Nilai Tambah Teknologi Informasi Dalam Kegiatan Bisnis



A.    Pendahuluan
Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Inovasi yang berlangsung secara masif berlangsung dalam 25 tahun terakhir, sejak 1970-an, di mana kabel tembaga mulai diganti dengan kabel serat optik, satelit dan teknologi nir-kabel lainnya, seperti microwave dan seluler. Pada periode yang sama, teknologi komputer berevolusi dari sebatas wordprocessing dan accounting menjangkau image dan graphic processing, yang membutuhkan penyimpanan dan pengolahan data dalam kapasitas yang sangat besar. Dan secara fisis komputer berevolusi dari berukuran sebesar sebuah ruang tamu sampai menjadi perangkat yang portabel dan personal. Kemampuan yang sangat tinggi untuk mengirim dan menerima data dan citra, selain suara, meleburkan kedua jenis teknologi tersebut menjadi yang kini lazim disebut information and communication technology (ICT), atau teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Internet dan World Wide Web (WWW) menjadi wujud utama peleburan kedua jenis teknologi. 
Penerapan Teknologi Informasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi  menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Perkembangan Teknologi Membawa perubahan pesat dalam dunia bisnis. Ada berbagai macam sistem informasi dengan menggunakan teknologi informasi,antara lain: Electronic Data Processing Systems, Data Processing Systems (DPS), Decision Support System (DSS), Management Information System (MIS), Executive Information Systems (EIS), Expert System (ES) dan Accounting Information System (AIS). Perkembangan teknologi informasi juga berpengaruh terhadap bidang manufaktur dan jasa. Pengaruh sistem informasi yang menggunakan teknologi Informasi ini berpengaruh terhadap aktivitas perusahaan.baik yang merugikan maupun yang bersifat menguntungkan.
Dengan adanya Teknologi Informasi memberikan manfaat yang pesat bagi perusahaan,seperti perusahaan mampu mengendalikan aktivitas bisnis yang rumit,sehingga dapat menghasilkan informasi yang relevan, artinya memiliki tujuan yang spesifik,jelas,dan masuk akal,tepat waktu dimana informasi tersebut sesuai dengan yang diminta dan tidak terlambat sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan user. Selain itu, untuk kinerja perusahaan teknologi dapat menjadikan kinerja perusahan semakin efisien sehingga perusahaan dapat bertahan dalam globalisasi. Selain banyak manfaatnya,Teknologi informasi ini tidak selalu berdampak positif bagi semua aspek perusahaan,dikarenakan hilangnya kesempatan kerja dan dapat menimbulkan crime of work bagi perusahaan, misalnya: hacker account karyawan,yang dapat merugikan karyawan perusahaan dan penyimpangan dalam perusahaan seperti karyawan membeli aset perusahaan untuk kepentingan pribadi. 

B.     Kajian Pustaka
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Perkembangan teknologi di era globalisasi memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat. Internet menjadi salah satu bukti dari perkembangan teknologi dimana seluruh masyarakat sudah pasti menggunakan media internet. Internet bagi sebagian masyarakat juga dijadikan sebagai alat untuk menjual atau memasarkan produk atau jasa yang dimiliki, karena internet praktis, efisien dan efektif sehinga menjadi pilihan yang tepat untuk promosi. E-commerce menjadi kegiatan jual beli di dunia maya serta promosi produk atau jasa. Hal ini banyak memberikan keuntungan, karena biaya yang dikeluarkan sedikit namun jangkauan konsumennya luas. E-commerce dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah dengan menggunakan sistem elektronik.
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.  
E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dan lain - lain.
Pengertian spesifik tentang e-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat melakukan transaksi secara online atau juga bisa suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas internet dimana terdapat website yang menyediakan layanan “get and deliver”. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading.
E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit dimana e-commerce adalah sub perangkat dari E-Bisnis. Cara pembayarannya yaitu melalui  transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit sedangkan E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas, area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. Cara pembayarannya yaitu dengan melalui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online. Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email. Contoh E-Commerce misalnya pembelian buku secara online, pembelian elektronik melalui online, pembelian kendaraan melalui online, pembelian pakaian secara online, dan lain-lain.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003.
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
·         E-mail dan Messaging
·         Content Management Systems
·         Dokumen, spreadsheet, database
·         Akunting dan sistem keuangan
·         Informasi pengiriman dan pemesanan
·         Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
·         Sistem pembayaran domestik dan internasional
·         Newsgroup
·         On-line Shopping
·         Conferencing
·         Online Banking
Ada empat model bisnis yang paling banyak digunakan pelaku-pelaku bisnis e-commerce di Indonesia untuk meraup sukses, yaitu :
1.      Marketplace, yaitu model bisnis dimana penjual dan pembeli berkumpul dalam satu website. Dalam marketplace inilah akan ditemukan layanan integrasi pembayaran dan pengiriman barang dan jasa secara elektronik. Contohnya Blibli.Com dan Tokopedia.Com
2.      Classified Ads, dimana transaksi terjadi karena ada iklan baris di website. Dalam model bisnis ini kebanyakan transaksi terjadi bukan secara online, melainkan secara offline. Dengan demikian iklan baris di website hanya berfungsi untuk memberikan informasi bukan sebagai tempat terjadinya transaksi. Contohnya Berniaga.Com, Kaskus.us, dan Tokobagus.Com.
3.      Daily Deals, dimana dalam model bisnis ini perusahan E-Commerce memberikan diskon untuk berbagai macam barang dan jasa serta penawaran menarik lainnya kepada pelanggannya. Model bisnis seperti ini menguntungkan pelanggan karena selalu ada diskon dan penawaran menarik setiap hari. Semakin banyak calon pembeli maka semakin besar juga diskonnya. Contohnya DealGoing.Com.
4.      Online Retail, adalah perusahan ritel yang telah sukses melakukan transaksi bisnis di ranah offline kemudian berpindah ke ranah online untuk memperluas pasar. Contohnya Bhineka.Com dan Gramedia.Com.
Dengan memiliki fokus Bisnis pada salah satu model bisnis maka sejumlah pemain bisnis e-commerce dapat menjalankan bisnis dengan sukses. Aspek teknologi menjadi bagian penting untuk selalu menjadi perhatian sehingga dapat menciptakan inovasi-inovasi bisnis online yang lebih variatif. 

C.    Pengamatan pada Kegiatan Bisnis Online Berniaga.Com
Berniaga.com adalah sebuah gagasan sederhana yaitu jual dan beli hampir semua barang. Jika Anda ingin jual mobil, cari rumah dijual, mau jual handphone, serta jual dan beli komputer di daerah Anda dengan mudah dan nyaman. Berniaga didirikan pada Desember 2009 berlokasi di Menara Prima 22nd Floor unit F, Jl Lingkar Mega Kuningan Blok 6.2, Jakarta, Jakarta, Indonesia 12950 dengan Slogan “ berniaga.com – Jualnya Gampang, Belinya Senang”.  Dengan kata lain Situs Jual Beli Mudah Indonesia berniaga.com adalah situs iklan baris yang menawarkan kemudahan untuk mencari, menjual, dan membeli barang secara mudah, kapan pun dan dimanapun anda berada. berniaga.com menawarkan solusi mudah bagi mereka yang hendak menjual ataupun membeli barang via online.
      Berniaga adalah situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli yang beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM). Berniaga.com ini sudah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti, kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya. Beriklan di Internet sekarang sudah cukup menjanjikan, dengan cara pemasangan yang mudah dan gratis bisa dilihat semua orang secara online. Memasang iklan Jual beli di internet khususnya di Berniaga lebih baik dibandingkan Memasang Iklan di Media Cetak, karena Iklan di Internet memiliki kelebihan tidak terbatas jarak dan waktu.
Situs jual beli dan pasang iklan gratis berslogan "Jual beli mudah di Berniaga.com" berfungsi menjembatani penjual dengan pembeli. Memberikan akses dan kesempatan bagi penjual untuk menawarkan/menjual barang mereka via internet dengan cara yang mudah dan dibekali dengan fasilitas-fasilitas gratis tentunya. Kemudahan yang akan didapat oleh penjual di Berniaga.com diantaranya: penjual diperkenankan untuk memasang iklan gratis guna menguraikan jenis produk yang dijualnya dan disertai dengan gambar guna memudahkan calon pembeli untuk mengenal barang-barang yang diperjualbelikan di Berniaga.com. Setiap penjual yang hendak memasang iklan dari produk yang mereka jual, mereka harus melalui tahap-tahap pengisian formulir pemasangan iklan seperti mengisi jenis iklan (iklan pribadi atau iklan perusahaan), memilih jenis produk yang hendak dijual (elektronik, kendaraan, properti, perlengkapan rumah, dll), merek barang, judul iklan, harga barang, dan lain sebagainya.
Untuk pembeli, Berniaga.com akan menjadi toko online yang baik, sebab berniaga.com memberlakukan peninjauan kembali untuk para pemasang iklan yang hendak menjual produk mereka untuk mengurangi tindakan penipuan. berniaga.com juga menyedikan beberapa tips aman untuk penjual maupun pembeli agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh pihak pembeli maupun pihak penjual. Pembeli dapat melihat, meninjau dan mencari barang-barang yang dicari/hendak dibeli kapanpun dan dimanapun pembeli berada. Cukup mengakses Berniaga.com, pembeli dapat melihat-lihat barang-barang yang tersedia untuk dibeli. Pembeli dapat menghubungi pusat bantuan berniaga.com apabila memerlukan bantuan saat proses penjualan maupun pembelian serta tata cara pemasangan iklan yang baik dan benar.

D.    Pembahasan
Berniaga.com memudahkan traksaksi penjualan dan pembelian via online yang didukung oleh iklan baris untuk mempromosikan produk dengan cara yang lebih baik. Mempertemukan penjual dan pembeli dengan cara yang mudah dan dengan penawaran yang lebih baik. Sekali lagi baca dahulu tips aman yang ada bagian bawah halaman depan situs berniaga.com untuk proses jual beli mudah dan aman di Berniaga.Com.
  Berniaga.com dalam model iklan baris (classified ads) seperti halnya Kaskus.us, dan Tokobagus.com. Iklan baris secara online hanya berfungsi sebagai informasi, sedangkan transaksinya dilakukan secara online. Iklan baris Berniaga.com masih memiliki karekteristik tersendiri. Barang-barang yang dijual dalam lamannya mengkhususkan pada bekas.
Fasilitas keamanan yang berniaga.com siapkan adalah dengan mereview setiap iklan yang masuk agar iklan yang dipublikasikan nantinya benar-benar berkualitas. Hal ini meminimalisir potensi penipuan yang kerap terjadi pada jual beli online. Berniaga.com adalah sebuah gagasan sederhana: jual dan beli hampir semua barang – Anda ingin jual mobil, cari rumah dijual, mau jual handphone, serta jual dan beli komputer di daerah Anda dengan mudah dan nyaman.

E.     Cara Transaksi di Berniaga.Com
Berangkat dari ide memfasilitasi penjual dan pembeli dengan mudah dan cepat,  Berniaga.com hadir dengan fitur atraktif yang memberi kepastian bisnis tanpa melupakan keamanan. Skema belanja telah jauh berubah dari tatap muka antara penjual dan calon pembeli di pasar menjadi mekanisme belanja yang mudah dan cepat melalui mediasi internet. Namun, sebagai produk baru, belanja online tentu saja memiliki risiko bisnis. Kejahatan yang terjadi dapat berupa penipuan dengan menjual barang cacat, menjual barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan atau bahkan barang tidak datang sama sekali setelah pembeli mentransfer uang.
Salah satu cara yang terbilang efektif untuk mereduksi hal itu adalah konsisten melakukan transaksi online di portal-portal komersial yang kredibel. Untuk menjawab penawaran terbaik dengan mudah dan aman serta real time antara penjual dan pembeli, misalnya, konsumen kini hanya cukup duduk dan melakukan aktivasi transaksi di depan layar komputer jinjing atau telepon pintarnya tanpa perlu takut tertipu. Berangkat dari kesadaran itu, terbersitlah ide dari seorang Jullian Gafar (Direktur Berniaga.Com) untuk menghadirkan portal guna memfasilitasi penjual dan pembeli bertransaksi. Skema kerja Berniaga.com, terbilang sederhana. Jika ingin menjual barang,  Anda hanya perlu mengisi daftar isian yang terdiri dari klasifikasi iklan dan identitas Anda. Sebaliknya, jika Anda ingin mencari barang, Anda cukup meng-klik lokasi yang diinginkan, memilih klasifikasi iklan dari barang yang sesuai dengan keinginan, dan dapat menghubungi sang penjual. Setelah itu, jika terdapat kecocokan, maka bisa dilanjutkan dengan pertemuan untuk finalisasi transaksi. 

F.     Kesimpulan
Berniaga.com adalah layanan toko online yang mempertemukan pembeli dengan penjual. Berniaga.com membuka pasar jual beli Indonesia tanpa dibatasi tempat maupun waktu yaitu menggunakan internet. Berniaga.com mampu menghubungkan pembeli dan penjual SeIndonesia melalui sebuah situs yang cepat diakses dan mudah penggunaanya. Cara menjadi penjual di berniaga.com sangatlah mudah, yaitu dengan menghubungkan akun facebook yang sudah online ataupun mendaftar secara manual. Dalam hal ini basis IT sangat memiliki peran penting dalam dunia bisnis dan dagang karena Teknologi Informasi mampu memberikan nilai tambah dalam efisiensi proses bisnis dan memberikan peluang bagi yang menjalankan bisnis dalam menciptakan peluang-peluang bisnis secara lebih variatif.

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang