Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018
OLEH
I. G. N.
DWI PERDANA KUSUMA
1411031020
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA
2018
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaran
kolaboratif terhadap hasil belajar IPA. Jenis
penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten
Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 163 siswa. Sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Jagaraga dengan jumlah 25 siswa
dan siswa kelas V SD Negeri 1 Menyali dengan jumlah 20 siswa. Data hasil
belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis
yang digunakan adalah uji-t sampel
independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA siswa (thitung
= 7,064 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05) Dilihat dari skor rata-rata,
diketahui bahwa skor rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar
dibandingkan skor rata-rata kelompok kontrol (21,80 > 12,90). Jadi model
pembelajaran kolaboratif berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V
SD Semester II Gugus III
Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata-kata kunci: hasil belajar
IPA, model pembelajaran kolaboratif
PRAKATA
Puji syukur dipanjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena
berkat rahmat-Nya-lah, skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran
Kolaboratif terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan
Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018” dapat terselesaikan. Skripsi ini
disusun guna memenuhi persyaratan untuk mencapai gelar sarjana pendidikan di
Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar.
Bantuan
baik moral maupun material diperoleh dari berbagai pihak, sehingga skripsi ini
dapat terselesaikan. Pada kesempatan ini, diucapkan terimakasih kepada yth:
1.
Prof.
Dr. Ni Ketut Suarni, M.S.Kons.,
selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan atas berbagai kebijaksanaan sehingga
studi ini dapat terselesaikan dengan lancar.
2.
Dr.
Desak Putu Parmiti, M.S, selaku ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
atas motivasi yang diberikan dalam penyelesaian skripsi ini.
3.
I
Gede Margunayasa, S.Pd.,M.Pd, selaku Pembimbing I yang telah memberikan arahan,
motivasi, petunjuk, dan bimbingan yang sangat bermanfaat selama penyusunan
skripsi ini.
4.
Dra.
Nyoman Kusmariyatni, S.Pd.,M.Pd, selaku Pembimbing II yang telah memberikan
arahan, motivasi, petunjuk, dan bimbingan yang sangat bermanfaat selama
penyusunan skripsi ini.
5.
Ida Ayu Ketut Padmini,, S.Pd. selaku
kepala SD Negeri 3 Jagaraga dan Made Oka Nendri, S.Pd. selaku kepala SD Negeri
1 Menyali yang telah memberikan izin untuk melaksanakan penelitian.
6.
Gusti
Putu Putri Ekawati, S.Pd. dan I Kadek Agus Suryanata,S.Pd. selaku guru mata
pelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Jagaraga dan SD Negeri 1 Menyali yang telah
berpartisipasi secara langsung dalam penelitian ini.
7.
Siswa
kelas V SD Negeri 3 Jagaraga Sinabun dan SD Negeri 1 Menyali yang telah dengan
tekun berpartisipasi secara langsung dalam penelitian ini.
8.
Keluarga
tercinta, Bapak I
Made Muriana dan Ibu Ni Komang Darmi Kusumawati yang selalu mendoakan dan
memberi motivasi untuk menyelesaikan skripsi ini.
9.
Rekan-rekan
kelas A angkatan 2014 yang selalu memberi semangat untuk menyelesaikan skripsi
ini.
10.
Rekan-rekan
dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan namanya satu per satu, atas peran
serta dan dukungan dalam menyelesaikan skripsi ini.
Disadari
bahwa apa yang tersaji dalam skripsi ini masih jauh dari kata sempurna karena
keterbatasa yang dimiliki. Demi kesempurnaan skripsi ini, diharapkan kritik dan
saran yang sifatnya membangun dari berbagai pihak. Semoga skripsi ini dapat
bermanfaat dan berguna bagi kita semua khusunya bagi pengembangan dunia
pendidikan.
Singaraja,
11 Mei 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING................................................... ii
LEMBAR PERSETUJUAN DOSEN PENGUJI.............................................. iii
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
PANITIA UJIAN......... iv
ABSTRAK......................................................................................................... v
PRAKATA......................................................................................................... vi
DAFTAR ISI...................................................................................................... viii
DAFTAR TABEL.............................................................................................. xi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... xii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... xiii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah................................................................................ 1
1.2 Identifikasi Masalah...................................................................................... 12
1.3 Pembatasan Masalah..................................................................................... 12
1.4 Rumusan Masalah......................................................................................... 12
1.5 Tujuan Penelitian........................................................................................... 13
1.6 Manfaat Hasil Penelitian............................................................................... 13
BAB II KAJIAN TEORI
2.1 Deskripsi Teoretis.......................................................................................... 15
2.1.1
Hasil Belajar IPA................................................................................ 15
2.1.2
Model Pembelajaran Kolaboratif........................................................ 28
2.2 Kajian Hasil Penelitian yang
Relevan .......................................................... 42
2.3 Kerangka Berpikir......................................................................................... 44
2.4 Hipotesis Penelitian....................................................................................... 47
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian....................................................................... 47
3.2 Rancangan Penelitian.................................................................................... 47
3.2.1
Jenis Penelitian................................................................................... 48
3.2.2
Desain Penelitian................................................................................ 48
3.2.3
Prosedur Pelaksanaan Penelitian........................................................ 50
3.3 Populasi dan Sampel Penelitian.................................................................... 51
3.3.1
Populasi Penelitian.............................................................................. 51
3.3.2
Sampel Penelitian............................................................................... 53
3.4 Kontrol Validitas Internal dan
Eksternal...................................................... 55
3.4.1
Kontrol Validitas Internal.................................................................. 55
3.4.2
Kontrol Validitas Eksternal................................................................ 57
3.5 Metode dan Instrumen Pengumpulan
Data.................................................. 58
3.5.1
Metode Pengumpulan Data................................................................ 58
3.5.2
Instrumen Hasil Belajar IPA.............................................................. 59
3.6 Metode dan Teknik Analisis Data................................................................ 71
3.6.1
Metode Analisis Data Deskriptif........................................................ 72
3.6.2
Metode Analisis Data Inferensial....................................................... 74
3.7 Hipotesis Statistik ........................................................................................ 75
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
4.1 Deskripsi Data Hasil
Penelitiian.................................................................... 77
4.1.1 Deskripsi Data Hasil Belajar
Kelompok Eksperimen.......................... 78
4.1.2 Deskripsi Data Hasil Belajar
Kelompok Kontrol................................ 81
4.2 Pengujian Asumsi.......................................................................................... 83
4.2.1 Uji Normalitas Sebaran Data.............................................................. 83
4.2.2 Uji Homogenitas Varians.................................................................... 84
4.3 Pengujian Hipotesis Penelitian...................................................................... 85
4.4 Pembahasan Hasil Penelitian......................................................................... 87
4.5 Implikasi........................................................................................................ 90
BAB V PENUTUP
5.1 Rangkuman................................................................................................... 92
5.2 Simpulan....................................................................................................... 97
5.3 Saran 98
DAFTAR RUJUKAN ....................................................................................... 99
LAMPIRAN
DAFTAR
TABEL
Tabel
Halaman
Tabel 1.1 Nilai
UAS IPA Siswa Kela V Semester I di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng
Tahun Pelajaran 2017/2018.............................................................. 7
Tabel
2.1 Kategori dan Kata Kunci Taksonomi
Anderson dan Krathwohl.... 17
Tabel
2.2 Sintaks Model Pembelajaran
Kolaboratif........................................ 40
Tabel 3.1 Desain
Penelitian Non Equivalent Post test Only
Control Group Design 49
Tabel 3.2 Populasi
Penelitian........................................................................... 52
Tabel 3.3 Sampel
Penelitian Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.............................................................. 55
Tabel 3.4 Tabulasi
Silang 2 x 2 Hasil Penilaian Pakar terhadap Tes Hasil Belajar IPA 61
Tabel
3.5 Kategori Koefisien Validitas Isi...................................................... 62
Tabel
3.6 Ringkasan Uji Validitas Butir Tes
Hasil Belajar IPA......................
64
Tabel
3.7 Kriteria Reliabilitas Tes Hasil
Belajar.............................................. 66
Tabel
3.8 Kriteria Taraf Kesukaran Butir Tes.................................................. 67
Tabel
3.9 Ringkasan Tingkat Kesukaran Tes
Hasil Belajar IPA...................... 67
Tabel
3.10 Kriteria Daya Beda.......................................................................... 69
Tabel
3.11 Ringkasan Uji Daya Beda Tes Hasil
Belajar IPA............................ 70
Tabel
3.12 Skala Penilaian atau
Kategori/Klasifikasi Pada Skala Lima............ 73
Tabel
4.1 Skala Penilaian Hasil Belajar IPA
pada Skala Lima Teoretik.......... 77
Tabel 4.2
Rekapitulasi Hasil Perhitungan Data Hasil Belajar IPA Siswa........ 78
Tabel
4.3 Distribusi Frekuensi Hasil Belajar
Kelompok Eksperimen.............. 79
Tabel 4.4
Pedoman Konversi Hasil Belajar...................................................... 80
Tabel
4.5 Distribusi Frekuensi Hasil Belajar
Kelompok Kontrol..................... 81
Tabel
4.6 Rangkuman Hasil Uji Normalitas
Sebaran Data.............................. 84
DAFTAR
GAMBAR
Gambar
Halaman
Gambar 2.1. Bagan Kerangka Berpikir............................................................... 46
Gambar 4.1. Kurva Poligon Data Hasil Belajar IPA
Kelompok Eksperimen..... 80
Gambar 4.2. Kurva Poligon Data Hasil Belajar IPA
Kelompok Kontrol........... 82
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran
Halaman
1. SURAT-SURAT PENELITIAN
1.1. Surat Pengantar Observasi SD di Gugus III Kecamatan
Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 ................................................................................................... 102
1.2 Surat
Keterangan Observasi SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun
Pelajaran 2017/2018 ................................................................................................... 109
1.3 Surat Pengantar Uji Judges Hasil Belajar IPA ............................................ 116
1.4 Surat Keterangan Uji Judges Hasil Belajar IPA...........................................
118
1.5 Surat Pengantar Validasi ............................................................................. 120
1.6 Surat Keterangan Validasi Hasil Belajar IPA .............................................. 122
1.7 Surat Pengantar Penelitian ........................................................................... 124
1.8 Surat Keterangan Penelitian ......................................................................... 126
2. UJI KESETARAAN
2.1. Hasil Uji Kesetaraan ................................................................................... 128
3. PERANGKAT PEMBELAJARAN
3.1 Jadwal Pelajaran Kelompok Eksperimen ..................................................... 134
3.2 Jadwal Pelajaran Kelompok Kontrol ........................................................... 135
3.3 Jadwal Penelitian.......................................................................................... 136
3.4 RPP Kelompok Eksperimen.......................................................................... 137
3.5 RPP Kelompok Kontrol................................................................................ 154
4. INSTRUMEN SEBELUM UJI COBA
4.1. Kisi-kisi Hasil Belajar IPA untuk Judges..................................................... 164
4.2 Soal dan Kunci Jawaban Hasil Belajar IPA untuk Judges........................... 167
4.3. Kisi-kisi Hasil Belajar IPA untuk Siswa...................................................... 181
4.4 Soal dan Kunci Jawaban Hasil Belajar IPA untuk
Siswa............................. 184
5. INSTRUMEN SETELAH UJI COBA
5.1. Kisi-kisi Tes Hasil Belajar IPA.................................................................... 199
5.2. Soal dan Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar IPA.......................................... 202
5.3. Lembar Jawaban Tes Hasil Belajar IPA....................................................... 213
6. HASIL UJI COBA HASIL BELAJAR
6.1. Lembar Penilaian Judges.............................................................................. 214
6.2. Hasil Uji Validitas Isi Tes Hasil Belajar IPA .............................................. 218
6.3. Hasil Uji Validitas Butir Tes Hasil Belajar IPA
.......................................... 220
6.4. Hasil Uji Reliabiltas 40 Butir Tes Hasil
Belajar IPA .................................. 224
6.5. Hasil Uji Reliabiltas 33 Butir Tes Hasil Belajar
IPA .................................. 226
6.6. Hasil Uji Reliabiltas 30 Butir Tes Hasil
Belajar IPA .................................. 228
6.7. Hasil Uji Tingkat Kesukaran Tes Hasil Belajar
IPA ................................... 230
6.8. Hasil Uji Daya Beda Tes Hasil Belajar IPA ............................................... 233
7. DATA HASIL PENELITIAN
8.1. Skor Hasil Belajar IPA Kelompok Eksperimen........................................... 237
8.2. Skor Hasil Belajar IPA Kelompok Kontrol................................................. 238
8. HASIL PENGUJIAN STATISTIK DESKRIPTIF DAN INFERENSIAL
8.1 Mean, Median, Modus, Varians, dan Standar
Deviasi Skor Post Test Kelompok
Eksperimen 239
8.2 Mean, Median, Modus, Varians, dan Standar
Deviasi Skor Post Test Kelompok
Kontrol 243
8.3. Hasil Perhitungan Skala PAP....................................................................... 247
8.4. Uji Normalitas Sebaran Data....................................................................... 248
8.5. Uji Homogenitas Varians............................................................................. 249
8.6. Uji Hipotesis................................................................................................ 250
9. DOKUMENTASI PENELITIAN
9.1. Dokumentasi................................................................................................ 252
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah
Pada hakikatnya manusia dapat dipandang
dari sudut yang beragam. Satu sisi dapat dipandang sebagai realitas fisik dan
sisi yang lain dapat dipandang sebagai realitas psikis. Aspek fisik manusia
lebih menekankan pada realitas dan fungsi jasmani. Anggapan demikian
menunjukkan keberadaan dan kehidupan manusia sangat ditentukan oleh fisiknya.
Aspek psikis manusia lebih menekankan pada realitas dan fungsi-fungsi rohani.
Adanya kedua aspek dari manusia tersebut menyebabkan suatu kebutuhan yang dapat
menunjukkan bahwa manusia tersebut masih eksis dan masih hidup.
Menurut Abdul (2012) kebutuhan manusia
dibagi menjadi dua yaitu kebutuhan yang bersifat fisik dan kebutuhan manusia
yang bersifat psikis. Kebutuhan manusia yang bersifat fisik yaitu berupa
sandang, pangan dan papan. Kebutuhan manusia yang bersifat psikis yaitu rasa
aman, penghargaan, kebutuhan terhadap agama, dan aktualisasi diri. Kebutuhan
akan aktualisasi diri sama halnya dengan kemauan manusia untuk mencapai
cita-cita. Agar mencapai keinginannya, seseorang selalu melakukan kegiatan yang
menunjang pencapaian keinginan tersebut. Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu
mengikuti suatu pendidikan.
Pendidikan pada dasarnya digunakan
memang untuk membentuk manusia menjadi menusia yang lebih baik untuk
kedepannya. Pendapat
yang sama juga disampaikan oleh Huda (2014) yaitu pendidikan bukan hanya
menyiapkan masa depan, tetapi juga bagaimana menciptakan masa depan. Pendidikan pada hakekatnya adalah “usaha untuk
mencerdaskan kehidupan manusia atau proses memanusiakan manusia yang
diselenggarakan melalui proses pendidikan” (Kosasih, 2013:3). Pendidikan dianggap sebagai
modal awal untuk membentuk manusia yang seutuhnya yang dapat bersaing dalam era
globalisai ini. Tingkatan–tingkatan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang
benar-benar sudah dicapai oleh suatu bangsa, biasanya akan dijadikan sebagai
tolok ukur dalam melihat sejauhmana
perkembangan dan kemajuan bangsa tersebut. Selain itu pada era
globalisasi ini kemajuan dan perkembangan suatu bangsa sangat ditetukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus sangat menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi. Pendidikan yang selalu dianggap sebagai pondasi awal atau penguat
dalam kehidupan harus mampu dijadikan sebagai penumbuh kembangnya teknologi
yang harus terus ditingkatkan lagi, sehingga bangsa kita akan dapat lebih
bersaing lagi dengan bangsa-bangsa yang sudah lebih awal terkena dampak
perkembangan teknologi.
Secara sederhananya, pendidikan dapat
digunakan sebagai proses pembelajaran bagi siswa untuk dapat memahami dan
mendorong manusia agar manjadi lebih kritis dalam berpikir. Pembelajaran yang
baik dapat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dari subjek
didik, faktor eksternal berupa lingkungan fisik, faktor sistem yang berlaku
dalam satuan institusi pendidikan, dan faktor tujuan yang ingin dicapai
(Kosasih, 2013:39). Salah
satu tujuan dari pendidikan tercantum pada Unang-Undang Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Tujuan Pendidikan Nasional, Pasal 3 yang berbunyi,
tujuan
pendidikan yaitu pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan
dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga
Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Agar
tercapainya tujuan tersebut pemerintah telah megupayakan berbagai macam cara,
seperti contohnya adanya pendidikan formal. Pendidikan formal mencakup jenjang-jenjang pendidikan
mulai dari pendidikan TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan perguruan
tinggi
(Samsudin, 2015). Pada jenjang inilah setiap individu akan mendapat
tempaan dan akan diberikan ilmu pengetahuan secara bertahap oleh guru maupun
tenaga pendidik lainnya agar individu tersebut mampu menjadi manusia yang
bermanfaat dan diharapkan menjadi penguat bangsa.
Usaha pemerintah dalam meningkatkan
sumber daya manusia atau SDM ialah dengan melalui pendidikan. Guru adalah
tombak utama dalam melaksanakan pendidikan yang baik dan sesuai dengan apa yang
diharapkan, selain itu guru juga dianggap sebagai seseorang yang membantu
manusia menemukan siapa dirinya dan akan menjadi apa kelak ketika sudah dewasa
nanti. Minat, bakat dan perkembangan intelegensi siswa yang dimiliki tidak akan
mampu berkembang dengan baik tanpa bantuan dari seorang guru. Dalam hal ini
guru harus benar-benar mampu mengetahui sejauh mana perkembangan dari siswa
tersebut, karena dalam perkembangannya setiap siswa memiliki
tingkatan-tingkatan yang berbeda dalam
fasenya masing-masing. Guru dalam hal ini menjadi peran yang sangat penting dan
dituntut untuk dapat mengawasi setiap perkembangan siswa baik secara individu
maupun kelompok.
Dalam perkembangan tersebut siswa akan
menonjolkan kemampuannya masing-masing baik dalam bidang akademik maupun non
akademik, seperti dalam bidang akademik siswa akan menonjol dalam bidang mata
pelajaran tertentu yang mungkin dirasanya sangat menyenangkan, setiap siswa
memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda sebagian siswa menganggap
pembelajaran matematika itu sulit akan tetapi beberapa siswa malah menganggap
pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang sangat mudah dan menyenangkan,
bagi siswa yang menyukai ilmu pasti maka siswa akan memilih mata pelajaran
seperti IPA dan sebagainya. Setiap mata pelajaran memiliki cara berlajar yang
berbeda-beda yang akan disesuaikan oleh guru demi memaksimalkan proses belajar
mengajar.
Disiplin adalah salah satu penunjang
setiap siswa untuk maju dalam segala aspek pendidikan, sikap disiplin juga
harus ditanamakan pada anak dalam interaksi belajar. “Disiplin dalam interkasi
belajar mengajar ini diartikan sebagai suatu pola tingkah laku yang diatur
sedemikian rupa menurut ketentuan yang sudah ditaati oleh semua pihak dengan
secara sadar, baik pihak guru maupun pihak siswa” (Sardiman, 2011:17). Selain dispilin salah satu faktor
yang memengaruhi pendidikan adalah guru (Kurniasih dan Sani, 2015). Guru
merupakan komponen dalam pendidikan yang memegang peranan penting dan utama,
karena keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh guru.
Pembelajaran
IPA di sekolah dasar guru sebaiknya memberikan kebebasan kepada siswa agar
siswa mampu mengembangkan pola pikirnya sendiri dan akan mendorong siswa untuk
menemukan sesuatu yang baru secara mandiri. Pembelajaran IPA yang lebih identik
pada pembahasan mengenai alam dan segala kejadian-kejadian yang ada di alam,
maka dengan demikian pembelajaran IPA sebaiknya dibuat dan dikemas dengan baik
dan memanfaatkan alam yang ada di lingkungan sekitar sekolah, sehingga
pembelajaran IPA tersebut dapat menjadi lebih
menarik. Menurut Sudana dan Astawan (2013) IPA bukan hanya penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga
merupakan suatu proses penemuan. IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan
mencari tahu tentang alam melalui penemuan dalam bentuk media sederhana yang
dapat digunakan siswa ataupun guru dalam pembelajaran.
Cara lain dalam melaksanakan pembelajaran
IPA di sekolah terutama pembelajaran IPA di sekolah dasar ialah cara untuk
membuat pembelajaran IPA menjadi lebih
menarik dan tidak menjadi sebuah masalah bagi siswa dalam melaksanakan sebuah
pembelajaran utamanya mata pelajaran IPA. Guru tidak hanya berpatokan dengan
buku dan materi yang sudah ditetapkan, akan tetapi guru harus memiliki
pemikiran yang kreatif untuk mengembangkan potensi menjadi guru yang menguasai
materi dengan baik.
Pendapat yang sama disampaikan juga oleh Rusman (2014) yang menyatakan bahwa
guru dituntut dapat memilih model pembelajaran yang dapat memacu semangat
setiap siswa untuk aktif ikut terlibat dalam pengalaman belajarnya. Pendapat
yang lain juga disampaikan oleh Huda (2014:36) yang menyatakan “idealnya
seorang guru memasuki ruang kelas tidak dengan tangan hampa, ia harus mendekati
para siswanta dengan seperangkat asumsi”. Asumsi yang dimaksud yaitu asumsi
tentang dirinya, asumsi tentang para siswanya, asumsi tentang minat bakat para
siswanya, serta asumsi tentang bagaimana pembelajaran harus diarahkan.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang
telah dilakukan pada tanggal 8 Janurai sampai 10 Januari
2018 di Kelas V SD Gugus III Kecamatan
Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018 ditemukan beberapa masalah dalam proses pembelajaran utamanya
dalam mata pelajaran IPA di sekolah tersebut. Berdasarkan
hasil observasi yang dilakukan ditemukan beberapa fakta yakni beberapa siswa
terlihat bercanda dengan teman sebangkunya, dalam proses pembelajaran siswa
kurang aktif, dalam menyampaikan pembelajaran, beberapa guru hanya berpatok
pada materi yang ada pada buku ajar, sebagian besar siswa malu bertanya jika
memiliki suatu permasalahan. Pada kegiatan belajar mengajar
seharusnya terjadi sebuah interaksi atau komunikasi dua arah baik antara guru
dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa lainnya di dalam kelas. Akan
tetapi proses belajar mengajar dilapangan cenderung bahkan sangat jarang
menampakkan komunikasi baik antar guru dengan siswa maupun siswa dengan guru itu
sendiri, hal tersebut terjadi dikarenakan proses belajar mengajar yang dirasa
sangat monoton.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru
kelas V di
Gugus III Kecamatan Sawan, guru kelas tersebut memang membenarkan bahwa kegiatan
pembelajaran IPA setiap harinya hanya berpatokan dengan buku pelajaran yang
digunakan tanpa menambahkan apapun dalam melaksanakan pembelajaran. Meski guru memaparkan
materi dengan baik dan begitu banyak akan tetapi, dalam
penyampaian materi guru kurang menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, hal tersebut
menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam
menggali pengetahuan baru. Kegiatan yang dilakukan setiap siswa
hanya membaca buku, mencatat setiap ada hal yang dirasa penting, dan bertanya jika terdapat sesuatu
yang kurang jelas.
Guru
pernah menerapkan pembelajaran berkelompok, tetapi tidak efektif. Pada saat
dilaksanakan pembelajaran kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif dalam
belajar dan sebagian besar siswa lebih memilih bercanda, sehingga membiarkan
siswa yang pandai untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Guru juga pernah
menerapkan beberapa metode dalam mengajar tetapi guru kesulitan untuk mengatur
siswa serta jika diterapkannya suatu metode pembelajaran membutuhkan waktu yang
lebih lama sehingga tujuan pembelajaran sulit tercapai. Pembelajaran yang
dilakukan terssebut dapat dikatakan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centred) sehingga berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil studi dokumentasi, nilai
siswa masih belum mencapai hasil yang maksimal. Berikut disajikan nilai
rata-rata UAS mata pelajaran IPA yang diperoleh siswa kelas V di SD Gugus III
Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
Tabel 1.1
Rata-rata Nilai UAS IPA Siswa Kelas V
SD Semester I di Gugus III
Kecamatan Sawan
Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018
No
|
Nama
Sekolah
|
Jumlah
Siswa
|
KKM
|
Jumlah
Pencapaian KKM Siswa
|
Presentase
Pencapaian KKM (%)
|
||
Tuntas
|
Belum
|
Tuntas
|
Belum
|
||||
1
|
SD Negeri 1 Jagaraga
|
33
|
67
|
9
|
24
|
27,27
|
72,23
|
2
|
SD Negeri 3 Jagaraga
|
25
|
67
|
16
|
9
|
64,00
|
36,00
|
3
|
SD Negeri 1 Menyali
|
20
|
66
|
9
|
11
|
45,00
|
55,00
|
4
|
SD Negeri 2 Menyali
|
32
|
70
|
4
|
28
|
12,50
|
87,50
|
5
|
SD Negeri 3 Menyali
|
14
|
70
|
2
|
12
|
14,28
|
85,72
|
6
|
SD Negeri 2 Sawan
|
25
|
66
|
11
|
9
|
44,00
|
56,00
|
7
|
SD Negeri 3 Sawan
|
14
|
66
|
7
|
7
|
50,00
|
50,00
|
Jumlah
|
163
|
-
|
58
|
105
|
257,05
|
518,23
|
|
Rata-rata
|
36,72
|
63,28
|
(Sumber : Administrasi SD di Gugus III Kecaatan
Sawan)
Berdasarkan data pada Tabel 1.1
diketahui bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 58 siswa dan yang belum
mencapai KKM sebanyak 105 siswa dari total 163 siswa. Jika dilihat dari
presentase pencapaian KKM, sebanyak 63,28% siswa belum mencapai KKM dan hanya
36,72% siswa yang mencapai KKM. Jadi dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar siswa masih rendah
Berbagai faktor dapat memengaruhi
rendahnya hasil belajar siswa khususnya di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Meski guru telah memiliki pengalaman
mengajar bertahun-tahun akan tetapi hal tersebut belum tentu menjamin siswa akan
memeroleh ilmu yang maksimal. Kurangnya bimibingan ataupun panduan yang diberikan oleh guru terhadap siswa
pada saat proses pembelajaran akan mempersulit siswa menemukan hal baru dalam
pembelajaran, utamanya ketika ada siswa yang memang benar-benar tidak
memerhatikan pada saat guru mengajar maka siswa tersebut akan tertinggal dalam materi yang
sedang dibawakan. Proses belajar mengajar yang dibawakan oleh guru cenderung
hanya memberikan materi semata dan kemudian dilanjutkan dengan memberikan
sebuah tes tanpa memerhatikan siswa
sudah memahami materi yang dibawakan atau belum. Hal tersebut akan sangat
merugikan baik dari pihak guru yang sudah berusaha mengajar dengan semaksimal
mungkin dan mengeluarkan tenaga yang cukup banyak akan tetapi menjadi sia-sia belaka,
begitu juga dari pihak siswa yang sudah mengikuti proses pembelajaran dari awal
sampai akhir, siswa tidak mendapatkan hasil yang memuaskan dari proses belajar
mengajar yang telah berlangsung.
Kerjasama
dengan berbagai pihak seperti instansi, kepala sekolah, guru dan siswa sangat
diperlukan dalam menyelesaikan permasalah tersebut. Guru hendaknya mengetahui,
memilih, dan mampu mengembangan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi
dan karakteristik peserta didik. Pembelajaran dengan siswa sebagai pusatnya (student centred) dapat diterapkan. Salah
satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu model pembelajaran
kolaboratif. Pada pembelajaran kolaboratif siswa akan berkolaborasi sehingga mampu
mengembangakan pemikirannya sendiri dan akan melatih kerjasama dengan anggota
kelompoknya, siswa akan saling bertukar pikiran untuk mendapatkan hasil yang
maksimal dari apa yang sedang mereka pelajari. Menurut Barkley (2014:4) “berkolaborasi berarti berkerja
bersama-sama dengan orang lain”. Pendapat yang sama disampaikan juga
oleh Zamroni (dalam Layli 2012) yang menyatakan,
pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran yang membagi
siswa menjadi kelompok-kelompok yang kerjanya didukung oleh kemandirian siswa
yang dimiliki oleh setiap individu anggota kelompok yang akan mampu membentuk
suasana belajar kerjasama yang diikuti oleh rasa saling ketergantungan dengan
penuh tanggung jawab diantara anggota-anggota kelompoknya.
Marhamah (2017) menyatakan belajar kolaboratif menekankan pada
proses pembelajaran yang menghendaki keterpaduan aktivitas bersama antara
intelektual, sosial dan emosi secara dinamis, baik dari pihak siswa maupun dari
pihak guru. Dillenbourgh
(dalam Sulistyawati, 2016) menyatakan pembelajaran kolaboratif merupakan
situasi dimana dua orang atau lebih belajar atau berusaha untuk belajar tentang
sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama. Pembelajaran kolaboratif
mengupayakan terbentuknya hubungan saling mendengarkan.
Terdapat teori sebagai landasan
pembelajaran kolaboratif. Menurut Sato (2014) pembelajaran kolaboratif
didasarkan pada teori zona perkembangan terdekat (zone of proximal development) milik Vygotsky dan teori komunikasi
oleh Dewey, yang menyatakan aktivitas pembelajaran dikenal sebagai praktek
sosiokultural melalui kegiatan komunikasi interaktif (kolaborasi), yang
membentuk pembelajaran reflektif yang bersifat aktif dan kolaboratif.
Pembelajaran kolaboratif yang di terapkan dalam proses pembelajaran akan
meningkatkan daya pikir siswa dan juga akan mengembangkan tingkat konsentrasi siswa
sehingga pembelajaran ini pastinya akan membuat pembelajaran siswa akan menjadi
lebih menarik. Pembelajaran dengan model kolaboratif ini tidak hanya
menyerahkan semua pembelajaran kepada
siswa, akan tetapi guru menjadi fasilitator siswa dalam proses pembelajaran dengan model kolaboratif. Guru sangat
berperan aktif mengawasi perkembangan dan juga berperan aktif sebagai pemandu
dikala siswa mengalami sebuah kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran di
dalam kelas.
Senada dengan pendapat tersebut, menrurut
Johnson (dalam Utomo, 2011) model pembelajaran kolaboratif memiliki empat
ciri-ciri, yaitu: (1) saling ketergantungan secara positif, (2) adanya
interaksi saling bertemu muka dalam bekerjasama, (3) rasa tanggung jawab
individu untuk menyelesaikan tugas bersama, dan (4) keterampilan kerjasama
kelompok kecil. Pada pembelajaran kolaboratif siswa akan dibentuk
kelompok-kelompok kecil dengan jumlah ideal 4 orang secara heterogen (Sato,
2014). Walaupun siswa berdiksusi dengan kelompok, pada saat mengerjakan tugas
siswa tetap menjawab secara individu sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki
serta pengetahuan yang didapat dari berdiskusi. Dari beberapa
pendapat yang sudah dipaparkan, dapat dilihat bahwa model pembelajaran
kolaboratif ini adalah model yang sangat membantu siswa
dalam proses belajar mengajar dan
akan mampu meningkatkan kreativitas, keaktifan, kerjasama siswa dalam
pembelajaran secara berkelompok,
sehingga pembelajaran akan menjadi menyenangkan.
Solusi yang ditawarkan diharapkan dapat
meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Solusi
tersebut didukung dengan berhasilnya penelitian terdahulu yang dilakukan oleh
Singgih Santoso (2013)
yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran
kolaboratif dibandingkan metode ceramah. Penelitian serupa juga dilakukan oleh Marhamah (2017) yang
menunjukkan terdapat pengaruh positif hasil belajar siswa setelah menggunakan
model pembelajaran kolaboratif. Berdasarkan penelitian tersebut model
pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan uraian tersebut diperlukan penelitian
yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V
SD Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun
Pelajaran 2017/2018”.
1.2
Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian yang terdapat pada
latar belakang masalah penelitian
yang ada dalam pembelajaran IPA sebagai berikut.
- Guru dalam pengelolaan kelas masih
cenderung menggunakan model yang
kurang inovatif.
- kurangnya kesempatan berinteraksi
antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa lainnya, hal ini akan
menyebabkan kurangnya pengalaman siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar
dengan teman ataupun guru.
- Kurangnya kemampuan guru dalam
mengendalikan suasana pembelajaran
kelas yang pasif menjadi pembelajaran yang aktif.
4.
Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Semester I
Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.
1.3
Pembatasan Masalah
Berdasarkan indentifikasi masalah, maka
penelitian ini dibatasi pada hasil belajar siswa dalam ranah kognitif yang
mengikuti model pembelajaran kolaboratif siswa pada siswa SD kelas V dengan
pokok materi bahasan sifat-sifat cahaya dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari. Adanya pembatasan masalah yang diteliti, dikarenakan keterbatasan
kemampuan dan biaya yang dimiliki serta waktu yang tersedia.
1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah, dapat dirumuskan permasalahan yaitu apakah terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional
pada Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 ?
1.5 Tujuan
Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang
signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada Siswa Kelas V SD
Gugus III Kecamatan Sawan
Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
1.6
Manfaat Hasil Penelitian
Hasil penelitian
ini diharapkan dapat memberikan manfaat
sebagai berikut.
1.6.1 Manfaat Teoretis
Secara
teoretis, hasil
penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan model pembelajaran
yang melibatkan siswa secara aktif sehingga hasil belajar siswa menjadi optimal
dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan informasi terperinci
mengenai keunggulan pembelajaran dengan menggunakan model kolaboratif.
1.6.2 Manfaat Praktis
a. Bagi Guru
Penelitian ini dapat memberikan pengetahuan yang
bermanfaat dalam merancang pembelajaran
dengan model kolaboratif berdasarkan pengetahuan tersebut, guru
diharapkan dapat menerapkan mengembangkan model tersebut dalam pembelajaran
sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
b. Bagi Siswa
Penelitian ini bermanfaat bagi siswa karena mereka
terbantu dalam mengikuti pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajarnya
secara optimal.
c. Bagi Kepala Sekolah
Penelitian ini dapat dijadikan informasi bagi kepala
sekolah untuk mengambil suatu kebijakan yang tepat untuk memilih strategi
pembelajaran efektif yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa khususnya
pada mata pelajaran IPA.
d. Bagi Mahasiswa
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bekal untuk
menambah wawasan mahasiswa sebagai calon guru dalam menghadapi kehidupan nyata
nantinya.
e. Bagi Peneliti Lain
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan
refrensi dalam melakukan penelitian yang sejenis.
BAB II
KAJIAN TEORI
2.1 Deskripsi
Teoretis
Deskripsi
teoretis merupakan deskripsi dari teori-teori yang digunakan pada penelitian
ini yaitu hasil belajar IPA dan deskripsi teoretis
mengenai model pembelajaran kolaboratif.
2.1.1 Hasil
Belajar IPA
Hasil belajar merupakan sebuah hasil
akhir pada proses pembelajaran yang akan menunjukan seberapa keberhasilan siswa
dalam melaksanakan sebuah pembelajaran di sekolah, hasil belajar IPA ini akan
membahas sejauh mana siswa memahami mengenai materi IPA dan akan dijadikan
sebagai tolok ukur kerberhasilan siswa dalam melakukan proses pembelajaran IPA
di sekolah.
a. Pengertian
Hasil Belajar
Oemar Hamalik (2005) menyatakan bahwa
hasil belajar ialah bila seseorang telah belajar dan terjadi perubahan tingkah
laku pada seseorang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari
tidak mengerti menjadi mengerti. Kemudian
berbeda dengan pendapat Dimyati dan Mudjiono (dalam Kosasih dan Sumarna, 2013),
hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa
dan sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan
mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar, dan tingkat
perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif,
dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat
terealisasinya bahan pelajaran.
Berdasarkan pendapat para ahli, dapat disintesiskan bahwa hasil belajar adalah kompetensi yang dimiliki
oleh peserta didik setelah mengalami proses belajar yang ditunjukan dengan
adanya perubahan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Berdasarkan teori Taksonomi Bloom (dalam Susanto, 2013) hasil belajar dalam rangka studi dicapai
dalam tiga katagori ranah antara lain kognitif, afektif, dan psikomotor.
Perinciannya adalah sebgai berikut.
1)
Ranah Kognitif. Berkenaan dengan hasil belajar
intelektual yang terdiri dari 6 aspek yaitu: pengetahuan, pemahaman, penerapan analisis, sintesis dan penilaian.
2)
Ranah Afektif. Berkenaan dengan sikap dan nilai. Ranah
afektif meliputi 5 jenjang kemampuan yaitu menerima, menjawab atau reaksi,
menilai, organisasi, dan
karakterisasi dengan
suatu nilai.
3)
Ranah Psikomotor. Meliputi keterampilan motorik,
manipulasi, benda-benda, koordinasi neuromuscular
(menghubungkan, mengamati).
Taksonomi
Bloom telah mengalami pembaharuan revisi. Pada tahun 2001 (dalam Office for Development, 2006)
pembaharuan revisi tersebut dilakukan oleh Anderson dan Krathwohl yang
mengusulkan beberapa perubahan kecil untuk penanaman ulang dan pengurutan ulang
taksonomi. Adapun hasil pembaharuan dimensi kognitif tersebut dapat dilihat
pada Tabel 2.1
Tabel 2.1
Kategori dan Kata Kunci Taksonomi
Kategori
|
Kata Kunci
|
Remembering (ingatan):
jawaban berdasar fakta, menguji daya ingat dan pengenalan
|
Memilih,
menguraikan, menggambarkan, mengidentifikasi, label, mendaftar, pertandingan,
menghafal, menamai, mengenali
|
Understanding (pemahaman):
menerjemahkan, menginterpretasikan, dan meramalkan kemungkinan
|
Mengelompokkan,
menggambarkan, menjelaskan, mencontohkan, menempatkan, melaporkan, mengategorikan,
menerjemahkan, pharaprase, mendeskripsikan
|
Applying (penerapan): mengetahui kapan
mengaplikasikan dan mengenali pola ke situasi baru, tidak familiar atau suatu
pandangan baru untuk para siswa
|
Memilih,
mendemonstrasikan, menggunakan, mengilustrasikan, menginterpretasikan,
menyusun jadwal, membuat sketsa, memecahkan masalah, menulis
|
Analyzing (analisis): memilih sebuah
konsep menjadi bagian-bagian dan bentuk
|
Mengkaji,
membandingkan, memilih mengontraskan, membedakan, memisahkan, menguji, melakukan
eksperimen, mempertanyakan, menemukan
|
Evaluating (evaluasi):
mencocokkan beberapa kriteria atau ukuran baik buruk dan mengungkapkan
alasannya
|
Menyimpukan,
memberi argumentasi, mempertahankan, menyatakan, memilih, memberi dukungan,
memberi penilaian, membandingkan, melakukan evaluasi
|
Creating (penciptaan): mengkombinasikan
unsur-unsur ke dalam suatu pola yang belum jelas guna menciptakan sesuatu
|
Merakit,
mengubah, membangun, mencipta, merancang, mendirikan, merumuskan, menulis
|
(Sumber: Taksonomi Anderson dan Krathwohl
(dalam Office for Profesional Development,
2006))
Berdasarkan uraian tersebut dapat
disimpulkan bahwa pada dasarnya proses belajar ditandai dengan perubahan
tingkah laku secara keseluruhan baik yang menyangkut segi kognitif, afektif, dan psikomotor yang disebut dengan
hasil belajar. Proses perubahan dapat terjadi dari yang paling sederhana sampai
pada yang paling kompleks yang bersifat pemecahan masalah. Pada penelitian ini
yang diteliti hanya pada ranah kognitif
saja. Hasil belajar IPA yang diteliti dalam ranah kognitif meliputi C2 (memahami), C3 (mengaplikasikan), C4
(menganalisis), dan C5 (mengevaluasi), serta dimensi pengetahuan meliputi
pengetahuan faktual
(K1) dan pengetahuan konseptual (K2).
b. Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar
Meski melalui proses belajar yang sama,
hasil belajar yang dicapai seseorang tidak bisa sama, sebab proses belajar
dipengaruhi berbagai faktor yang bisa menyebabkan pencapaian hasil belajar
menjadi beragam karena berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor
eksternal. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama, yakni faktor
dari dalam diri siswa (internal faktor dan faktor yang datang dari luar diri
siswa atau faktor lingkungan (eksternal faktor) (Musfiqon, 2011). Faktor dari dalam diri siswa terutama
menyangkut kemampuan yang dimiliki siswa. Fakrtor ini besar sekali pengaruhnya
terhadap hasil belajar yang dicapai.
Menurut Clark (dalam Musfiqon 2011)
mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa disekolah 70% dipengaruhi oleh
kemampuan siswa dan 30% dipengaruhi lingkungan. Ini menunjukan faktor internal
pada diri siswa lebih dominan dalam mempengaruhi hasil belajar.
Berkaitan dengan faktor dari dalam diri
siswa, selain faktor kemampuan, dan juga faktor lain yaitu motivasi, minat,
perhatian, sikap, kebiasaan belajar, ketekunan, kondisi sisoal ekonomi, kondisi
fisik dan psikis. Salah satu faktor lingkungan yang paling dominan mempengaruhi
hasil belajar adalah kualitas pengajaran. Faktor kualitas pengajaran, khususnya
kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa telah ditujukan oleh hasil
penelitian. Salah satu diantaranya dibidang pendidikan kependudukan. Disamping
faktor guru, kualitas pengajaran dipengaruhi juga oleh karakteristik kelas
antara lain
(Musfiqon, 2011) :
1)
Besarnya
kelas. Artinya banyak sedikitnya jumlah siswa yang belajar. Ukuran yang
biasanya digunakan ialah rasio 1:40, artinya 1 orang guru melayani 40 siswa. Diduga
makin besar jumlah siswa yang harus dilayani guru dalam 1 kelas maka akan makin
rendah kualitas pengajaran, demikian pula sebaliknya secara logika atau akal
sehat, tidak mungkin guru dapat mengembangkan kegiatan belajar yang efektif
dalam situasi kelas yang memiliki jumlah siswa yang banyak.
2)
Suasana
belajar. Suasana belajar yang demokratis akan memberi peluang mencapai hasil
belajar yang optimal, dibandingkan dengan suasana yang kaku, disiplin yang
ketat dengan otoritas pada guru. Pada susana belajar demokratis, ada kebisaan
siswa belajar, mengajukan pendapat, berdialog dengan teman sekelas dan
lain-lain. Perasaan yang cemas dan khawatir sering tidak menumbuhkan
kreativitas belajar siswa.
3)
Fasilitas
dan sumber belajar yang tersedia. Sering kita temukan bahwa guru merupakan
satu-satunya sumber belajar di kelas. Situasi ini kurang menunjukan kualitas
pengajaran, sehingga hasil belajar yang dicapai siswa tidak optimal. Kelas
semestinya diusahakan sebagai laboratorium belajar bagi siswa. Artinya kelas
mesti menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku pelajaran, alat peraga,
dan lain-lain. Disamping itu mesti diusahakan agar siswa diberi kesempatan
untuk berperan sebagai sumber belajar.
Faktor lain yang memengaruhi kualitas
pembelajaran disekolah adalah karakteristik sekolah itu sendiri. Karakteristik
sekolah berkaitan dengan disiplin sekolah,
perpustakaan yang ada disekolah, letak geografis sekolah, lingkungan
sekolah, etika dalam arti sekolah memberikan perasaan nyaman, kepuasan belajar,
bersih, rapi, dan teratur.
Berdasarkan
pemaparan tersebut, dapat disintesis bahwa terdapat dua faktor yang memengaruhi
hasil belajar. Faktor-faktor teresebut terdapat di dalam diri siswa yang
disebut dengan faktor internal dan faktor yang terdapat di luar diri siswa atau
yang biasa disebut faktor eksternal.
c. Hakikat IPA
Menurut Nanci (2016:1) Ilmu Pengetahuan
Alam menunjukan beberapa hal, yaitu (a) tidak ada seperangkat atau urutan
langkah-langkah
tunggal dalam melakukan penyelidikan ilmiah, (b) pengetahuan ilmiah dapat
berubah, (c) pengetahuan ilmiah harus didukung oleh bukti empiris, (d)
pengetahuan ilmiah adalah sebagai produk dari imajinasi kreatif seorang ilmuan,
(e) pengetahuan ilmiah bersifat subjektif, (f) pengetahuan ilmiah adalah produk
dari observasi dan inferensi. Lebih lanjut Peters dan Gaga (dalam Nanci,
2016) menyatakan bahwa hakikat Ilmu
Pengetahuan Alam berarti karakteristik pengetahuan ilmiah yang berasal langsung
dari bagaimana pengetahuan yang dikembangkan oleh para ilmuan.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sering
disebut dengan ilmu alamiah. Sains atau IPA yang dalam bahasa inggris disebut Natural Science atau disingkat dengan science merupakan ilmu
pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk bumi ini
sehingga terbentuk konsep dan prinsip (Sudana dan Astawan, 2013). Trianto (2010) menyatakan sains atau
IPA dapat diartikan sebagai suatu kumpulan teori sitematis, pemerapannya secara
umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir, dan berkembang melalui metode ilmiah,
seperti observasi, eksperimen, serta menuntut sikap ilmiah, seperti rasa ingin
tahu, terbuka, jujur, dan sebagainya. Samatowa (2010) melanjutkan melalui
pengebangan sikap ilmiah, IPA berupaya membangkitkan minat manusia untuk
meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam dan seisinya yang penuh
rahasia dan tidak pernah habis. Selanjutnya Susanto (2013: 167) menyatakan
“hakikat IPA dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu, ilmu pengetahuan
alam sebagai produk, proses, dan sikap”.
Menurut Susanto (2014:167) menyatakan
bahwa IPA ialah “usaha manusia dalam
memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran, serta
menggunakan prosedur, dan dijelaskan dengan penalaran” sehingga dibagi menjadi tiga, yaitu IPA
sebagai produk, proses, dan sikap. Sikap yang dimaksud ialah sikap ilmiah yang
dimiliki oleh para ilmuan.
Sains adalah proses kegiatan yang
dilakukan para saintis dalam memeroleh pengetahuan dan sikap terhadap proses
yang dilakukan. Hal ini menandakan bahwa (1) sains adalah sejumlah proses
kegiatan mengumpulkan informasi secara sistematik tentang dunia sekitar, (2)
sains adalah pengetahuan yang diperoleh melalui serangkaian proses tertentu dan
(3) sains dirincikan oleh nilai-nilai dan sikap ilmuan menggunakan proses ilmiah
dalam memeroleh pengetahuan. Sains didasarkan pula pada pendekatan empirik
dengan asumsi bahwa alam raya ini dapat dipelajari, dipahami,dan dijelaskan.
Pengetahuan tersebut tidak semata-mata bergantung pada metode kaualitas, tetapi
melalui proses tertentu misal observasi, eksperimen, dan analisis rasional.
Tidak hanya itu saja, dalam hal ini juga digunakan sikap tertentu, misalnya
berusaha berlaku objektif, dan jujur dalam mengumpulkan data. Penerapan proses
dan sikap ilmiah ini diharapkan akan dapat menemukan penemuan-penemuan yang
baru sehingga menjadi produk sains. Dengan demikian, sains bukan hanya terdiri
atas kumpulan pengetahuan atau berbagai macam fakta, tetapi terdiri atas proses
aktif menggunakan pikiran dalam mempelajari gejala-gejala alam yang belum dapat
diterapkan.
Berdasarkan uraian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa
hakikat IPA atau Sains memiliki tiga komponen yaitu (1) proses
ilmiah misalnya mengamat, mengklasifikasi, memprediksi, merancang dan melaksanakan ekperimen, (2) prosuk ilmiah
misalnya prinsip, konsep hukum, teori dan (3) sikap ilmiah misalnya rasa ingin
tahu, objektif, dan jujur.
d. Pembelajaran
IPA di SD
Sebelum membahas mengenai pembelajaran
IPA di SD ada baiknya membahas pengertian belajar dan pembelajaran terlebih
dahulu.
1) Pengertian Belajar
Belajar adalah suatu kegiatan yang
dilakukan seseorang untuk memeroleh pengetahuan dan keterampilan melalui proses
latihan dan interaksi dengan lingkungannya dalam upaya melakukan perubahan
dalam dirinya secara menyeluruh baik berupa pengalaman, sikap, dan prilaku. Pendapat yang sama dinyatakan oleh
Suwatra (2015:82) menyatakan bahwa “belajar merupakan proses mencari ilmu yang
terjadi dalam diri seseorang melalui latihan, pembelajaran, dan sebagainya
sehingga terjadi perubahan dalam diri seseorang”. Definisi belajar juga
disampaikan oleh Madri (2013:5) yang menyatakan “belajar adalah suatu kegiatan
yang dapat menghasilkan perubahan tingkah laku, baik potensial, maupun aktual”.
Dalam Kosasih dan Sumarna (2013)
terdapat 2 arti penting belajar yaitu.
(a)
Arti Penting Belajar bagi Perkembangan Manusia
Perkembangan dan kemampuan untuk
berubah merupakan batasan dan makna yang terkandung dalam belajar. Disebabkan
oleh kemampuan berubah karena belajar maka manusia dapat berkembang lebih maju
dari pada makhluk-makhluk lainnya. Boleh jadi, karena kemampuan melalui belajar
itu pula manusia secara bebas dapat mengeksploitasi, memilih dan menetapkan
keputusan-keputusan penting bagi hidupnya. Banyak sekali bentuk-bentuk
perkembangan yang terdapat dalam diri manusia yang bergantung pada belajar,
misalnya perkembangan kecakapan bicara.
(b)
Arti Penting Belajar bagi Kehidupan Manusia
Belajar juga memainkan peran penting
dalam mempertahankan sekelompok manusia di tengah-tengah persaingan yang
semakin ketat diantara bangsa-bangsa lainnya yang lebih dahulu maju karena
belajar. Akibat persaingan tersebut, kenyataan tragis bisa pula terjadi karena
belajar.
Dari pendapat yang dipaparkan, dapat
disintesiskan bahwa belajar
merupakan proses perubahan tingkah laku yang terjadi akibat adanya suatu
latihan dan interaksi yang dapat membentuk suatu pengetahuan baru.
Menurut Kosasih dan Sumarna (2013) keberhasilan belajar yang dilakukan seseorang
akan sangat tergantung kepada beberapa hal berikut.
(a)
Minat
Secara sederhana, minat berarti
kecendrungan dan kegairahan yang tinggi atau keingingan yang tinggi terhadap
sesuatu.
(b) Kecerdasan
Pada umumnya kecerdasan diartiakan
sebagai kemampuan psiko-fisik dalam mereaksikan rangsangan atau menyesuaikan
diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat.
(c) Bakat
Bakat adalah suatu kemampuan manusia
untuk melakukan suatu kegiatan dan sudah ada sejak manusia itu ada.
(d) Motivasi
Motivasi adalah kondisi psikologi yang
mendorong sesorang untuk melakukan sesuatu atau kekuatan yang terdapat dalam
diri sesorang yang mendorong untuk berbuat.
(e) Sikap
Sikap adalah gejala internal yang
mendimensi afektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespon dengan
cara yang relatif tetap terhadap obyek, orang, peristiwa, dan sebagainya, baik
secara positif maupun negatif.
2) Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran
memiliki kaitan dengan belajar. Menurut Nanci (2016:28) menyatakan
“pembelajaran mengandung makna adanya aktivitas siswa belajar dan aktivitas
intruksional yang dilakukan oleh guru”. Kamus besar bahasa Indonesia dalam (Astawan dan Sudana, 2013)
mendifinisikan kata pembelajaran berasal dari kata ajar. Berdasarkan kata
tersebut maka pembelajaran berarti proses, cara, perbuatan manjadikan orang
atau makhluk belajar. UU
RI Tahun 2003 menyatakan bahwa “pembelajaran adalah proses interaksi peserta
didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”.
Menurut Nanci (2016) pembelajaran merupakan komunikasi dua arah yang melibatkan
guru dan peserta didik yang menyebabkan peserta didik belajar dari pengalaman.
Menurut Kosasih dan Sumarna (2013)
terdapat beberapa
landasan kosep dalam pembelajaran diantaranya.
a. Landasan Filsafat
Proses belajar pada dasarnya melibatkan
upaya yang hakiki dalam membentuk dan menyempurnakan keperibadian manusia
dengan berbagai tuntutan dalam kehidupannya.
b. Landasan Pisikologis
Perilaku manusia bisa berubah karena
belajar, akan
tetapi apakah manusia itu memahami prilakunya sendiri, atau menyadari dia harus
berprilaku seperti apa jika berada, atau dihadapkan dalam situasi dan kondisi
yang berbeda. Maka prilaku yang masih dicari inilah dapat dikaitkan dan di kaji
dari ilmu pisikologi. Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari gejala kejiawaan
yang akhirnya mempelajari produk dari segala kejiwaan ini dalam bentuk
prilaku-prilaku yang nampak dan sangat dibutuhkan dalam proses belajar.
c. Landasan Sosiologis
Manusia adalah makhluk individu dan
sosial, maka melalui belajar individu bisa mempelajari lawan bersosialisasi,
teman hidup bersama dan akhirnya melalui belajar manusia mampu membangun
masyarakat sampai dengan bangsa dan negara. Jika dalam belajar tanpa arah tujuan
pada makna hidup manusia sebagai makhluk sosial, maka belajar akan dijadikan
cara untuk saling menguasai, memusnahkan, karena segala sesuatu yang
dipelajari, diketahui, dipahami melalui belajar tidak digunakan dalam
menciptakan kondisi kedamaian dunia. Landasan sosiologis ini sangat penting
dalam mengiringi perkembangan inovasi pembelajaran yang banyak berubah oleh perubahan
zaman yang semakin hedonistik. Maka pemahaman akan belajar yang ditinjau dari
aspek sosiologis inilah yang sangat dibutuhkan dewasa ini.
d. Landasan Komunikasi
Pendidikan dan komunikasi ibarat setali
tiga uang,yang satu memberikan pemahaman terhadap yang lainnya. Dalam
prakteknya proses belajar atau pembelajaran akan menghasilkan suatu kondisi
dimana individu dalam hal ini siswa dan guru, siswa dengan siswa, atau
interaksi yang kompak sekalipun pasti akan ditemukan suatu proses komunikasi.
Landasan komunikasi ini akan banyak memberikan warna dalam bentuk pendekatan
model, metode, dan strategi pembelajaran, serta pola-pola inovasi pembelajaran.
Seperti halnya landasan ilmiah yang lain, komunikasi cukup mampu mempengaruhi
peserta didik dalam mencapai keberhasilan membaca pesan-pesan atau informasi
pelajaran. Macam ragam pesan baik langsung maupun tidak langsung, bersumber
dari media atau manusia secara langsung pasti akan bisa ditangkap, dipahami,
dicerna, diolah, dan
didefinisikan dalam memori manusia menjadi bentuk hasil pemahaman belajar.
Proses inilah yang masih berkembang saat ini
di dunia riset yaitu bagaimana seorang guru mampu melakukan variasi
komunikasi dalam proses pembelajaran yang tentunya dengan memperhatikan
komponen pembelajaran lainnya khususnya peserta didik, dan model pembelajan
yang digunakan. Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat
disintesis bahwa pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah antara guru
dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut
Samatowa (2010)
setiap guru harus paham akan alasan mengapa IPA diajarkan
di Sekolah Dasar. Ada
berbagai asalan yang menyebabkan satu mata pelajaran itu dimasukan kedalam
kurikulum suatu sekolah. Alasan itu dapat digolongkan menjadi empat golongan
yakni : a) bahwa IPA berpaedah bagi suatu bangsa, kiranya tidak perlu
dipersoalkan panjang lebar. Kesejahteraan materil suatu bangsa banyak sekali
bergantu pada kemampuan bangsa itu dalam bidang IPA, sebab IPA merupakan dasar
teknologi, sering disebut-sebut sebagai tulang punggung pembangunan. Pengetahuan dasar untuk teknologi adalah
IPA. Orang tidak menjadi insinyur elektronika yang baik, atau dokter yang baik,
tanpa dasar yang cukup luas mengenai berbagai gejala alam, b) bila diajarkan
IPA menurut cara yang tepat, maka IPA merupakan suatu mata pelajaran yang
memberikan kesempatan berpikir kritis; misalnya IPA diajarkan dengan mengikuti
metode “menemukan sendiri”, c) bila
IPA diajarkan melalui percobaan-percobaan yang dilakukan sendiri oleh anak,
maka IPA tidaklah merupakan mata pelajaran yang bersifat hafalan belaka, d)
mata pelajaran ini mempunyai nilai-nilai pendidikan yaitu mempunyai potensi
yang dapat membentuk kepribadian anak secara keseluruhan. Lebih lanjut (Lestari, 2017) meyatakan
pembelajaran IPA di sekolah dasar diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa
untuk memelajari diri sendiri dan alam sekitarnya.
IPA melatih anak berpikir kritis dan
objektif. Pengetahuan yang benar artinya pengetahuan yang dibenarkan menurut
tolok ukur kebenaran ilmu, yaitu rasional dan objektif. Rasional artinya masuk
akal atau logis, diterima oleh akal sehat. Objektif artinya sesuai dengan
objeknya, sesuai dengan kenyataan atau sesuai dengan pengalaman, pengamatan
melalui panca indra. Berkaitan dengan IPA, pembelajaran IPA dapat dinyatakan
sebagai upaya guru untuk membuat siswa belajar IPA. Belajar IPA meliputi
belajar tentang produk IPA, belajar tentang Proses IPA dan belajar mengembangkan
sikap ilmiah. Untuk itu, tujuan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar adalah
sebagai berikut
(Depdiknas, 2006:2).
Tujuan yang pertama memeroleh keyakinan
terhadap kebesaran Tuhan yang Maha Esa,
kedua mengembangkan
dan menerapakan dalam kehidupan sehari-hari konsep-konsep IPA yang bermanfaat, ketiga mengembangan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran
tentang hubungan antara IPA, lingkungan teknologi dan masyarakat, keempat mengembangkan keterampilan proses untuk memecahkan masalah
dan mengambil keputusan tentang alam sekitar,
kelima meningkatkan
kesadaran untuk memelihara dan melestarikan lingkungan alam, keenam meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dengan segala
keteraturannya, dan ketujuh memeroleh bekal
pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk ke jenjang SMP.
Berdasarkan pemaparan tersebut,
diketahu bahwa pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang wajib di SD.
Pembelajaran IPA wajib karena memegang peranan penting baik dalam perkembangan
siswa maupun perkembangan teknologi, dan kemajuan bangsa.
2.1.2 Model
Pembelajaran Kolaboratif
Sebagai
tenaga pendidik hendaknya memiliki beberapa kompetensi yang menunjukkan bahwa
tenaga pendidik tersebut pantas menjadi tenaga dalam kependidikan. Menurut
Djumiran (2010) empat kompetensi yang dimaksud yaitu kompetensi pegagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Dengan
keempat kompetensi yang dimiliki diharapkan mampu membuat pembelajaran menjadi
menyenangkan dan bermakna. Guru dapat memilih dan menentukan model pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
a. Pengertian Model Pembelajaran
Istilah model dalam perspektif yang
dangkal sama dengan strategi. Jadi, model pembelajaran hampir sama dengan
strategi pembelajaran. Suprijono (2016) menyatakan bahwa model pembelajaran
bersanding dengan istilah pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran,
metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan taktik pembelajaran.
Menurut Sagala (dalam Fathurrohman
2015) menyatakan istilah model dapat dipahami sebagai suatu kerangka koseptual
yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Model dapat
dipahami juga sebagai: 1) suatu tipe atau desain, 2) suatu deskripsi atau
analosi yang digunakan untuk membantu proses visualisasi sesuatu yang tidak
dapat dengan langsung diamati, 3) suatu sistem asumsi-asumsi, data–data, dan
inferensi-inferensi yang digunakan menggambarkan secara sistematis suatu objek
atau peristiwa, 4) suatu desain yang disederhankan dari suatu sistem kerja,
suatu terjemahan realitas yang disederhanakan, 5) suatu deskripsi dari suatu
sistem yang yang mungkin atau imajiner, 6) penyajian yang diperkecil agar dapat
menjelaskan dan menunjukan sifat aslinya. Model dirancang untuk mewakili
realitas yang sesungguhnya walaupun model itu sendiri bukanlah realitas dari
dunia yang sebenarnya. Senada dengan kutipan pada buku Suprijono (2016:52) yang
menyatakan “an instructional model is a
step by step procedure that leads to specific learning outcomes” yang
artinya model pembelajaran adalah prosedur langkah demi langkah yang mengarah
ke hasil belajar yang spesifik.
Berdasarkan
pemaparan beberapa ahli, dapat disintesi bahwa model pembelajaran
adalah kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan
kegiatan pembelajaran. Secara lebih konkret dapat dikemukakan bahwa model
pembelajaran adalah kerangka konseptual yang mendeskripsikan dan melukiskan
prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar dan
pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan fungsi sebagai pedoman
dalam perencanaan pembelajaran bagi para pendidikan dalam melaksanakan
aktivitas pembelajaran.
Model-model pembelajaran memiliki
beberapa atribut yang tidak dimiliki sebagai strategi dan metode yang spesifik.
Atribut-atribut sebuah model adalah adanya basis teoritis yang koheren atau
sebuah sudut pandang tentang apa yang harus dipelajari dan bagaimana mereka
belajar. Penggunaan model pembelajaran harus sesuai dengan materi pelajaran
supaya dapat menciptakan lingkungan belajar yang menjadikan peserta didik
belajar.
Adapun ciri-ciri dari model belajar
adalah 1) rasional, teoritis, dan logis yang disusun oleh para pengembang model
pembelajaran; 2) memiliki landasan pikiran yang kuat mengenai tujuan
pembelajaran yang akan dicapai; 3) tingkah laku mengajar yang diperlukan agar
model terebut dapat dilaksanakan dengan baik dan berhasil; 4) lingkungan
belajar yang kondusif deperlukan agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model pembelajaran dalam perkembangannya
berkembang menjadi banyak. Terdapat model pembelajaran yang kurang baik dipakai
dan diterapkan, namun ada model pembelajaran yang baik untuk diterapkan.
Ciri-ciri model pembelajaran yang baik untuk diterapkan sebagai berikut (Suprijono, 2016).
1) Adanya keterlibatan itelektual dan
emosional peserta didik melalui kegiatan mengalami, menganalisis, berbuat dan
pembentukan sikap.
2) Adanya keikutsertaan peserta didik
secara aktif selama pelaksanaan model pembelajaran.
3) Guru bertindak sebagai fasilitator,
koordinator, mediator, dan motivator kegiatan belajar peserta didik.
4) Pengguaan berbagai metode, alat, dan media
pembelajaran.
Apabila model pembelajaran memenuhi
ciri-ciri yang disebutkan, model
pembelajaran tersebut dikatakan model pembelajaran yang baik. Namun sebaliknya,
apabila tidak memenuhi ciri-ciri yang penulis sebutkan maka dikatakan model
pembelajaran tersebut tidak baik.
Menurut Arends (dalam Suprijono
2016) model pembelajaran mampunyai
karakteristik yang sama dengan strategi pengajaran dan metode pengajaran. Namun
model pembelajaran mempunyai keistimewaan. Model pembelajaran menyiratkan
sesuatu yang lebih besar daripada
strategi, metode, atau taktik pembelajaran tertentu karena model pembelajaran
mencakup pendekatan pembelajaran secara keseluruhan dan ukan setrategi atau
teknik tertentu.
Model pembelajaran memiliki beberapa
atribut yang tidak dimiliki oleh strategi dan metode pembelajaran spesifik.
Atribut-atribut tersebut adalah adanya basis teori yang koheren tentang apa
yang seharusnya dipelajari dan bagaimana peserta didik mempelajarinya.
Dari penjelasan beberapa ahli, dapat
disentesiskan
bahwa model pembelajaran yang memenuhi syarat dan ciri-ciri yang sudah tertera,
maka model pembelajaran tersebut dapat dikatakan sebagai model pembelajaran
yang baik.
b. Prinsip Model Pembelajaran
Agar model pembelajaran menghasilkan
rencana yang efektif dan efisien, terdapat prinsip-prinsip yang patut
diperhatikan yaitu sebagai berikut (Suprijono, 2016).
1) Model pembelajaran hendaknya mempunyai
dasar nilai yang jelas dan mantap. Nilai yang menjadi dasar berupa nilai
budaya, nilai moral, dan nilai religius, maupun gabungan dari ketiganya. Acuan
nilai yang jelas dan mantap akan memberikan motivasi yang kuat untuk
menghasilkan rencana yang sebaik-baiknya.
2) Model pembelajaran berangkat dari
tujuan umum. Tujuan ini dirinci menjadi tujuan khusus. Rumusan tujuan umum dan
tujuan khusus pembelajaran menjadi dasar untuk mengembangkan komponen-komponen pembelajaran
(materi, pendekatan/strategi/metode, sumber belajar, teknik evaluasi) dalam
suatu sistem pembelajaran. Dengan demikian didalam model pembelajaran terdapat
relevansi antara tujuan pembelajaran dengan keseluruhan komponen pembelajaran
yang diorganisasikan.
3) Model pembelajaran realistis. Model
pembelajaran disesuaikan dengan sumber daya dan dana yang tersedia.
4) Model pembelajaran mempertimbangkan
kondisi sosial budaya masyarakat, baik yang mendukung maupun yang menghambat
pelaksanaan pembelajaran.
5) Model pembelajaran fleksibel. Meskipun
berbagai hal terkait dengan pelaksanaan pembelajaran telah dipertimbangkan
sebaik-baiknya masih mungkin terjadi hal-hal yang di luar perhitungan tersebut.
Oleh karena itu, dalam mengembangkan model
pembelajaran perlu disediakan ruang gerak sebagai antisipasi terhadap hal-hal
yangterjadi di luar perhitungan model pembelajaran.
c. Pengertian Model Pembelajaran
Kolabratif
Pembelajaran dengan model kolaboratif
sangat membantu guru dalam mengajar selain dapat membuat suasana kelas menjadi
hidup dan aktif, model pembelajaran kolaboratif ini juga sangat membantu siswa
dalam memeroleh hasil terbaik dalam proses pembelajaran di kelas.
Menurut
Zamroni (dalam Layli 2012) meyatakan bahwa pembelajaran kolaboratif adalah
pembelajaran yang membagi siswa menjadi kelompok-kelompok yang kerjanya
didukung oleh kemandirian siswa yang dimiliki oleh setiap individu anggota
kelompok yang akan mampu membentuk suasana belajar kerjasama yang diikuti oleh
rasa saling ketergantungan dengan penuh tanggung jawab diantara anggota-anggota
kelompoknya.
Menurut Warsono (dalam Sulistyawati dan
Zuchdi, 2016) teori yang menjadi landasan bagi pembelajaran kolaboratif
diantaranya teori demokrasi dalam pendidikan yang dikembangkan oleh John Dewey,
teori kontruktivisme sosial dari Lev Vygotsky, teori scaffolding dari Bruner,
serta teori psikologi. Lev Vygotsky merupakan seorang psikologi dari Rusia yang
merumuskan teori terkait psikologi sosial yang diberi nama zona perkembangan
terdekan atau zone of proximal
development (ZPD).
Vygotsky (dalam Sato, 2014) mengatakan
bahwa pertumbuhan awal kognitif, seorang anak dapat melakukan penyelesaian
tugas-tugas yang berhubungan dengan pembelajaran tanpa bantuan orang lain. Namun pada level
kognitif yang lebih tinggi, penyelesaian tugas pembelajaran harus dibantu orang
lain yang lebih kompeten, misalnya teman sebaya, orang tua, dan guru. Wilayah
dengan level kognitif yang lebih tinggi ini disebut ZPD. Pada hal bantuan (assistance)
dari orang lain yang lebih kompeten tersebut, artinya anak harus melakukan
kontak sosial terlebih dahulu dan melakukan “kolaborasi” dengan pihak lain
untuk mencapai tataran kognitif yang lebih tinggi (Sulistyawati dan Zuchdi,
2016).
Banyak
juga para ahli yang menjelaskan pengertian tentang model pembelajaran kolaboratif
seperti menurut Marhamah dkk (2017) mengatakan belajar kolaboratif menekankan
pada proses pembelajaran yang menghendaki keterpaduan aktivitas bersama antara
intelektual, sosial dan emosi secara dinamis, baik dari pihak siswa maupun dari
pihak guru. Hal yang penting dalam pembelajaran kolaboratif adalah bagaimana
membuat siswa fokus dan hal tersebut bisa diwujudkan oleh materi lompatan atau jumping task. Sebelum
diberikan materi lompatan yang berupa soal-soal maupun LKS siswa terlebih
dahulu diberikan sharing task. Pada
saat mengerjakan sharing task siswa
berdiskusi dengan teman sekelompoknya ataupun kelompok lain yang dimediatori
oleh guru. Pada saat sharing task siswa
akan bertukar informasi, bersosialisasi, dan bekerja sama untuk memecahkan
masalah yang diberikan, namun dalam penyusunan laporan siswa tetap mengerjakan
secara individu.
Sharing task bisa diberikan lebih dari
sekali bergantung kebutuhan dari siswa. Menurut Sato (2014) pada materi bersama
(sharing task) hal yang sangat
penting adalah setiap siswa benar-benar memahami isi materi. Pada kolaborasi
tugas individu, siswa yang tidak paham akan mengajukan pertanyaan “Bagaimana
mengerjakan bagian ini?”, sehingga pembelajaran bisa dimulai. Siswa yang
merespon pertanyaan tersebut memahami kesulitan yang dialami siswa yang tidak
paham dan harus menjelasakan hingga siswa tersebut paham. Sehingga siswa yang
sudah paham dan yang belum paham akan sama-sama belajar untuk memecahkan
permasalahan dalam satu kelompok.
Siswa bisa
mengalami pembelajaran yang fokus dalam materi yang sepertinya bisa dipahami namun tidak paham. Pembelajaran
kolaboratif dengan materi lompatan bukan hanya menjadi suatu yang menguntungkan
bagi siswa dengan kemampuan akademis tinggi. Pembelajaran yang justru memberikan manfaat yang lebih besar bagi
siswa yang paham dibandingkan siswa yang tidak paham, maka pembelajaran
lompatan (jumping) bukan hanya
bermanfaat bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi, namun sebenarnya juga
memberi manfaat besar bagi siswa dengan kemampuan akademis yang rendah.
Menurut
Armiati (2007) menyatakan colaboratif
learning (CL) adalah pembelajaran yanng digunakan untuk mengajar dan
belajar yang melibatkan sekelompok siswa yang bekerja sama untuk menyelesaikan
masalah, menglengkapi tugas atau menghasilkan produk. CL didasarkan pada ide bahwa belajar adalah aksi sisoal alamiah
dengan para partisipan yang
berdiskusi satu sama lain, melalui diskusi inilah proses belajar berlangsung. Pendapat senada disampaikan oleh Kasub
(dalam Andriani, 2014) yang menyatakan pembelajaran kolaboratif adalah proses
belajar kelompok dengan setiap anggota menyumbangkan informasi, pengalaman,
ide, sikap, pendapat, kemampuan, keterampilan yang dimilikinya, untuk secara
bersama-sama saling meningkatkan pemahaman seluruh anggota tetapi dengan tetap
memertahankan ide masing-masing individu. Menurut Gitakarma (2012) menjelaskan
pembelajaran kolaboratif adalah sebuah strategi instruksional yang terstruktur
dan sistematis ketika sekelompok pelajar bekerja sama memaksimalkan
pembelajaran rekan-rekannya.
Tujuan
utama penggunaan colaborative learning
adalah: 1) fokus pada belajar yang aktif. 2) Membangun sekil menulis dan
komunikasi lisan. 3) Memberikan tanggung jawab belajar secara eksplisit. 4)
Memperjelas peran pengajar sebagai fasilitator dan monitor. 5) Dapat mencakup
materi lebih banyak atau lebih baik. 6) Membangun science percaya diri dan
mandiri pada siswa. 7) Memiliki pengalaman bekerja secara berkelompok. 8)
Mendukung Peer Review
Berdasarkan teori tersebut, pada
pelaksanaan pembelajaran di SD akan menunjukan peningkatan dalam proses
pembelajaran yang dapat dilihat dari berbagai manfaat yang dapat diberikan
kepada siswa dan juga kepada guru dalam proses belajar mengajar dikelas. Sehingga
yang ditekankan pada pembelajaran kolaboratif ini adalah
terjadinya kerjasama, interaksi dan pertukaran informasi di dalam kelompok dan
kolaboratif lebih memfokuskan pada keberhasilan proses.
Dari beberapa pendapat menurut para
ahli, dapat disintesis bahwa model kolaboratif merupakan pembelajaran yang
mengunakan sistem berkelompok dalam melakukan proses pembelajaran. Model
kolaboratif ini menekankan pada proses pembelajaran yang menghendaki
keterpaduan aktivitas bersama antara intelektual, sosial dan emosi secara
dinamis, baik dari pihak siswa maupun dari pihak guru. Walaupun siswa berdiksusi dengan
kelompok, pada saat mengerjakan tugas siswa tetap menjawab secara individu
sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki serta pengetahuan yang didapat dari
berdiskusi.
d. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Kolaboratif
Setiap model pembelajaran pasti
terdapat beberapa kekurangan dan juga kelebihan didalamnya, seperti model
pembelajaran kolaboratif ini juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan
masing-masing diantaranya.
a)
Kelebihan Model Kolaboratif
Ada
beberapa keunggulan yang dapat diperoleh melalui pembelajaran kolaboratif.
Kelebihan kolaboratif menurut Hill & Hill (dalam Suryani, 2011)
(1)
prestasi belajar lebih tinggi, (2) pemahaman lebih mendalam, (3) belajar lebih
menyenangkan, (4) mengembangkan keterampilan kepemimpinan, (5) meningkatkan
sifat positif, (6) meningkatkan harga diri, (7) belajar secara inklusif, (8)
rasa saling memiliki, (9) mengembangkan keterampilasn masa depan.
Kelebihan
dari model pembelajaran kolaboratif menurut Saifulloh (2015) dipaparkan
sebagai berikut: (a) siswa
belajar bermusyawarah, (b) siswa belajar menghargai pendapat orang lain, (c)
dapat mengembangkan cara berpikir kritis dan rasional, (d) dapat memupuk rasa
kerja sama, dan (e) adanya persaingan yang sehat antar individu dalam kelompok.
b)
Kelemahan Pembelajaran
Kolaboratif
Selain
memiliki kelebihan, kelemahan
dalam model pembelajaran kolaboratif ini juga disampaikan oleh Hosnan (dalam
Saifulloh, 2015) dipaparkan sebagai berikut: (a) pendapat serta pertanyaan
siswa dapat menyimpang dari pokok persoalan, (b) membutuhkan waktu cukup
banyak, (c) adanya sifat-sifat pribadi yang ingin menonjolkan diri atau
sebaliknya yang lemah merasa rendah diri dan selalu tergantung pada orang lain,
dan (d) kebulatan atau kesimpulan bahan kadang sukar dicapai.
e. Karakteristik dan Ciri-ciri Model
Pembelajaran Kolaboratif
Dalam model pembelajaran selalu memiliki karakter dan
ciri masing-masing dari setiap model pembelajaran. Karakter dan ciri-ciri dari
model tersebut yang menjadi pembanding diantara model yang satu dengan model
yang lainnya. Berikur merupakan ciri-ciri dan karakteristik dari model
pembelajaran kolaboratif.
1)
Karakteristik Pembelajaran Kolaboratif
Menurut
Willian and Flora (dalam Andriani, 2014) mengatakan bahwa karakteristik
pembelajaran kolaboratif dapat ditunjukan sebagai berikut:
a)
Perserta didik berkolaborasi dengan yang lainnya untuk
menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah secara sukses.
b)
Peserta didik bekerja sebagai sebuah anggota kelompok
untuk mengidentifikasi tujuan-tujuan kelompok.
c)
Peserta didik berpartisipasi didalam tim untuk
merencanakan langkah-langkah dan mengidentifikasi sumber-sumber penting untuk
mencapai tujuan kelompok.
d)
Peserta didik mengomunikasikan dan menggabungkan berbagai
pandangan untuk mencapai tujuan kelompok.
Dirver
and Bell (dalam Armiati, 2007). Karakteristik yang dimaksud dipaparkan sebagai
berikut: (a) siswa memiliki common goal, (b) belajar bersifat learning centric, (c) siswa membangun pengetahuannya sendiri, (d)
pembelajaran bukanlah transmisi pengetahuan, melainkan melibatkan pengaturan
situasi kelas, (e) kurikulum dianggap sebagai seperangkat pembelajaran, materi,
dan sumber, dan (f) pembelajaran lebih mengutamakan pada keterampilan proses.
2)
Ciri-ciri Pembelajaran Kolaboratif
Ciri-ciri
yang dimiliki oleh model pembelajaran kolaboratif sebagai sebuah fungsi untuk
memahami dan mengetahui bagaimana pembelajaran kolaboratif itu yang
sesungguhnya dan juga berguna untuk menunjukan bahwa pembelajaran kolaboratif
tidak sama dengan model pembelajaran lainnya. Berikut adalah ciri-ciri
pembelajaran kolaboratif menurut Driver dan Bell (dalam Armiati, dkk 2007)
a)
Siswa memiliki common
goal.
b)
Belajar bersifat learning
centric.
c)
Siswa membangun knowladge
framework-nya sendiri.
d)
Pembelajaran bukanlah transmisi pengetahuan melainkan
melibatkan pengaturan situasi kelas.
e)
Kurikulum dianggap sebagai seperangkat pembelajaran,
materi, dan sumber.
f. Sintaks
Model Pembelajaran Kolaboratif
Salah satu unsur dari model
pembelajaran adalah adanya sintaks. Sintaks (syntax) yaitu urutan langkah pengajaran yang menunjuk pada
fase-fase/tahap-tahap yang harus dilakukan guru jika guru menggunakan model
pembelajaran tertentu. Joyce, Weil & Shower (dalam Suprijono, 2016) Sintaks dari model pembelajaran
kolaboratif dapat disajikan pada Tabel 2.2.
Tabel 2.2
Sintaks Model Pembelajaran Kolaboratif
No.
|
Fase
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
1
|
Orientasi Siswa
|
a.
Guru
berusaha memecah kebekuan dengan menggali ide/gagasan siswa terkait topik
yang akan dibicarakan
|
a. Siswa mengajukan pendapat/tanggapan berdasarkan
pengetahauan yang dimiliki
|
b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan gambaran materi
secara umum
|
b. Siswa menyimak pemaparan guru dan mengajukan pertanyaan
jika dirasa ada yang kurang jelas
|
||
2
|
Pembentukan Kelompok
|
a. Guru menuntut siswa dalam pembentuka kelompok yang
idealnya terdiri dari 4 orang siswa dengan aturan kelompok heterogen baik
dari segi kemampuan akademik dan jenis kelamin (bergantung pada tujuan dan
situasi serta kondisi kelas). Pembentukan kelompok juga dapat dilakukan
dengan beberapa cara seperti ditentukan oleh guru, diacak, ganjil genap, dan
sebagainya. Jika ada siswa yang tidak setuju atau menolak dapat mengajukan
pendapat kepada guru.
|
a. Siswa menyimak arahan guru tentang pembentukan kelompok
belajar. Siswa mengajukan pendapat jika tidak setuju atau menolak kelompok
belajar yang telah terbentuk.
|
3
|
Penyusunan Tugas Pembelajaran
|
a. Guru mengarahkan siswa untuk membaca, berdiskusi dan
menulis tentang materi yang akan dibahas dan guru juga dapat memberikan
pengantar materi
|
a. Siswa mengeksplorasi melalui kegiatan membaca, berdiskusi,
dan menulis tentang materi yang akan dibahas
|
b. Guru memberikan materi/soal sharing (sharing task)
kepada siswa, kemudian siswa dituntun untuk berdiskusi dalam kelompok, namun
hasil akhir dikerjakan secara individu (bisa dalam bentuk soal atau LKS)
|
b. Secara berkelompok siswa mengerjakan sharing task (dalam bentuk soal ataupun LKS)
|
||
c. Guru memberikan materi/soal jumping (jumping task)
kepada siswa, kemudian siswa dituntun untuk berdiskusi dalam kelompok, namun
hasil akhir dikerjakan secara individu (bisa dalam bentuk soal atau LKS)
|
c. Secara berkelompok siswa mengerjakan jumping task (dalam bentuk soal ataupun LKS)
|
||
4
|
Memfasilitasi Kolaborasi Siswa
|
a. Guru memfasilitasi siswa dalam pemecahan materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan
jumping task) yang telah diberikan
|
a. Siswa bersama kelompok melakukan identifikasi, meneliti,
menganalisis, dan memberikan pendapat terhadap permasalahan yang ada pada
materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping
task) yang telah diberikan
|
b. Guru menjadi mediator dan fasilitator bagi siswa didalam
satu kelompok maupun dengan kelompok lain saat bertukan informasi
|
b. Siswa berinteraksi positif dengan teman satu kelompok
maupun berbeda kelompok untuk mendiskusikan materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping task) yang telah diberikan
|
||
c. Guru menuntun siswa menyusun laporan/solusi/jawaban dari
materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping
task) yang telah didiskusikan bersama
|
c. Secara individu siswa menulis laporan/solusi/jawaban dari
materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping
task) yang telah didiskusikan bersama
|
||
5
|
Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran
Kolaboratif
|
a. Guru menunjuk salah satu/beberapa siswa yang berbeda
kelompok untuk mengemukakan hasil diskusi
|
a. Siswa yang ditunjuk harus siap mengemukakan hasil diskusi
yang telah dilakukan
|
b. Guru menuntun siswa melakukan diskusi kelas, apabila
terdapat perbedaan pendapat dan kesalahan konsep
|
b. Siswa mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas tentang
perbedaan pendapat yang telah terjadi atau kebingungan yang masih dirasakan
|
||
c. Guru memberikan konfirmasi tentang konsep atau materi yang
telah didiskusikan siswa
|
c. Siswa menyimak konfirmasi dari guru dan mengajukan
pertanyaan jika ada yang kurang dipahami
|
||
d. Guru meminta siswa mngumpulkan laporan/jawaban/solusi
untuk selanjutnya dikoreksi dan dievalusi
|
d.
Secara
individu siswa mengumpulkan laporan/jawaban/solusi yang telah disusun
|
(Sumber: Dimodifikasi dari Hosnan (dalam Saifulloh, 2015)
dan Suryani, 2017)
2.2 Kajian Hasil
Penelitian yang Relevan
Dari hasil penelitian yang relevan mengenai model pembelajaran kolaboratif yang telah dilakukan oleh tiga orang. Adapun
hasil penelitian relevan yang dilakukan oleh kedua peneliti tersebut yaitu
penelitian yang dilakukan oleh Marhamah dkk pada tahun 2017 yang menyatakan hasil analisis data yang
diperoleh thitung > tTabelyaitu 5,60 > 1,67 maka Ho
ditolok. Pada kelas eksperimen siswa melakukan sharing task dan jumping task,
sehingga kolaborasi dan hasil belajar siswa meningkat. Maka dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study community (LSC) berpengaruh terhadap hasil siswa kelas
VIII MTsN Samalanga.
Penelitian juga dilakukan oleh
Primadiati dan Djukri pada tahun 2017. Penelitian tersebut menunjukkan hasil
analisis uji beda hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok
eksperimen 1 (SD Catur Tunggal 3) diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,002 yang berarti ada perbedaan
peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok
eksperimen 1. Dengan kata lain penggunaan model pembelajaran collaborative learning dapat
meningkatkan hasil belajar pada siswa SD Catur Tunggal 3 dengan perbedaan
rata-rata sebesar 4,51.
Penelitian yang serupa juga dilakukan oleh Singgih
Santoso pada tahun 2013 yang menyatakan hasil analisis untuk menguji hipotesis
yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara
model pembelajaran kolaboratif dan metode ceramah terhadap hasil belajar fisika
digunakan analisis variansi satu jalur berdasarkan hasil perhitungan pada Tabel V, diperoleh Fobservasi =
13,063. Hasil perhitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan dabel F dengan dkpembilang
= 1 dan dkpenyebut = 76, dan taraf siginifikan 0,05 maka diperoleh FTabel=
3,98. Karena Fobservasi > FTabel atau 13,063 >
3,98, dikatakan terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan model
pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar fisika dibandingkan metode
ceramah. Rata-rata hasil belajar siswa denga menggunakan model pembelajaran
kolaboratif lebih bak yaitu 12,949 dibandingkan dengan metode ceramah yaitu
10,949 sehingga dapat dikatakan bahwa dengan model pembelajaran kolaboratif yang diterapkan dalam proses
pembelajaran,
akan memberikan sebuah peningkatan dari hasil belajar siswa yang lebih baik dibandingan dengan menggunakan
proses pembelajaran dengan metode
ceramah.
Berdasarkan uraian tersebut, diketahui
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif ditinjau terhadap hasil
belajar. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya, terletak pada
variabel yang diteliti, yaitu model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil
belajar IPA.
2.3 Kerangka
Berpikir
Berdasarkan deskripsi teori, maka dapat dikemukakan kerangka berpikir sebagai berikut. Seorang
guru dituntut untuk mampu memberikan pendidikan dan cara memilih strategi yang
baik didalam pembelajaran. Dari itu berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan
hasil yang maksimal supaya siswa dalam melakasanakan pembelajaran merasa senang
dan nyaman agar dapat tercapai tujuan yang diingikan. Cara guru dalam
mengajar sangat menentukan tingkat keberhasilan suatu tujuan pelajaran. Guru lebih sering
menggunakan pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan yaitu metode
ceramah karena guru merasa metode itulah yang paling mudah diterapkan (teacher
centred). Pembelajaran konvensional diterapkan karena kurangnya
pengetahuan guru tentang berbagai macam-macam model pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar
siswa rendah.
Penerapan model
pembelajaran yaitu model pembelajaran kolaboratif sangat erat hubungannya dengan
keaktifan siswa, karena dengan menggunakan model ini akan menambah konsentrasi
siswa, keaktifan siswa dan siswa dapat
melakukan kerjasama dengan baik, serta berpusat pada siswa (student
centre). Dari sinilah siswa akan melatih konsentrasi
siswa, keaktifan siswa dan siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik.
Berdasarkan beberapa pendapat para ahli, dengan menggunakan model
pembelajaran kolaboratif anak
akan lebih bersemangat untuk belajar dan melatih kerjasama pada siswa
sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran bisa berjalan dengan
optimal.
Model pembelajaran kolaboratif
merupakan jenis pembelajaran berkelompok yang mengedepankan interaksi
sosial namun tetap berpegang teguh dengan pendapat pribadi. Model pembelajaran
kolaboratif ini merupakan salah satu
model pembelajaran yang mampu membangkitkan keaktifan anak dan juga akan
meningkatkan daya ingat anak dalam pembelajaran karena pembelajaran yang aktif
dan berpusat pada siswa di sekolah dasar. model kolaboratif
merupakan pembelajaran yang mengunakan sistem berkelompok dalam melakukan
proses pembelajaran. Model kolaboratif ini menekankan pada proses pembelajaran
yang menghendaki keterpaduan aktivitas bersama antara intelektual, sosial dan
emosi secara dinamis, baik dari pihak siswa maupun dari pihak guru. Walaupun siswa berdiksusi dengan
kelompok, pada saat mengerjakan tugas siswa tetap menjawab ssecara individu
sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki serta pengetahuan yang didapat dari
berdiskusi.
Berdasarkan pemaparan tersebut terdapat perbedaan yang signifikan
hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
kolaboratif dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada
siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan
Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun bagan kerangka berpikir dalam
penelitian ini, sebagai berikut.
Gambar 2.1
Bagan
Kerangka Berpikir
2.4
Hipotesis Penelitian
Berdasarkan kajian teoritis dan uraian yang
dikemukakan dalam kerangka berpikir, hipotesis dalam penelitian yaitu terdapat perbedaan yang
signifikan hasil belajar IPA
antara siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif dan
siswa yang dibelajarkan
dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun
Pelajaran 2017/2018.
Komentar
Posting Komentar