STRATEGI DAN DESAIN PEMBELAJARAN


A.    Pengertian dan Jenis-jenis Metoda Pembelajaran
Metoda pembelajaran adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metoda diperlukan oleh guru agar dalam penerapannya memiliki variasi sesuai yang ingin dicapai. Maka dari itu, untuk mencapai pembelajaran yang diharapkan, diperlukan metoda-metoda dalam menunjang proses pembelajaran. Adapun jenis-jenis metoda pembelajaran adaah sebagai berikut.
1.        Metoda Ceramah
Metoda ceramah merupakan metoda tradisional yang telah digunakan secara turun menurun, dimana metoda jenis ini penerapannya dalam bentuk penuturan bahan pelajaran secara lisan antara guru dengan peserta didik dalam interaksi edukatif. Ceramah yang dimaksud yaitu setiap penyajian informasi secara lisan, baik formal yang berlangsung selama 45 menit maupun informal yang secara tidak langsung selama 5 menit. Metoda ceramah dapat digunakan dalam keadaan guru ingin mengajarkan topik baru dengan memberikan gambaran umum topik tersebut, guru menghadapi jumlah pelajar yang cukup banyak sehingga tidak mungkin secara individual dalam mengajar, dan proses belajar memerlukan penjelasan secara lisan. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan Metoda Ceramah
Kelemahan Metoda Ceramah
-          Guru mudah menguasai kelas
-          Mudah dilaksanakan
-          Dapat diikuti oleh anak didik dalam jumlah besar
-          Guru mudah menerangkan bahan pelajaran
-          Kegiatan pengajaran menjadi verbalisme (kata-kata)
-          Jika terlalu lama akan membosankan
-          Anak didik menjadi pasif
-          Sukar mengontrol sejauh pemerolehan belajar anak didik

2.      Metoda Eksperimen (Percobaan)
Metoda eksperimen merupakan metoda pemberian kesempatan kepada anak didik baik secara perorangan atau kelompok untuk dilatih dalam melakukan suatu proses atau percobaan. Dalam menggunakan metoda ini, diharapkan anak didik dapat terlibat dalam merencanakan percobaan, melakukan percobaan, menemukan fakta, mengumpulkan data, mengendalikan variabel, dan dapat memecahkan permasalahan. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda eksperimen akan disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan Metoda Eksperimen
Kelemahan Metoda Eksperimen
-          Membuat anak didik lebih percaya atas kebenaran berdasarkan percobaan yang telah dilakukan
-          Anak didik dapat mengembangkan sikap untuk mengadakan studi eksplorasi (menjelajah) tentang ilmu dan teknologi
-          Terbina manusia yang dapat membawa perubahan baru dengan penemuan sebagai hasil percobaan
-          Minimnya alat-alat percobaan mengakibatkan anak didik tidak memiliki kesempatan mengadakan eksperimen
-          Jika eksperimen membutuhkan waktu yang lama, maka anak didik harus menunggu
-          Metoda ini lebih sesuai untuk menyajikan bidang-bidang ilmu dan teknologi

3.      Metoda Diskusi
Metoda diskusi merupakan suatu metoda dengan cara penyajian bahan pelajaran untuk menugaskan anak didik atau kelompok belajar untuk melaksanakan percakapan ilmiah dengan tujuan untuk mencari dan mendapatkan kebenaran serta dapat memecahkan suatu permasalahan. Metoda ini tidak melibatkan banyak peran guru karena diskusi mengandung unsur demokratis. Anak didik diberi kesempatan untuk mengembangkan ide-ide yang dimiliki secara mandiri. Setiap anak didik diwajibkan untuk memberi sumbangan berupa akal pikiran dalam kelompok tersebut sehingga pemahaman dapat dibina secara bersama. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan Metoda Diskusi
Kelemahan Metoda Diskusi
-          Menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan
-          Menyadarkan anak didik bahwa dengan diskusi mereka dapat mengemukakan pendapatnya secara konstruktif sehingga diperoleh keputusan lebih baik
-          Membiasakan peserta didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda pendapat dan membiasakan bersikap toleran
-          Tidak dapat dipakai dalam kelompok besar
-          Peserta diskusi memperoleh informasi yang terbatas
-          Dapat dikuasai oleh peserta yang suka berbicara
-          Biasanya peserta menghendaki pendekatan yang lebih formal

4.      Metoda Pemberian Tugas dan Resitasi
Metoda pemberian tugas adalah metoda dengan penyajian guru memberikan tugas agar anak didik mau belajar. Metoda ini bisa dilaksanakn di rumah, di sekolah, di perpustakaan maupun ditempat lainnya. Metoda tugas dan resitasi ini, disamping merangsang peserta didik untuk aktif belajar baik secara individu maupun berkelompok juga untuk bertanggung jawab. Adapun kelebihan dan kelemahan menggunakan metoda ini adalah sebagai berikut.  
Kelebihan Metoda Tugas dan Resitasi
Kelemahan Metoda Tugas dan Resitasi
-          Pengetahuan yang diperoleh anak didik dari hasil belajar mandiri akan dapat diingat lebih lama
-          Anak didik berkesempatan memupuk perkembangan dan keberanian dalam mengambil inisiatif, bertanggung jawab
-          Terkadang anak didik melakukan ‘penipuan’, dimana mereka hanya meniru hasilpekerjaan orang lain tanpa mau bersusah payah
-          Terkadang tugas yang diberikan dikerjakan oleh orang lain
-          Sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual

5.      Metoda Latihan (Drill)
Metoda latihan atau metoda training merupakan metoda mengajar untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu serta sebagai sarana untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik. Metoda ini digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan, dan keterampilan. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan Metoda Latihan
Kelemahan Metoda Latihan
-          Dapat memperoleh kecakapan motoris, seperti menulis, melafalkan huruf, membuat dan menggunakan alat-alat
-          Dapat memperoleh kecakapan mental, seperti dalam perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan tanda/simbol
-          Dapat membentuk kebiasaan dan menambah ketepatan serta kecepatan pelaksanaan
-          Menghambat bakat dan inisiatif anak didik karena anak didik lebih banyak dibawa pada penyesuaian
-          Menimbulkan penyesuaian secara statis pada lingkungan
-          Kadangkala latihan yang dilaksanakan secara berulang-ulang merupakan hal yang menoton dan mudah membosankan
-          Dapat menimbulkan verbalisme

6.      Metoda Proyek
Metoda proyek adalah metoda yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk menggunakan unit kehidupan sehari-hari sebagai bahan pelajarannya. Tujuan metoda ini adalah agar anak didik tertarik untuk belajar. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan Metoda Proyek
Kelemahan Metoda Proyek
-          Dapat merombak pola pikir anak didik dari yang sempit menjadi lebih luas
-          Anak didik dibina dengan membiasakan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang terpadu
-          Organisasi bahan pelajaran, perencanaan, dan pelaksanaan metoda ini susah serta memerlukan keahlian khusus dari guru
-          Harus dapat memilih topik unit yang tepat sesuai kebutuhan anak didik disertai dengan kecukupan fasilitas
-          Bahan pelajaran sering menjadi luas sehingga dapat mengaburkan pokok unit yang dibahas

7.      Metoda Tanya Jawab
Metoda tanya jawab merupakan metoda mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat bersamaan terjadi dialog antar guru dengan anak didik, dimana guru bertanya anak didik menjawab dan sebaliknya anak didik bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik antar guru dengan anak didik dalam pembelajaran. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini disajikan dalam tabel berikut.


Kelebihan Metoda Tanya Jawab
Kelemahan Metoda Tanya Jawab
-          Kelas akan hidup karena anak didik akan aktif berpikir dan menyampaikan pikiran melalui berbicara
-          Melatih mental anak didik dalam mengemukakan pendapat
-          Akan membawa kelas ke dalam suasana diskusi
-          Kadangkala tanyajawab menjadi menyimpang
-          Membutuhkan waktu yang cukup banyak

8.      Metoda Pemecahan Masalah (Problem Solving Method)
Metoda pemecahan masalah merupakan cara menyajikan bahan pelajaran dengan menghadapkan anak didik kepada persoalan yang harus dipecahkan atau diselesaikannya dalam rangka pencapai tujuan pengajaran. Metoda ini tidak sekedar berbicara, melainkan juga berpikir. Adapun kelebihan dan kelemahannya adalah sebagai berikut.
Kelebihan Metoda Pemecah Masalah
Kelemahan Metoda Pemecah Masalah
-          Melatih anak didik mendesain penemuan
-          Berpikir dan bertindak kreatif
-          Mengidentifikasi dan melakukan penyelidikan
-          Kurangnya pengetahuan guru dalam menerapkan metoda ini
-          Isi dari kurikulum sangat padat sehingga tidak memberikan celah

9.      Metoda Simulasi
Metoda simulasi merupakan suatu metoda dengan cara penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu. Metoda ini digunakan dengan asumsi bahwa tidak semua pembelajaran dapat dilaksanakan secara langsung pada objek yang sebenarnya. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan Metoda Simulasi
Kelemahan Metoda Simulasi
-          Sebagai bekal bagi peserta didik dalam menghadapi situasi yang sebenarnya kelak
-          Memupuk keberanian dan percaya diri peserta didik
-          Memperkaya pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi berbagai situasi sosial yang problematis
-          Pengalaman yang diperoleh melalui simulasi tidak selalu tepat dan sesuai dengan kenyataan di lapangan
-          Pengelolaan yang kurang baik, sering simulasi dijadikan sebagai alat hiburan, sehingga tujuan pembelajaran menjadi terabaikan

10.  Metoda Kerja Kelompok
Metoda kerja kelompok merupakan suatu metoda pembelajaran dengan menyuruh peserta didik (secara kelompok) dengan tugas untuk mencapai tujuan pengajaran. Metoda ini juga diartikan sebagai cara mengajar, dimana anak didik dalam kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah sebagai berikut.

Kelebihan Metoda Kerja Kelompok
Kelemahan Metoda Kerja Kelompok
-         Dapat memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk menggunakan keterampilan bertanya dan membahas sesuatu masalah
-          Dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk saling membantu kelompok dalam usahanya mencapai tujuan bersama
-         Kerja kelompok sering-sering hanya melibatkan kepada peserta didik yang mampu, sebab mereka cakap memimpin dan mengarahkan mereka yang kurang
-          Metode kerja kelompok menuntut pengaturan tempat duduk yang berbeda-beda dan gaya mengajar yang berbeda-beda

11.  Metoda Discovery Learning
Metoda ini merupakan suatu metoda dimana guru menyajikan bahan pelajaran yang tidak berbentuk final, tetapi anak didik diberi peluang untuk mencari dan menemukan sendiri dengan menggunakan teknik pendekatan pemecahan masalah. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan Metoda Discovery Learning

Kelemahan Metoda Discovery Learning

-         Membantu anak didik mengembangkan atau memperbanyak persediaan dan penguasaan ketrampilan dan proses kognitif anak didik
-          Metode ini memberi kesempatan pada anak didik untuk bergerak maju sesuai dengan kemampuannya sendiri
-         Metode ini kurang berhasil untuk mengajar kelas besar
-          Dalam beberapa ilmu (misalnya IPA) fasilitas yang dibutuhkan untuk mencoba ide–ide mungkin tidak ada

12.    Metode Karya Wisata (Out Door)
Metoda karya wisata merupakan metoda dimana aktivitas belajar siswa dibawa ke luar kelas. Pembelajaran ini harus direncanakan, dilakasanakan, dan dievaluasi secara sistematis dan sistemik. Sering dalam implementasi outdoor, siswa tidak memiliki panduan belajar sehingga esensi kegiatan tersebut kurang dirasakan manfaatnya. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan Metode Karya Wisata
Kelemahan Metode Karya Wisata
-        Kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan siswa duduk di kelas berjam- jam, sehingga motivasi belajar siswa akan lebih tinggi
-         Bahan- bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat
-        Kegiatan belajar kurang dipersiapkan sebelumnya yang menyebabkan pada waktu siswa dibawa ketujuan tidak melakukan kegiatan belajar yang diharapkan sehingga ada kesan main-main
-         Ada kesan dari guru dan siswa bahwa kegiatan mempelajari lingkungan memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga menghabiskan waktu untuk belajar di kelas

13.  Metoda Demonstrasi
Metoda demonstrasi merupakan metoda yang berkenaan dengan tindakan-tindakan atau prosedur yang dilakukan. Misalnya, proses mengerjakan sesuatu, menggunakan sesuatu, membandingkan suatu cara dengan cara lain, atau melihat kebenaran sesuatu. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan Metoda Demonstrasi
Kelemahan Metoda Demonstrasi
-          Pelajaran menjadi lebih jelas dan lebih kongkrit sehingga tidak terjadi verbalisme
-          Siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang didemonstrasikan
-          Tidak semua guru dapat melakukan demonstrasi dengan baik
-          Terbatasnya sumber beajar, alat pelajaran, media pembelajaran, situasi yang sering tidak mudah diatur dan terbatas waktu

B.     Daftar Pustaka
Abimanyu, Soli., dkk. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional
Afandi, Muhammad SP. 2013.” Model dan Metoda Pembelajaran di Sekolah”. Dalam http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf. Di unduh tanggal 21 Maret 2018
Hanik, Umi S. 2010. “Strategi dan Metoda Pembelajaran”. Dalam http://eprints.walisongo.ac.id/355/4/UmiHanik_Tesis_Bab2.pdf. Diunduh pada tanggal 20 Maret 2018

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang