanan dan minuman pada tamu hotel. F & B service terbagi atas  4 (empat) bagian :
1.      Restaurant merupakan bagian dari Food & Beverage departement yang berfungsi menyelenggarakan pelayanan  makanan dan minuman secara komersil pada suatu hotel.
2.      Bar merupakan bagian dari food and beverage  department  yang bertugas menyiapkan makanan dan minuman, baik ber alkoholik dan non alkoholik.
3.      Baquet merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam event – event besar yang di selenggarakan dihotel melalui pelayanan makanan dan minuman, biasanya di selenggarakan di ball room, garden.
4.      Room service Merupakan bagian dari food and beverage service yang bertugas melayani makanan dan minuman pada tamu  yang menghendaki makan dan minum dalam kamar hotel. Room service buka selama 24 jam dengan menggunakan pelayanan trolly atau tray.
D.    PRODUCT FOOD AND BEVERAGE
1.      Tangible product
2.      Intangible product
E.     MACAM USAHA BIDANG FOOD AND BEVERAGE
1.      Restorant (formal restourant, informal restourat, dan spesialist restourant)
2.      Banquet
3.      Bar
4.      Room service

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang