Nilai Tambah Teknologi Informasi Dalam Kegiatan Bisnis
A. Pendahuluan
Istilah teknologi informasi mulai
populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi
biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic
data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi
pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan
perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.
Inovasi yang berlangsung secara masif berlangsung dalam 25 tahun terakhir,
sejak 1970-an, di mana kabel tembaga mulai diganti dengan kabel serat optik,
satelit dan teknologi nir-kabel lainnya, seperti microwave dan seluler.
Pada periode yang sama, teknologi komputer berevolusi dari sebatas wordprocessing
dan accounting menjangkau image dan graphic processing,
yang membutuhkan penyimpanan dan pengolahan data dalam kapasitas yang sangat
besar. Dan secara fisis komputer berevolusi dari berukuran sebesar sebuah ruang
tamu sampai menjadi perangkat yang portabel dan personal. Kemampuan yang sangat
tinggi untuk mengirim dan menerima data dan citra, selain suara, meleburkan
kedua jenis teknologi tersebut menjadi yang kini lazim disebut information
and communication technology (ICT), atau teknologi informasi dan komunikasi
(TIK). Internet dan World Wide Web (WWW) menjadi wujud utama peleburan
kedua jenis teknologi.
Penerapan Teknologi Informasi banyak
digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap
pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan
kerja. Penerapan Teknologi Informasi
menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Perkembangan Teknologi
Membawa perubahan pesat dalam dunia bisnis. Ada berbagai macam sistem informasi
dengan menggunakan teknologi informasi,antara lain: Electronic Data Processing
Systems, Data Processing Systems (DPS), Decision Support System (DSS),
Management Information System (MIS), Executive Information Systems (EIS),
Expert System (ES) dan Accounting Information System (AIS). Perkembangan
teknologi informasi juga berpengaruh terhadap bidang manufaktur dan jasa.
Pengaruh sistem informasi yang menggunakan teknologi Informasi ini berpengaruh
terhadap aktivitas perusahaan.baik yang merugikan maupun yang bersifat
menguntungkan.
Dengan adanya Teknologi Informasi
memberikan manfaat yang pesat bagi perusahaan,seperti perusahaan mampu
mengendalikan aktivitas bisnis yang rumit,sehingga dapat menghasilkan informasi
yang relevan, artinya memiliki tujuan yang spesifik,jelas,dan masuk akal,tepat
waktu dimana informasi tersebut sesuai dengan yang diminta dan tidak terlambat
sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan user. Selain itu, untuk kinerja
perusahaan teknologi dapat menjadikan kinerja perusahan semakin efisien
sehingga perusahaan dapat bertahan dalam globalisasi. Selain banyak manfaatnya,Teknologi
informasi ini tidak selalu berdampak positif bagi semua aspek
perusahaan,dikarenakan hilangnya kesempatan kerja dan dapat menimbulkan crime
of work bagi perusahaan, misalnya: hacker account karyawan,yang dapat merugikan
karyawan perusahaan dan penyimpangan dalam perusahaan seperti karyawan membeli
aset perusahaan untuk kepentingan pribadi.
B.
Kajian
Pustaka
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa
komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan
transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak
informasi dengan cepat dan tepat. Perkembangan teknologi di era globalisasi memberikan dampak
bagi kehidupan masyarakat. Internet menjadi salah satu bukti dari perkembangan
teknologi dimana seluruh masyarakat sudah pasti menggunakan media internet.
Internet bagi sebagian masyarakat juga dijadikan sebagai alat untuk menjual
atau memasarkan produk atau jasa yang dimiliki, karena internet praktis,
efisien dan efektif sehinga menjadi pilihan yang tepat untuk promosi.
E-commerce menjadi kegiatan jual beli di dunia maya serta promosi produk atau
jasa. Hal ini banyak memberikan keuntungan, karena biaya yang dikeluarkan
sedikit namun jangkauan konsumennya luas. E-commerce dapat membuat segala
sesuatunya menjadi lebih mudah dengan menggunakan sistem elektronik.
E-commerce atau bisa disebut
Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau
televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
E-commerce dapat melibatkan transfer
dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori
otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi
melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis
(e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana
secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing),
atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data
interchange /EDI), dan
lain - lain.
Pengertian spesifik tentang e-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapat
melakukan transaksi secara online atau juga bisa suatu cara berbelanja atau
berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan
fasilitas internet dimana terdapat website
yang menyediakan layanan “get and deliver”.
E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya
operasional untuk kegiatan trading.
E-commerce mengacu pada internet untuk belanja
online dan jangkauan lebih sempit dimana e-commerce adalah sub perangkat dari
E-Bisnis. Cara pembayarannya yaitu melalui
transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit sedangkan E-Bisnis mengacu pada
internet tapi jangkauan lebih luas, area bisnisnya terjadi ketika perusahaan
atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi
pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet dengan begitu dapat
memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. Cara
pembayarannya yaitu dengan melalui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh
dunia dalam melakukan transaksi online.
Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual
secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang
dilakukan melalui email. Contoh E-Commerce misalnya pembelian buku
secara online, pembelian elektronik melalui online, pembelian kendaraan melalui
online, pembelian pakaian secara online, dan lain-lain.
E-commerce pertama kali diperkenalkan
pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan
promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik
menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003.
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan
dengan e-commerce adalah:
·
E-mail dan Messaging
·
Content
Management Systems
·
Dokumen, spreadsheet, database
·
Akunting dan sistem keuangan
·
Informasi pengiriman dan pemesanan
·
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
·
Sistem pembayaran domestik dan
internasional
·
Newsgroup
·
On-line Shopping
·
Conferencing
·
Online Banking
Ada empat model bisnis yang paling banyak digunakan pelaku-pelaku
bisnis e-commerce di Indonesia untuk meraup sukses, yaitu :
1. Marketplace, yaitu model bisnis dimana penjual dan pembeli berkumpul
dalam satu website. Dalam marketplace inilah akan ditemukan
layanan integrasi pembayaran dan pengiriman barang dan jasa secara elektronik.
Contohnya Blibli.Com dan Tokopedia.Com
2. Classified Ads, dimana transaksi terjadi karena ada iklan baris di website. Dalam model bisnis ini
kebanyakan transaksi terjadi bukan secara online,
melainkan secara offline. Dengan
demikian iklan baris di website hanya
berfungsi untuk memberikan informasi bukan sebagai tempat terjadinya transaksi.
Contohnya Berniaga.Com, Kaskus.us, dan Tokobagus.Com.
3. Daily Deals, dimana dalam model bisnis ini perusahan E-Commerce memberikan diskon untuk
berbagai macam barang dan jasa serta penawaran menarik lainnya kepada
pelanggannya. Model bisnis seperti ini menguntungkan pelanggan karena selalu
ada diskon dan penawaran menarik setiap hari. Semakin banyak calon pembeli maka
semakin besar juga diskonnya. Contohnya DealGoing.Com.
4. Online Retail, adalah perusahan ritel yang telah sukses melakukan transaksi
bisnis di ranah offline kemudian
berpindah ke ranah online untuk
memperluas pasar. Contohnya Bhineka.Com dan Gramedia.Com.
Dengan memiliki fokus Bisnis pada salah satu model bisnis
maka sejumlah pemain bisnis e-commerce dapat
menjalankan bisnis dengan sukses. Aspek teknologi menjadi bagian penting untuk
selalu menjadi perhatian sehingga dapat menciptakan inovasi-inovasi bisnis
online yang lebih variatif.
C.
Pengamatan
pada Kegiatan Bisnis Online Berniaga.Com
Berniaga.com adalah sebuah gagasan
sederhana yaitu jual dan beli hampir semua barang. Jika Anda ingin jual mobil,
cari rumah dijual, mau jual handphone, serta jual dan beli komputer di daerah
Anda dengan mudah dan nyaman. Berniaga didirikan pada Desember 2009 berlokasi
di Menara Prima 22nd Floor unit F, Jl Lingkar Mega Kuningan Blok
6.2, Jakarta, Jakarta, Indonesia 12950 dengan Slogan “ berniaga.com – Jualnya
Gampang, Belinya Senang”. Dengan kata
lain Situs Jual Beli Mudah Indonesia berniaga.com
adalah situs iklan baris yang menawarkan kemudahan untuk mencari,
menjual, dan membeli barang secara mudah, kapan pun dan dimanapun anda berada.
berniaga.com menawarkan solusi mudah bagi mereka yang hendak menjual ataupun
membeli barang via online.
Berniaga
adalah situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli
yang beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan
yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore Press Holdings
(SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM). Berniaga.com ini sudah beroperasi
sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori
seperti properti, kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya. Beriklan di Internet
sekarang sudah cukup menjanjikan, dengan cara pemasangan yang mudah dan gratis
bisa dilihat semua orang secara online. Memasang iklan Jual beli di internet
khususnya di Berniaga lebih baik dibandingkan Memasang Iklan di Media Cetak,
karena Iklan di Internet memiliki kelebihan tidak terbatas jarak dan waktu.
Situs jual beli dan pasang iklan
gratis berslogan "Jual beli mudah di Berniaga.com" berfungsi menjembatani penjual
dengan pembeli. Memberikan akses dan kesempatan bagi penjual untuk
menawarkan/menjual barang mereka via internet dengan cara yang mudah dan
dibekali dengan fasilitas-fasilitas gratis tentunya. Kemudahan yang akan
didapat oleh penjual di Berniaga.com
diantaranya: penjual diperkenankan untuk memasang iklan gratis guna menguraikan
jenis produk yang dijualnya dan disertai dengan gambar guna memudahkan calon
pembeli untuk mengenal barang-barang yang diperjualbelikan di Berniaga.com. Setiap penjual yang
hendak memasang iklan dari produk yang mereka jual, mereka harus melalui
tahap-tahap pengisian formulir pemasangan iklan seperti mengisi jenis iklan
(iklan pribadi atau iklan perusahaan), memilih jenis produk yang hendak dijual
(elektronik, kendaraan, properti, perlengkapan rumah, dll), merek barang, judul
iklan, harga barang, dan lain sebagainya.
