PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS III SD GUGUS I KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN AJARAN 2017/2018


OLEH
MADE TOMY ANDRE SANJAYA
NIM 1411031005


DAFTAR ISI


PRAKATA ...................................................................................................... ........ i
ABSTARK ...................................................................................................... ...... iii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iv
DAFTAR TABEL ................................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ vii
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ viii
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................... 1
1.1  LatarBelakang.............................................................................................. 1
1.2  Identifikasi Masalah............................................................................. ....... 8
1.3  Pembatasan Masalah............................................................................. ....... 9
1.4  Rumusan Masalah........................................................................................ 9
1.5  Tujuan Penelitian........................................................................................ 10
1.6  Manfaat Penelitian................................................................................ ..... 10
BAB II KAJIAN TEORI DAN PERUMUSAN HIPOTESIS....................... ..... 13
2.1  Deskrifsi Teori...................................................................................... ..... 13
2.2  Kajian Hasil Penelitian Relevan........................................................... ..... 32
2.3  Kerangka Berpikir...................................................................................... 34
2.4 Perumusan Hipotesis.................................................................................. 38
BAB III METODE PENELITIAN....................................................................... 39
3.1  Populasi dan Sampel............................................................................. ..... 39
3.2  Rancangan Penelitian........................................................................... ..... 43
3.3 Prosedur Ekperimen................................................................................... 44
3.4  Variabel Penelitian / Definisi Variabel....................................................... 46
3.4.1        Identifikasi Variabel...................................................................... 46
3.4.2        Definisi Variabel............................................................................ 47
3.5  Metode dan Instrumen Pengumpulan Data............................................... 48
3.5.1        Metode Pengumpulan Data........................................................... 48
3.5.2        Instrumentasi.................................................................................. 49
3.6  Metode Analisi Data.................................................................................. 60
3.6.1        Deskripsi Teori............................................................................... 60
3.6.2        Uji Prasyarat Analisis..................................................................... 61
3.6.3        Analisis Data.................................................................................. 63
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ................................... 68
4.1 Deskrifsi Data Penelitian ......................................................................... 68
4.2 Pengujian Prasyarat Penelitian ................................................................. 75
4.3 Pengujian Hipotesis Penelitian ................................................................. 77
4.4 Pembahasan Hasil Penelitian .................................................................... 80
4.5 Implikasi ................................................................................................... 89
BAB V PENUTUP ............................................................................................... 91
5.1 Rangkuman ............................................................................................. 91
5.2 Simpulan ................................................................................................. 94
5.2 Saran ....................................................................................................... 94
DAFTAR RUJUKAN........................................................................................... 96
LAMPIRAN – LAMPIRAN................................................................................ 99


DAFTAR TABEL                                                                                                                Halaman
Tabel 2.1. Spesifikasi Taksonomi Bloom Revisi.................................................... 16
Tabel 2.2. Perincian Data Tes Hasil Belajar IPA Kelas III Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisis Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng......................................... 16
Tabel 2.3. Sintak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Devision )    ......................................................................................................... 26
Tabel 3.1 Popilasi siswa kelas III Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng                      41
Tabel 3.2. Analisis Varian Satu Jalur (ANAVA A) untuk Menguji Kesetaraan Populasi                  43
Tabel 3.3 Sampel Penelitian................................................................................... 44
Tabel 3.4 Kisi-kisi Instrumen Tes Hasil Belajar IPA............................................. 51
Tabel 3.5 Perhitungan Validitas Isi Menurut Gregory........................................... 53
Tabel 3.6 Data Hasil Penilaian Pakar terhadap Hasil Belajar IPA ........................ 54
Tabel 3.7 Hasil Tabulasi Silang Valisitas Isi Menurut Gregory............................. 54
Tebel 3.8 Hasil Perhitungan Tingkat Kesukaran Butir Tes ................................... 56
Tabel 3.9 Hasil Perhitungan Daya Beda Tes.......................................................... 58
Tabel 3.10 Skala Lima dengan Penilaian Acuan Ideal Teoritik (PAID)................ 61
Tabel 3.11 Ringkasan Analisis Varians Untuk Menguji Hipotesis k Sampel......... 67
Tabel 4.1 Deskrifsi Data Kelompok Eksperimen dan Kontrol ........................ ..... 69
Tabel 4.2 Distribusi Frekuensi Hasil Post-Test Kelompok Eksprimen ................. 70
Tebel 4.3 Kategori Hasil Post-Tes Kelompok Eksperimen ................................... 72
Tabel 4.4 Distribusi Frekuensi Hasil Post-Test Kelompok Kontrol ...................... 73
Tabel 4.5 Kategori Hasil Post- Test Kelompok Kontrol ....................................... 74
Tabel 4.6 Perbandingan Rerata dan Standar Deviasi Data Hasil Belajar Post-Test Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol ......................................................................... 75
Tabel 4.7 Hasil Pengujian Normalitas Sebaran Data Hasil Belajar IPA ............... 76
Tabel 4.8 Hasil Uji Homogenitas Varian .............................................................. 77
Tabel 4.9 Kriteria Tingkat Efektivitas ................................................................... 78
Tabel 4.10 Ringkasan Uji F Hipotesis ANAVA Satu Jalur .................................. 79
DAFTAR GAMBAR

                                                                                                        Halaman
.....
Gambar 2.1 Kerangka Berpikir.............................................................................. 38
Gambar 3.1 Desain Penelitian Nonequivalent  Control Group Design.................. 45
Gambar 4.1 Grafik Histogram Data Post- test kelompok eksperimen .................. 71
Gambar 4.2 Grafik histogram Data Post-Test Kelompok Kontrol ....................... 74



DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                             Halaman
Lampiran 01. Surat Validasi Intrumen Pakar I ..................................................... 97
Lampiran 02. Surat Validasi Intrumen Pakar II .................................................... 98
Lampiran 03. Surat Balasan Uji Coba Intrumen SD Negeri 2 Banyuning ........... 99
Lampiran 04. Surat Balasan Uji Coba Intrumen SD Negeri 3 Banyuning ......... 100
Lampiran 05. Surat Pengumpulan Data Penelitian Kelompok Eksperimen......... 101
Lampiran 06. Surat Pengumpulan Data Penelitian Kelompok Kontrol .............. 102
Lampiran 07... Hasil Uji Kesetaraan UAS IPA Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng            ..................................................................................................    103
Lampiran 08. Rancangan Materi Dan Alokasi Waktu Penelitian ....................... 107
Lampiran 09. Kisi-Kisi Instrumen Tes Hasil Blajar Ipa Sebelum Uji Coba......... 108
Lampiran 10. Soal IPA Sebelum Uji Coba ......................................................... 110
Lampiran 11. Kisi-Kisi Instrumen Tes Hasil Belajar Sesudah Uji Coba ............. 119
Lampiran 12. Soal IPA Sesudah Uji Coba ......................................................     121
Lampiran 13. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan LKS Terstruktur ...............................................................................     127
Lampiran 14. RPP Model Konvensional............................................................. 137
Lamipran 15. Nama Responden Uji Coba Instrumen ......................................... 147
Lampiran 16. Uji Validitas .................................................................................. 148
Lampiran 17. Uji Reliabilitas .............................................................................. 150
Lampiran 18. Taraf Kesukaran Tes ..................................................................... 152
Lampiran 19. Uji Daya Beda .............................................................................. 154
Lampiran 20. Nama Siswa Post- Test Dari Sampel ............................................ 155
Lampiran 21. Uji Normalitas Kelompok Eksperimen.......................................... 156
Lampiran 22. Uji Normalitas kelompok kontrol ................................................. 161
Lampiran 23. Uji Homogenitas ........................................................................... 166
Lampiran 24. Uji Hipotesis T- Burning ............................................................... 168
Lampiran 25. Uji Hipotesis ANAVA Satu Jalur ................................................ 170
Lampiran 26. Dokumentasi Penelitian ................................................................ 172



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pendidikan adalah salah satu upaya pemerintah dalam rangka mewujudkan tujuan nasional. Pendidikan merupakan suatu proses perubahan sikap dan perilaku seseorang dalam upaya mendewasakan manusia melalui proses pembelajaran. Proses pendidikan juga mengarah pada pembentukan sikap, pengembangan intelektual, dan pengembangan keterampilan peserta didik sehingga arah dan tujuan dapat tercapai. Pendidikan yang efektif adalah suatu pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari pendidikan pada dasarnya adalah untuk membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik sehingga menjadi manusia yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan kreativitas yang optimal.
Di era globalisasi seperti sekarang ini pendidikan yang dibutuhkan tidak hanya pendidikan yang sekedar memfasilitasi peserta didik untuk mengetahui sesuatu, tetapi juga mampu mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.Situasi masyarakat yang selalu berubah, idealnya pendidikan tidak hanya berorientasi pada masa lalu dan masa kini, tetapi sudah seharusnya

merupakan proses yang mengantisipasi dan membicarakan masa depan. Oleh karena itu Pendidikan harus mampu membekali peserta didik dengan sejumlah keterampilan yang berguna dalam kehidupan mereka.
Keberhasilan suatu pendidikan bisa dilihat dari hasil belajar yang diperoleh selama siswa tersebut selama menjalani suatu pendidikan. Berbagai upaya telah dilaksanaka oleh pemerintah untuk meningkatkan pendidikan. Pertama dengan penyempurnaan kurikulum dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), kurikulum ini dirancang untuk mendorong peserta didik agar menjadi lebih aktif dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran tidak berpusat pada guru melainka berpusat pada siswa. Kedua, pemerintah mengalokasikan dana pendidikan sebanyak 20% dari dana APBN. Ketiga, peningkatan kompetensi guru dengan adanya sertifikasi. Keempat, dengan peningkatan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam proses belajar dan mengajar melalui dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS). Kelima, pemerataan pendidikan melalui program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Melalui upaya-upaya tersebut diharapkan tujuan pendidikan nasional bisa tercapai. Namun kenyataannya, masih banyak siswa-siswa yang belajar hanya dengan menghafal konsep-konsep, mencatat apa yang diceramahkan guru, siswa sangat pasif dimana siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa mau aktif mencari hal-hal baru. Oleh karena guru merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar, guru harus bisa memilih dan menentukan metode atau model pembelajaran yang bisa mengikutsertakan siswa secara aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut sehingga proses pembelajaran yang dilakukan berkualitas.
Menurut Senduperdana, (2007), proses pembelajaran yang berkualitas tergantung dari empat komponen utama yaitu : (1) situasi atau kondisi pembelajaran, (2) bahan ajar, (3) strategi pembelajaran, (4) hasil pembelajaran (outcome). Dari keempat komponen tersebut yang paling berpengaruh dalam proses pembelajaran adalah strategi pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran ini mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Baik buruknya strategi pembelajaran yang diterapkan guru akan mempengaruhi kemampuan peserta didik karena yang ditekankan dalam pembelajaran adalah proses mendapatkan pengalaman belajar kemudian mentransformasi pengalaman tersebut menjadi pengalaman yang luas.
Kenyataannya, pemahaman konsep siswa masih sangat kurang, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal tersebut merupakan kesenjangan yang terjadi dilapangan, hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan model pengajaran konvensional, sehingga tidak mampu merespon adanya perubahan. Peran guru adalah sebagai penyedia informasi atau pengetahuan yang selanjutnya ditransfer ke siswa. Oleh karena itu, seolah-olah siswa datang ke kelas, duduk, dengar, catat, kemudian menghapalkan konsep yang disampaikan oleh guru. Hal ini didukung oleh pernyataan Trianto (2007) bahwa penggunaan model pembelajaran konvensional dalam kegiatan belajar menjadi salah satu penyebab rendahnya daya serap peserta didik yang berdampak pada hasil belajar peserta didik.
Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dapat terlihat dari data hasil studi internasional, diantaranya: Hasil studi internasional yang dikeluarkan oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Berdasarkan data dalam Education For All (EFA) Global Monitoring Report 2011 yang diluncurkan di New York, Amerika Serikat, Senin 1/3/2011 oleh UNESCO, indeks pembangunan pendidikan (education development index/EDI) Indonesia berada pada urutan 69 dari 127 negara di dunia (Kompas, 2011).
Pada tahun 2012 hasil Survei Programme For International Assesment (PISA), Indonesia berada di peringkat 71 dari 72 peserta survey PISA dari berbagai Negara. Dengan rincian, Sains (382 poin), Matematika (375 poin), Membaca (396 poin). Masih di tahun 2012 menurut survey UNESCO, Indonesia di peringkat ke-64 dari 120 negara di dunia berdasarkan penilaian Education Development Index (EDI) atau Indeks Pembanguna Nasional. Pada tahun 2013, dalam laporan program pembangunan PBB tahun 2013, Indonesia menempati posisi 121 dari 185 negara dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2014 laporan UNESCO dalam Education For All Global Monitoring Report (EFA-GMR) Indeks Pembangunan Nasional atau TheEducation Development Index (EDI), Indonesia ada di peringkat 57 dari 115 Negara. Pada tahun 2015 Survei Programme For International Assesment (PISA), Indonesia berada di posisi 69 dari 76 peserta survei PISA. Dengan rincian Sains (403 poin), Matematika (386 poin), Membaca (397 poin). Dan pada tahun 2016 dilansir dari The Gurdian, Indonesia menempati urutan ke-57 dari total 65 negara, survei ini diterbitkan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (Kemendikbud.go.id)
Berdasarkan permasalahan tersebut pemerintah berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara  menyusun suatu kurikulum yaitu pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang standar proses yang terintegrasi dengan nilai karakter bangsa. Dengan adanya kurikulum tersebut maka guru bebas melaksanakan sistem kegiatan pembelajaran dan pengajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan situasi serta kondisi lingkungan sekolah dengan tetap berpedoman pada Permendiknas No 41 Tahun 2007 terkait dengan standar proses pendidikan yang mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan lain sebagainya dengan harapan secara umum dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
Terkait dengan hal tersebut maka dalam suatu proses pembelajaran perlu diciptakan suasana kelas yang aktif, dimana proses pembelajaran tidak satu arah yaitu dari guru ke siswa saja tetapi proses pembelajaran yang multiarah yaitu tidak haya interaksi antara guru dan siswa saja melainkan juga adanya interaksi antara siswa dengan sesama siswa sehingga nantinya dalam proses pembelajaran siswa bisa ikut berperan aktif dalam menemukan hal-hal baru yang berkaitan denga proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam kegiatan pembelajaran ini diperlukan sebuah model pembelajaran yang tidak mengharuskan siswa untuk menghafal konsep–konsep, namun mampu mendorong siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam struktur kognitif serta mampu menerapkan pengetahuan yang sudah ada dalam kehidupan sehari–hari.
Salah satu model pembelajaran yang bisa membuat adanya interaksi dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang interaksi antara siswa dengan siswa, antara siswa dengan guru. Kondisi seperti inilah yang sangat diharapkan agar interaksi berjalan dengan baik demi kelancaran pembelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif  dalam kegiatan belajar mengajar akan dibentuk kelompok-kelempok yang heterogen, dengan adanya kelompok ini maka siswa akan belajar untuk bisa berkomunikasi dengan baik, sehingga bagaimana sikap siswa dalam proses pembelajaran juga bisa diamati. Menurut model pembelajaran kooperatif ini berhasilnya suatu proses belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh kemampuan individu saja, melainkan proses belajar mengajar ini akan lebih baik bilamana dilakukan secara bersama–sama dalam kelompok–kelompok belajar kecil yang terstruktur dengan baik (Rusman, 2012).
Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu tipe dari pembelajaran kooperatif yang cukup sederhana dan cocok diterapkan di segala bidang ilmu. Menurut Trianto (2007), model pembelajaran ini merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen. Pembelajaran kooperatif tipe STAD akan memungkinkan proses belajar mengajar akan mengalami peningkatan dari segi sisi keaktifan dan kesenangan siswa karena dalam pembelajaran, guru dapat menyampaikan materi pembelajaran secara berstruktur dengan harapan materi pelajaran yang disampaikan itu dapat dikuasai siswa dengan baik. Melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD, setiap siswa anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Dalam pembelajaran kooperatif, belajar dikatakan belum selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai materi. Jadi, dalam pembelajaran ini siswa diharapkan belajar melalui ‘mengalami’ bukan ‘menghafal’.
Dalam penerapan model pembelajaran tipe STAD, proses pembelajaran akan berpusat kepada siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar akan lebih berpusat kepada interaksi dan komunikasi antar siswa. Pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam langkah-langkah pembelajaran akan lebih ditekankan pada diskusi siswa. Dalam proses diskusi akan dibutuhkan suatu bahan ajar berupa LKS ( Lembar Kerja Siswa). LKS merupakan suatu lembaran yang berisikan sejumlah informasi serta instruksi yang ditujukan untuk mengarahkan siswa bertingkah laku sebagaimana yang diharapkan oleh guru. LKS yang baik adalah LKS yang mampu menjadikan siswa mempunyai keinginan untuk beraktivitas sesuai dengan instruksi. Ada berbagai jenis LKS salah satunya yaitu LKS terstruktur. LKS terstruktur adalah lembar kerja yang dirancang untuk membimbing siswa dalam suatu program kerja pelajaran dengan sedikit bantuan guru untuk mencapai sasaran yang dituju dalam pembelajaran tersebut. LKS terstruktur dilengkapi dengan petunjuk dan pengarahan tetapi tidak dapat menggantikan peranan guru.
Diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikombinasikan dengan LKS terstruktur secara efektif di kelas, berarti telah diupayakan dilakukan pembelajaran bermakna. Berdasarkan keterkaitan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran yang memanfaatkan LKS Terstruktur dan permasalahan mengenai masih rendahnya hasil belajar siswa, perlu diteliti pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD denga berbantuan LKS terstruktur terhadap peningkatan hasil belajar siswa, yang nantinya hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti ingin melakukan sebuah penelitian eksperimen dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Berbantuan LKS Terstruktur terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2017/2018”.
1.2 Identifikasi Masalah
1.      Hasil belajar siswa masih rendah, dimana hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hasil belajar siswa dikatakan tuntas apabila nilai siswa di atas KKM.
2.      Guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru tanpa adanya partisipasi aktif dari siswa. Siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru sehingga banyak siswa belum memahami apa yang diajarkan guru.
1.3  Batasan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng dipengaruhi oleh berbagai hal yang saling berkaitan. Didasari akan kompleksnya masalah pendidikan yang terjadi di gugus ini, begitu juga karena keterbatasan waktu, kemampuan peneliti, dan untuk memfokuskan penelitian, dalam menangani masalah permasalahan yang ada, penulis membatasi permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah tentang model pembelajaran dan Hasil belajar IPA beberapa siswa yang belum mencapai KKM. Maka dilakukan penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)berbantuan LKS terstruktur terhadap hasil belajar IPA kelas III SD Gugus I Kecamatan Bueleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2017/2018.
1.4  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut.
1.      Apakah terdapat pengaruh secara efektif implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan berbantuan LKS terstruktur terhadap hasil belajar IPA kelas III SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2017/2018?
2.      Apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2017/2018 ?
1.5  Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitia ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pengaruh secara efektif implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan berbantuan LKS terstruktur terhadap hasil belajar IPA kelas III SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2017/2018.
2.      Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang meningukiti  pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD  (Student Teams Achievement Divisions) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2017/2018.
1.6  Manfaat Penelitian
Secara umum manfaat penelitian ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu: (1) manfaat teoritis yang memberikan manfaat jangka panjang dalam pengembangan teori pembelajaran di sekolah, dan (2) manfaat praktis yang memberikan dampak secara langsung terhadap komponen-komponen pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
1.      Manfaat Teoritis
Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai ada atau tidaknya perbedaan atau peningkatan hasil belajar  pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbantuan LKS terstruktur dibandingkan model pembelajaran konvensional. Informasi yang didapatkan melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan bantuan positif dalam ilmu pengetahuan di bidang pendidikan, khususnya dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD yang dapat menumbuh kembangkan kemauan belajar bagi peserta didik, meningkatkan interaksi, motivasi belajar, kerjasama, saling belajar, keakraban, saling menghargai dan partisipasi antar peserta didik, sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.
2.      Manfaat Praktis
Manfaat praktis yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.      Bagi Siswa
Dengan diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD BerbantuanLKS Terstrukturini dapat memberikan peluang kepada siswa untuk lebih mudah memahami materi dan siswa akan merasa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran sehingga nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
2.      Bagi Guru
      Guru yang terlibat dalam penelitian ini akan memperoleh pengalaman dalam merancang dan menerapkan model pembelajaran yang baru yang mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Diharapkan dari pengalaman tersebut, para guru dapat mengembangkan sumber belajar sejenis pada materi pelajaran lainnya dan dapat menerapkannya di kelas.
3.      Bagi Peneliti Lain
Peneliti mendapatkan pengalaman langsung sebagai calon guru dalam merancang dan menerapkan model pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD BerbantuanLKS Terstruktur.
4.      Bagi Sekolah
Informasi mengenai hasil belajar terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADBerbantuanLKS Terstruktur dapat dijadikan bahan masukan bagi sekolah yang bersangkutan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa secara keseluruhan.
5.      Bagi Lembaga
Pengembangan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe STAD Berbantuan LKS terstruktur dapat dijadikan salah satu acuan dalam microteaching di UNDIKSHA maupun PPL di sekolah.

BAB II
KAJIAN TEORI DAN PERUMUSAN HIPOTESIS

2.1  Deskripsi Teori
2.1.1 Hasil Belajar
a)      Pengertian Belajar
Menurut Djamarah, 1991 (dalam Semana, 2014 20) bahwa” belajar adalah suatu aktivitas sadar akan tujuan. Tujuan dalam belajara adalah terjadinya suatu perubahan dalam diri individu. Perubahan dalam arti menuju keperkembangan pribadi yang telah dipelajari”
Menurut W.S. Winkel (2002) (dalam Susanto,2000:04) belajar adalah suatu aktivitas mental yang berlangsung dalam interaksi aktif antara seseorang dengan lingkungan, dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap yang bersifat relative konstan dan berbekas.
b)      Pengertian Hasil Belajar
Menurut Nawawi (dalam K. Brahim, 2007:39) “hasil belajar diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dengan skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu”. Susanto,(2000:5) menyatakan “hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar”.   Suprijono Agus (2009:5) “Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pngertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan”.
Dari kajian teori di atas  dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotor yntuk meningkatkan nilai-nilai dari setiap individu.
c)      Macam- Macam Hasil belajar
Adapun macam-macam hasil belajar menurut Susanto (2000: 8) adalah sebagai berikut.
1.      Pemahaman Konsep
Pemahaman menurut Bloom (1979:89) (dalam Susanto, 2000:8) diartikan sebagai kemampuan untuk menyerap arti  dari materi atau bahan yang dipelajari. Pemahaman menurut Bloom ini adalah seberapa besar siswa mampu menerima, menyerap, dan memahami pelajaran yang diberikan oleh guru kepada siswa, serta mengerti apa yang dibaca, atau yang di rasakan berupa hasil penelitian atau observasi langsung yang dilakukan.
2.      Keterampilan Proses
Menurut Susanto (2000:9) “keterampilan proses merupakan keterampilan yang mengarah kepada pembangunan kemampuan mental, fisik, dan sosil yang mendasar sebagai pengerak kemampuan yang lebih tinggi dalam diri individu siswa”.
Indrawati ( 1993:3) (dalam Susanto,2000:9) menyatakan,
Keterampilan proses merupakan keseluruhan keterampilan ilmiah yang terarah baik kogniktif maupun psikomotorik yang dapat digunakan untuk menemukan suatu konsep atau prinsip atau teori, untuk mengembangkan konsep yang telah ada sebelumnya, atau untuk melakukan penyangkalan terhadap suatu penemuan (falsifikasi).
Indrawati menyebutkan ada enam aspek keterampilan proses, yang meliputi: observasi, klasifikasi, pengukuran, mengomunikasikan, memberikan penjelasan atau interpretasi terhadap suatu pengamatan, dan melakukan eksperimen.
3.      Sikap
Menurt Lange dalam Azwar ( 1998:3) sikap tidak hanya merupakan aspek mental semata, melainkan mencakup pula aspek respon fisik. Sikap ini harus ada kekompakan antara mental dan fisik secara serempak. Azwar mengungkapkan tentang struktur sikap terdiri atas tiga komponen yang saling menunjang, yaitu: komponen kognitif, apektif, konatif.
d)     Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Gestalt (dalam Susanto,2000:12) “ belajar merupakan suatu proses perkembangan. Artinya secara kodrati jiwa anak mengalami perkembangan. Berdasarkan teori ini hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua hal, siswa itu sendiri dan lingkungannya”. Wasliman (2007:158) “Hasil belajar yang tercapai oleh peserta didik merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi, baik faktor internal maupun ekxternal”. Secara terperinci uraian mengenai faktor internal dan eksternal sebagai berikut.
1.      Faktor internal merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri peserta didik, yang mempengaruhi kemampuan belajarnya. Faktor internal ini meliputi kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, kebiasaan belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan.
2.      Faktor eksternal berasal dari luar diri peserta didik yang mengeruhi hasil belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.
e)      Tes Hasil Belajar IPA
Tabel 2.1
Spesifikasi Taksonomi Bloom Revisi

Dimensi Pengetahuan
Dimensi Proses Kognitif
C1
C2
C3
C4
C5
C6
Faktual (K1)






Konseptual (K2)






Procedural (K3)






Metakogniktif (K4)






(Sumber: Anderson dan Krathwohl,2010) dalam(Pertiwi, 2016)
Keterangan :
C1 : Mengingat
C2 : Memahami
C3 : Menerapkan
C4 : Menganalisis
C5 : Mengevaluasi
C6 : Mencipta
Tabel 2.2
 Perincian Data Tes Hasil Belajar IPA Kelas III Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisis Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng
Dimensi Pengetahuan
Dimensi Proses Kognitif
C1
C2
C3
C4
C5
C6
Faktual (K1)
9, 14, 32, 36, 37, 38
2, 20, 3
4, 12, 15, 22



Konseptual (K2)
1, 27, 28, 44, 45
6, 7, 13, 16, 17, 24, 25, 30, 33, 34,35,39,40, 41,42,43
19



Procedural (K3)
5,10, 26,29, 31
8, 11, 18, 21, 23




Metakogniktif (K4)






Jumlah
16
24
5



( Sumber : data diolah sendiri, 2018)
SK: Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi.
KD:     -Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
       -Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
( Sumber: Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
Berdasarkan data yang telah disajikan tabel di atas bahwa tes hasil belajar terdiri atas 5 soal mencakup ke dalam dimensi kognitif menjelaskan, dan 14 soal mencakup kedalam dimensi kognitif mencirikan dan 6 soal mencakup kedalam dimensi kognitif mengurutkan atau menerapkan. Hasil deskripsi dari tes hasil belajar IPA kelas III SD Gugus I Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng menunjukkan bahwa soal didominasi pada dimensi kognitif mencirikan
2.1.2 Pembelajaran Kooperatif
a)      Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Dalam pembelajaran kooperatif dalam kegiatan belajar mengajar akan dibentuk kelompok-kelempok yang heterogen, dengan adanya kelompok ini maka siswa akan belajar untuk bisa berkomunikasi dengan baik, sehingga bagaimana sikap siswa dalam proses pembelajaran juga bisa diamati. Menurut model pembelajaran kooperatif ini berhasilnya suatu proses belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh kemampuan individu saja, melainkan proses belajar mengajar ini akan lebih baik bilamana dilakukan secara bersama–sama dalam kelompok–kelompok belajar kecil yang terstruktur dengan baik (Rusman, 2012).
Menurut Umi ( 2016:26) menyatakan “ pembelajaran kooperatif yaitu salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik”.
Samana, (2014:8) menyatakan,
Pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk –bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran kooperatif lebih diarahkan oleh guru, dimana guru menetapkan tugas dan pertanyaan-pertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu peserta didik menyelesaikan masalah yang dimaksud. Guru biasanya menetapkan bentuk ujian tertentu pada akhir tugas.

Wina Sanjaya,(2006-242) “Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran dengan menggunakan system pengelompokan/tim kecil, yaitu antara 4-6  orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik, jenis kelamin, ras, atau suku yang berbeda”.
Adapun unsur-unsur dalam model pembelajaran kooperatif menurut Roger dan David Johnson ( dalam Suprijono Agus, 2009:58) sebagai berikut : 1) Positive interdependence ( saling ketergantungan positif) 2) Personal responsibility (tanggung jawab perseorangan) 3) Face to facepromotive interaction (interaksi promotif) 4) Interpersonal skill (komunikasi antaranggota) 5) Group processing (pemrosesan kelompok)
Dari pendapat beberapa ahli di atas dapat disimpulkan  bahwa pembelajaran kooperatif adalah kegiatan belajar mengajar yang membentuk kelompok- kelompok secara heterogen untuk menyelesaikan masalah secara bersama- sama guna meningkatkan sikap positif antar siswa.
b)      Karakteristik Strategi Pembelajaran Kooperatif
Wina Sanjaya (2006:224), mengemukakan karakteristik strategi pembelajaran kooperatif sebagai berikut.
a.       Pembelajaran Secara Tim
Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran secara tim. Tim merupakan tempat untuk mencapai tujuan. Untuk itulah, Kriteria keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh tim.


b.      Didasarkan pada Manajemen Kooperatif
Sebagai mana pada umumnya, menajemen mempunyai empat fungsi pokok, yaitu fungsi perencanaan, fungsi organisasi, fungsi pelaksanaan, dan fungsi kontrol.
c.       Kemauan untuk Bekerja Sama
Keberhasilan pembelajaran kooperatif ditentukan oleh keberhasilan secara kelompok. Prinsip bekerjasama perlu ditekankan dalam proses pembelajaran kooperatif. Setiap anggota kelompok bukan saja harus diatur tugas dan tanggung jawab masing-masing, akan tetapi juga ditanamkan perlunya saling membantu.
d.      Keterampilan Bekerja Sama
Kemauan untuk berkerja sama itu kemudian dipraktikkan melalui aktivitas dan kegiatan yang tergambarkan dalam keterampilan bekerja sama. Siswa perlu dibantu mengatasi berbagai hambatan dalam berinteraksi dan berkomunikasi, sehingga setiap siswa dapat menyampaikan ide, mengemukakan pendapat, dan memberikan kontribusi kepada keberhasilan kelompok.
c)      Prinsip- prinsip Pembelajaran Kooperatif
Wina Sanjaya (2006:246), mengemukakan empat prinsip dasar pembelajaran kooperatif sebagai berikut
1        Prinsip ketergantungan positif ( Positive Interdependence)
Untuk menciptakan kelompok kerja yang efektif, setiap anggota kelompok masing –masing perlu membagi tugas sesuai dengan tujuan kelompoknya. Tugas tersebut tentu saja disesuaikan dengan kemampuan setiap anggota kelompoknya. Inilah disebut ketergantungan positif artinya tugas kelompok tidak mungkin bisa diselesaikan manakala ada angota kelompok yang tidak bisa menyelesaiakan tugasnya, dan semua ini memerlukan kerja sama yang baik dari masing- masing anggota kelompok.
2        Tanggung Jawab Perseorangan ( Individual Accountability)
Prinsip ini merupakan konsekuensi dari prinsip yang pertama. Oleh karena keberhasilan kelompok tergantung pada setiap anggotanya, maka setiap anggota memiliki tanggung jawab sesuai dengan tugasnya.
3        Interaksi Tatap Muka ( Face to Face Promotion Interaction)
Pembelajaran kooperatif memberi ruang dan kesempatan yang luas kepada setiap anggota kelompok untuk bertatap muka saling memberikan informasi dan saling membelajarkan.
4        Partisipasi dan Komunikasi ( Participation Communication)
Pembelajaran kooperatif melatih siswa untuk dapat mamapu berpartisipasi aktif dan berkomunikasi. Kemampuan ini sangat penting sebagai bekal mereka dalam kehidupan dimasyarakat kelak.
d)     Prosedur Pembelajaran Kooperatif
Wina Sanjaya (2006:248), mengemukakan prosedur pembelajaran kooperatif sebagai berikut.
1.      Penjelasan Materi
Tahap penjelasan diartikan sebagai proses penyampaian popok-pokok materi pembelajaran sebelum siswa belajar dalam kelompok. Tujuan utama dalam tahap ini adalah pemahaman siswa terhadap pokok materi pelajaran.

2.      Belajar dalam Kelompok
Siswa diminta untuk belajar pada kelompoknya masing-masing yang telah dibentuk sebelumnya, bersifat heterogen.
3.      Penilaian
Penilaian dalam setrategi pembelajaran kooperatif bisa dilakukan dengan tes atau kuis. Tes atau kuis dilakukan baik secara individual maupun secara kelompok.
4.      Pengakuan Tim
Pengakuan tim (team recognition) adalah penetapan tim yang dianggap paling menonjol atau tim paling berprestasi untuk kemudian diberikan penghargaan atau hadiah.
e)      Keunggulan dan Kelemahan Strategi Pembelajaran Kooperatif
Wina Sanjaya (2006:248), mengemukakan keunggulan dan kelemahan strategi pembelajaran kooperatif, sebagai berikut.
1)      Keunggulan Strategi Pembelajaran Kooperatif
a.       Melalui strategi pembelajaran kooperatif siswa tidak terlalu menggantungkan pada guru, akan tetapi menambah kepecayaan kemampuan berpikir sendiri, menemukan informasi dari berbagai sumber, dan belajar dari siswa yang lain.
b.      Strategi pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan kemampuan mengungkapkan idea tau gagasan dengan kata-kata secara verbal dan membandingkannya dengan ide-ide orang.
c.       Dapat membantu anak untuk respek pada orang lain dan menyadari akan segala keterbatasannya serta menerima segala perbedaan
d.      Dapat membantu memberdayakan setiap siswa untuk lebih bertanggung jawab
e.       Merupakan suatu strategi yang cukup ampuh untuk meningkatkan prestasi akademik sekaligus kemampuan sosial, termasuk mengembangkan rasa harga diri, hubungan interpersonal yang positif dengan orang lain, mengembangkan keterampilan me-manage waktu dan sikap positif terhadap sekolah.
f.       Dapat mengembangkan kemampuan siswa untuk menguji ide dan pemahamannya sendiri menerima umpan balik. Siswa dapat berpraktik memecahkan masalah tanpa takut berbuat salah, karena keputusan yang dibuat adalah tanggung jawab kelompoknya.
g.      Dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan informasi dan kemampuan belajar abstrak menjadi nyata (riil)
h.      Interaksi selama kooperatif berlangsung dapat meningkatkan motivasi dan memberikan rancangan untuk berpikir. Hal ini berguna untuk proses pendidikan jangka panjang.
2)      Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif
a.       Untuk memamhami dan mengerti filsofis pembelajaran kooperatif memang butuh waktu. Sangat tidak rasional kalau kita mengharapkan secara otomatis siswa dapat mengerti dan memahami filsafat kooperatif. Untuk siswa yang dianggap memiliki kelebihan. Contohnya, mereka akan merasa terhambat oleh siswa yang dianggap kurang memiliki kemampuan. Akibatnya, keadaan semacam ini dapat mengganggu iklim bekerja sama dalam kelompok.
b.      Ciri utama dari pembelajaran kelompok adalah bahwa siswa saling membelajarkan. Oleh karena itu, jika tanpa peer teaching yang efektif, maka dibandingkan dengan pengajaran langsung dari guru, bisa terjadi cara belajar yang demikian apa yang seharusnya dipelajari dan dipahami tidak pernah dicapai oleh siswa.
c.       Penilaian yang diberikan dalam pembelajaran kooperatif didasarkan pada hasil kerja kelompok. Namun demikian, guru perlu menyadari, bahwa seharusnya hasil atau prestasi yang diharapkan adalah prestasi setiap individu siswa.
d.      Keberhasilan pembelajaran kooperatif dalam upaya mengembangkan kecerdasan berkelompok memerlukan periode waktu yang cukup panjang. Dan hal ini tidak mungkin dapat tercapai hanya dengan satu kali atau sekali-kali penerapan strategi ini.
e.       Walaupun kemampuan kerja sama merupakan kemampuan yang sangat penting untuk siswa, akan tetapi banyak aktifitas dalam kehidupan  yang hanya didasarkan kemampuan secara individual. Oleh karena itu, idealnya melalui pembelajaran kooperatif selesai siswa belajar bekerja sama, siswa juga harus belajar bagaimana membangun kepercayaan diri.
2.1.3    Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
a)      Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievementt Devision )
Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4 – 5 orang siswa secara heterogen. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis dan penghargaan kelompok (Trianto, 2007:52)
Ngalimun (2001: 236) menyatakan,
STAD adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dengan sintak pengetahuan, buat kelompok heterogen 4-5 orang, diskusikan bahan belajar LKS, modul secara kolaboratif, sajian presentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan individual dan berikan reward”.
Robert Slavin ( dalam Sani dan Kurniasih, 2015:22) Model Pembelajaran STAD dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya diUniversitas John Hopkins.Siswa dalam satu kelas tertentu dipecah menjadi kelompok dengan anggota 4- 5 orang, usahakan setiap kelompok beranggotakan dengan heterogen, terdiri atas laki-laki dan perempuan, berbagai suku , memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Anggota tim menggunakan lembar kegiatan atau perangkat pembelajaran yang lain untuk menuntaskan materi pelajarannya dan kemudian saling saling membantu satu sama lain untuk memahami bahan pelajaran melalui diskusi dan kuis.
Melalui STAD, penghargaan kelompok didasarkan atas yang didapatkan oleh kelompok dan skor kelompok ini diperoleh dari peningkatan individu dalam setiap kuis. Sumbangan poin peningkatan siswa terhadap kelompoknya didasarkan atas ketentuan.
Dari pendat beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD merupakan pembelajaran yang menggunakan kelompok- kelompok kecil yang beranggota 4-5 orang dibentuk secara heterogen.
b)      Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievementt Devision )
Menurut Slavin ( dalam Seni dan Kurniasih), adapun kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini adalah.
1.      Kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
a.       Didalam kelompok siswa dituntut untuk aktif sehingga dengan model ini siswa dengan sendirinya akan percaya diri dan meningkat kecakapan individunya.
b.      Interaksi sosial yang terbangun dalam kelompok, dengan sendirinya siswa belajar bersosialisasi dengan lingkungannya ( kelompok )
c.       Dengan kelompok yang ada, siswa diajarkan untuk membangun komitmen untuk mengembangkan kelompoknya.
d.      Mengajarkan menghargai orang lain dan saling percaya.
e.       Dalam kelompok siswa diajarkan untuk saling menegerti dengan materi yang ada, sehingga siswa saling memberitahu dan mengurangi sifat kompetitif.
2.      Kekurangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
a.       Karena tidak adanya kompetisi diantaranya anggota masing-masing kelompok, anak yang berprestasi biasa saja menurun semangatnya.
b.      Jika guru tidak bias mengarahkan anak, maka anak yang berprestasi biasa jadi lebih dominan dan tidak terkendali.
c)      Teknis Pelaksanaan Model Pembelajaran Tipe STAD


Tabel 2.3
Fase Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Devision )
Fase
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotifasi siswa
Fase 2
Menyajikan/ menyampaikan informasi
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Fase 5
Evaluasi
Fase 6
Memberikan penghargaan
(Sumber : Slavin dalam Sani dan Kurniasih, 2015: 22)

2.1.4   LKS Terstruktur
a)      Pengertian LKS
Menurut Trianto ( 2009:222) “LKS adalah panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah”.
Lembar kegiatan siswa dapat berupa panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen atau demontrasi. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) memuat sekumpulan kegiatan mendasar yang harus dilakukan oleh siswa untuk memaksimalkan pemahaman dalam upaya pembentukan kemampuan dasar sesuai indikator pencapaian hasil belajar yang harus ditempuh. Komponen- komponen LKS meliputi: judul eksperimen, teori singkat tentang materi, alat dan bahan. Prosedur eksperimen, data pengamatan, serta pertanyaan dan kesimpulan untuk bahan diskusi.
Lembar kegiatan siswa dibagi dalam dua macam, yaitu: (1) lembar kegiatan yang berisi sarana untuk melatih, mengembangkan keterampilan serta menemukan konsep dalam suatu tema (Lembar Kegiatan Siswa Tak Berstruktur). (2) lembar kegiatan siswa yang dirancang untuk membimbing siswa dalam suatu proses belajar mengajar dengan atau tanpa bimbingan guru LKS. Muslimin Ibrahim,2008. ( dalam kundi, 2013:221)
1.      LKS Tak Terstruktur
LKS tak terstruktur adalah lembaran sarana untuk menunjang materi pembelajaran sebagai sumber kegiatan belajar siswa yang dipakai guru untuk menyampaikan pembelajaran. Lembar kegiatan ini dapat dipakai untuk mempercepat proses pengajaran, memberi dorongan belajar tiapa individu atau melengkapi materi pelajaran buku paket dan dapat berisi petunjuk tertulis atau digunakan pengarahan.
2.      LKS Terstruktur
LKS terstruktur adalah lembar kerja yang dirancang untuk membimbing siswa dalam suatu program kerja pelajaran dengan sedikit bantuan dari guru untuk mencapai sasaran yang dituju dalam pembelajaran tersebut. LKS terstruktur dilengkapi dengan petunjuk dan pengarahan tetapi tidak dapat menggantikan peranan guru. Artinya, secara keseluruhan guru masih memegang peranan dalam pelaksanaan dan perencanaan mengajar yang sudah dipersiapkan sebelumnya yaitu menyangkut kegiatan utama seperti memberi rangsangan, bimbingan, pengarahan serta dorongan (Kundi,2013)
b)      Pengertian LKS Tersetruktur
LKS terstruktur adalah lembar kerja yang dirancang untuk membimbing siswa dalam suatu program kerja pelajaran dengan sedikit bantuan dari guru untuk mencapai sasaran yang dituju dalam pembelajaran tersebut. LKS terstruktur dilengkapi dengan petunjuk dan pengarahan tetapi tidak dapat menggantikan peranan guru. Artinya, secara keseluruhan guru masih memegang peranan dalam pelaksanaan dan perencanaan mengajar yang sudah dipersiapkan sebelumnya yaitu menyangkut kegiatan utama seperti memberi rangsangan, bimbingan, pengarahan serta dorongan.
c)      Tujuan LKS Tersetruktur
Adapun tujuan LKS terstruktur menurut Penyelenggaraan Pemantapan Kerja Guru Matematika (dalam Widyastiti, 2007) adalah sebagai berikut.
a.       Merupakan alternatif bagi guru untuk memantapkan pemahaman siswa dalam mengarahkan kegiatan belajar siswa dan memperkenalkan suatu definisi, konsep, prinsip, dan keterampilan.
b.      Dapat mempercepat proses pembelajaran dengan azas pelaksanaan efektifitas dan efisiensi.
c.       Melatih daya pikir siswa agar penguasaanya lebih mantap dalam mempelajari materi pelajaran.
d)     Kelebihan LKS Terseteruktur
Menurut Penyelenggaraan Pemantapan Kerja Guru Matematika SLU (dalam Widyastiti, 2007) Adapun kelebihan LKS terstruktur mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya sebagai berikut.
a.       Situasi kelas dapat dikuasai oleh guru, karena guru tidak membelakangi siswa.
b.      Meringankan kerja guru dalam memberikan bantuan kepada siswa secara perorangan.
c.       Dalam memberikan respon secara cepat, sehingga guru secepat mungkin dapat memprediksi tingkat ketuntasan siswa terhadap pemahaman suatu materi pelajaran.
d.      Dapat mengoptimalkan konsentrasi berpikir siswa, karena situasi yang diamati sangat dekat.
e.       Dapat mengoptimalkan aktivitas interaksi dan latihan pemahaman dalam menyelesaikan latihan soal-soal.
f.       Memerlukan waktu yang relatif singkat dalam membagikan lembar kegiatan.
Dengan demikian, melalui penggunaan LKS terstruktur siswa akan termotivasi untuk menemukan sendiri konsep matematika karena dengan LKS terstruktur siswa diberikan bimbingan. Selain itu, siswa juga dilatih untuk berpikir lebih tersruktur atau sistematis.
2.1.5   Pembelajaran Konvensional
1)      Model Pembelajaran Konvensional
Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara siswa dengan lingkungan belajar, setiap gurutentunya memiliki cara-cara tersendiri untuk menyampaikan informasi kepaada siswaanya. Pembelajaran yang masih banyak berlaku dan banyak digunakan oleh guru saat ini adalah pembelajaran konvensional.
Rasana (2009:19) menyatakan “pembelajaran konvesional (tradisional) dapat disebut sebagai model pembelajaran karena didalamnya mengadung sintaks, system sosial, prinsip-prinsip reaksi, dan system dukungan”. Sintaknya mencakup pemberian informasi oleh guru, tanya jawab, pemberian tugas oleh guru, pelaksanaan tugas oleh siswa sampai pada akhirnya guru merasa bahwa apa yang telah diajarkan dapat dimengerti oleh siswa. Sistem sosial difokuskan pada peran guru dan siswa, hubungan siswa dengan guru, dan jenis-jenis norma yang dikembangkan. Peran siswa adalah sebagai objek dari pendidikan bukan sebagai subjek pendidikan atau peserta didik. Peran guru adalah sebagai penguasa atau bersifat otoriter. Hubungan yang dibangun adalah hubungan atasan dengan bawahan. Jenis-jenis norma yang dikembangkan adalah kepatuhan dan keseragaman. Prinsip-prinsip reaksi difokuskan pada pembentukan prilaku pasif atau menerima sajaapa yang dikatakan guru tanpa ada bantahan atau proses.
Menurut Utami (2017:44) pembelajaran konvensional memiliki cirri-ciri yang dapat membedakan dengan model pembelajaran lainnya, diantaranya; 1) pembelajaran berpusat pada guru, 2) terjadi passive learning, 3) interaksi antar siswa kurang, 4) Tidak ada kelompok-kelompok kooperatif, 5) penilaian bersifat sporadic.
Dari kajian teori di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru. Pembelajaran konvensional lebih berpusat kepada guru, sedangkan siswa pasif mengikuti pelajaran.
2.1.6        Pembelajaran IPA
a)      Pengertian IPA
Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu pengetahuan yang mempelajarai gejala-gejala melalui serangkaian proses ilmiah yang dibangun berdasarkan serangkaian sikap ilmiah.(Ningtias, 2006:171). Samana (2014:5) menyatakan IPA berasal dari bahasa inggris “science” yang artinya alamiah, berhubungan dengan alam atau bersangkutan dengan alam. Secara harfiah IPA berarti ilmu tentang alam, ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang terjadi dialam. Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dialam semesta, termasuk bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip.
IPA merupakan bagian dari ilmu pengetahuan atau sains yang semula dari bahasa inggris “science” berasal dari kata bahasa latin “scientia” yang berarti saya tahu. “science terdiri dari social sceinces (ilmu pengetahuan sosial) dan natural science (ilmu pengetahuan alam). Namun dalam perkembanganya science sering diterjemahkan sebagai sains yang berarti ilmu pengetahuan alam (IPA). ( Trianto,2012:136)
Menurut Wahyana (1988) (dalam Trianto,2012:136) IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematik, dan dalam penggunaan secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Perkembangannya tidak hanya ditandai oleh adanya kumpulan fakta, tetapi oleh adanya metode ilmiah dan sikap ilmiah.
Dari kajian teori di atas dapat disimpulkan bahwa IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam yang ditandai dengan kumpulan fakta dan metode ilmiah dan sikap ilmiah.
b)      Pendidikan IPA SD
Menurut Carin dan Su (1985) (dalam Kusmaryanti dan Sudana, 2013:32) pembelajaran IPA untuk anak SD paling tepat ialah dengan menggunakan pendekatan Guided Discovery yaitu suatu gabungan antara pendekatan ekspositori dengan pendekatan inkuiri. Maksudnya adalah bahwa usia SD masih memerlukan bimbingan dari guru untuk mengetahu bagaimana cara belajar yang efektif untuk dapat menemukan sendiri konsep-konsep IPA. Bagi anak yang yang lebih dewasa, dapat menggunakan pendekatan Eksploratory Discovery dimana kadar dominasi guru menjadi lebih kecil dan kadar aktivitas kemandirian siswa lebih besar.
2.2 Kajian Hasil Penelitian Relevan
Beberapa penelitian yang relevan dan dapat digunakan sebagai acuan atau landasan berpikir adalah sebagai berikut
1.    Studi eksperimen yang dilakukan oleh Sri Hadayani (2014) yaitu, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (stad) berbantuan media gambar untukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Panas. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media gambar.
2.    Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD  (Student Team Achivement Divisions) Dengan Media Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IXA SMP Negeri 19 Manokwari (Umi Uswatun Cashanah dkk, 2016). Hasil dari penelitian ini Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif IPA di SMPN 19 Manokwari.
3.    Studi eksperimen yang dilakukan oleh Nani Lestari, dkk (2014) yaitu, Penggunaan Lks Terstuktur Berbasis Pbl Untuk Meremediasi Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas X SMA. Penelitian ini dilaksanakan dalam pembelajaran Fisika Kelas X di SMA Negeri 6 Pontianak. Hasil dari penelitian ini adalah Setelah diberikan remediasi menggunakan menggunakan LKS berbasis PBL terdapat penurunan persentase jumlah siswa yang mengalami kesulitan.
4.    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada  Materi luas Permukaan dan Volume Limas Di kelas VIII SMP Negeri 5 Palu (Wisnu Aam Abimanyu,2015). Hasil dari penelitian ini Penerapan model pembelajaran kooperatif STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume limas di kelas VIII SMP Negeri 5 Palu, sesuai dengan langkah-langkah STAD yaitu: (1) penyajian kelas, (2) pembagian kelompok, (3) team studi monitoring, (4) evaluasi dan (5) penghargaan kelompok.
5.    Studi eksperimen yang dilakukan oleh Putu Suarniti Noviantari (2015) tentang Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle “5e” Berbantuan LKS Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Karangasem. Hasil penelitian ini adalah Implemenatsi modelpembelajaran Learning Cycle”5E” mampu meningkatkankemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Karangasem baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
6.    Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) disertai Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran IPA Di SMP (Lingga Wahyu Ningtias, dkk. 2016). Penelitian ini dilaksanakan di di SMP Negeri 7 Bondowoso pada semester ganjil tahun ajaran 2015/ 2016. Hasil dari penelitian ini ada perbedaan yang signifikan antara siswa yag diajarkan dengan dengan model kooperatif tipe STAD disertai LKS dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung yang biasa diajarkan di sekolah pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 7 Bondowoso. Aktivitas belajar siswa selama menggunakan model kooperatif tipe STAD disertai LKS dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 7 Bondowoso termasuk dalam kategori sangat aktif. Motivasi belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD disertai LKS dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 7 Bondowoso termasuk dalam kategori sangat termotivasi.
2.3 Kerangka Berpikir
Pembelajaran langsung masih sering diterapkan oleh guru dalam  proses belajar mengajar di kelas. Ciri dari pembelajaran langsung guru secara langsung mentransfer pengetahuan kepada siswa dan siswa hanya menerima apa yang dijelaskan dan disampaikan oleh guru. Dalam pembelajaran langsung dalam proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru, sedagkan siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang dijelaskan oleh guru. Dalam pembelajaran langsung kurang adanya komunikasi dan interaksi antara siswa dengan siswa lainnya. Pada pembelajaran langsung siswa menjadi pasif dikelas karena siswa hanya menerima apa yang dijelaskan oleh guru tanpa ikut mencari informasi-informasi lain yang berhubungan dengan pembelajaran. Kemampuan siswa dalam menyerap informasi yang disampaikan oleh guru berbeda-beda sehingga peluang ketidakberhasilan dalam pembelajaran sangat tinggi yang nantinya akan berpengaruh ke hasil belajar siswa.
Hasil belajar siswa menurut taksonomi bloom terdiri dari 3 ranah yaitu: ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Ranah kognitif terdiri dari 6 jenjang yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, evaluasi. Dimana keenam jenjang dalam ranah kognitif ini saling berhubungan. Jenjang kedua akan dapat tercapai apabila jenjang pertama sudah bisa dikuasai, begitu juga selanjutnya untuk jenjang-jenjang yang lebih tinggi. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah guru. Guru dalam menerapkan pembelajaran harus menjadi guru yag kreatif dan inovatif dalam menerapkan model –model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat, akan mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Guru seharusnya bisa memilih model pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan di dalam kelas, sehingga kegiatan belajar mengajar dikelas menjadi efektif. Siswa bisa berperan aktif dalam pembelajaran untuk menemukan hal-hal baru terkait pembelajaran baik melalui media massa maupun diskusi antar sesama siswa.
Terkait dengan hal tersebut, diperlukan suatu perubahan dalam model pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan berbantuan LKS Terstruktur.
Student Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model yang cocok digunakan oleh guru yang baru mulia menggunakan model belajar kooperatif (Arnyana :2007). Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe STAD yaitu ; 
1.      Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa : Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
2.      Menyajikan informasi : Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bacaan.
3.      Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar: Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
4.      Membimbing kelompok bekerja dan belajar: Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas/LKS.
5.      Evaluasi : Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
6.      Memberikan penghargaan : Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.
Dalam STAD siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4 – 5 orang, dimana setiap kelompok haruslah heterogen. Anggota masing-masing tim dapat menggunakan lembar kerja siswa (LKS) yang sudah disiapkan oleh guru untuk mempermudah memahami materi. Ada beberapa jenis LKS salah satunya yaitu LKS Terstruktur. LKS Terstruktur adalah lembar kerja yang dirancang untuk membimbing siswa dalam suatu program kerja pelajaran dengan sedikit bantuan guru untuk mencapai sasaran yang dituju dalam pembelajaran tersebut. LKS terstruktur dilengkapi dengan petunjuk dan pengarahan tetapi tidak dapat menggantikan peranan guru.
Berdasarkan alur berpikir tersbut dapat dibuat skema kerangka berpikir seperti pada Gambar 2.1


Gambar 2.1
Kerangka Berpikir




2.4  Perumusan Hipotesis
Berdasarkan uraian Kajian teori dan kerangka berpikir diatas, dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut:
1.      Terdapat  pengaruh secara efektif  implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan berbantual LKS terstruktut terhadap hasil belahar IPA siswa kelas III Gugus I kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.
Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan LKS terstruktur dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III Gugus I kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang