STRATEGI DAN DESAIN PEMBELAJARAN
A.
Pengertian dan Jenis-jenis Metoda Pembelajaran
Metoda pembelajaran
adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Metoda diperlukan oleh guru agar dalam penerapannya memiliki
variasi sesuai yang ingin dicapai. Maka dari itu, untuk mencapai pembelajaran
yang diharapkan, diperlukan metoda-metoda dalam menunjang proses pembelajaran.
Adapun jenis-jenis metoda pembelajaran adaah sebagai berikut.
1.
Metoda Ceramah
Metoda ceramah merupakan metoda tradisional yang
telah digunakan secara turun menurun, dimana metoda jenis ini penerapannya
dalam bentuk penuturan bahan pelajaran secara lisan antara guru dengan peserta
didik dalam interaksi edukatif. Ceramah yang dimaksud yaitu setiap penyajian
informasi secara lisan, baik formal yang berlangsung selama 45 menit maupun
informal yang secara tidak langsung selama 5 menit. Metoda ceramah dapat
digunakan dalam keadaan guru ingin mengajarkan topik baru dengan memberikan
gambaran umum topik tersebut, guru menghadapi jumlah pelajar yang cukup banyak
sehingga tidak mungkin secara individual dalam mengajar, dan proses belajar
memerlukan penjelasan secara lisan. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini
disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan
Metoda Ceramah
|
Kelemahan
Metoda Ceramah
|
-
Guru mudah menguasai kelas
-
Mudah dilaksanakan
-
Dapat diikuti oleh anak didik
dalam jumlah besar
-
Guru mudah menerangkan bahan
pelajaran
|
-
Kegiatan pengajaran menjadi
verbalisme (kata-kata)
-
Jika terlalu lama akan
membosankan
-
Anak didik menjadi pasif
-
Sukar mengontrol sejauh pemerolehan
belajar anak didik
|
2.
Metoda
Eksperimen (Percobaan)
Metoda eksperimen merupakan metoda pemberian
kesempatan kepada anak didik baik secara perorangan atau kelompok untuk dilatih
dalam melakukan suatu proses atau percobaan. Dalam menggunakan metoda ini,
diharapkan anak didik dapat terlibat dalam merencanakan percobaan, melakukan
percobaan, menemukan fakta, mengumpulkan data, mengendalikan variabel, dan
dapat memecahkan permasalahan. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda eksperimen
akan disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan
Metoda Eksperimen
|
Kelemahan
Metoda Eksperimen
|
-
Membuat anak didik lebih
percaya atas kebenaran berdasarkan percobaan yang telah dilakukan
-
Anak didik dapat mengembangkan
sikap untuk mengadakan studi eksplorasi (menjelajah) tentang ilmu dan
teknologi
-
Terbina manusia yang dapat
membawa perubahan baru dengan penemuan sebagai hasil percobaan
|
-
Minimnya alat-alat percobaan
mengakibatkan anak didik tidak memiliki kesempatan mengadakan eksperimen
-
Jika eksperimen membutuhkan
waktu yang lama, maka anak didik harus menunggu
-
Metoda ini lebih sesuai untuk
menyajikan bidang-bidang ilmu dan teknologi
|
3.
Metoda Diskusi
Metoda diskusi merupakan suatu metoda dengan cara
penyajian bahan pelajaran untuk menugaskan anak didik atau kelompok belajar
untuk melaksanakan percakapan ilmiah dengan tujuan untuk mencari dan
mendapatkan kebenaran serta dapat memecahkan suatu permasalahan. Metoda ini
tidak melibatkan banyak peran guru karena diskusi mengandung unsur demokratis.
Anak didik diberi kesempatan untuk mengembangkan ide-ide yang dimiliki secara
mandiri. Setiap anak didik diwajibkan untuk memberi sumbangan berupa akal
pikiran dalam kelompok tersebut sehingga pemahaman dapat dibina secara bersama.
Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan
Metoda Diskusi
|
Kelemahan
Metoda Diskusi
|
-
Menyadarkan anak didik bahwa
masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan
-
Menyadarkan anak didik bahwa
dengan diskusi mereka dapat mengemukakan pendapatnya secara konstruktif
sehingga diperoleh keputusan lebih baik
-
Membiasakan peserta didik untuk
mendengarkan pendapat orang lain sekalipun berbeda pendapat dan membiasakan
bersikap toleran
|
-
Tidak dapat dipakai dalam kelompok
besar
-
Peserta diskusi memperoleh
informasi yang terbatas
-
Dapat dikuasai oleh peserta
yang suka berbicara
-
Biasanya peserta menghendaki
pendekatan yang lebih formal
|
4.
Metoda Pemberian
Tugas dan Resitasi
Metoda pemberian tugas adalah metoda dengan penyajian
guru memberikan tugas agar anak didik mau belajar. Metoda ini bisa dilaksanakn
di rumah, di sekolah, di perpustakaan maupun ditempat lainnya. Metoda tugas dan
resitasi ini, disamping merangsang peserta didik untuk aktif belajar baik
secara individu maupun berkelompok juga untuk bertanggung jawab. Adapun
kelebihan dan kelemahan menggunakan metoda ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan
Metoda Tugas dan Resitasi
|
Kelemahan
Metoda Tugas dan Resitasi
|
-
Pengetahuan yang diperoleh anak
didik dari hasil belajar mandiri akan dapat diingat lebih lama
-
Anak didik berkesempatan
memupuk perkembangan dan keberanian dalam mengambil inisiatif, bertanggung
jawab
|
-
Terkadang anak didik melakukan
‘penipuan’, dimana mereka hanya meniru hasilpekerjaan orang lain tanpa mau
bersusah payah
-
Terkadang tugas yang diberikan
dikerjakan oleh orang lain
-
Sukar memberikan tugas yang
memenuhi perbedaan individual
|
5.
Metoda Latihan (Drill)
Metoda latihan atau metoda training merupakan metoda mengajar untuk menanamkan
kebiasaan-kebiasaan tertentu serta sebagai sarana untuk memelihara
kebiasaan-kebiasaan yang baik. Metoda ini digunakan untuk memperoleh suatu
ketangkasan, ketepatan, kesempatan, dan keterampilan. Adapun kelebihan dan kelemahan
metoda ini disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan
Metoda Latihan
|
Kelemahan
Metoda Latihan
|
-
Dapat memperoleh kecakapan
motoris, seperti menulis, melafalkan huruf, membuat dan menggunakan alat-alat
-
Dapat memperoleh kecakapan
mental, seperti dalam perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan
tanda/simbol
-
Dapat membentuk kebiasaan dan
menambah ketepatan serta kecepatan pelaksanaan
|
-
Menghambat bakat dan inisiatif
anak didik karena anak didik lebih banyak dibawa pada penyesuaian
-
Menimbulkan penyesuaian secara
statis pada lingkungan
-
Kadangkala latihan yang
dilaksanakan secara berulang-ulang merupakan hal yang menoton dan mudah
membosankan
-
Dapat menimbulkan verbalisme
|
6.
Metoda Proyek
Metoda proyek adalah metoda yang memberikan
kesempatan kepada anak didik untuk menggunakan unit kehidupan sehari-hari
sebagai bahan pelajarannya. Tujuan metoda ini adalah agar anak didik tertarik
untuk belajar. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini disajikan dalam tabel
berikut.
Kelebihan
Metoda Proyek
|
Kelemahan
Metoda Proyek
|
-
Dapat merombak pola pikir anak
didik dari yang sempit menjadi lebih luas
-
Anak didik dibina dengan
membiasakan menerapkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang terpadu
|
-
Organisasi bahan pelajaran,
perencanaan, dan pelaksanaan metoda ini susah serta memerlukan keahlian
khusus dari guru
-
Harus dapat memilih topik unit
yang tepat sesuai kebutuhan anak didik disertai dengan kecukupan fasilitas
-
Bahan pelajaran sering menjadi
luas sehingga dapat mengaburkan pokok unit yang dibahas
|
7.
Metoda Tanya
Jawab
Metoda tanya jawab merupakan metoda mengajar yang
memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab
pada saat bersamaan terjadi dialog antar guru dengan anak didik, dimana guru
bertanya anak didik menjawab dan sebaliknya anak didik bertanya guru menjawab.
Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik antar guru dengan
anak didik dalam pembelajaran. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini
disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan
Metoda Tanya Jawab
|
Kelemahan
Metoda Tanya Jawab
|
-
Kelas akan hidup karena anak
didik akan aktif berpikir dan menyampaikan pikiran melalui berbicara
-
Melatih mental anak didik dalam
mengemukakan pendapat
-
Akan membawa kelas ke dalam
suasana diskusi
|
-
Kadangkala tanyajawab menjadi
menyimpang
-
Membutuhkan waktu yang cukup
banyak
|
8.
Metoda Pemecahan
Masalah (Problem Solving Method)
Metoda pemecahan masalah merupakan cara menyajikan
bahan pelajaran dengan menghadapkan anak didik kepada persoalan yang harus
dipecahkan atau diselesaikannya dalam rangka pencapai tujuan pengajaran. Metoda
ini tidak sekedar berbicara, melainkan juga berpikir. Adapun kelebihan dan kelemahannya
adalah sebagai berikut.
Kelebihan
Metoda Pemecah Masalah
|
Kelemahan
Metoda Pemecah Masalah
|
-
Melatih anak didik mendesain
penemuan
-
Berpikir dan bertindak kreatif
-
Mengidentifikasi dan melakukan
penyelidikan
|
-
Kurangnya pengetahuan guru
dalam menerapkan metoda ini
-
Isi dari kurikulum sangat padat
sehingga tidak memberikan celah
|
9.
Metoda Simulasi
Metoda simulasi merupakan suatu metoda dengan cara
penyajian pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami
tentang konsep, prinsip, atau keterampilan tertentu. Metoda ini digunakan
dengan asumsi bahwa tidak semua pembelajaran dapat dilaksanakan secara langsung
pada objek yang sebenarnya. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah
sebagai berikut.
Kelebihan
Metoda Simulasi
|
Kelemahan
Metoda Simulasi
|
-
Sebagai bekal bagi peserta
didik dalam menghadapi situasi yang sebenarnya kelak
-
Memupuk keberanian dan percaya
diri peserta didik
-
Memperkaya pengetahuan, sikap
dan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi berbagai situasi sosial
yang problematis
|
-
Pengalaman yang diperoleh
melalui simulasi tidak selalu tepat dan sesuai dengan kenyataan di lapangan
-
Pengelolaan yang kurang baik,
sering simulasi dijadikan sebagai alat hiburan, sehingga tujuan pembelajaran
menjadi terabaikan
|
10.
Metoda Kerja
Kelompok
Metoda
kerja kelompok merupakan suatu metoda pembelajaran dengan menyuruh peserta
didik (secara kelompok) dengan tugas untuk mencapai tujuan pengajaran. Metoda
ini juga diartikan sebagai cara mengajar, dimana anak didik dalam kelas dibagi
menjadi beberapa kelompok. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah
sebagai berikut.
Kelebihan
Metoda Kerja Kelompok
|
Kelemahan
Metoda Kerja Kelompok
|
-
Dapat memberikan kesempatan
kepada para peserta didik untuk menggunakan keterampilan bertanya dan
membahas sesuatu masalah
-
Dapat memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk saling membantu kelompok dalam usahanya mencapai
tujuan bersama
|
-
Kerja kelompok sering-sering
hanya melibatkan kepada peserta didik yang mampu, sebab mereka cakap memimpin
dan mengarahkan mereka yang kurang
-
Metode kerja kelompok menuntut
pengaturan tempat duduk yang berbeda-beda dan gaya mengajar yang berbeda-beda
|
11.
Metoda Discovery Learning
Metoda
ini merupakan suatu metoda dimana guru menyajikan bahan pelajaran yang tidak
berbentuk final, tetapi anak didik diberi peluang untuk mencari dan menemukan
sendiri dengan menggunakan teknik pendekatan pemecahan masalah. Adapun
kelebihan dan kelemahan metoda ini disajikan dalam tabel berikut.
Kelebihan Metoda Discovery Learning
|
Kelemahan Metoda Discovery Learning
|
-
Membantu anak didik
mengembangkan atau memperbanyak persediaan dan penguasaan ketrampilan dan
proses kognitif anak didik
-
Metode ini memberi kesempatan
pada anak didik untuk bergerak maju sesuai dengan kemampuannya sendiri
|
-
Metode ini kurang berhasil
untuk mengajar kelas besar
-
Dalam beberapa ilmu (misalnya
IPA) fasilitas yang dibutuhkan untuk mencoba ide–ide mungkin tidak ada
|
12. Metode Karya Wisata (Out Door)
Metoda karya wisata merupakan metoda dimana
aktivitas belajar siswa dibawa ke luar kelas. Pembelajaran ini harus
direncanakan, dilakasanakan, dan dievaluasi secara sistematis dan sistemik.
Sering dalam implementasi outdoor, siswa tidak memiliki panduan belajar
sehingga esensi kegiatan tersebut kurang dirasakan manfaatnya. Adapun kelebihan
dan kelemahan metoda ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan
Metode Karya Wisata
|
Kelemahan
Metode Karya Wisata
|
-
Kegiatan belajar lebih menarik
dan tidak membosankan siswa duduk di kelas berjam- jam, sehingga motivasi
belajar siswa akan lebih tinggi
-
Bahan- bahan yang dapat
dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat
|
-
Kegiatan belajar kurang
dipersiapkan sebelumnya yang menyebabkan pada waktu siswa dibawa ketujuan
tidak melakukan kegiatan belajar yang diharapkan sehingga ada kesan main-main
-
Ada kesan dari guru dan siswa
bahwa kegiatan mempelajari lingkungan memerlukan waktu yang cukup lama,
sehingga menghabiskan waktu untuk belajar di kelas
|
13.
Metoda Demonstrasi
Metoda
demonstrasi merupakan metoda yang berkenaan dengan tindakan-tindakan atau
prosedur yang dilakukan. Misalnya, proses mengerjakan sesuatu, menggunakan
sesuatu, membandingkan suatu cara dengan cara lain, atau melihat kebenaran
sesuatu. Adapun kelebihan dan kelemahan metoda ini adalah sebagai berikut.
Kelebihan
Metoda Demonstrasi
|
Kelemahan Metoda Demonstrasi
|
-
Pelajaran menjadi lebih jelas dan lebih kongkrit
sehingga tidak terjadi verbalisme
-
Siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang
didemonstrasikan
|
-
Tidak semua guru dapat melakukan demonstrasi
dengan baik
-
Terbatasnya sumber beajar, alat pelajaran, media
pembelajaran, situasi yang sering tidak mudah diatur dan terbatas waktu
|
B.
Daftar Pustaka
Abimanyu, Soli., dkk. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan
Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional
Afandi, Muhammad SP. 2013.” Model dan Metoda Pembelajaran di Sekolah”. Dalam http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf. Di
unduh tanggal 21 Maret 2018
Hanik, Umi S. 2010. “Strategi dan Metoda
Pembelajaran”. Dalam http://eprints.walisongo.ac.id/355/4/UmiHanik_Tesis_Bab2.pdf. Diunduh pada tanggal 20 Maret 2018
Komentar
Posting Komentar