Untuk pembeli, Berniaga.com akan
menjadi toko online yang baik, sebab berniaga.com memberlakukan peninjauan
kembali untuk para pemasang iklan yang hendak menjual produk mereka untuk
mengurangi tindakan penipuan. berniaga.com juga menyedikan beberapa tips aman untuk penjual maupun pembeli
agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh pihak pembeli maupun pihak
penjual. Pembeli dapat melihat, meninjau dan mencari barang-barang yang
dicari/hendak dibeli kapanpun dan dimanapun pembeli berada. Cukup mengakses Berniaga.com, pembeli dapat
melihat-lihat barang-barang yang tersedia untuk dibeli. Pembeli dapat
menghubungi pusat bantuan berniaga.com apabila memerlukan bantuan saat proses
penjualan maupun pembelian serta tata cara pemasangan iklan yang baik dan
benar.
D.
Pembahasan
Berniaga.com memudahkan
traksaksi penjualan dan pembelian via online yang didukung oleh iklan baris
untuk mempromosikan produk dengan cara yang lebih baik. Mempertemukan penjual
dan pembeli dengan cara yang mudah dan dengan penawaran yang lebih baik. Sekali
lagi baca dahulu tips aman yang
ada bagian bawah halaman depan situs berniaga.com untuk proses jual beli mudah
dan aman di Berniaga.Com.
Berniaga.com dalam model iklan baris
(classified ads) seperti halnya Kaskus.us, dan Tokobagus.com. Iklan baris
secara online hanya berfungsi sebagai informasi, sedangkan transaksinya
dilakukan secara online. Iklan baris Berniaga.com masih memiliki karekteristik
tersendiri. Barang-barang yang dijual dalam lamannya mengkhususkan pada bekas.
Fasilitas keamanan yang
berniaga.com siapkan adalah dengan mereview setiap iklan yang masuk agar iklan
yang dipublikasikan nantinya benar-benar berkualitas. Hal ini meminimalisir
potensi penipuan yang kerap terjadi pada jual beli online. Berniaga.com adalah
sebuah gagasan sederhana: jual dan beli hampir semua barang – Anda ingin jual
mobil, cari rumah dijual, mau jual handphone, serta jual dan beli komputer di
daerah Anda dengan mudah dan nyaman.
E.
Cara Transaksi di Berniaga.Com
Berangkat dari ide memfasilitasi
penjual dan pembeli dengan mudah dan cepat, Berniaga.com hadir dengan
fitur atraktif yang memberi kepastian bisnis tanpa melupakan keamanan. Skema
belanja telah jauh berubah dari tatap muka antara penjual dan calon pembeli di
pasar menjadi mekanisme belanja yang mudah dan cepat melalui mediasi internet.
Namun, sebagai produk baru, belanja online tentu saja memiliki risiko bisnis.
Kejahatan yang terjadi dapat berupa penipuan dengan menjual barang cacat,
menjual barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan atau bahkan
barang tidak datang sama sekali setelah pembeli mentransfer uang.
Salah satu cara yang terbilang
efektif untuk mereduksi hal itu adalah konsisten melakukan transaksi online di portal-portal komersial yang
kredibel. Untuk menjawab penawaran terbaik dengan mudah dan aman serta real time antara penjual dan pembeli,
misalnya, konsumen kini hanya cukup duduk dan melakukan aktivasi transaksi di
depan layar komputer jinjing atau telepon pintarnya tanpa perlu takut tertipu.
Berangkat dari kesadaran itu, terbersitlah ide dari seorang Jullian Gafar
(Direktur Berniaga.Com) untuk menghadirkan portal guna memfasilitasi penjual
dan pembeli bertransaksi. Skema kerja Berniaga.com, terbilang sederhana. Jika
ingin menjual barang, Anda hanya perlu mengisi daftar isian yang terdiri
dari klasifikasi iklan dan identitas Anda. Sebaliknya, jika Anda ingin mencari
barang, Anda cukup meng-klik lokasi yang diinginkan, memilih klasifikasi iklan
dari barang yang sesuai dengan keinginan, dan dapat menghubungi sang penjual.
Setelah itu, jika terdapat kecocokan, maka bisa dilanjutkan dengan pertemuan
untuk finalisasi transaksi.
F.
Kesimpulan
Berniaga.com adalah layanan toko online yang mempertemukan
pembeli dengan penjual. Berniaga.com membuka pasar jual beli Indonesia tanpa
dibatasi tempat maupun waktu yaitu menggunakan internet. Berniaga.com mampu
menghubungkan pembeli dan penjual SeIndonesia melalui sebuah situs yang cepat
diakses dan mudah penggunaanya. Cara menjadi penjual di berniaga.com sangatlah mudah, yaitu dengan
menghubungkan akun facebook yang sudah online ataupun mendaftar secara manual.
Dalam hal ini basis IT sangat memiliki peran penting dalam dunia bisnis dan
dagang karena Teknologi Informasi mampu memberikan nilai tambah dalam efisiensi
proses bisnis dan memberikan peluang bagi yang menjalankan bisnis dalam
menciptakan peluang-peluang bisnis secara lebih variatif.
Komentar
Posting Komentar