HELPDESK


·         Pengertian Helpdesk

“Help Desk is a formal organization that provides support function to users of the companies product, services, or technology.”

Dalam Bahasa Indonesia, artinya : Help desk adalah bagian dari suatu perusahaan resmi yang menyediakan dokumen fungsi produk, servis atau teknologi dari suatu perusahaan.

Jadi intinya, help desk merupakan sebuah bagian atau departemen di dalam perusahaan untuk melayani atau menanggapi semua pertanyaan teknis dari pengguna.

Pertanyaan-pertanyaan teknis dan jawabannya bisa disampaikan melalui email, telepon, fax, email, dan lain sebagainya. Bahkan, untuk saat ini sudah banyak software yang mendukung untuk penggunaan help desk.

Help desk juga bisa diartikan sebagai bagian dari fungsi support/pelayanan dan bertugas untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan adanya help desk, perusahaan bisa menanggapi pengguna dengan lebih baik dan pengguna akan lebih puas karena masalahnya bisa diatasi.

Jadi, help desk bisa disimpulkan sebagai program atau struktur dalam perusahaan yang berfungsi menangani berbagai bentuk keluhan dan pertanyaan dari pengguna/pelanggan. Lebih dari itu, perusahaan jadi bisa melayani pengguna dengan baik, khususnya memberikan solusi dan informasi yang bermanfaat bagi pengguna.

·         Cara Kerja Helpdesk
Dalam menjalankan tugasnya, help desk tentu memiliki alur atau cara kerja. Setidaknya, ilustrasi berikut bisa menggambarkan cara kerja help desk :

·         Front End (User)
Seorang pelanggan atau pengguna merasa bingung akan produk/jasa/program yang ditawarkan suatu perusahaan. Mungkin juga ia mengalami masalah dengan program atau sistem yang digunakan. Lantas, ia ingin bertanya kepada perusahaan tersebut dengan mengirim trouble ticket kepada help desk. Harapannya, masalah yang sedang dihadapi saat itu bisa teratasi.

·         Help Desk
Keluhan pengguna tadi kemudian direspon oleh help desk dengan memberikan informasi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bila masalahnya cukup serius dan help desk belum isa memberi solusi, maka selanjutnya akan meneruskan trouble ticket ke yang lebih ahli di bidangnya yaitu spesialis (back end).

Biasanya, tingkatan pada tahap ini berada di level 1 di mana masalah dasar masih bisa ditangani dengan mudah dan sesingkat mungkin. Kalau tahap ini belum menyelesaikan permasalahan, baru kemudian help desk meminta jalan keluar ke spsesialis.

·         Back End (Spesialis)
Pada tahap ini, berbagai masalah yang cukup rumit dan kompleks mungkin akan bisa diselesaikan oleh back end. Karena di atasi oleh pakarnya, maka beberapa masalah yang rumit bisa diatasi dengan lebih efisien, efektif dan benar. Pemecahan masalah ini tentu melahirkan solusi yang selanjutnya akan disampaikan kembali kepada syang bertanya.

·         Referensi
https://www.golepi.com/2018/01/pengertian-help-desk-dan-cara-kerja.html tentang pengertian dan cara kerja Helpdesk diakses pada tanggal 15 Agustus 2018 @ 08.30 WIB



PELATIHAN IT HELDESK
·         Tempat/Nama Penyelengara Pelatihan
PT. Mairodi Mandiri Sejahtera (MMS) Training, Consulting & Engineering Services. MMS merupakan institusi professional yang bergerak di bidang jasa training, consulting dan Engineering Services.
·         Lokasi Training
Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta
·         Cakupan Materi
ü  Peran IT dalam strategi bisnis perusahaan.
ü  Identifikasi dan set-up peran komputer dan jenis-jenis end users dan kebutuhan mereka beserta lisensinya.
ü  Identifikasi peran staf pendukung dengan beragam fungsi dan layanannya.
ü  Identifikasi ketrampilan layanan pelanggan untuk staf pendukung.
ü  Komunikasi efektif dengan pelanggan untuk penyelesaian masalah.
ü  Pengembangan prosedur perbaikan IT.
ü  Pengembangan strategi penyelesaian masalah IT.
ü  Pengembangan prosedur peningkatan ketrampilan IT helpdesk.
ü  Pendefinisian operasi dan manajemen IT helpdesk.
ü  Dokumentasi dan pelacakan panggilan pelanggan berbantuan perangkat lunak.
ü  Penulisan Standard Operating Procedure dalam IT Helpdesk.
ü  IT Helpdesk Key Performance Indicator.
·         Instructur
Singgih Saptadi, ST. MT. and Team
Singgih Saptadi, ST.MT.  adalah Master lulusan Teknik Industri ITB yang juga merupakan dosen tetap Teknik Industri UNDIP. Pernah menjabat Kepala Laboratorium Sistem Produksi dan Kepala Laboratorium Sistem Pendukung Keputusan Universitas Diponegoro. Bidang keahlian Beliau adalah Manajemen Operasi, Analisis dan Perancangan Pabrik, Manajemen pemeliharaan, Manajemen Resiko, Analisis Keputusan, Pengambilan Keputusan Multi-Kriteria, Supply-Chain Management Pemodelan dan Simulasi Sistem Industri, E-Business, Perencanaan dan Perancangan Sistem Perusahaan serta Perencanaan Strategis Sistem Informasi. Dengan kompetensi tersebut, Beliau terlibat dalam kegiatan konsultansi di Bank Indonesia, Pertamina, BRI, BNI, Holcim, Conoco Phillips, Freeport dan beberapa industri lainnya, termasuk perguruan tinggi. Selain itu, Beliau banyak memberikan pelatihan untuk industri dalam bidang-bidang kompetensi tersebut.
·         Training Duration
3 Days
·         Investment Price
ü  Rp 5.950.000/peserta (bayar penuh)  atau
ü  Rp 5.750.000/peserta (early bird, yang membayar 1 minggu sebelum training) atau
ü  Rp 5.500.000/peserta (grup, untuk 3 peserta atau lebih dari 1 perusahaan yang sama)

·         Facilities For Partisipants
ü  Training Module
ü  Flash Disk contains training material
ü  Certificate
ü  Stationeries: NoteBook and Ballpoint
ü  T-Shirt
ü  Backpack
ü  Training Photo
ü  Training room with Full AC facilities and multimedia
ü  Lunch and twice coffeebreak every day of training
ü  Qualified Instructor
ü  Transportation for participants from hotel of participants to/from hotel of training – VV (if minimal participants is 4 persons from the same company)
·         Costumer Of MMS
ü  Angkasa Pura I & II PT. 
ü  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
ü  Badan Pemeriksa Keuangan
ü  Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Jawa Tengah
ü  Badan Pengawasan Obat dan Makanan
ü  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemekumham
ü  Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT)
ü  Dll


·         References
http://pelatihan-it.co.id/it-helpdesk/ diakses pada tanggal 15 Agustus 2018 @ 09.30 WIB tentang IT Helpdesk

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang