Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018


OLEH
I. G. N. DWI PERDANA KUSUMA
1411031020
  
JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
SINGARAJA
2018

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 163 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Jagaraga dengan jumlah 25 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 1 Menyali dengan jumlah 20 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA siswa (thitung = 7,064 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05) Dilihat dari skor rata-rata, diketahui bahwa skor rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan skor rata-rata kelompok kontrol (21,80 > 12,90). Jadi model pembelajaran kolaboratif berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Semester II Gugus III Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018.


Kata-kata kunci: hasil belajar IPA, model pembelajaran kolaboratif

PRAKATA

Puji syukur dipanjatkan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya-lah, skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018” dapat terselesaikan. Skripsi ini disusun guna memenuhi persyaratan untuk mencapai gelar sarjana pendidikan di Universitas Pendidikan Ganesha, Fakultas Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Bantuan baik moral maupun material diperoleh dari berbagai pihak, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan. Pada kesempatan ini, diucapkan terimakasih kepada yth:
1.             Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S.Kons., selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan atas berbagai kebijaksanaan sehingga studi ini dapat terselesaikan dengan lancar.
2.             Dr. Desak Putu Parmiti, M.S, selaku ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atas motivasi yang diberikan dalam penyelesaian skripsi ini.
3.             I Gede Margunayasa, S.Pd.,M.Pd, selaku Pembimbing I yang telah memberikan arahan, motivasi, petunjuk, dan bimbingan yang sangat bermanfaat selama penyusunan skripsi ini.
4.             Dra. Nyoman Kusmariyatni, S.Pd.,M.Pd, selaku Pembimbing II yang telah memberikan arahan, motivasi, petunjuk, dan bimbingan yang sangat bermanfaat selama penyusunan skripsi ini.
5.             Ida Ayu Ketut Padmini,, S.Pd. selaku kepala SD Negeri 3 Jagaraga dan Made Oka Nendri, S.Pd. selaku kepala SD Negeri 1 Menyali yang telah memberikan izin untuk melaksanakan penelitian.
6.             Gusti Putu Putri Ekawati, S.Pd. dan I Kadek Agus Suryanata,S.Pd. selaku guru mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Jagaraga dan SD Negeri 1 Menyali yang telah berpartisipasi secara langsung dalam penelitian ini.
7.             Siswa kelas V SD Negeri 3 Jagaraga Sinabun dan SD Negeri 1 Menyali yang telah dengan tekun berpartisipasi secara langsung dalam penelitian ini.
8.             Keluarga tercinta, Bapak I Made Muriana dan Ibu Ni Komang Darmi Kusumawati yang selalu mendoakan dan memberi motivasi untuk menyelesaikan skripsi ini.
9.             Rekan-rekan kelas A angkatan 2014 yang selalu memberi semangat untuk menyelesaikan skripsi ini.
10.         Rekan-rekan dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan namanya satu per satu, atas peran serta dan dukungan dalam menyelesaikan skripsi ini.
Disadari bahwa apa yang tersaji dalam skripsi ini masih jauh dari kata sempurna karena keterbatasa yang dimiliki. Demi kesempurnaan skripsi ini, diharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari berbagai pihak. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua khusunya bagi pengembangan dunia pendidikan.

Singaraja, 11 Mei 2018
          
    
Penulis


DAFTAR ISI
                                                                                                                  Halaman
HALAMAN JUDUL.........................................................................................       i
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING...................................................      ii           
LEMBAR PERSETUJUAN DOSEN PENGUJI..............................................     iii           
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN.........     iv
ABSTRAK.........................................................................................................      v           
PRAKATA.........................................................................................................     vi                       
DAFTAR ISI......................................................................................................   viii                       
DAFTAR TABEL..............................................................................................     xi                       
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    xii           
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................   xiii           

BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah................................................................................      1
1.2  Identifikasi Masalah......................................................................................    12
1.3  Pembatasan Masalah.....................................................................................    12
1.4  Rumusan Masalah.........................................................................................    12
1.5  Tujuan Penelitian...........................................................................................    13
1.6  Manfaat Hasil Penelitian...............................................................................    13

BAB II KAJIAN TEORI
2.1  Deskripsi Teoretis..........................................................................................    15
2.1.1   Hasil Belajar IPA................................................................................    15
2.1.2   Model Pembelajaran Kolaboratif........................................................    28
2.2  Kajian Hasil Penelitian yang Relevan ..........................................................    42
2.3  Kerangka Berpikir.........................................................................................    44
2.4  Hipotesis Penelitian.......................................................................................    47
BAB III METODE PENELITIAN
3.1  Tempat dan Waktu Penelitian.......................................................................    47
3.2  Rancangan Penelitian....................................................................................    47
3.2.1   Jenis Penelitian...................................................................................    48
3.2.2   Desain Penelitian................................................................................    48
3.2.3   Prosedur Pelaksanaan Penelitian........................................................    50
3.3  Populasi dan Sampel Penelitian....................................................................    51
3.3.1   Populasi Penelitian..............................................................................    51
3.3.2   Sampel Penelitian...............................................................................    53
3.4  Kontrol Validitas Internal dan Eksternal......................................................    55
3.4.1   Kontrol Validitas Internal..................................................................    55
3.4.2   Kontrol Validitas Eksternal................................................................    57
3.5  Metode dan Instrumen Pengumpulan Data..................................................    58
3.5.1   Metode Pengumpulan Data................................................................    58
3.5.2   Instrumen Hasil Belajar IPA..............................................................    59
3.6  Metode dan Teknik Analisis Data................................................................    71
3.6.1   Metode Analisis Data Deskriptif........................................................    72
3.6.2   Metode Analisis Data Inferensial.......................................................    74
3.7  Hipotesis Statistik ........................................................................................    75

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Deskripsi Data Hasil Penelitiian....................................................................    77
4.1.1 Deskripsi Data Hasil Belajar Kelompok Eksperimen..........................    78
4.1.2 Deskripsi Data Hasil Belajar Kelompok Kontrol................................    81
4.2 Pengujian Asumsi..........................................................................................    83
4.2.1 Uji Normalitas Sebaran Data..............................................................    83
4.2.2 Uji Homogenitas Varians....................................................................   84
4.3 Pengujian Hipotesis Penelitian......................................................................    85
4.4 Pembahasan Hasil Penelitian.........................................................................    87
4.5 Implikasi........................................................................................................    90

BAB V PENUTUP
5.1 Rangkuman...................................................................................................    92
5.2 Simpulan.......................................................................................................    97
5.3 Saran                                                                                                                 98
DAFTAR RUJUKAN .......................................................................................    99           
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
Tabel                                                                                                            Halaman
Tabel 1.1    Nilai UAS IPA Siswa Kela V Semester I di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018..............................................................      7
Tabel 2.1    Kategori dan Kata Kunci Taksonomi Anderson dan Krathwohl....    17
Tabel 2.2    Sintaks Model Pembelajaran Kolaboratif........................................    40
Tabel 3.1    Desain Penelitian Non Equivalent Post test Only Control Group Design                        49
Tabel 3.2    Populasi Penelitian...........................................................................    52
Tabel 3.3    Sampel Penelitian Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018..............................................................    55
Tabel 3.4    Tabulasi Silang 2 x 2 Hasil Penilaian Pakar terhadap Tes Hasil Belajar IPA                  61
Tabel 3.5    Kategori Koefisien Validitas Isi......................................................    62
Tabel 3.6    Ringkasan Uji Validitas Butir Tes Hasil Belajar IPA......................   64
Tabel 3.7    Kriteria Reliabilitas Tes Hasil Belajar..............................................    66
Tabel 3.8    Kriteria Taraf Kesukaran Butir Tes..................................................    67
Tabel 3.9    Ringkasan Tingkat Kesukaran Tes Hasil Belajar IPA......................    67
Tabel 3.10  Kriteria Daya Beda..........................................................................    69
Tabel 3.11  Ringkasan Uji Daya Beda Tes Hasil Belajar IPA............................    70
Tabel 3.12  Skala Penilaian atau Kategori/Klasifikasi Pada Skala Lima............    73
Tabel 4.1    Skala Penilaian Hasil Belajar IPA pada Skala Lima Teoretik..........    77
Tabel 4.2    Rekapitulasi Hasil Perhitungan Data Hasil Belajar IPA Siswa........    78
Tabel 4.3    Distribusi Frekuensi Hasil Belajar Kelompok Eksperimen..............    79
Tabel 4.4    Pedoman Konversi Hasil Belajar......................................................    80
Tabel 4.5    Distribusi Frekuensi Hasil Belajar Kelompok Kontrol.....................    81
Tabel 4.6    Rangkuman Hasil Uji Normalitas Sebaran Data..............................    84

DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                        Halaman
Gambar 2.1. Bagan Kerangka Berpikir...............................................................    46
Gambar 4.1. Kurva Poligon Data Hasil Belajar IPA Kelompok Eksperimen.....    80
Gambar 4.2. Kurva Poligon Data Hasil Belajar IPA Kelompok Kontrol...........    82




DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                      Halaman
1.    SURAT-SURAT PENELITIAN
1.1.  Surat Pengantar Observasi SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 ................................................................................................... 102
1.2 Surat Keterangan Observasi SD di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 ................................................................................................... 109
1.3 Surat Pengantar Uji Judges Hasil Belajar IPA  ............................................ 116
1.4 Surat Keterangan Uji Judges Hasil Belajar IPA........................................... 118
1.5 Surat Pengantar Validasi  ............................................................................. 120
1.6 Surat Keterangan Validasi Hasil Belajar IPA .............................................. 122
1.7 Surat Pengantar Penelitian ........................................................................... 124
1.8 Surat Keterangan Penelitian ......................................................................... 126

2.    UJI KESETARAAN
2.1. Hasil Uji Kesetaraan ................................................................................... 128

3.    PERANGKAT PEMBELAJARAN 
3.1 Jadwal Pelajaran Kelompok Eksperimen ..................................................... 134
3.2 Jadwal Pelajaran Kelompok Kontrol ........................................................... 135
3.3 Jadwal Penelitian.......................................................................................... 136
3.4 RPP Kelompok Eksperimen.......................................................................... 137
3.5 RPP Kelompok Kontrol................................................................................ 154

4.    INSTRUMEN SEBELUM UJI COBA
4.1. Kisi-kisi Hasil Belajar IPA untuk Judges..................................................... 164
4.2 Soal dan Kunci Jawaban Hasil Belajar IPA untuk Judges........................... 167
4.3. Kisi-kisi Hasil Belajar IPA untuk Siswa...................................................... 181
4.4 Soal dan Kunci Jawaban Hasil Belajar IPA untuk Siswa............................. 184

5.    INSTRUMEN SETELAH UJI COBA
5.1. Kisi-kisi Tes Hasil Belajar IPA.................................................................... 199
5.2. Soal dan Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar IPA.......................................... 202
5.3. Lembar Jawaban Tes Hasil Belajar IPA....................................................... 213

6.    HASIL UJI COBA HASIL BELAJAR
6.1. Lembar Penilaian Judges.............................................................................. 214
6.2. Hasil Uji Validitas Isi Tes Hasil Belajar IPA .............................................. 218
6.3. Hasil Uji Validitas Butir Tes Hasil Belajar IPA .......................................... 220
6.4. Hasil Uji Reliabiltas 40 Butir Tes Hasil Belajar IPA .................................. 224
6.5. Hasil Uji Reliabiltas 33 Butir Tes Hasil Belajar IPA .................................. 226
6.6. Hasil Uji Reliabiltas 30 Butir Tes Hasil Belajar IPA .................................. 228
6.7. Hasil Uji Tingkat Kesukaran Tes Hasil Belajar IPA ................................... 230
6.8. Hasil Uji Daya Beda Tes Hasil Belajar IPA ............................................... 233

7.    DATA HASIL PENELITIAN
8.1. Skor Hasil Belajar IPA Kelompok Eksperimen........................................... 237
8.2. Skor Hasil Belajar IPA Kelompok Kontrol................................................. 238

8.    HASIL PENGUJIAN STATISTIK DESKRIPTIF DAN INFERENSIAL
8.1 Mean, Median, Modus, Varians, dan Standar Deviasi Skor Post Test Kelompok Eksperimen               239
8.2 Mean, Median, Modus, Varians, dan Standar Deviasi Skor Post Test Kelompok Kontrol                      243
8.3. Hasil Perhitungan Skala PAP....................................................................... 247
8.4. Uji Normalitas Sebaran Data....................................................................... 248
8.5. Uji Homogenitas Varians............................................................................. 249
8.6. Uji Hipotesis................................................................................................ 250

9. DOKUMENTASI PENELITIAN
9.1. Dokumentasi................................................................................................ 252

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pada hakikatnya manusia dapat dipandang dari sudut yang beragam. Satu sisi dapat dipandang sebagai realitas fisik dan sisi yang lain dapat dipandang sebagai realitas psikis. Aspek fisik manusia lebih menekankan pada realitas dan fungsi jasmani. Anggapan demikian menunjukkan keberadaan dan kehidupan manusia sangat ditentukan oleh fisiknya. Aspek psikis manusia lebih menekankan pada realitas dan fungsi-fungsi rohani. Adanya kedua aspek dari manusia tersebut menyebabkan suatu kebutuhan yang dapat menunjukkan bahwa manusia tersebut masih eksis dan masih hidup.
Menurut Abdul (2012) kebutuhan manusia dibagi menjadi dua yaitu kebutuhan yang bersifat fisik dan kebutuhan manusia yang bersifat psikis. Kebutuhan manusia yang bersifat fisik yaitu berupa sandang, pangan dan papan. Kebutuhan manusia yang bersifat psikis yaitu rasa aman, penghargaan, kebutuhan terhadap agama, dan aktualisasi diri. Kebutuhan akan aktualisasi diri sama halnya dengan kemauan manusia untuk mencapai cita-cita. Agar mencapai keinginannya, seseorang selalu melakukan kegiatan yang menunjang pencapaian keinginan tersebut. Kegiatan yang dapat dilakukan yaitu mengikuti suatu pendidikan.
Pendidikan pada dasarnya digunakan memang untuk membentuk manusia menjadi menusia yang lebih baik untuk kedepannya. Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Huda (2014) yaitu pendidikan bukan hanya menyiapkan masa depan, tetapi juga bagaimana menciptakan masa depan.  Pendidikan pada hakekatnya adalah “usaha untuk mencerdaskan kehidupan manusia atau proses memanusiakan manusia yang diselenggarakan melalui proses pendidikan” (Kosasih, 2013:3). Pendidikan dianggap sebagai modal awal untuk membentuk manusia yang seutuhnya yang dapat bersaing dalam era globalisai ini. Tingkatan–tingkatan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang benar-benar sudah dicapai oleh suatu bangsa, biasanya akan dijadikan sebagai tolok ukur dalam melihat sejauhmana  perkembangan dan kemajuan bangsa tersebut. Selain itu pada era globalisasi ini kemajuan dan perkembangan suatu bangsa sangat ditetukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus sangat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan yang selalu dianggap sebagai pondasi awal atau penguat dalam kehidupan harus mampu dijadikan sebagai penumbuh kembangnya teknologi yang harus terus ditingkatkan lagi, sehingga bangsa kita akan dapat lebih bersaing lagi dengan bangsa-bangsa yang sudah lebih awal terkena dampak perkembangan teknologi.
Secara sederhananya, pendidikan dapat digunakan sebagai proses pembelajaran bagi siswa untuk dapat memahami dan mendorong manusia agar manjadi lebih kritis dalam berpikir. Pembelajaran yang baik dapat ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dari subjek didik, faktor eksternal berupa lingkungan fisik, faktor sistem yang berlaku dalam satuan institusi pendidikan, dan faktor tujuan yang ingin dicapai (Kosasih, 2013:39). Salah satu tujuan dari pendidikan tercantum pada Unang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Tujuan Pendidikan Nasional, Pasal 3 yang berbunyi,
tujuan pendidikan yaitu pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Agar tercapainya tujuan tersebut pemerintah telah megupayakan berbagai macam cara, seperti contohnya adanya pendidikan formal. Pendidikan formal  mencakup jenjang-jenjang pendidikan mulai dari pendidikan TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan  perguruan tinggi (Samsudin, 2015). Pada jenjang inilah setiap individu akan mendapat tempaan dan akan diberikan ilmu pengetahuan secara bertahap oleh guru maupun tenaga pendidik lainnya agar individu tersebut mampu menjadi manusia yang bermanfaat dan diharapkan menjadi penguat bangsa.
Usaha pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia atau SDM ialah dengan melalui pendidikan. Guru adalah tombak utama dalam melaksanakan pendidikan yang baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan, selain itu guru juga dianggap sebagai seseorang yang membantu manusia menemukan siapa dirinya dan akan menjadi apa kelak ketika sudah dewasa nanti. Minat, bakat dan perkembangan intelegensi siswa yang dimiliki tidak akan mampu berkembang dengan baik tanpa bantuan dari seorang guru. Dalam hal ini guru harus benar-benar mampu mengetahui sejauh mana perkembangan dari siswa tersebut, karena dalam perkembangannya setiap siswa memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda  dalam fasenya masing-masing. Guru dalam hal ini menjadi peran yang sangat penting dan dituntut untuk dapat mengawasi setiap perkembangan siswa baik secara individu maupun kelompok.
Dalam perkembangan tersebut siswa akan menonjolkan kemampuannya masing-masing baik dalam bidang akademik maupun non akademik, seperti dalam bidang akademik siswa akan menonjol dalam bidang mata pelajaran tertentu yang mungkin dirasanya sangat menyenangkan, setiap siswa memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda sebagian siswa menganggap pembelajaran matematika itu sulit akan tetapi beberapa siswa malah menganggap pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang sangat mudah dan menyenangkan, bagi siswa yang menyukai ilmu pasti maka siswa akan memilih mata pelajaran seperti IPA dan sebagainya. Setiap mata pelajaran memiliki cara berlajar yang berbeda-beda yang akan disesuaikan oleh guru demi memaksimalkan proses belajar mengajar.
Disiplin adalah salah satu penunjang setiap siswa untuk maju dalam segala aspek pendidikan, sikap disiplin juga harus ditanamakan pada anak dalam interaksi belajar. “Disiplin dalam interkasi belajar mengajar ini diartikan sebagai suatu pola tingkah laku yang diatur sedemikian rupa menurut ketentuan yang sudah ditaati oleh semua pihak dengan secara sadar, baik pihak guru maupun pihak siswa” (Sardiman, 2011:17). Selain dispilin salah satu faktor yang memengaruhi pendidikan adalah guru (Kurniasih dan Sani, 2015). Guru merupakan komponen dalam pendidikan yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh guru.
Pembelajaran IPA di sekolah dasar guru sebaiknya memberikan kebebasan kepada siswa agar siswa mampu mengembangkan pola pikirnya sendiri dan akan mendorong siswa untuk menemukan sesuatu yang baru secara mandiri. Pembelajaran IPA yang lebih identik pada pembahasan mengenai alam dan segala kejadian-kejadian yang ada di alam, maka dengan demikian pembelajaran IPA sebaiknya dibuat dan dikemas dengan baik dan memanfaatkan alam yang ada di lingkungan sekitar sekolah, sehingga pembelajaran  IPA tersebut dapat menjadi lebih menarik. Menurut Sudana dan Astawan (2013) IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan mencari tahu tentang alam melalui penemuan dalam bentuk media sederhana yang dapat digunakan siswa ataupun guru dalam pembelajaran.
 Cara lain dalam melaksanakan pembelajaran IPA di sekolah terutama pembelajaran IPA di sekolah dasar ialah cara untuk membuat pembelajaran  IPA menjadi lebih menarik dan tidak menjadi sebuah masalah bagi siswa dalam melaksanakan sebuah pembelajaran utamanya mata pelajaran IPA. Guru tidak hanya berpatokan dengan buku dan materi yang sudah ditetapkan, akan tetapi guru harus memiliki pemikiran yang kreatif untuk mengembangkan potensi menjadi guru yang menguasai materi dengan baik. Pendapat yang sama disampaikan juga oleh Rusman (2014) yang menyatakan bahwa guru dituntut dapat memilih model pembelajaran yang dapat memacu semangat setiap siswa untuk aktif ikut terlibat dalam pengalaman belajarnya. Pendapat yang lain juga disampaikan oleh Huda (2014:36) yang menyatakan “idealnya seorang guru memasuki ruang kelas tidak dengan tangan hampa, ia harus mendekati para siswanta dengan seperangkat asumsi”. Asumsi yang dimaksud yaitu asumsi tentang dirinya, asumsi tentang para siswanya, asumsi tentang minat bakat para siswanya, serta asumsi tentang bagaimana pembelajaran harus diarahkan.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang telah dilakukan pada tanggal  8 Janurai sampai 10 Januari 2018 di Kelas V SD  Gugus III Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2017/2018 ditemukan beberapa masalah dalam proses pembelajaran utamanya dalam mata pelajaran IPA di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan ditemukan beberapa fakta yakni beberapa siswa terlihat bercanda dengan teman sebangkunya, dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif, dalam menyampaikan pembelajaran, beberapa guru hanya berpatok pada materi yang ada pada buku ajar, sebagian besar siswa malu bertanya jika memiliki suatu permasalahan. Pada kegiatan belajar mengajar seharusnya terjadi sebuah interaksi atau komunikasi dua arah baik antara guru dengan siswa maupun antara siswa dengan siswa lainnya di dalam kelas. Akan tetapi proses belajar mengajar dilapangan cenderung bahkan sangat jarang menampakkan komunikasi baik antar guru dengan siswa maupun siswa dengan guru itu sendiri, hal tersebut terjadi dikarenakan proses belajar mengajar yang dirasa sangat monoton.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di Gugus III Kecamatan Sawan, guru kelas tersebut memang membenarkan bahwa kegiatan pembelajaran IPA setiap harinya hanya berpatokan dengan buku pelajaran yang digunakan tanpa menambahkan apapun dalam melaksanakan pembelajaran. Meski guru memaparkan materi dengan baik dan begitu banyak akan tetapi, dalam penyampaian materi guru kurang menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, hal tersebut menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam menggali pengetahuan baru. Kegiatan yang dilakukan setiap siswa hanya membaca buku,  mencatat setiap ada hal yang dirasa penting, dan bertanya jika terdapat sesuatu yang kurang jelas.
Guru pernah menerapkan pembelajaran berkelompok, tetapi tidak efektif. Pada saat dilaksanakan pembelajaran kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif dalam belajar dan sebagian besar siswa lebih memilih bercanda, sehingga membiarkan siswa yang pandai untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Guru juga pernah menerapkan beberapa metode dalam mengajar tetapi guru kesulitan untuk mengatur siswa serta jika diterapkannya suatu metode pembelajaran membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga tujuan pembelajaran sulit tercapai. Pembelajaran yang dilakukan terssebut dapat dikatakan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centred) sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil studi dokumentasi, nilai siswa masih belum mencapai hasil yang maksimal. Berikut disajikan nilai rata-rata UAS mata pelajaran IPA yang diperoleh siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
Tabel 1.1
Rata-rata Nilai UAS IPA Siswa Kelas V SD Semester I di Gugus III
Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018
No
Nama Sekolah
Jumlah Siswa
KKM
Jumlah Pencapaian KKM Siswa
Presentase Pencapaian KKM (%)
Tuntas
Belum
Tuntas
Belum
1
SD Negeri 1 Jagaraga
33
67
9
24
27,27
72,23
2
SD Negeri 3 Jagaraga
25
67
16
9
64,00
36,00
3
SD Negeri 1 Menyali
20
66
9
11
45,00
55,00
4
SD Negeri 2 Menyali
32
70
4
28
12,50
87,50
5
SD Negeri 3 Menyali
14
70
2
12
14,28
85,72
6
SD Negeri 2 Sawan
25
66
11
9
44,00
56,00
7
SD Negeri 3 Sawan
14
66
7
7
50,00
50,00
Jumlah
163
-
58
105
257,05
518,23
Rata-rata




36,72
63,28
                               (Sumber : Administrasi SD di Gugus III Kecaatan Sawan)
Berdasarkan data pada Tabel 1.1 diketahui bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 58 siswa dan yang belum mencapai KKM sebanyak 105 siswa dari total 163 siswa. Jika dilihat dari presentase pencapaian KKM, sebanyak 63,28% siswa belum mencapai KKM dan hanya 36,72% siswa yang mencapai KKM. Jadi dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah
Berbagai faktor dapat memengaruhi rendahnya hasil belajar siswa khususnya di Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Meski guru telah memiliki pengalaman mengajar bertahun-tahun akan tetapi hal tersebut belum tentu menjamin siswa akan memeroleh ilmu yang maksimal. Kurangnya bimibingan ataupun panduan yang diberikan oleh guru terhadap siswa pada saat proses pembelajaran akan mempersulit siswa menemukan hal baru dalam pembelajaran, utamanya ketika ada siswa yang memang benar-benar tidak memerhatikan pada saat guru mengajar maka siswa tersebut akan tertinggal dalam materi yang sedang dibawakan. Proses belajar mengajar yang dibawakan oleh guru cenderung hanya memberikan materi semata dan kemudian dilanjutkan dengan memberikan sebuah tes tanpa memerhatikan  siswa sudah memahami materi yang dibawakan atau belum. Hal tersebut akan sangat merugikan baik dari pihak guru yang sudah berusaha mengajar dengan semaksimal mungkin dan mengeluarkan tenaga yang cukup banyak akan tetapi menjadi sia-sia belaka, begitu juga dari pihak siswa yang sudah mengikuti proses pembelajaran dari awal sampai akhir, siswa tidak mendapatkan hasil yang memuaskan dari proses belajar mengajar yang telah berlangsung.
Kerjasama dengan berbagai pihak seperti instansi, kepala sekolah, guru dan siswa sangat diperlukan dalam menyelesaikan permasalah tersebut. Guru hendaknya mengetahui, memilih, dan mampu mengembangan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Pembelajaran dengan siswa sebagai pusatnya (student centred) dapat diterapkan. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu model pembelajaran kolaboratif. Pada pembelajaran kolaboratif siswa akan berkolaborasi sehingga mampu mengembangakan pemikirannya sendiri dan akan melatih kerjasama dengan anggota kelompoknya, siswa akan saling bertukar pikiran untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang sedang mereka pelajari. Menurut Barkley (2014:4) “berkolaborasi berarti berkerja bersama-sama dengan orang lain”.  Pendapat yang sama disampaikan juga oleh Zamroni (dalam Layli 2012) yang menyatakan,
pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran yang membagi siswa menjadi kelompok-kelompok yang kerjanya didukung oleh kemandirian siswa yang dimiliki oleh setiap individu anggota kelompok yang akan mampu membentuk suasana belajar kerjasama yang diikuti oleh rasa saling ketergantungan dengan penuh tanggung jawab diantara anggota-anggota kelompoknya.
 Marhamah (2017) menyatakan belajar kolaboratif menekankan pada proses pembelajaran yang menghendaki keterpaduan aktivitas bersama antara intelektual, sosial dan emosi secara dinamis, baik dari pihak siswa maupun dari pihak guru. Dillenbourgh (dalam Sulistyawati, 2016) menyatakan pembelajaran kolaboratif merupakan situasi dimana dua orang atau lebih belajar atau berusaha untuk belajar tentang sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama. Pembelajaran kolaboratif mengupayakan terbentuknya hubungan saling mendengarkan.
Terdapat teori sebagai landasan pembelajaran kolaboratif. Menurut Sato (2014) pembelajaran kolaboratif didasarkan pada teori zona perkembangan terdekat (zone of proximal development) milik Vygotsky dan teori komunikasi oleh Dewey, yang menyatakan aktivitas pembelajaran dikenal sebagai praktek sosiokultural melalui kegiatan komunikasi interaktif (kolaborasi), yang membentuk pembelajaran reflektif yang bersifat aktif dan kolaboratif. Pembelajaran kolaboratif yang di terapkan dalam proses pembelajaran akan meningkatkan daya pikir siswa dan juga akan mengembangkan tingkat konsentrasi siswa sehingga pembelajaran ini pastinya akan membuat pembelajaran siswa akan menjadi lebih menarik. Pembelajaran dengan model kolaboratif ini tidak hanya menyerahkan semua pembelajaran  kepada siswa, akan tetapi guru menjadi fasilitator siswa dalam proses pembelajaran  dengan model kolaboratif. Guru sangat berperan aktif mengawasi perkembangan dan juga berperan aktif sebagai pemandu dikala siswa mengalami sebuah kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.
Senada dengan pendapat tersebut, menrurut Johnson (dalam Utomo, 2011) model pembelajaran kolaboratif memiliki empat ciri-ciri, yaitu: (1) saling ketergantungan secara positif, (2) adanya interaksi saling bertemu muka dalam bekerjasama, (3) rasa tanggung jawab individu untuk menyelesaikan tugas bersama, dan (4) keterampilan kerjasama kelompok kecil. Pada pembelajaran kolaboratif siswa akan dibentuk kelompok-kelompok kecil dengan jumlah ideal 4 orang secara heterogen (Sato, 2014). Walaupun siswa berdiksusi dengan kelompok, pada saat mengerjakan tugas siswa tetap menjawab secara individu sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki serta pengetahuan yang didapat dari berdiskusi. Dari beberapa pendapat yang sudah dipaparkan, dapat dilihat bahwa model pembelajaran kolaboratif ini adalah model yang sangat membantu siswa dalam proses belajar mengajar dan akan mampu meningkatkan kreativitas, keaktifan, kerjasama siswa dalam pembelajaran secara berkelompok, sehingga pembelajaran akan menjadi menyenangkan.
Solusi yang ditawarkan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA. Solusi tersebut didukung dengan berhasilnya penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Singgih Santoso (2013) yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran kolaboratif dibandingkan metode ceramah. Penelitian serupa juga dilakukan oleh Marhamah (2017) yang menunjukkan terdapat pengaruh positif hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kolaboratif. Berdasarkan penelitian tersebut model pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan uraian tersebut diperlukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD  Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018”.    
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian yang terdapat pada latar belakang masalah penelitian
yang ada  dalam pembelajaran IPA sebagai berikut.
  1. Guru dalam pengelolaan kelas masih cenderung menggunakan model yang
kurang inovatif.
  1. kurangnya kesempatan berinteraksi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa lainnya, hal ini akan menyebabkan kurangnya pengalaman siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar dengan teman ataupun guru.
  2. Kurangnya kemampuan guru dalam mengendalikan suasana pembelajaran  kelas yang pasif menjadi pembelajaran yang aktif.
4.      Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Semester I Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.
1.3 Pembatasan Masalah
Berdasarkan indentifikasi masalah, maka penelitian ini dibatasi pada hasil belajar siswa dalam ranah kognitif yang mengikuti model pembelajaran kolaboratif siswa pada siswa SD kelas V dengan pokok materi bahasan sifat-sifat cahaya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Adanya pembatasan masalah yang diteliti, dikarenakan keterbatasan kemampuan dan biaya yang dimiliki serta waktu yang tersedia.
1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, dapat dirumuskan permasalahan yaitu apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang  dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 ?
1.5 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kolaboratif dengan siswa yang  dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
1.6 Manfaat  Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat  sebagai berikut.
1.6.1 Manfaat  Teoretis
Secara teoretis, hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif sehingga hasil belajar siswa menjadi optimal dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan informasi terperinci mengenai keunggulan pembelajaran dengan menggunakan model kolaboratif.
1.6.2 Manfaat Praktis
       a. Bagi Guru
Penelitian ini dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat dalam merancang pembelajaran  dengan model kolaboratif berdasarkan pengetahuan tersebut, guru diharapkan dapat menerapkan mengembangkan model tersebut dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
 b. Bagi Siswa
Penelitian ini bermanfaat bagi siswa karena mereka terbantu dalam mengikuti pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajarnya secara optimal.
        c. Bagi Kepala Sekolah
Penelitian ini dapat dijadikan informasi bagi kepala sekolah untuk mengambil suatu kebijakan yang tepat untuk memilih strategi pembelajaran efektif yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.
d. Bagi Mahasiswa
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bekal untuk menambah wawasan mahasiswa sebagai calon guru dalam menghadapi kehidupan nyata nantinya.
e. Bagi Peneliti Lain
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan refrensi dalam melakukan penelitian yang sejenis.


BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 Deskripsi Teoretis
Deskripsi teoretis merupakan deskripsi dari teori-teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu hasil belajar IPA dan deskripsi teoretis mengenai model pembelajaran kolaboratif. 
2.1.1 Hasil Belajar IPA
Hasil belajar merupakan sebuah hasil akhir pada proses pembelajaran yang akan menunjukan seberapa keberhasilan siswa dalam melaksanakan sebuah pembelajaran di sekolah, hasil belajar IPA ini akan membahas sejauh mana siswa memahami mengenai materi IPA dan akan dijadikan sebagai tolok ukur kerberhasilan siswa dalam melakukan proses pembelajaran IPA di sekolah.
a.  Pengertian Hasil Belajar
Oemar Hamalik (2005) menyatakan bahwa hasil belajar ialah bila seseorang telah belajar dan terjadi perubahan tingkah laku pada seseorang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Kemudian berbeda dengan pendapat Dimyati dan Mudjiono (dalam Kosasih dan Sumarna, 2013), hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar, dan tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terealisasinya  bahan pelajaran. Berdasarkan pendapat para ahli, dapat disintesiskan bahwa hasil belajar adalah kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik setelah mengalami proses belajar yang ditunjukan dengan adanya perubahan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Berdasarkan teori Taksonomi Bloom (dalam Susanto, 2013)  hasil belajar dalam rangka studi dicapai dalam tiga katagori ranah antara lain kognitif, afektif, dan psikomotor. Perinciannya adalah sebgai berikut.
1)      Ranah Kognitif. Berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari 6 aspek yaitu: pengetahuan, pemahaman, penerapan analisis, sintesis dan penilaian.
2)      Ranah Afektif. Berkenaan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif meliputi 5 jenjang kemampuan yaitu menerima, menjawab atau reaksi, menilai, organisasi, dan karakterisasi dengan suatu nilai.
3)      Ranah Psikomotor. Meliputi keterampilan motorik, manipulasi, benda-benda, koordinasi neuromuscular (menghubungkan, mengamati).
Taksonomi Bloom telah mengalami pembaharuan revisi. Pada tahun 2001 (dalam Office for Development, 2006) pembaharuan revisi tersebut dilakukan oleh Anderson dan Krathwohl yang mengusulkan beberapa perubahan kecil untuk penanaman ulang dan pengurutan ulang taksonomi. Adapun hasil pembaharuan dimensi kognitif tersebut dapat dilihat pada Tabel 2.1




Tabel 2.1
Kategori dan Kata Kunci Taksonomi
Kategori
Kata Kunci
Remembering (ingatan): jawaban berdasar fakta, menguji daya ingat dan pengenalan
Memilih, menguraikan, menggambarkan, mengidentifikasi, label, mendaftar, pertandingan, menghafal, menamai, mengenali
Understanding (pemahaman): menerjemahkan, menginterpretasikan, dan meramalkan kemungkinan
Mengelompokkan, menggambarkan, menjelaskan, mencontohkan, menempatkan, melaporkan, mengategorikan, menerjemahkan, pharaprase, mendeskripsikan
Applying (penerapan): mengetahui kapan mengaplikasikan dan mengenali pola ke situasi baru, tidak familiar atau suatu pandangan baru untuk para siswa
Memilih, mendemonstrasikan, menggunakan, mengilustrasikan, menginterpretasikan, menyusun jadwal, membuat sketsa, memecahkan masalah, menulis
Analyzing (analisis): memilih sebuah konsep menjadi bagian-bagian dan bentuk
Mengkaji, membandingkan, memilih mengontraskan, membedakan, memisahkan, menguji, melakukan eksperimen, mempertanyakan, menemukan
Evaluating (evaluasi): mencocokkan beberapa kriteria atau ukuran baik buruk dan mengungkapkan alasannya
Menyimpukan, memberi argumentasi, mempertahankan, menyatakan, memilih, memberi dukungan, memberi penilaian, membandingkan, melakukan evaluasi
Creating (penciptaan): mengkombinasikan unsur-unsur ke dalam suatu pola yang belum jelas guna menciptakan sesuatu
Merakit, mengubah, membangun, mencipta, merancang, mendirikan, merumuskan, menulis
 (Sumber: Taksonomi Anderson dan Krathwohl (dalam Office for Profesional Development, 2006))
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya proses belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku secara keseluruhan baik yang menyangkut segi kognitif, afektif, dan psikomotor yang disebut dengan hasil belajar. Proses perubahan dapat terjadi dari yang paling sederhana sampai pada yang paling kompleks yang bersifat pemecahan masalah. Pada penelitian ini yang diteliti hanya pada ranah kognitif saja. Hasil belajar IPA yang diteliti dalam ranah kognitif meliputi  C2 (memahami), C3 (mengaplikasikan), C4 (menganalisis), dan C5 (mengevaluasi), serta dimensi pengetahuan meliputi pengetahuan faktual (K1) dan pengetahuan konseptual (K2).
b. Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar
Meski melalui proses belajar yang sama, hasil belajar yang dicapai seseorang tidak bisa sama, sebab proses belajar dipengaruhi berbagai faktor yang bisa menyebabkan pencapaian hasil belajar menjadi beragam karena berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama, yakni faktor dari dalam diri siswa (internal faktor dan faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan (eksternal faktor) (Musfiqon, 2011). Faktor dari dalam diri siswa terutama menyangkut kemampuan yang dimiliki siswa. Fakrtor ini besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai.
Menurut Clark (dalam Musfiqon 2011) mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa disekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30% dipengaruhi lingkungan. Ini menunjukan faktor internal pada diri siswa lebih dominan dalam mempengaruhi hasil belajar.
Berkaitan dengan faktor dari dalam diri siswa, selain faktor kemampuan, dan juga faktor lain yaitu motivasi, minat, perhatian, sikap, kebiasaan belajar, ketekunan, kondisi sisoal ekonomi, kondisi fisik dan psikis. Salah satu faktor lingkungan yang paling dominan mempengaruhi hasil belajar adalah kualitas pengajaran. Faktor kualitas pengajaran, khususnya kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa telah ditujukan oleh hasil penelitian. Salah satu diantaranya dibidang pendidikan kependudukan. Disamping faktor guru, kualitas pengajaran dipengaruhi juga oleh karakteristik kelas antara lain (Musfiqon, 2011) :
1)        Besarnya kelas. Artinya banyak sedikitnya jumlah siswa yang belajar. Ukuran yang biasanya digunakan ialah rasio 1:40, artinya 1 orang guru melayani 40 siswa. Diduga makin besar jumlah siswa yang harus dilayani guru dalam 1 kelas maka akan makin rendah kualitas pengajaran, demikian pula sebaliknya secara logika atau akal sehat, tidak mungkin guru dapat mengembangkan kegiatan belajar yang efektif dalam situasi kelas yang memiliki jumlah siswa yang banyak.
2)        Suasana belajar. Suasana belajar yang demokratis akan memberi peluang mencapai hasil belajar yang optimal, dibandingkan dengan suasana yang kaku, disiplin yang ketat dengan otoritas pada guru. Pada susana belajar demokratis, ada kebisaan siswa belajar, mengajukan pendapat, berdialog dengan teman sekelas dan lain-lain. Perasaan yang cemas dan khawatir sering tidak menumbuhkan kreativitas belajar siswa.
3)        Fasilitas dan sumber belajar yang tersedia. Sering kita temukan bahwa guru merupakan satu-satunya sumber belajar di kelas. Situasi ini kurang menunjukan kualitas pengajaran, sehingga hasil belajar yang dicapai siswa tidak optimal. Kelas semestinya diusahakan sebagai laboratorium belajar bagi siswa. Artinya kelas mesti menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku pelajaran, alat peraga, dan lain-lain. Disamping itu mesti diusahakan agar siswa diberi kesempatan untuk berperan sebagai sumber belajar.
Faktor lain yang memengaruhi kualitas pembelajaran disekolah adalah karakteristik sekolah itu sendiri. Karakteristik sekolah berkaitan dengan disiplin sekolah,  perpustakaan yang ada disekolah, letak geografis sekolah, lingkungan sekolah, etika dalam arti sekolah memberikan perasaan nyaman, kepuasan belajar, bersih, rapi, dan teratur.
Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disintesis bahwa terdapat dua faktor yang memengaruhi hasil belajar. Faktor-faktor teresebut terdapat di dalam diri siswa yang disebut dengan faktor internal dan faktor yang terdapat di luar diri siswa atau yang biasa disebut faktor eksternal.
c. Hakikat IPA
Menurut Nanci (2016:1) Ilmu Pengetahuan Alam menunjukan beberapa hal, yaitu (a) tidak ada seperangkat atau urutan langkah-langkah tunggal dalam melakukan penyelidikan ilmiah, (b) pengetahuan ilmiah dapat berubah, (c) pengetahuan ilmiah harus didukung oleh bukti empiris, (d) pengetahuan ilmiah adalah sebagai produk dari imajinasi kreatif seorang ilmuan, (e) pengetahuan ilmiah bersifat subjektif, (f) pengetahuan ilmiah adalah produk dari observasi dan inferensi. Lebih lanjut Peters dan Gaga (dalam Nanci, 2016)   menyatakan bahwa hakikat Ilmu Pengetahuan Alam berarti karakteristik pengetahuan ilmiah yang berasal langsung dari bagaimana pengetahuan yang dikembangkan oleh para ilmuan.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sering disebut dengan ilmu alamiah. Sains atau IPA yang dalam bahasa inggris disebut Natural Science atau disingkat dengan science merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk bumi ini sehingga terbentuk konsep dan prinsip (Sudana dan Astawan, 2013). Trianto (2010) menyatakan sains atau IPA dapat diartikan sebagai suatu kumpulan teori sitematis, pemerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir, dan berkembang melalui metode ilmiah, seperti observasi, eksperimen, serta menuntut sikap ilmiah, seperti rasa ingin tahu, terbuka, jujur, dan sebagainya. Samatowa (2010) melanjutkan melalui pengebangan sikap ilmiah, IPA berupaya membangkitkan minat manusia untuk meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam dan seisinya yang penuh rahasia dan tidak pernah habis. Selanjutnya Susanto (2013: 167) menyatakan “hakikat IPA dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu, ilmu pengetahuan alam sebagai produk, proses, dan sikap”.
Menurut Susanto (2014:167) menyatakan bahwa IPA ialah  “usaha manusia dalam memahami alam semesta melalui pengamatan yang tepat pada sasaran, serta menggunakan prosedur, dan dijelaskan dengan penalaran”  sehingga dibagi menjadi tiga, yaitu IPA sebagai produk, proses, dan sikap. Sikap yang dimaksud ialah sikap ilmiah yang dimiliki oleh para ilmuan.
Sains adalah proses kegiatan yang dilakukan para saintis dalam memeroleh pengetahuan dan sikap terhadap proses yang dilakukan. Hal ini menandakan bahwa (1) sains adalah sejumlah proses kegiatan mengumpulkan informasi secara sistematik tentang dunia sekitar, (2) sains adalah pengetahuan yang diperoleh melalui serangkaian proses tertentu dan (3) sains dirincikan oleh nilai-nilai dan sikap ilmuan menggunakan proses ilmiah dalam memeroleh pengetahuan. Sains didasarkan pula pada pendekatan empirik dengan asumsi bahwa alam raya ini dapat dipelajari, dipahami,dan dijelaskan. Pengetahuan tersebut tidak semata-mata bergantung pada metode kaualitas, tetapi melalui proses tertentu misal observasi, eksperimen, dan analisis rasional. Tidak hanya itu saja, dalam hal ini juga digunakan sikap tertentu, misalnya berusaha berlaku objektif, dan jujur dalam mengumpulkan data. Penerapan proses dan sikap ilmiah ini diharapkan akan dapat menemukan penemuan-penemuan yang baru sehingga menjadi produk sains. Dengan demikian, sains bukan hanya terdiri atas kumpulan pengetahuan atau berbagai macam fakta, tetapi terdiri atas proses aktif menggunakan pikiran dalam mempelajari gejala-gejala alam yang belum dapat diterapkan.
Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hakikat IPA atau Sains memiliki tiga komponen yaitu (1) proses ilmiah misalnya mengamat, mengklasifikasi, memprediksi, merancang  dan melaksanakan ekperimen, (2) prosuk ilmiah misalnya prinsip, konsep hukum, teori dan (3) sikap ilmiah misalnya rasa ingin tahu, objektif, dan jujur.
d.  Pembelajaran IPA di SD
Sebelum membahas mengenai pembelajaran IPA di SD ada baiknya membahas pengertian belajar dan pembelajaran terlebih dahulu.
1) Pengertian Belajar
Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memeroleh pengetahuan dan keterampilan melalui proses latihan dan interaksi dengan lingkungannya dalam upaya melakukan perubahan dalam dirinya secara menyeluruh baik berupa pengalaman, sikap, dan prilaku. Pendapat yang sama dinyatakan oleh Suwatra (2015:82) menyatakan bahwa “belajar merupakan proses mencari ilmu yang terjadi dalam diri seseorang melalui latihan, pembelajaran, dan sebagainya sehingga terjadi perubahan dalam diri seseorang”. Definisi belajar juga disampaikan oleh Madri (2013:5) yang menyatakan “belajar adalah suatu kegiatan yang dapat menghasilkan perubahan tingkah laku, baik potensial, maupun aktual”.
Dalam Kosasih dan Sumarna (2013) terdapat 2 arti penting belajar yaitu.
(a)    Arti Penting Belajar bagi Perkembangan Manusia
Perkembangan dan kemampuan untuk berubah merupakan batasan dan makna yang terkandung dalam belajar. Disebabkan oleh kemampuan berubah karena belajar maka manusia dapat berkembang lebih maju dari pada makhluk-makhluk lainnya. Boleh jadi, karena kemampuan melalui belajar itu pula manusia secara bebas dapat mengeksploitasi, memilih dan menetapkan keputusan-keputusan penting bagi hidupnya. Banyak sekali bentuk-bentuk perkembangan yang terdapat dalam diri manusia yang bergantung pada belajar, misalnya perkembangan kecakapan bicara.
(b)   Arti Penting Belajar bagi Kehidupan Manusia
Belajar juga memainkan peran penting dalam mempertahankan sekelompok manusia di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat diantara bangsa-bangsa lainnya yang lebih dahulu maju karena belajar. Akibat persaingan tersebut, kenyataan tragis bisa pula terjadi karena belajar.
Dari pendapat yang dipaparkan, dapat disintesiskan bahwa belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang terjadi akibat adanya suatu latihan dan interaksi yang dapat membentuk suatu pengetahuan baru.
Menurut Kosasih dan Sumarna (2013)  keberhasilan belajar yang dilakukan seseorang akan sangat tergantung kepada beberapa hal berikut.


(a)    Minat
Secara sederhana, minat berarti kecendrungan dan kegairahan yang tinggi atau keingingan yang tinggi terhadap sesuatu.
(b) Kecerdasan
Pada umumnya kecerdasan diartiakan sebagai kemampuan psiko-fisik dalam mereaksikan rangsangan atau menyesuaikan diri dengan lingkungan melalui cara yang tepat.
(c) Bakat
Bakat adalah suatu kemampuan manusia untuk melakukan suatu kegiatan dan sudah ada sejak manusia itu ada.
(d) Motivasi
Motivasi adalah kondisi psikologi yang mendorong sesorang untuk melakukan sesuatu atau kekuatan yang terdapat dalam diri sesorang yang mendorong untuk berbuat.
(e) Sikap
Sikap adalah gejala internal yang mendimensi afektif berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespon dengan cara yang relatif tetap terhadap obyek, orang, peristiwa, dan sebagainya, baik secara positif maupun negatif.
2) Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran memiliki kaitan dengan belajar. Menurut Nanci (2016:28) menyatakan “pembelajaran mengandung makna adanya aktivitas siswa belajar dan aktivitas intruksional yang dilakukan oleh guru”. Kamus besar bahasa Indonesia dalam (Astawan dan Sudana, 2013) mendifinisikan kata pembelajaran berasal dari kata ajar. Berdasarkan kata tersebut maka pembelajaran berarti proses, cara, perbuatan manjadikan orang atau makhluk belajar. UU RI Tahun 2003 menyatakan bahwa “pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”. Menurut Nanci (2016) pembelajaran merupakan komunikasi dua arah yang melibatkan guru dan peserta didik yang menyebabkan peserta didik belajar dari pengalaman.
Menurut Kosasih dan Sumarna (2013) terdapat beberapa landasan kosep dalam pembelajaran diantaranya.
a. Landasan Filsafat
Proses belajar pada dasarnya melibatkan upaya yang hakiki dalam membentuk dan menyempurnakan keperibadian manusia dengan berbagai tuntutan dalam kehidupannya.
b. Landasan Pisikologis
Perilaku manusia bisa berubah karena belajar, akan tetapi apakah manusia itu memahami prilakunya sendiri, atau menyadari dia harus berprilaku seperti apa jika berada, atau dihadapkan dalam situasi dan kondisi yang berbeda. Maka prilaku yang masih dicari inilah dapat dikaitkan dan di kaji dari ilmu pisikologi. Psikologi sebagai ilmu yang mempelajari gejala kejiawaan yang akhirnya mempelajari produk dari segala kejiwaan ini dalam bentuk prilaku-prilaku yang nampak dan sangat dibutuhkan dalam proses belajar.
c. Landasan Sosiologis
Manusia adalah makhluk individu dan sosial, maka melalui belajar individu bisa mempelajari lawan bersosialisasi, teman hidup bersama dan akhirnya melalui belajar manusia mampu membangun masyarakat sampai dengan bangsa dan negara. Jika dalam belajar tanpa arah tujuan pada makna hidup manusia sebagai makhluk sosial, maka belajar akan dijadikan cara untuk saling menguasai, memusnahkan, karena segala sesuatu yang dipelajari, diketahui, dipahami melalui belajar tidak digunakan dalam menciptakan kondisi kedamaian dunia. Landasan sosiologis ini sangat penting dalam mengiringi perkembangan inovasi pembelajaran yang banyak berubah oleh perubahan zaman yang semakin hedonistik. Maka pemahaman akan belajar yang ditinjau dari aspek sosiologis inilah yang sangat dibutuhkan dewasa ini.
d. Landasan Komunikasi
Pendidikan dan komunikasi ibarat setali tiga uang,yang satu memberikan pemahaman terhadap yang lainnya. Dalam prakteknya proses belajar atau pembelajaran akan menghasilkan suatu kondisi dimana individu dalam hal ini siswa dan guru, siswa dengan siswa, atau interaksi yang kompak sekalipun pasti akan ditemukan suatu proses komunikasi. Landasan komunikasi ini akan banyak memberikan warna dalam bentuk pendekatan model, metode, dan strategi pembelajaran, serta pola-pola inovasi pembelajaran. Seperti halnya landasan ilmiah yang lain, komunikasi cukup mampu mempengaruhi peserta didik dalam mencapai keberhasilan membaca pesan-pesan atau informasi pelajaran. Macam ragam pesan baik langsung maupun tidak langsung, bersumber dari media atau manusia secara langsung pasti akan bisa ditangkap, dipahami, dicerna, diolah, dan didefinisikan dalam memori manusia menjadi bentuk hasil pemahaman belajar. Proses inilah yang masih berkembang saat ini  di dunia riset yaitu bagaimana seorang guru mampu melakukan variasi komunikasi dalam proses pembelajaran yang tentunya dengan memperhatikan komponen pembelajaran lainnya khususnya peserta didik, dan model pembelajan yang digunakan.  Berdasarkan pemaparan tersebut, dapat disintesis bahwa pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut Samatowa (2010) setiap guru harus paham akan alasan mengapa IPA diajarkan di Sekolah Dasar. Ada berbagai asalan yang menyebabkan satu mata pelajaran itu dimasukan kedalam kurikulum suatu sekolah. Alasan itu dapat digolongkan menjadi empat golongan yakni : a) bahwa IPA berpaedah bagi suatu bangsa, kiranya tidak perlu dipersoalkan panjang lebar. Kesejahteraan materil suatu bangsa banyak sekali bergantu pada kemampuan bangsa itu dalam bidang IPA, sebab IPA merupakan dasar teknologi, sering disebut-sebut sebagai tulang punggung pembangunan. Pengetahuan dasar untuk teknologi adalah IPA. Orang tidak menjadi insinyur elektronika yang baik, atau dokter yang baik, tanpa dasar yang cukup luas mengenai berbagai gejala alam, b) bila diajarkan IPA menurut cara yang tepat, maka IPA merupakan suatu mata pelajaran yang memberikan kesempatan berpikir kritis; misalnya IPA diajarkan dengan mengikuti metode “menemukan sendiri, c) bila IPA diajarkan melalui percobaan-percobaan yang dilakukan sendiri oleh anak, maka IPA tidaklah merupakan mata pelajaran yang bersifat hafalan belaka, d) mata pelajaran ini mempunyai nilai-nilai pendidikan yaitu mempunyai potensi yang dapat membentuk kepribadian anak secara keseluruhan. Lebih lanjut (Lestari, 2017) meyatakan pembelajaran IPA di sekolah dasar diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk memelajari diri sendiri dan alam sekitarnya.
IPA melatih anak berpikir kritis dan objektif. Pengetahuan yang benar artinya pengetahuan yang dibenarkan menurut tolok ukur kebenaran ilmu, yaitu rasional dan objektif. Rasional artinya masuk akal atau logis, diterima oleh akal sehat. Objektif artinya sesuai dengan objeknya, sesuai dengan kenyataan atau sesuai dengan pengalaman, pengamatan melalui panca indra. Berkaitan dengan IPA, pembelajaran IPA dapat dinyatakan sebagai upaya guru untuk membuat siswa belajar IPA. Belajar IPA meliputi belajar tentang produk IPA, belajar tentang Proses IPA dan belajar mengembangkan sikap ilmiah. Untuk itu, tujuan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar adalah sebagai berikut (Depdiknas, 2006:2).
Tujuan yang pertama memeroleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan yang Maha Esa, kedua mengembangkan dan menerapakan dalam kehidupan sehari-hari konsep-konsep IPA yang bermanfaat, ketiga mengembangan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran tentang hubungan antara IPA, lingkungan teknologi dan masyarakat, keempat mengembangkan keterampilan proses untuk memecahkan masalah dan mengambil keputusan tentang alam sekitar, kelima meningkatkan kesadaran untuk memelihara dan melestarikan lingkungan alam, keenam meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dengan segala keteraturannya, dan ketujuh memeroleh bekal pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk ke jenjang SMP.

Berdasarkan pemaparan tersebut, diketahu bahwa pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang wajib di SD. Pembelajaran IPA wajib karena memegang peranan penting baik dalam perkembangan siswa maupun perkembangan teknologi, dan kemajuan bangsa.
2.1.2 Model Pembelajaran Kolaboratif
Sebagai tenaga pendidik hendaknya memiliki beberapa kompetensi yang menunjukkan bahwa tenaga pendidik tersebut pantas menjadi tenaga dalam kependidikan. Menurut Djumiran (2010) empat kompetensi yang dimaksud yaitu kompetensi pegagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Dengan keempat kompetensi yang dimiliki diharapkan mampu membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna. Guru dapat memilih dan menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
a. Pengertian Model Pembelajaran
Istilah model dalam perspektif yang dangkal sama dengan strategi. Jadi, model pembelajaran hampir sama dengan strategi pembelajaran. Suprijono (2016) menyatakan bahwa model pembelajaran bersanding dengan istilah pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran dan taktik pembelajaran.
Menurut Sagala (dalam Fathurrohman 2015) menyatakan istilah model dapat dipahami sebagai suatu kerangka koseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Model dapat dipahami juga sebagai: 1) suatu tipe atau desain, 2) suatu deskripsi atau analosi yang digunakan untuk membantu proses visualisasi sesuatu yang tidak dapat dengan langsung diamati, 3) suatu sistem asumsi-asumsi, data–data, dan inferensi-inferensi yang digunakan menggambarkan secara sistematis suatu objek atau peristiwa, 4) suatu desain yang disederhankan dari suatu sistem kerja, suatu terjemahan realitas yang disederhanakan, 5) suatu deskripsi dari suatu sistem yang yang mungkin atau imajiner, 6) penyajian yang diperkecil agar dapat menjelaskan dan menunjukan sifat aslinya. Model dirancang untuk mewakili realitas yang sesungguhnya walaupun model itu sendiri bukanlah realitas dari dunia yang sebenarnya. Senada dengan kutipan pada buku Suprijono (2016:52) yang menyatakan “an instructional model is a step by step procedure that leads to specific learning outcomes” yang artinya model pembelajaran adalah prosedur langkah demi langkah yang mengarah ke hasil belajar yang spesifik.
Berdasarkan pemaparan beberapa ahli, dapat disintesi bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Secara lebih konkret dapat dikemukakan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang mendeskripsikan dan melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar dan pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan fungsi sebagai pedoman dalam perencanaan pembelajaran bagi para pendidikan dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.
Model-model pembelajaran memiliki beberapa atribut yang tidak dimiliki sebagai strategi dan metode yang spesifik. Atribut-atribut sebuah model adalah adanya basis teoritis yang koheren atau sebuah sudut pandang tentang apa yang harus dipelajari dan bagaimana mereka belajar. Penggunaan model pembelajaran harus sesuai dengan materi pelajaran supaya dapat menciptakan lingkungan belajar yang menjadikan peserta didik belajar.
Adapun ciri-ciri dari model belajar adalah 1) rasional, teoritis, dan logis yang disusun oleh para pengembang model pembelajaran; 2) memiliki landasan pikiran yang kuat mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai; 3) tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model terebut dapat dilaksanakan dengan baik dan berhasil; 4) lingkungan belajar yang kondusif deperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model pembelajaran dalam perkembangannya berkembang menjadi banyak. Terdapat model pembelajaran yang kurang baik dipakai dan diterapkan, namun ada model pembelajaran yang baik untuk diterapkan. Ciri-ciri model pembelajaran yang baik untuk diterapkan sebagai berikut (Suprijono, 2016).
1)      Adanya keterlibatan itelektual dan emosional peserta didik melalui kegiatan mengalami, menganalisis, berbuat dan pembentukan sikap.
2)      Adanya keikutsertaan peserta didik secara aktif selama pelaksanaan model pembelajaran.
3)      Guru bertindak sebagai fasilitator, koordinator, mediator, dan motivator kegiatan belajar peserta didik.
4)      Pengguaan  berbagai metode, alat, dan media pembelajaran.
Apabila model pembelajaran memenuhi ciri-ciri yang disebutkan, model pembelajaran tersebut dikatakan model pembelajaran yang baik. Namun sebaliknya, apabila tidak memenuhi ciri-ciri yang penulis sebutkan maka dikatakan model pembelajaran tersebut tidak baik.
Menurut Arends (dalam Suprijono 2016)  model pembelajaran mampunyai karakteristik yang sama dengan strategi pengajaran dan metode pengajaran. Namun model pembelajaran mempunyai keistimewaan. Model pembelajaran menyiratkan sesuatu yang lebih besar daripada strategi, metode, atau taktik pembelajaran tertentu karena model pembelajaran mencakup pendekatan pembelajaran secara keseluruhan dan ukan setrategi atau teknik tertentu.
Model pembelajaran memiliki beberapa atribut yang tidak dimiliki oleh strategi dan metode pembelajaran spesifik. Atribut-atribut tersebut adalah adanya basis teori yang koheren tentang apa yang seharusnya dipelajari dan bagaimana peserta didik mempelajarinya.
Dari penjelasan beberapa ahli, dapat disentesiskan bahwa model pembelajaran yang memenuhi syarat dan ciri-ciri yang sudah tertera, maka model pembelajaran tersebut dapat dikatakan sebagai model pembelajaran yang baik.
b. Prinsip Model Pembelajaran
Agar model pembelajaran menghasilkan rencana yang efektif dan efisien, terdapat prinsip-prinsip yang patut diperhatikan yaitu sebagai berikut (Suprijono, 2016).
1)      Model pembelajaran hendaknya mempunyai dasar nilai yang jelas dan mantap. Nilai yang menjadi dasar berupa nilai budaya, nilai moral, dan nilai religius, maupun gabungan dari ketiganya. Acuan nilai yang jelas dan mantap akan memberikan motivasi yang kuat untuk menghasilkan rencana yang sebaik-baiknya.
2)      Model pembelajaran berangkat dari tujuan umum. Tujuan ini dirinci menjadi tujuan khusus. Rumusan tujuan umum dan tujuan khusus pembelajaran menjadi dasar untuk mengembangkan komponen-komponen pembelajaran (materi, pendekatan/strategi/metode, sumber belajar, teknik evaluasi) dalam suatu sistem pembelajaran. Dengan demikian didalam model pembelajaran terdapat relevansi antara tujuan pembelajaran dengan keseluruhan komponen pembelajaran yang diorganisasikan.
3)      Model pembelajaran realistis. Model pembelajaran disesuaikan dengan sumber daya dan dana yang tersedia.
4)      Model pembelajaran mempertimbangkan kondisi sosial budaya masyarakat, baik yang mendukung maupun yang menghambat pelaksanaan pembelajaran.
5)      Model pembelajaran fleksibel. Meskipun berbagai hal terkait dengan pelaksanaan pembelajaran telah dipertimbangkan sebaik-baiknya masih mungkin terjadi hal-hal yang di luar perhitungan tersebut. Oleh  karena itu, dalam mengembangkan model pembelajaran perlu disediakan ruang gerak sebagai antisipasi terhadap hal-hal yangterjadi di luar perhitungan model pembelajaran.
c. Pengertian Model Pembelajaran Kolabratif
Pembelajaran dengan model kolaboratif sangat membantu guru dalam mengajar selain dapat membuat suasana kelas menjadi hidup dan aktif, model pembelajaran kolaboratif ini juga sangat membantu siswa dalam memeroleh hasil terbaik dalam proses pembelajaran di kelas.
Menurut Zamroni (dalam Layli 2012) meyatakan bahwa pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran yang membagi siswa menjadi kelompok-kelompok yang kerjanya didukung oleh kemandirian siswa yang dimiliki oleh setiap individu anggota kelompok yang akan mampu membentuk suasana belajar kerjasama yang diikuti oleh rasa saling ketergantungan dengan penuh tanggung jawab diantara anggota-anggota kelompoknya.
  Menurut Warsono (dalam Sulistyawati dan Zuchdi, 2016) teori yang menjadi landasan bagi pembelajaran kolaboratif diantaranya teori demokrasi dalam pendidikan yang dikembangkan oleh John Dewey, teori kontruktivisme sosial dari Lev Vygotsky, teori scaffolding  dari Bruner, serta teori psikologi. Lev Vygotsky merupakan seorang psikologi dari Rusia yang merumuskan teori terkait psikologi sosial yang diberi nama zona perkembangan terdekan atau zone of proximal development (ZPD).
Vygotsky (dalam Sato, 2014) mengatakan bahwa pertumbuhan awal kognitif, seorang anak dapat melakukan penyelesaian tugas-tugas yang berhubungan dengan pembelajaran  tanpa bantuan orang lain. Namun pada level kognitif yang lebih tinggi, penyelesaian tugas pembelajaran harus dibantu orang lain yang lebih kompeten, misalnya teman sebaya, orang tua, dan guru. Wilayah dengan level kognitif yang lebih tinggi ini disebut ZPD. Pada hal bantuan (assistance) dari orang lain yang lebih kompeten tersebut, artinya anak harus melakukan kontak sosial terlebih dahulu dan melakukan “kolaborasi” dengan pihak lain untuk mencapai tataran kognitif yang lebih tinggi (Sulistyawati dan Zuchdi, 2016).
Banyak juga para ahli yang menjelaskan pengertian tentang model pembelajaran kolaboratif seperti menurut Marhamah dkk (2017) mengatakan belajar kolaboratif menekankan pada proses pembelajaran yang menghendaki keterpaduan aktivitas bersama antara intelektual, sosial dan emosi secara dinamis, baik dari pihak siswa maupun dari pihak guru. Hal yang penting dalam pembelajaran kolaboratif adalah bagaimana membuat siswa fokus dan hal tersebut bisa diwujudkan oleh materi lompatan atau jumping task. Sebelum diberikan materi lompatan yang berupa soal-soal maupun LKS siswa terlebih dahulu diberikan sharing task. Pada saat mengerjakan sharing task siswa berdiskusi dengan teman sekelompoknya ataupun kelompok lain yang dimediatori oleh guru. Pada saat sharing task siswa akan bertukar informasi, bersosialisasi, dan bekerja sama untuk memecahkan masalah yang diberikan, namun dalam penyusunan laporan siswa tetap mengerjakan secara individu.
 Sharing task bisa diberikan lebih dari sekali bergantung kebutuhan dari siswa. Menurut Sato (2014) pada materi bersama (sharing task) hal yang sangat penting adalah setiap siswa benar-benar memahami isi materi. Pada kolaborasi tugas individu, siswa yang tidak paham akan mengajukan pertanyaan “Bagaimana mengerjakan bagian ini?”, sehingga pembelajaran bisa dimulai. Siswa yang merespon pertanyaan tersebut memahami kesulitan yang dialami siswa yang tidak paham dan harus menjelasakan hingga siswa tersebut paham. Sehingga siswa yang sudah paham dan yang belum paham akan sama-sama belajar untuk memecahkan permasalahan dalam satu kelompok.
Siswa bisa mengalami pembelajaran yang fokus dalam materi yang sepertinya bisa dipahami namun tidak paham. Pembelajaran kolaboratif dengan materi lompatan bukan hanya menjadi suatu yang menguntungkan bagi siswa dengan kemampuan akademis tinggi. Pembelajaran yang justru memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa yang paham dibandingkan siswa yang tidak paham, maka pembelajaran lompatan (jumping) bukan hanya bermanfaat bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi, namun sebenarnya juga memberi manfaat besar bagi siswa dengan kemampuan akademis yang rendah.
Menurut Armiati (2007) menyatakan colaboratif learning (CL) adalah pembelajaran yanng digunakan untuk mengajar dan belajar yang melibatkan sekelompok siswa yang bekerja sama untuk menyelesaikan masalah, menglengkapi tugas atau menghasilkan produk. CL didasarkan pada ide bahwa belajar adalah aksi sisoal alamiah dengan para partisipan yang berdiskusi satu sama lain, melalui diskusi inilah proses belajar berlangsung. Pendapat senada disampaikan oleh Kasub (dalam Andriani, 2014) yang menyatakan pembelajaran kolaboratif adalah proses belajar kelompok dengan setiap anggota menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan, keterampilan yang dimilikinya, untuk secara bersama-sama saling meningkatkan pemahaman seluruh anggota tetapi dengan tetap memertahankan ide masing-masing individu. Menurut Gitakarma (2012) menjelaskan pembelajaran kolaboratif adalah sebuah strategi instruksional yang terstruktur dan sistematis ketika sekelompok pelajar bekerja sama memaksimalkan pembelajaran rekan-rekannya.
Tujuan utama penggunaan colaborative learning adalah: 1) fokus pada belajar yang aktif. 2) Membangun sekil menulis dan komunikasi lisan. 3) Memberikan tanggung jawab belajar secara eksplisit. 4) Memperjelas peran pengajar sebagai fasilitator dan monitor. 5) Dapat mencakup materi lebih banyak atau lebih baik. 6) Membangun science percaya diri dan mandiri pada siswa. 7) Memiliki pengalaman bekerja secara berkelompok. 8) Mendukung Peer Review
Berdasarkan teori tersebut, pada pelaksanaan pembelajaran di SD akan menunjukan peningkatan dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari berbagai manfaat yang dapat diberikan kepada siswa dan juga kepada guru dalam proses belajar mengajar dikelas. Sehingga yang ditekankan pada pembelajaran kolaboratif ini adalah terjadinya kerjasama, interaksi dan pertukaran informasi di dalam kelompok dan kolaboratif lebih memfokuskan pada keberhasilan proses.
Dari beberapa pendapat menurut para ahli, dapat disintesis bahwa model kolaboratif merupakan pembelajaran yang mengunakan sistem berkelompok dalam melakukan proses pembelajaran. Model kolaboratif ini menekankan pada proses pembelajaran yang menghendaki keterpaduan aktivitas bersama antara intelektual, sosial dan emosi secara dinamis, baik dari pihak siswa maupun dari pihak guru. Walaupun siswa berdiksusi dengan kelompok, pada saat mengerjakan tugas siswa tetap menjawab secara individu sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki serta pengetahuan yang didapat dari berdiskusi.
 d. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Kolaboratif
Setiap model pembelajaran pasti terdapat beberapa kekurangan dan juga kelebihan didalamnya, seperti model pembelajaran kolaboratif ini juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan masing-masing diantaranya.
a)      Kelebihan Model Kolaboratif
Ada beberapa keunggulan yang dapat diperoleh melalui pembelajaran kolaboratif. Kelebihan kolaboratif menurut Hill & Hill (dalam Suryani, 2011)
(1) prestasi belajar lebih tinggi, (2) pemahaman lebih mendalam, (3) belajar lebih menyenangkan, (4) mengembangkan keterampilan kepemimpinan, (5) meningkatkan sifat positif, (6) meningkatkan harga diri, (7) belajar secara inklusif, (8) rasa saling memiliki, (9) mengembangkan keterampilasn masa depan.
Kelebihan dari model pembelajaran kolaboratif menurut Saifulloh (2015) dipaparkan sebagai berikut: (a) siswa belajar bermusyawarah, (b) siswa belajar menghargai pendapat orang lain, (c) dapat mengembangkan cara berpikir kritis dan rasional, (d) dapat memupuk rasa kerja sama, dan (e) adanya persaingan yang sehat antar individu dalam kelompok.
b) Kelemahan Pembelajaran Kolaboratif
Selain memiliki kelebihan, kelemahan dalam model pembelajaran kolaboratif ini juga disampaikan oleh Hosnan (dalam Saifulloh, 2015) dipaparkan sebagai berikut: (a) pendapat serta pertanyaan siswa dapat menyimpang dari pokok persoalan, (b) membutuhkan waktu cukup banyak, (c) adanya sifat-sifat pribadi yang ingin menonjolkan diri atau sebaliknya yang lemah merasa rendah diri dan selalu tergantung pada orang lain, dan (d) kebulatan atau kesimpulan bahan kadang sukar dicapai.
e. Karakteristik dan Ciri-ciri Model Pembelajaran Kolaboratif
Dalam model pembelajaran selalu memiliki karakter dan ciri masing-masing dari setiap model pembelajaran. Karakter dan ciri-ciri dari model tersebut yang menjadi pembanding diantara model yang satu dengan model yang lainnya. Berikur merupakan ciri-ciri dan karakteristik dari model pembelajaran kolaboratif.
1) Karakteristik Pembelajaran Kolaboratif
Menurut Willian and Flora (dalam Andriani, 2014) mengatakan bahwa karakteristik pembelajaran kolaboratif dapat ditunjukan sebagai berikut:
a)      Perserta didik berkolaborasi dengan yang lainnya untuk menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah secara sukses.
b)      Peserta didik bekerja sebagai sebuah anggota kelompok untuk mengidentifikasi tujuan-tujuan kelompok.
c)      Peserta didik berpartisipasi didalam tim untuk merencanakan langkah-langkah dan mengidentifikasi sumber-sumber penting untuk mencapai tujuan kelompok.
d)     Peserta didik mengomunikasikan dan menggabungkan berbagai pandangan untuk mencapai tujuan kelompok.
Dirver and Bell (dalam Armiati, 2007). Karakteristik yang dimaksud dipaparkan sebagai berikut: (a) siswa memiliki common goal, (b) belajar bersifat learning centric, (c) siswa membangun pengetahuannya sendiri, (d) pembelajaran bukanlah transmisi pengetahuan, melainkan melibatkan pengaturan situasi kelas, (e) kurikulum dianggap sebagai seperangkat pembelajaran, materi, dan sumber, dan (f) pembelajaran lebih mengutamakan pada keterampilan proses.
2) Ciri-ciri Pembelajaran Kolaboratif
Ciri-ciri yang dimiliki oleh model pembelajaran kolaboratif sebagai sebuah fungsi untuk memahami dan mengetahui bagaimana pembelajaran kolaboratif itu yang sesungguhnya dan juga berguna untuk menunjukan bahwa pembelajaran kolaboratif tidak sama dengan model pembelajaran lainnya. Berikut adalah ciri-ciri pembelajaran kolaboratif menurut Driver dan Bell (dalam Armiati, dkk 2007)
a)      Siswa memiliki common goal.
b)      Belajar bersifat learning centric.
c)      Siswa membangun knowladge framework-nya sendiri.
d)     Pembelajaran bukanlah transmisi pengetahuan melainkan melibatkan pengaturan situasi kelas.
e)      Kurikulum dianggap sebagai seperangkat pembelajaran, materi, dan sumber. 
f.  Sintaks Model Pembelajaran Kolaboratif
Salah satu unsur dari model pembelajaran adalah adanya sintaks. Sintaks (syntax) yaitu urutan langkah pengajaran yang menunjuk pada fase-fase/tahap-tahap yang harus dilakukan guru jika guru menggunakan model pembelajaran tertentu. Joyce, Weil & Shower (dalam Suprijono, 2016) Sintaks dari model pembelajaran kolaboratif dapat disajikan pada Tabel 2.2.



Tabel 2.2
Sintaks Model Pembelajaran Kolaboratif
No.
Fase
Kegiatan Pembelajaran
Guru
Siswa
1
Orientasi Siswa
a.         Guru berusaha memecah kebekuan dengan menggali ide/gagasan siswa terkait topik yang akan dibicarakan
a.       Siswa mengajukan pendapat/tanggapan berdasarkan pengetahauan yang dimiliki
b.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan gambaran materi secara umum
b.      Siswa menyimak pemaparan guru dan mengajukan pertanyaan jika dirasa ada yang kurang jelas
2
Pembentukan Kelompok
a.       Guru menuntut siswa dalam pembentuka kelompok yang idealnya terdiri dari 4 orang siswa dengan aturan kelompok heterogen baik dari segi kemampuan akademik dan jenis kelamin (bergantung pada tujuan dan situasi serta kondisi kelas). Pembentukan kelompok juga dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti ditentukan oleh guru, diacak, ganjil genap, dan sebagainya. Jika ada siswa yang tidak setuju atau menolak dapat mengajukan pendapat kepada guru.

a.       Siswa menyimak arahan guru tentang pembentukan kelompok belajar. Siswa mengajukan pendapat jika tidak setuju atau menolak kelompok belajar yang telah terbentuk.
3
Penyusunan Tugas Pembelajaran
a.       Guru mengarahkan siswa untuk membaca, berdiskusi dan menulis tentang materi yang akan dibahas dan guru juga dapat memberikan pengantar materi
a.       Siswa mengeksplorasi melalui kegiatan membaca, berdiskusi, dan menulis tentang materi yang akan dibahas
b.      Guru memberikan materi/soal sharing (sharing task) kepada siswa, kemudian siswa dituntun untuk berdiskusi dalam kelompok, namun hasil akhir dikerjakan secara individu (bisa dalam bentuk soal atau LKS)
b.      Secara berkelompok siswa mengerjakan sharing task (dalam bentuk soal ataupun LKS)
c.       Guru memberikan materi/soal jumping (jumping task) kepada siswa, kemudian siswa dituntun untuk berdiskusi dalam kelompok, namun hasil akhir dikerjakan secara individu (bisa dalam bentuk soal atau LKS)
c.       Secara berkelompok siswa mengerjakan jumping task (dalam bentuk soal ataupun LKS)
4
Memfasilitasi Kolaborasi Siswa
a.       Guru memfasilitasi siswa dalam pemecahan materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping task) yang telah diberikan
a.       Siswa bersama kelompok melakukan identifikasi, meneliti, menganalisis, dan memberikan pendapat terhadap permasalahan yang ada pada materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping task) yang telah diberikan
b.    Guru menjadi mediator dan fasilitator bagi siswa didalam satu kelompok maupun dengan kelompok lain saat bertukan informasi
b.      Siswa berinteraksi positif dengan teman satu kelompok maupun berbeda kelompok untuk mendiskusikan materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping task) yang telah diberikan

c.       Guru menuntun siswa menyusun laporan/solusi/jawaban dari materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping task) yang telah didiskusikan bersama
c.       Secara individu siswa menulis laporan/solusi/jawaban dari materi/soal sharing dan jumping (sharing task dan jumping task) yang telah didiskusikan bersama
5
Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran Kolaboratif
a.       Guru menunjuk salah satu/beberapa siswa yang berbeda kelompok untuk mengemukakan hasil diskusi
a.       Siswa yang ditunjuk harus siap mengemukakan hasil diskusi yang telah dilakukan
b.       Guru menuntun siswa melakukan diskusi kelas, apabila terdapat perbedaan pendapat dan kesalahan konsep
b.      Siswa mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas tentang perbedaan pendapat yang telah terjadi atau kebingungan yang masih dirasakan
c.       Guru memberikan konfirmasi tentang konsep atau materi yang telah didiskusikan siswa
c.       Siswa menyimak konfirmasi dari guru dan mengajukan pertanyaan jika ada yang kurang dipahami
d.      Guru meminta siswa mngumpulkan laporan/jawaban/solusi untuk selanjutnya dikoreksi dan dievalusi
d.      Secara individu siswa mengumpulkan laporan/jawaban/solusi yang telah disusun
(Sumber: Dimodifikasi dari Hosnan (dalam Saifulloh, 2015) dan Suryani, 2017)
2.2 Kajian Hasil Penelitian yang Relevan
 Dari hasil penelitian yang relevan mengenai model pembelajaran kolaboratif yang telah dilakukan oleh tiga orang. Adapun hasil penelitian relevan yang dilakukan oleh kedua peneliti tersebut yaitu penelitian yang dilakukan oleh Marhamah dkk pada tahun 2017 yang menyatakan hasil analisis data yang diperoleh thitung > tTabelyaitu 5,60 > 1,67 maka Ho ditolok. Pada kelas eksperimen siswa melakukan sharing task dan jumping task, sehingga kolaborasi dan hasil belajar siswa meningkat. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study community (LSC) berpengaruh terhadap hasil siswa kelas VIII MTsN Samalanga.
Penelitian juga dilakukan oleh Primadiati dan Djukri pada tahun 2017. Penelitian tersebut menunjukkan hasil analisis uji beda hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 1 (SD Catur Tunggal 3) diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,002 yang berarti ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen 1. Dengan kata lain penggunaan model pembelajaran collaborative learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa SD Catur Tunggal 3 dengan perbedaan rata-rata sebesar 4,51.
Penelitian yang serupa juga dilakukan oleh Singgih Santoso pada tahun 2013 yang menyatakan hasil analisis untuk menguji hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara model pembelajaran kolaboratif dan metode ceramah terhadap hasil belajar fisika digunakan analisis variansi satu jalur berdasarkan hasil perhitungan pada Tabel V, diperoleh Fobservasi = 13,063. Hasil perhitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan dabel F dengan dkpembilang = 1 dan dkpenyebut = 76, dan taraf siginifikan 0,05 maka diperoleh FTabel= 3,98. Karena Fobservasi > FTabel atau 13,063 > 3,98, dikatakan terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar fisika dibandingkan metode ceramah. Rata-rata hasil belajar siswa denga menggunakan model pembelajaran kolaboratif lebih bak yaitu 12,949 dibandingkan dengan metode ceramah yaitu 10,949 sehingga dapat dikatakan bahwa dengan model pembelajaran kolaboratif yang diterapkan dalam proses pembelajaran, akan memberikan sebuah peningkatan dari hasil belajar siswa yang lebih baik dibandingan dengan menggunakan proses pembelajaran dengan metode ceramah.
Berdasarkan uraian tersebut, diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kolaboratif ditinjau terhadap hasil belajar. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya, terletak pada variabel yang diteliti, yaitu model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar IPA.
2.3 Kerangka Berpikir
Berdasarkan deskripsi teori, maka dapat dikemukakan kerangka berpikir sebagai berikut. Seorang guru dituntut untuk mampu memberikan pendidikan dan cara memilih strategi yang baik didalam pembelajaran. Dari itu berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal supaya siswa dalam melakasanakan pembelajaran merasa senang dan nyaman agar dapat tercapai tujuan yang diingikan. Cara guru dalam mengajar sangat menentukan tingkat keberhasilan suatu tujuan pelajaran. Guru lebih sering menggunakan pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan yaitu metode ceramah karena guru merasa metode itulah yang paling mudah diterapkan (teacher centred). Pembelajaran konvensional diterapkan karena kurangnya pengetahuan guru tentang berbagai macam-macam model pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa rendah.
Penerapan model pembelajaran yaitu model pembelajaran kolaboratif sangat erat hubungannya dengan keaktifan siswa, karena dengan menggunakan model ini akan menambah konsentrasi siswa, keaktifan siswa  dan siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik, serta berpusat pada siswa (student centre). Dari sinilah siswa akan melatih konsentrasi siswa, keaktifan siswa dan siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik. Berdasarkan beberapa pendapat para ahli, dengan menggunakan model pembelajaran  kolaboratif  anak akan lebih bersemangat untuk belajar dan melatih kerjasama pada siswa sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran bisa berjalan dengan optimal.
Model pembelajaran kolaboratif merupakan jenis pembelajaran berkelompok yang mengedepankan interaksi sosial namun tetap berpegang teguh dengan pendapat pribadi. Model pembelajaran kolaboratif ini merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu membangkitkan keaktifan anak dan juga akan meningkatkan daya ingat anak dalam pembelajaran karena pembelajaran yang aktif dan berpusat pada siswa di sekolah dasar. model kolaboratif merupakan pembelajaran yang mengunakan sistem berkelompok dalam melakukan proses pembelajaran. Model kolaboratif ini menekankan pada proses pembelajaran yang menghendaki keterpaduan aktivitas bersama antara intelektual, sosial dan emosi secara dinamis, baik dari pihak siswa maupun dari pihak guru. Walaupun siswa berdiksusi dengan kelompok, pada saat mengerjakan tugas siswa tetap menjawab ssecara individu sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki serta pengetahuan yang didapat dari berdiskusi.
Berdasarkan pemaparan tersebut terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kolaboratif dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD  Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun bagan kerangka berpikir dalam penelitian ini, sebagai berikut.

Gambar 2.1
Bagan Kerangka Berpikir
2.4 Hipotesis Penelitian
Berdasarkan kajian teoritis dan uraian yang dikemukakan dalam kerangka berpikir, hipotesis dalam penelitian yaitu terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang