PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING................................................... ii
LEMBAR PERSETUJUAN DOSEN PENGUJI.............................................. iii
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN......... iv
ABSTRAK......................................................................................................... v
PRAKATA......................................................................................................... vi
DAFTAR ISI...................................................................................................... viii
DAFTAR TABEL.............................................................................................. x
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... xi
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... xii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1
1.1 Latar
Belakang................................................................................... 1
1.2 Identifikasi Masalah........................................................................... 6
1.3 Pembatasan Masalah........................................................................... 7
1.4 Rumusan Masalah............................................................................... 7
1.5 Tujuan Penelitian................................................................................ 8
1.6 Manfaat Penelitian.............................................................................. 8
BAB II KAJIAN TEORI................................................................................... 10
2.1 Deskripsi Teoretis............................................................................... 10
2.2 Kajian Hasil Penelitian yang Relevan................................................. 33
2.3 Kerangka Berpikir.............................................................................. 35
2.4 Perumusan Hipotesis.......................................................................... 37
BAB III METODE PENELITIAN.................................................................... 38
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian............................................................ 38
3.2 Rancangan
Penelitian......................................................................... 38 3.3 Populasi dan Sampel Penelitian................................................................................................ 42
3.4 Kontrol
Validitas Internal dan Eksternal........................................... 46
3.5 Metode
Pengumpulan Data................................................................ 49
3.6 Metode
dan Teknik Analisis Data...................................................... 64
3.7 Hipotesis
Statistik............................................................................... 68
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN................................. 71 4.1 Deskripsi Data 71
4.2 Pengujian Asumsi............................................................................... 77
4.3 Pengujian Hipotesis............................................................................ 80
4.4 Pembahasan Hasil Penelitian.............................................................. 81
4.5 Implikasi............................................................................................. 84
BAB V PENUTUP............................................................................................. 86
5.1 Rangkuman......................................................................................... 86
5.2 Simpulan............................................................................................. 88
5.3 Saran................................................................................................... 89
DAFTAR RUJUKAN........................................................................................ 91
LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 1.1 Nilai UAS IPS
Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan
Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018.............................................. 4
Tabel 2.1 Domain Kognisi Bloom................................................................... 13
Tabel 2.2 Dimensi Proses Kognisi................................................................... 15
Tabel 2.3 Langkah-langkah Model Pembelajaran Time Token........................ 24
Tabel 2.4 Langkah-langkah Model Pembelajaran Time Token Berbantuan
Media Audio
Visual.......................................................................... 31
Tabel 3.1 Rancangan Nonequivalent Post-test Only Control Group Design. .. 39
Tabel 3.2 Data Jumlah Populasi Penelitian
Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018......................................................................... 43
Tabel 3.3 Ringkasan Hasil Uji
Kesetaraan Populasi Penelitian....................... 44
Tabel 3.4 Data Sampel Penelitian.................................................................... 45
Tabel 3.5 Metode Pengumpulan Data............................................................. 50
Tabel 3.6 Matriks Tabulasi............................................................................... 54
Tabel 3.7 Matriks Tabulasi Silang 2×2............................................................. 54
Tabel 3.8 Koefisien Validitas Isi..................................................................... 55
Tabel 3.9 Hasil Validitas Butir Tes.................................................................. 56
Tabel 3.10 Hasil Tingkat Kesukaran Butir Tes.................................................. 60
Tabel 3.11 Hasil Daya Beda Butir Tes.............................................................. 63
Tabel 3.12 Skala Penilaian Hasil Belajar IPS pada Skala
Lima......................... 66
Tabel 4.1 Deskripsi Data
HasilBelajar IPS...................................................... 72
Tabel 4.2 Distribusi Data Hasil
Belajar IPS Kelompok Eksperimen............... 73
Tabel 4.3 Konversi PAP dengan Skala
Lima................................................... 74
Tabel 4.4 Skala Penilaian Hasi Belajar............................................................. 74
Tabel 4.5 Distribusi Data Hasil
Belajar IPS Kelompok Kontrol..................... 75
Tabel 4.6 Hasil Uji Normalitas
Sebaran Data.................................................. 78
Tabel 4.7 Hasil Uji Hipotesis........................................................................... 81
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 2.1 Taksonomi Bloom........................................................................... 14
Gambar 2.2 Revisi Anderson.............................................................................. 15
Gambar 2.3 Bagan Kerangka
Berpikir................................................................ 37
Gambar 4.1 Grafik Histogram Hasil Belajar IPS Kelompok Eksperimen......... 73
Gambar 4.2 Grafik Histogram Hasil Belajar IPS Kelompok Kontrol................ 76
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran Halaman
Lampiran
01. Surat-surat Terkait Penelitian...................................................... 95
Lampiran
02. RPP Kelompok Eksperimen........................................................ 117
Lampiran
03. RPP Kelompok Kontrol.............................................................. 127
Lampiran
04. Kisi-kisi Instrumen Tes Hasil
Belajar IPS Sebelum Uji Coba..... 135
Lampiran
05. Instrumen Tes Hasil Belajar IPS
Sebelum Uji Coba................... 138
Lampiran
06. Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar IPS
Sebelum Uji Coba........... 148
Lampiran
07. Kisi-kisi Instrumen Tes Hasil
Belajar IPS Setelah Uji Coba....... 149
Lampiran
08. Instrumen Tes Hasil Belajar IPS
Setelah Uji Coba..................... 151
Lampiran
09. Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar IPS
Setelah Uji Coba............. 159
Lampiran
10. Daftar Nama Siswa Kelompok
Eksperimen................................ 160
Lampiran
11. Daftar Nama Siswa Kelompok Kontrol...................................... 161
Lampiran
12. Daftar Nama Siswa Uji Coba di SD
Negeri 1 Batuan Kaler...... 162
Lampiran
13. Daftar Nama Siswa Uji Coba di SD
Negeri 2 Batuan................ 163
Lampiran
14. Uji Kesetaraan............................................................................. 164
Lampiran
15. Hasil Validitas Isi tes.................................................................. 168
Lampiran
16. Hasil Uji Validitas Butir Tes....................................................... 169
Lampiran
17. Cara Menghitung Validitas Butir Tes......................................... 170
Lampiran
18. Hasil Uji Reliabilitas Tes............................................................. 172
Lampiran
19. Cara Menghitung Reliabilitas Tes............................................... 173
Lampiran
20. Hasil Uji Taraf Kesukaran Tes.................................................... 174
Lampiran
21. Cara Menghitung Taraf Kesukaran Tes....................................... 175
Lampiran
22. Hasil Uji Daya Beda Tes............................................................. 176
Lampiran
23. Cara Menghitung Daya Beda Tes............................................... 177
Lampiran
24. Skor Post-test Hasil Belajar IPS Kelompok Eksperimen............. 178
Lampiran
25. Skor Post-test Hasil Belajar IPS Kelompok Kontrol................... 179
Lampiran
26. Deskripsi Data Post-test Kelompok Eksperimen......................... 180
Lampiran
27. Deskripsi Data Post-test Kelompok Kontrol............................... 184
Lampiran
28. Hasil Uji Normalitas Kelompok
Eksperimen.............................. 188
Lampiran
29. Hasil Uji Normalitas Kelompok
Kontrol..................................... 191
Lampiran
30. Hasil Uji Homogenitas................................................................ 194
Lampiran
31. Hasil Uji Hipotesis...................................................................... 195
Lampiran
32. Jadwal Penelitian......................................................................... 197
Lampiran
33. Cuplikan Media Audio Visual..................................................... 198
Lampiran
34. Dokumentasi............................................................................... 203
BAB I
PENDAHULUAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Pendidikan merupakan sarana yang memiliki peranan
penting di dalam suatu bangsa, karena melalui pendidikan dapat dilahirkan
generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu membawa perubahan untuk bangsa
itu sendiri atau sering disebut dengan agent
of change. Guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dibutuhkan
pendidikan yang berkualitas pula, baik dari segi sarana-prasarana maupun dari
segi mutu pembelajaran, dalam hal ini perbaikan-perbaikan serta pembaharuan
dibidang pendidikan sangatlah dibutuhkan. Adapun upaya-upaya yang telah
dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu,
dengan penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku-buku pelajaran, perbaikan sarana
dan prasarana sekolah dengan memberikan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)
serta meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui program PPG (Pendidikan
Profesi Guru). Selain upaya-upaya tersebut, dalam meningkatkan mutu pendidikan,
tenaga pendidik juga diharapkan memberikan kontribusinya di dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran salah satunya dengan melakukan perbaikan pembelajaran
serta mengadakan inovasi baru di dalam pembelajaran.
Namun berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada
tanggal 03 dan 04 Januari 2018 di sekolah dasar yang ada di Gugus III kecamatan
Sukawati, ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru, peserta didik seringkali hanya menghafal
informasi (materi) yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tentu membuat
peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami apa yang mereka pelajari.
Selain itu, guru juga lebih mendominasi pembelajaran sehingga siswa lebih
banyak berperan sebagai penerima yang pasif. Pembelajaran yang demikian membuat
siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga
pembelajaran yang dilaksanakan menjadi kurang bermakna.
Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan pembaharuan serta
perbaikan-perbaikan di dalam pembelajaran yang dapat membangkitkan minat serta mendorong
keterlibatan siswa di dalam pembelajaran.
Jika pembelajaran yang dilaksanakan tidak dapat
membuat siswa belajar secara bermakna maka tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai tidak akan dapat terwujud, begitu pula halnya dengan tujuan pendidikan
nasional bangsa Indonesia yang telah tertuang dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional yang
menyatakan bahwa:
Pendidikan
Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung
jawab.
Guna mencapai tujuan pendidikan nasional bangsa
Indonesia tentunya harus ditunjang dengan keberhasilan proses pembelajaran yang
dilaksanakan, ada dua faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran yaitu
faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yaitu faktor-faktor yang
berasal dari masing-masing individu yang meliputi keadaan fisiologis dan
psikologis peserta didik seperti kesehatan jasmani, kecerdasan, motivasi serta
minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor-faktor yang
berasal dari luar individu yang meliputi lingkungan, materi yang dipelajari
serta guru/pengajar.
Pendidikan pada jenjang sekolah dasar mengajarkan
berbagai disiplin ilmu, salah satunya adalah IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). IPS
merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan disetiap jenjang
pendidikan, mulai dari pendidikan dijenjang sekolah dasar hingga pendidikan
dijenjang perguruan tinggi. Bidang studi IPS merupakan integrasi dari berbagai
cabang ilmu sosial seperti: sosiologi, antropologi, psikologi sosial, sejarah,
geografi, ekonomi, dan ilmu politik. Berdasarkan hal tersebut biasanya materi
yang diajarkan pada bidang studi IPS bersifat abstrak, oleh karena itu
dibutuhkan inovasi pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran IPS menjadi
lebih menarik sehingga dapat lebih mudah dipahami siswa.
Namun pada kenyataannya, pembelajaran IPS yang
dilaksanakan di sekolah dasar yang ada Gugus III Kecamatan Sukawati masih belum
optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar IPS siswa kelas V SD di
Gugus III Kecamatan Sukawati yang masih rendah sehingga dibutuhkan
inovasi-inovasi baru di dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran di sekolah tersebut.
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan,
diketahui bahwa Gugus III kecamatan Sukawati terdiri
dari enam sekolah dasar (SD) yaitu, SD Negeri 1 Batuan, SD Negeri 2 Batuan, SD
Negeri 3 Batuan, SD Negeri 4 Batuan, SD Negeri 1 Batuan Kaler, dan SD Negeri 2
Batuan Kaler. Dari keenam SD tersebut, terdapat satu SD yang telah menerapkan
kurikulum 2013 di empat jenjang kelasnya yaitu
pada kelas I, II, IV, dan V, sedangkan di kelas III dan VI masih menerapkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Oleh karena itu, SD Negeri 3 Batuan
tidak termasuk dalam populasi penelitian, sehingga yang menjadi populasi pada
penelitian ini adalah sekolah dasar yang masih menerapkan KTSP pada kelas V,
yaitu SD Negeri 1 Batuan, SD Negeri 2 Batuan, SD Negeri 4 Batuan, SD Negeri 1
Batuan Kaler, dan SD Negeri 2 Batuan Kaler.
Berdasarkan studi dokumentasi yang dilakukan pada
tanggal 9 dan 11 Desember 2017, diperoleh nilai ulangan akhir semester ganjil
siswa kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018 pada
mata pelajaran IPS dapat dilihat pada Tabel 1.1.
Tabel 1.1
Nilai UAS IPS Siswa Kelas V SD di Gugus
III
Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran
2017/2018
No.
|
Nama SD
|
Jumlah Siswa
|
KKM
|
Jumlah
|
Nilai Rata-rata Kelas
|
|
Tuntas
|
Tidak Tuntas
|
|||||
1.
|
SD N 1 Batuan
|
29
|
75
|
6
|
23
|
68,20
|
2.
|
SD N 2 Batuan
|
29
|
70
|
11
|
18
|
69,14
|
3.
|
SD N 4 Batuan
|
26
|
75
|
3
|
23
|
62,08
|
4.
|
SD N 1 Batuan Kaler
|
38
|
70
|
13
|
25
|
68,24
|
5.
|
SD N 2 Batuan Kaler
|
28
|
70
|
6
|
22
|
64,21
|
(Sumber: Wali kelas V SD di gugus III
kecamatan Sukawati)
Berdasarkan Tabel 1.1, dapat dilihat bahwa nilai
rata-rata kelas ulangan akhir semester ganjil siswa kelas V SD di gugus III
kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran IPS masih
berada di bawah KKM. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan bersama
guru kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati, terdapat beberapa faktor yang
menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa yaitu, (1) guru lebih banyak
menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga
siswa menjadi bosan dalam mengikuti pembelajaran (2) guru lebih mendominasi di
dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang aktif, (3) guru jarang
menerapkan model pembelajaran inovatif, hal tersebut disebabkan kurangnya
pengetahuan guru terkait model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan pada
pembelajaran IPS di sekolah dasar, (4) kurangnya pemanfaatan media di dalam
proses pembelajaran, (5) rendahnya minat membaca yang dimiliki siswa.
Upaya yang
dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada pembelajaran IPS di kelas V
SD di gugus III kecamatan Sukawati adalah dengan menerapkan model pembelajaran
inovatif yang dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif di dalam proses
pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan yaitu model
pembelajaran time token. Model pembelajaran
time token adalah salah satu model
pembelajaran kooperatif yang dapat mendorong siswa untuk terlibat aktif di
dalam pembelajaran serta berani mengungkapkan pendapat saat proses pembelajaran
berlangsung. Pernyataan tersebut diperkuat dengan hasil penelitian yang
dilakukan oleh Diantari (2017) yang menyatakan, pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran time token
berbantuan media question card pada muatan
materi IPA menjadikan siswa lebih aktif dan berani untuk mengemukakan pendapat
di depan kelas. Kemudian hasil penelitian Wiyarsi (2010) juga menyatakan bahwa
penerapan cooperative learning teknik
time token dapat meningkatkan
aktivitas, minat, serta hasil belajar kognitif mahasiswa prodi pendidikan kimia
Landak. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan model pembelajaran time token diharapkan dapat
membangkitkan minat belajar siswa serta menjadikan siswa lebih aktif
berpendapat sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.
Pada penelitian ini, model
pembelajaran time token akan
dipadukan dengan media audio visual agar
pembelajaran yang dilaksanakan menjadi lebih efektif. Media audio visual merupakan media yang
memiliki unsur gambar dan suara, yang cocok digunakan pada pembelajaran IPS di
sekolah dasar, karena dilihat dari karakteristik materi IPS yang bersifat
abstrak sehingga kurang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang
berada pada tahap operasional konkret. Oleh karena itu, penggunaan media audio visual diharapkan dapat menjadikan
materi IPS lebih konkret sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang
dipelajari. Jadi, penerapan model pembelajaran time token berbantuan media audio
visual pada pembelajaran IPS diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih
efektif dan bermakna.
Berdasarkan hal
tersebut, maka peneliti mengangkat permasalahan ini ke dalam bentuk penelitian
dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Time
token Berbantuan Media Audio
visual terhadap Hasil Belajar
IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018”.
1.2
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah
diuraikan di atas, adapun identifikasi masalah pada penelitian ini sebagai
berikut.
1.
Hasil belajar IPS siswa belum memenuhi KKM.
2.
Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam
menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa menjadi bosan dalam mengikuti
pembelajaran.
3.
Guru lebih mendominasi di dalam pembelajaran
sehingga siswa menjadi kurang aktif.
4.
Guru jarang menerapkan model pembelajaran
inovatif di dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPS.
5.
Kurangnya pemanfaatan media di dalam proses
pembelajaran mengakibatkan materi yang disampaikan kurang dipahami oleh siswa.
6.
Kurangnya minat membaca yang dimiliki siswa
sehingga siswa tidak mampu menemukan sendiri apa yang sedang mereka pelajari.
1.3
Pembatasan
Masalah
Berdasarkan uraian identifikasi masalah di atas,
peneliti membatasi masalah yang akan diteliti agar pembahasan penelitian tidak
terlalu luas, selain itu pembatasan masalah dilakukan karena keterbatasan
waktu, biaya, dan tenaga yang dimiliki. Penelitian ini dibatasi pada pengaruh model pembelajaran time token berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS pada
ranah kognitif siswa kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati yang masih menggunakan KTSP pada tahun
pelajaran 2017/2018.
1.4
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah
diuraikan di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. Apakah
terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang
dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantuan media audio
visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran
konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati tahun
pelajaran 2017/2018?
1.5
Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar
IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran time token berbantuan
media audio visual dengan kelompok
siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD
di Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018.
1.6
Manfaat
Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
manfaat teoritis dan manfaat praktis yakni sebagai berikut.
1.6.1
Manfaat
Teoretis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi
positif pada perkembangan ilmu pengatahuan khususnya dalam pengembangan model
pembelajaran di sekolah dasar guna meningkatkan hasil belajar siswa.
1.6.2
Manfaat
Praktis
a.
Bagi Sekolah
Sekolah memperoleh manfaat yaitu dapat menerapkan
model pembelajaran time token pada
kegiatan pembelajaran guna mendorong siswa untuk dapat berpartisipasi aktif
dalam proses pembelajaran serta memberikan kesempatan yang sama pada setiap
siswa untuk mengutarakan pendapat yang dimilikinya.
b.
Bagi
Guru
Guru memperoleh pengetahuan tentang model
pembelajaran time token yang nantinya
dapat dijadikan pertimbangan dalam mencari model pembelajaran inovatif untuk
membangkitkan minat belajar siswa serta menciptakan suasana kelas yang
kondusif.
c.
Bagi
Siswa
Penerapan model pembelajaran time token berbantuan media audio
visual dapat meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam mengikuti
pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
d.
Bagi
Peneliti Lain
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
informasi bagi peneliti lain di bidang pendidikan yang melaksanakan penelitian
dengan menggunakan model pembelajaran time
token berbantuan media audio visual.
BAB
II
KAJIAN
TEORI
2.1
Deskripsi
Teori
2.1.1
Hasil
Belajar
Hasil belajar dan kegiatan pembelajaran merupakan
suatu hal yang tidak terpisahkan karena setelah melaksanakan proses
pembelajaran tentu akan diadakan evaluasi atau pengukuran ketercapaian kegiatan
pembelajaran, dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar
adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik setelah
mengalami proses belajar. Pernyataan tersebut diperkuat dengan pendapat Susanto
(2014:5) yang menyatakan bahwa, “hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang
terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan
psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar”. Senada dengan pendapat
tersebut, Rusman (2015:67) menyatakan, “hasil belajar adalah sejumlah
pengalaman yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik”.
Selanjutnya, Suprijono (dalam Thobroni dan Mustofa, 2011:22) juga menyatakan
bahwa, “hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai,
pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, dan keterampilan”.
Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar adalah perubahan-perubahan pada diri peserta didik yang mencakup
ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh melalui sejumlah
pengalaman dari kegiatan belajar. Merujuk pada pemikiran Gagne (dalam Thobroni
dan Mustofa, 2011:23), hasil belajar berupa hal-hal berikut.
(1) Informasi
verbal, yaitu kapabilitas mengungungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa,
baik lisan maupun tertulis. Kemampuan merespons secara spesifik terhadap
rangsangan spesifik. Kemampuan tersebut tidak memerlukan manipulasi simbol,
pemecahan masalah, maupun penerapan aturan. (2) Keterampilan intelektual, yaitu
kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang. Keterampilan intelektual terdiri
dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analitis-sintesis fakta-konsep, dan
mengembangkan prinsip-prinsip keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan
kemampuan melakukan aktivitas kognitif bersifat khas. (3) Strategi kognitif,
yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya. Kemampuan
ini meliputi penggunaan konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah. (4)
Keterampilan motorik, yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam
urusan dan koordinasi sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani. (5) Sikap
adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap
objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi
nilai-nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar
perilaku.
Selanjutnya menurut Bloom (dalam Thobroni dan Mustofa,
2011: 23-24), hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan
psikomotorik. Adapun rinciannya sebagai berikut.
1)
Domain kognitif mencakup:
a)
Knowledge
(pengetahuan, ingatan);
b)
Comprehension
(pemahaman, menjelaskan, meringkas, mencontohkan);
c)
Application
(menerapkan);
d)
Analysis (menguraikan,
menentukan hubungan);
e)
Synthesis (mengorganisasikan,
merencanakan, membentuk bangunan baru);
f)
Evaluating
(menilai).
2)
Domain afektif mencakup:
a)
Receiving (sikap
menerima);
b)
Responding
(memberikan respons);
c)
Valuing (nilai);
d)
Organization
(organisasi);
e)
Characterization
(karakterisasi).
3)
Domain psikomotorik mencakup:
a)
Initiatory;
b)
Pre-routine;
c)
Rountinized;
d)
Keterampilan produktif, teknik, fisik, sosial,
manajerial, dan intelektual.
Pada penelitian ini, hasil belajar yang diukur
terbatas pada ranah kognitif yang merujuk pada ranah kognitif Bloom (dalam
Dimyati dan Mudjiono, 2015:26-27) menyatakan ranah kognitif terdiri dari enam
jenis perilaku sebagai berikut:
(1)
Pengetahuan, mencapai kemampuan ingatan tentang hal yang telah dipelajari dan
tersimpan dalam ingatan. Pengetahuan itu berkenaan dengan fakta, peristiwa,
pengertian, kaidah, teori, prinsip, atau metode. (2) Pemahaman, mencakup
kemampuan menangkap arti dan makna tentang hal yang dipelajari. (3) Penerapan,
mencakup kemampuan menerapkan metode dan kaidah untuk menghadapi masalah yang
nyata dan baru. Misalnya, menggunakan prinsip. (4) Analisis, mencakup kemampuan
merinci suatu kesatuan ke dalam bagian-bagian sehingga struktur keseluruhan
dapat dipahami dengan baik. Misalnya mengurangi masalah menjadi bagian yang
telah kecil. (5) Sintesis, mencakup kemampuan membentuk suatu pola baru.
Misalnya kemampuan menyusun suatu program kerja. (6) Evaluasi, mencakup kemampuan
membentuk pendapat tentang beberapa hal berdasarkan kriteria tertentu.
Misalnya, kemampuan menilai hasil karangan.
Perancang pembelajaran harus mempertimbangkan
keterampilan berpikir peserta didik dalam menyususn tujuan pembelajaran. Oleh
karena itu, gambaran jelas tentang masing-masing tingkat keterampilan berpikir
tersebut perlu dideskripsikan secara detail untuk menghindari kekeliruan.
Reigeluth (dalam Yaumi, 2013) mendeskripsikan gambaran umum masing-masing
tingkatan pengetahuan sebagai berikut:
Tabel 2.1
Domain Kognisi Bloom
Bloom Taksonomi
|
|
Pengetahuan
|
Peserta didik yang bekerja pada tingkat ini hanya berkisar pada
mengingat atau menghafal informasi dari yang konkret ke informasi yang
abstrak.
|
Pemahaman
|
Pada tingkat ini, peserta didik mampu mengerti dan membuat rangkaian
dari sesuatu yang dikomunikasikan. Artinya, peserta didik mampu
menerjemahkan, menginterpretasi, dan meramalkan kemungkinan dalam
berkomunikasi.
|
Aplikasi
|
Peserta didik dapat menerapkan konsep yang sesuai dan abstraksi dari
suatu masalah atau situasi sekalipun tidak diminta untuk melakukannya.
|
Analisis
|
Peserta didik dapat memilah dan membagi materi ke dalam beberapa
bagian dan mampu mendefinisikan hubungan antara bagian-bagian tersebut.
|
Sintesis
|
Peserta didik menciptakan produk, menggabungkan bagian-bagian dari
pengalaman sebelumnya dengan bagian yang baru untuk menciptakan keseluruhan
bagian.
|
Evaluasi
|
Peserta didik memberikan keputusan terhadap nilai dari suatu materi
pembelajaran, argumen, atau pandangan yang berkenaan dengan sesuatu yang
diketahui, dipahami, dilakukan, dianalisis, dan dihasilkan.
|
Lorin Anderson (dalam Yaumi, 2013:92-93) melakukan
revisi khususnya dalam domain kognisi dengan mengubah penamaan yang semula
menggunakan kategori kata benda menjadi kata kerja. Domain yang semula
dideskripsikan dengan kata benda, seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan,
analisis, sintesis, dan evaluasi, direvisi dengan menggunakan kata kerja,
seperti mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan
menciptakan. Domain kognisi dalam yang direvisi oleh Anderson, tidak lagi
mencantumkan sintesis secara terpisah, tetapi tergabung dalam kata kerja
mengevaluasi, kemudian menambahkan kata kerja menciptakan, sebagai tingkat
tertinggi dalam sistem berpikir yang harus terintegrasi dalam tujuan
pembelajaran. Menurut Anderson, taksonomi yang baru ini merefleksi bentuk
sistem berpikir yang lebih aktif dan akurat dibandingkan dengan taksonomi
sebelumnya.
Selanjutnya, selain domain kognisi terdapat pula
istilah knowledge taxonomy (taksonomi
pengetahuan), yang mencakup: (1) experiencial
knowledge (pengetahuan berdasarkan pengalaman), (2) contextual knowledge (pengetahuan berdasarkan konteks), (3) declarative knowledge (pengetahuan
bersifat deklaratif), dan (4) procedural
knowlwdge (pengetahuan yang bersifat prosedural).
Gambar 2.1
Taksonomi Bloom
(Sumber: Yaumi, 2013:93)
Gambar 2.2
Revisi Anderson
(Sumber: Yaumi,
2013:93)
Hubbell (dalam Yaumi, 2013: 93) menjelaskan bahwa
pengetahuan berdasarkan pengalaman berfungsi mengungkap jawaban dari
pertanyaan, mengapa sesuatu itu penting, pengetahuan kontekstual berfungsi
untuk mengetahui kapan harus menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang
diperoleh, pengetahuan deklaratif merujuk pada apa yang harus dan perlu
diketahui, dan pengetahuan prosedural dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana
menggunakan pengetahuan dan keterampilan, seperti digambarkan berikut:
Tabel 2.2
Dimensi Proses Kognisi
DIMENSI
PROSES KOGNISI
|
||||
PENGETAHUAN
|
FAKTUAL
|
KONSEPTUAL
|
PROSEDURAL
|
METAKOGNISI
|
Memahami
|
Membuat daftar
|
Mendeskripsi
|
Menabulasi
|
Menggunakan
|
Mengetahui
|
Meringkas
|
Menginterpretasi
|
Memprediksi
|
Melakukan
|
Menerapkan
|
Menggolongkan
|
Menguji coba
|
Menghitung
|
Mengkontruksi
|
Menganalisis
|
Mengatur
|
Menjelaskan
|
Membedakan
|
Memperoleh
|
Mengevaluasi
|
Mengurut
|
Mengukur
|
Menyimpulkan
|
Menindaki
|
Menciptakan
|
Menggabungkan
|
Mendesain
|
Menyusun
|
Mengaktualisasi
|
(Sumber:
Yaumi, 2013:93-94)
Selanjutnya Wasliman (dalam Susanto, 2014:12-13)
menyatakan bahwa hasil belajar yang dicapai peserta didik dipengaruhi berbagai
faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal sebagai berikut.
1)
Faktor internal
Faktor internal
adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik yang dapat
mempengaruhi kemampuan belajarnya. Faktor internal dalam hal ini, meliputi:
kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, kebiasaan
belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan peserta didik.
2)
Faktor eksternal
Faktor eksternal
adalah faktor-faktor yang bersumber dari luar diri peserta didik yang dapat
mempengaruhi hasil belajarnya. Faktor eksternal dalam hal ini, meliputi:
keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Kondisi keluarga sangat
berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, misalnya saja hasil belajar
siswa yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi kurang mampu akan
berbeda dengan hasil belajar siswa yang berasal dari keluarga dengan kondisi
ekonomi berkecukupan. Selanjutnya sekolah juga sangat mempengaruhi hasil
belajar peserta didik karena semakin tinggi kualitas pengajaran dan kemampuan
siswa di sekolah maka akan semakin tinggi pula hasil belajar yang dapat dicapai
siswa.
Berdasarkan
paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan
perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik yang mencakup ranah
kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh melalui pengalaman belajar.
Pada penelitian ini hasil belajar yang diukur terbatas pada hasil belajar pada
ranah kognitif. Hasil belajar pada ranah kognitif mencakup pengetahuan serta
pemahaman peserta didik terhadap informasi (materi) yang diajarkan.
2.1.2
Hakikat
IPS
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu
disiplin ilmu yang wajib diajarkan di setiap jenjang pendidikan mulai dari
pendidikan di jenjang sekolah dasar bahkan hingga ke jenjang perguruan tinggi.
IPS adalah disiplin ilmu yang mengajarkan ilmu sosial yang didasarkan pada
fenomena dan realitas sosial. Pernyataan tersebut diperkuat dengan pendapat
Samlawi dan Maftuh (1998) yang menyatakan, Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan
suatu program pendidikan yang mengintegrasikan konsep-konsep terpilih dari
ilmu-ilmu sosial dan humaniora yang bertujuan untuk pembinaan warga negara agar
menjadi warga negara yang baik. Sejalan dengan pendapat tersebut, Trianto (2010:171)
menyatakan bahwa, “Ilmu Pengetahuan Sosial dirumuskan atas dasar realitas dan
fenomena sosial yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek dan
cabang ilmu-ilmu sosial (sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum,
dan budaya)”. Kemudian Jarolimek (dalam Susanto, 2014:141) juga menyatakan
bahwa, “pada dasarnya pendidikan IPS berhubungan erat dengan pengetahuan,
keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang memungkinkan siswa berperan dalam
kelompok masyarakat di mana ia tinggal”.
Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, dapat
disimpulkan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu program pendidikan
yang dirumuskan atas dasar fenomena dan realitas sosial yang berhubungan erat
dengan pengetahuan, keterampilan, sikap serta nilai-nilai sosial dan humaniora
yang bertujuan untuk pembinaan warga negara yang baik.
Secara historis, pendidikan IPS sebagai bidang studi
dalam kurikulum sekolah mulai diajarkan di Indonesia sekitar tahun 1975 sebagai
bidang studi IPS dalam kurikulum SD, SMP, dan SMA. Sejak berlakunya kurikulum
1975 ini, baik pada tingkat SD, SMP, maupun SMA pembelajaran diberikan dengan
menggunakan pendekatan terpadu (integrated),
meskipun terdapat perbedaan dalam tingkat keterpaduan di antara tiga jenjang
pendidikan ini. Pendekatan terpadu telah digunakan sejak kurikulum 1975,
kurikulum 1986, 1994, 2004 (KBK), hingga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Dan istilah IPS pun masih digunakan untuk menamai mata pelajaran sosial
pada tingkat SD dan SMP, walaupun dalam kenyataannya di SMP mata pelajaran IPS
diajarkan secara terpisah. Adapun untuk tingkat SMA, mata pelajaran IPS tidak
digunakan lagi untuk menamai kelompok mata pelajaran sosial ini, karena di SMA
telah diorganisasi secara terpisah (separated).
Pendidikan IPS di sekolah dasar merupakan bidang studi yang mempelajari manusia
dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Oleh karena itu,
peranan IPS sangat penting untuk mendidik siswa dalam mengembangkan
pengetahuan, sikap, dan keterampilan agar dapat mengambil bagian secara aktif
di dalam kehidupannya kelak sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang
baik (dalam Susanto, 2014).
Martoella (dalam Trianto, 2010) menyatakan bahwa
pembelajaran IPS lebih menekankan pada aspek pendidikan daripada hanya sekadar
transfer konsep karena dalam pembelajaran IPS, siswa dapat lebih banyak
berlatih dan mengembangkan sikap, nilai, moral serta keterampilan berdasarkan
konsep yang telah dimilikinya. Trianto (2010:173) menyatakan terdapat beberapa
konsep dalam pembelajaran IPS yaitu,
(1) interaksi,
(2) saling ketergantungan, (3) kesinambungan dan perubahan, (4)
keragaman/kesamaan/perbedaan, (5) konflik dan konsesus, (6) pola, (7) tempat,
(8) kekuasaan, (9) nilai kepercayaan, (10) keadilan dan pemerataan, (11)
kelangkaan, (12) kekhususan, (13) budaya, dan (14) nasionalisme.
Adapun tujuan dari pembelajaran IPS yang dikemukakan
oleh Mutakin (dalam Trianto, 2010) yakni sebagai berikut.
1)
Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap
masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah
dan kebudayaan masyarakat.
2)
Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu
menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat
digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
3)
Mampu membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan
masalah yang berkembang di masyarakat.
4)
Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan
masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis kritis, selanjutnya mampu
mengambil tindakan yang tepat.
5)
Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga
mampu membangun diri sendiri agar survive
yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat.
6)
Memotivasi seseorang untuk bertindak berdasarkan
moral.
7)
Fasilitator di dalam suatu lingkungan yang
terbuka dan tidak bersifat menghakimi.
8)
Mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang
baik dalam kehidupannya “to prepare
students to be well-functioning citizen in a democratic society” dan
mengembangkan kemampuan siswa menggunakan penalaran dalam mengambil keputusan
pada setiap persoalan yang dihadapi.
9)
Menekan perasaan, emosi, dan derajat penerimaan
atau penolakan siswa terhadap materi pembelajaran IPS yang diberikan.
Selanjutnya, Susanto (2014:149) mengungkapkan terkait
tujuan dan ruang lingkup pembelajaran IPS dalam KTSP, yaitu:
(1) Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya. (2)
Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,
inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. (3)
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
(4) Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam
masyarakat yang majemuk, di tingkat local, nasional, dan global.
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan
bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan suatu program pendidikan yang
dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial, yang mengintegrasikan
konsep-konsep terpilih dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora bertujuan untuk
pembinaan warga negara yang baik. IPS berhubungan erat dengan pengetahuan,
sikap, keterampilan, serta nilai-nilai yang nantinya dapat membantu siswa untuk
berperan di dalam kelompok masyarakat. Jadi hasil belajar IPS merupakan
perubahan-perubahan yang terjadi pada diri individu mencakup ranah kognitif,
afektif dan psikomotor yang diperoleh melalui pengalaman belajar IPS. Namun
pada penelitian ini, hasil belajar IPS yang diukur hanya pada ranah kognitif.
2.1.3
Model
Pembelajaran Time Token
Model pembelajaran merupakan suatu bingkai yang
mengemas pembelajaran mulai dari kegiatan awal hingga kegiatan akhir
pembelajaran. Pernyataan tersebut diperkuat dengan pendapat Gagne, Briggs, dan
Wager (dalam Suwatra dkk, 2015:3) yang menyatakan, “pembelajaran adalah
serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses
belajar pada siswa”. Artinya pembelajaran yang akan dilaksanakan harus
dirancang sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian siswa sehingga
memungkinkan siswa untuk belajar secara bermakna. Mewujudkan suatu pembelajaran
yang menarik dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dapat
dilakukan dengan penerapan model pembelajaran.
Pemilihan model pembelajaran yang tepat, akan sangat
berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Apabila model
pembelajaran yang diterapkan tidak tepat maka pembelajaran yang dilaksanakan
akan menjadi kurang efektif sehingga tujuan pembelajaran akan sulit tercapai.
Berdasarkan hal tersebut, guru diharapkan mampu memilih model pembelajaran yang
tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran, artinya model pembelajaran yang
diterapkan harus disesuaikan dengan karakteristik materi yang diajarkan serta
karakteristik peserta didik.
Menurut Joyce, Weil, & Shower (dalam Suprijono,
2016) menyatakan, model pembelajaran adalah suatu perencanaan pembelajaran yang
dapat digunakan sebagai acuan di dalam mendesain proses pembelajaran yang akan
dilaksanakan, yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, seperti buku,
film, program komputer, dan kurikulum. Model pembelajaran merupakan bingkai
yang mengemas suatu pembelajaran, di dalamnya meliputi strategi, metode,
teknik, serta taktik yang digunakan di dalam proses pembelajaran. Setiap model
pembelajaran dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru di dalam mengajar, yang
sekaligus dapat memandu guru untuk membantu peserta didik dalam mencapai tujuan
pembelajaran. Keberadaan model pembelajaran di dalam suatu kegiatan
pembelajaran menjadi sangat penting sehingga guru harus mampu memilih model
pembelajaran yang tepat serta mampu menerapkannya di dalam proses pembelajaran.
Shoimin (2014:216) menyatakan bahwa, “model
pembelajaran time token adalah salah
satu tipe pembelajaran kooperatif. Siswa dibentuk ke dalam kelompok belajar,
yang dalam pembelajaran ini mengajarkan keterampilan sosial untuk menghindari
siswa mendominasi pembicaraan atau menghindarkan siswa diam sama sekali dalam
berdiskusi”. Sejalan dengan pendapat
tersebut, Kurniasih dan Sani (2016:107) menyatakan bahwa:
Model pembelajaran time token merupakan salah satu contoh kecil dari penerapan
pembelajaran yang demokratis di sekolah. Model ini menjadikan aktivitas siswa
menjadi titik perhatian utama. Dengan kata lain mereka selalu dilibatkan secara
aktif. Guru dapat berperan untuk mengajak siswa mencari solusi bersama terhadap
permasalahan yang ditemui.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran time token
adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menerapkan konsep belajar
demokratis dengan menanamkan keterampilan sosial dan siswa selalu dilibatkan
secara aktif di dalam proses pembelajaran.
Sejalan dengan pengertian tersebut maka tujuan dari penerapan model
pembelajaran time token yaitu untuk
meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.
Menurut Rahmat Widodo (dalam Shoimin, 2014:216) model
pembelajaran time token sangat tepat
untuk pembelajaran struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan
sosial, menghindari hanya beberapa siswa yang mendominasi pembicaraan atau
siswa yang hanya diam saat proses diskusi di dalam pembelajaran. Model pembelajaran time token ini sangat cocok diterapkan untuk membantu guru dalam mengatasi
kondisi kelas yang karakteristik siswanya cenderung diam dan tidak berani mengungkapkan
pendapat saat pembelajaran.
Menurut Kurniasih dan Sani (2016:107-108), kelebihan
dari model pembelajaran time token
yaitu:
(1) Mendorong
siswa untuk meningkatkan inisiatif dan partisipasinya dalam proses pembelajaran.
(2) Siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali. (3) Siswa menjadi
aktif dalam kegiatan pembelajaran ketika gilirannya telah tiba. (4) Meningkatkan
kemampuan siswa dalam berkomunikasi. (5) Melatih siswa untuk mengungkapkan
pendapatnya. (6) Menumbuhkan kebiasaan pada siswa untuk saling mendengarkan,
berbagi, memberikan masukan dan keterbukaan terhadap kritik. (7) Mengajarkan
siswa untuk menghargai pendapat orang lain. (8) Guru dapat berperan untuk mengajak
siswa mencari solusi bersama terhadap permasalahan yang ditemui.
2.1.3.1
Langkah-langkah
pembelajaran time token
Menurut Kurniasih
dan Sani (2016:108-109) langkah-langkah model pembelajaran time token sebagai berikut.
(1) Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) Guru mengondisikan
kelas untuk melaksanakan diskusi klasikal. (3) Guru memberikan tugas kepada
siswa. (4) Guru memberikan sejumlah kupon berbicara kepada siswa dengan waktu ±
30 detik per kupon pada tiap siswa. (5) Guru meminta siswa menyerahkan kupon
terlebih dahulu sebelum berbicara atau memberi komentar. Satu kupon digunakan
untuk satu kesempatan berbicara dan siswa dapat tampil lagi setelah bergiliran
dengan siswa lainnya. (6) Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh berbicara
ataupun memberi komentar lagi. (7) Siswa yang masih memegang kupon harus bicara
sampai kuponnya habis. Demikian seterusnya hingga semua siswa mendapatkan kesempatan
untuk menyampaikan pendapatnya. (8) Guru memberi sejumlah nilai sesuai waktu
yang digunakan tiap siswa. (9) Setelah semua selesai, guru bersama-sama siswa
membuat kesimpulan, kemudian menutup pelajaran.
Langkah-langkah model pembelajaran time token yang dikemukakan oleh
Kurniasih dan Sani di atas dimodifikasi sebagai berikut.
Tabel 2.3
Langkah-langkah Model Pembelajaran Time Token
No.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
Siswa menyimak penjelasan guru terkait tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
|
2.
|
Guru mengondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi klasikal.
|
Siswa mengikuti arahan guru.
|
3.
|
Guru memberikan tugas kepada siswa.
|
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
|
4.
|
Guru memberikan sejumlah kupon berbicara kepada siswa dengan waktu ±
30 detik per kupon pada tiap siswa.
|
Masing-masing siswa mendapatkan kupon berbicara.
|
5.
|
Guru meminta siswa menyerahkan kupon terlebih dahulu sebelum
berbicara atau memberi komentar. Satu kupon digunakan untuk satu kesempatan
berbicara dan siswa dapat tampil lagi setelah bergiliran dengan siswa
lainnya.
|
Siswa menyerahkan kupon sebelum berbicara atau memberi komentar.
|
6.
|
Guru menginformasikan bahwa siswa yang telah habis kopunnya tidak
boleh berbicara ataupun memberi komentar lagi.
|
Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh berbicara ataupun memberi
komentar lagi.
|
7.
|
Guru menginformasikan serta memotivasi siswa yang masih memegang
kupon untuk berbicara hingga kuponnya habis.
|
Siswa yang masih memegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
Demikian seterusnya hingga semua siswa mendapatkan kesempatan untuk
menyampaikan pendapatnya.
|
8.
|
Guru memberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan tiap siswa.
|
Siswa memperoleh nilai sesuai waktu yang digunakan.
|
9.
|
Setelah semua selesai, guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan,
kemudian menutup pelajaran.
|
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
|
Langkah pembelajaran time token yang telah dipaparkan di atas menunjukkan bahwa model
pembelajaran time token merupakan
model pembelajaran kooperatif dengan menerapkan konsep pembelajaran demokratis
yang menuntut siswa agar berani menyampaikan pendapat sehingga siswa terlibat
aktif di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran
time token diharapkan dapat
meningkatkan minat serta motivasi belajar yang diiringi dengan peningkatan
hasil belajar siswa.
2.1.4
Media
Audio Visual
Pembelajaran akan menjadi lebih bermakna apabila
peserta didik dapat melihat langsung atau mengalami sendiri terkait materi yang
sedang dipelajarinya. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang
digunakan guru di dalam proses pembelajaran sehingga dapat membuat pembelajaran
menjadi lebih bermakna. Pernyataan tersebut didukung oleh pendapat Arsyad (2011:4-5)
yang menyatakan bahwa, “media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik
yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang
siswa untuk belajar”. Dalam hal ini media pembelajaran memiliki peranan yang
sangat penting di dalam proses belajar mengajar karena media pembelajaran dapat
membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa. Disamping itu, media pembelajaran
juga dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi yang dipelajari
serta dapat membantu guru dalam meyampaikan materi kepada siswa sehingga
pembelajaran yang dilaksanakan menjadi lebih efektif.
Gerlach dan Ely (dalam Arsyad, 2011:12-14)
mengemukakan tiga ciri media yaitu, ciri fiksatif, ciri manipulatif, dan ciri
distributif. Ketiga ciri tersebut merupakan petunjuk mengapa media digunakan
saat pembelajaran dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin
guru tidak mampu (atau kurang efisien) melakukannya. Adapun penjelasan dari
ketiga ciri media tersebut secara lebih terperinci yakni sebagai berkut.
1)
Ciri Fiksatif (Fixative Property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan,
melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Suatu peristiwa
atau objek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi,
video tape, audio tape, disket komputer dan film. Ciri ini amat penting bagi
guru karena kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan
dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat. Peristiwa yang
kejadiannya hanya sekali (dalam satu decade atau satu abad) dapat diabadikan
dan disusun kembali untuk keperluan pembelajaran.
2)
Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan
karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari
dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik
pengambilan gambar time-lapse recording.
Misalnya, bagaimana proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu
dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografi tersebut. Di samping dapat
dipercepat, suatu kejadian dapat pula diperlambat pada saat menayangkan kembali
hasil suatu rekaman video. Misalnya proses loncat gajah atau reaksi kimia dapat
diamati melalui bantuan kemampuan manipulatif dari media.
3)
Ciri Distributif (Distributive Property)
Ciri distributif dari media memungkinkan suatu objek
atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian
tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang
relatif mengenai kejadian itu. Dewasa ini distribusi media tidak terbatas pada
satu kelas atau beberapa kelas pada sekolah-sekolah di dalam suatu wilayah
tertentu, tetapi juga media itu misalnya rekaman video, audio, disket komputer
dapat disebar ke seluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja. Sekali
informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi seberapa
kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau digunakan
secara berulang-ulang di suatu tempat. Konsistensi informasi yang telah direkam
akan terjamin sama atau hampir sama dengan aslinya.
Dalam pemilihan media pembelajaran terdapat berbagai
aspek yang harus dipertimbangkan seperti metode pembelajaran yang digunakan,
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, respon yang diharapkan agar dikuasai
siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, dan karakteristik siswa. Di samping
itu, kemenarikan media juga harus diperhatikan karena media pembelajaran yang
digunakan di sekolah dasar harus diusahakan semenarik mungkin agar peserta didik
tertarik untuk menggunakan atau pun memperhatikan.
Leshin, Pollock & Reigeluth (dalam Arsyad,
2011:36) mengklasifikasi media ke dalam lima kelompok, yaitu (1) media berbasis
manusia, yang meliputi guru, instruktur, tutor, main-peran, kegiatan kelompok, field-trip; (2) media berbasis cetak,
yang meliputi buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran
lepas; (3) media berbasis visual, yang meliputi buku, alat bantu kerja, bagan,
grafik, peta, gambar, transparansi, slide; (4) media berbasis audio visual, yang meliputi video, film,
program slide-tape, televisi; (5) media berbasis komputer, yang meliputi
pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video, hypertext. Dari kelima kelompok media tersebut, dalam penelitian
ini digunakan media berbasis audio visual.
Menurut Tegeh (2010:94), “media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar,
sehingga untuk menikmatinya diperlukan indera pendengaran dan penglihatan”.
Sejalan dengan pendapat tersebut, Arsyad (2011) menyatakan, pengajaran melalui
media audio visual adalah pengajaran
yang produksi dan penggunaan materinya diterapkan melalui pandangan dan
pendengaran, serta tidak seluruhnya bergantung kepada pemahaman kata atau
simbol-simbol yang serupa sehingga penggunaan media audio visual tidak akan membuat pembelajaran terkesan monoton. Senada
dengan pendapat yang dikemukakan Arsyad, Bacthiar (dalam Jampel dan Puspita,
2017) juga menjelaskan bahwa media audio
visual dapat memperjelas penyajian informasi agar tidak terlalu bersifat
verbalistis.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa,
media audio visual merupakan media
yang mempunyai unsur suara dan gambar sehingga pembelajaran dengan menggunakan media
audio visual dapat lebih menarik
serta dapat memperjelas penyajian informasi (materi) agar tidak terlalu
bersifat verbalistis.
Selanjutnya, Arsyad (2011) juga mengemukakan ciri
utama teknologi media audio visual
sebagai berikut.
1)
biasanya bersifat linear;
2)
biasanya menyajikan visual yang dinamis;
3)
digunakan dengan cara yang telah ditetapkan
sebelumnya oleh perancang/pembuatnya;
4)
representasi fisik dari gagasan real atau
gagasan abstrak;
5)
dikembangkan menurut prinsip psikologis
behaviorisme dan kognitif;
6)
umumnya berorientasi kepada guru dengan tingkat
pelibatan interaktif murid yang rendah.
Kemudian Dale (dalam Arsyad, 2011:23-24) mengemukakan
bahwa media audio visual sangat
banyak memberikan manfaat di dalam proses pembelajaran. Adapun kelebihan dari media
audio visual yang diungkapkan Sadiman
(dalam Jampel dan Puspita, 2017) yaitu:
1)
dapat digunakan untuk klasikal ataupun
individual
2)
dapat digunakan secara berulang
3)
dapat menyajikan materi secara fisik jika tidak
dapat bicara secara langsung di dalam kelas
4)
dapat menyajikan objek yang tidak memungkinkan
untuk dibawa ke dalam kelas
5)
dapat menyajikan objek secara detail
6)
dapat dipercepat ataupun diperlambat sesuai
keperluan
7)
menyajikan gambar dan suara.
Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa
media audio visual merupakan media
yang memiliki unsur suara dan gambar yang dapat menjadikan suasana belajar
lebih menarik serta dapat memperjelas penyajian materi, seperti salah satu
kelebihan media audio visual yaitu
dapat menyajikan objek yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam kelas
serta dapat menyajikan objek secara lebih detail. Dengan demikian maka
penggunaan media audio visual di
dalam pembelajaran diharapkan dapat membuat siswa belajar secara bermakna. Dalam
penelitian ini, jenis media audio visual
yang digunakan adalah video pembelajaran dan film.
2.1.5
Model
Pembelajaran Time Token Berbantuan
Media Audio Visual
Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
di sekolah dasar, peserta didik lebih banyak dilatih untuk mengembangkan
potensi dan keterampilan yang dimilikinya agar peka terhadap lingkungan sosial.
Dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar perlu diterapkan model dan media
pembelajaran yang cocok untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan
kondusif, untuk mewujudkan hal tersebut maka diterapkan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dalam pembelajaran IPS.
Pembelajaran yang dilakukan dengan penerapan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual merupakan pembelajaran yang
mengutamakan partisipasi/keterlibatan siswa di dalam proses pembelajaran, dan
dengan bantuan media audio visual
yang dapat memperjelas penyajian informasi (materi) agar tidak terlalu bersifat
verbalistis sehingga dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi IPS
yang biasanya bersifat abstrak. Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan model
pembelajaran time token berbantuan
media audio visual sebagai berikut.
Tabel 2.4
Langkah-langkah Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual
No.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
|
Siswa menyimak penjelasan guru terkait tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
|
2.
|
Guru mengondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi klasikal.
|
Siswa mengikuti arahan guru.
|
3.
|
Guru menampilkan film serta video pembelajaran terkait materi yang
akan dibahas.
|
Siswa mengamati video dan film yang ditampilkan oleh guru.
|
4.
|
Guru memberikan tugas kepada siswa.
|
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
|
5.
|
Guru memberikan sejumlah kupon berbicara kepada siswa dengan waktu ±
30 detik per kupon pada tiap siswa.
|
Masing-masing siswa mendapatkan kupon berbicara.
|
6.
|
Guru meminta siswa menyerahkan kupon terlebih dahulu sebelum
berbicara atau memberi komentar. Satu kupon digunakan untuk satu kesempatan
berbicara dan siswa dapat tampil lagi setelah bergiliran dengan siswa
lainnya.
|
Siswa menyerahkan kupon sebelum berbicara
atau memberi komentar.
|
7.
|
Guru menginformasikan bahwa siswa yang telah habis kuponnya tidak
boleh berbicara ataupun memberi komentar lagi.
|
Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh berbicara ataupun memberi
komentar lagi.
|
8.
|
Guru menginformasikan serta memotivasi siswa yang masih memegang
kupon untuk berbicara hingga kuponnya habis.
|
Siswa yang masih memegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
Demikian seterusnya hingga semua siswa mendapatkan kesempatan untuk
menyampaikan pendapatnya.
|
9.
|
Guru memberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan tiap siswa.
|
Siswa memperoleh nilai sesuai waktu yang digunakan.
|
10.
|
Setelah semua selesai, guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan,
kemudian menutup pelajaran.
|
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
|
2.1.6
Pembelajaran
Konvensional
Pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang
biasanya diterapkan oleh guru pada kegiatan belajar mengajar. Pada pembelajaran
konvensional biasanya guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Pernyataan
tersebut diperkuat dengan pendapat yang dikemukakan Santyasa (2005:36)
menyatakan “pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang lazim diterapkan
seperti kegiatan rutinitas sehari-hari” Kemudian Sulaeman (dalam Rasana,
2009:18) berpendapat bahwa, “pembelajaran konvensional merupakan metode yang
paling efisien dalam mengajar yang bersifat hafalan (ingatan)”. Berdasarkan
pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konvensional merupakan
pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran yang
berpusat pada guru (teacher centred
approach), artinya guru yang lebih mendominasi atau lebih aktif di dalam
pembelajaran sehingga siswa akan terkesan pasif. Dalam pelaksanaan pembelajaran
konvensional lebih menekankan pada penggunaan metode ceramah, semua materi
pelajaran dijelaskan oleh guru secara lisan sehingga komunikasi yang terjadi
bersifat satu arah. Penerapan pembelajaran konvensional membuat peserta didik
lebih banyak terlibat sebagai pendengar dan pencatat yang baik, hal tersebut mengakibatkan
kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengeksplorasi materi pelajaran secara mandiri.
Sudjana (dalam Alentina, 2013) mengemukakan ciri-ciri
pembelajaran konvensional yaitu (1) pembelajaran berpusat pada guru, (2) kurang
memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, (3)
terjadi pasif learning, (4) kurangnya interaksi diantara siswa. Pembelajaran
yang demikian tentu akan membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti proses
pembelajaran sehingga pembelajaran akan menjadi kurang efektif.
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran konvensional kurang efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran
karena pembelajaran konvensional masih bersifat transfer pengetahuan yang
kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi pengetahuannya
secara mandiri.
2.2
Kajian
Hasil Penelitian yang Relevan
Hasil penelitian yang relevan terkait “Pengaruh Model
Pembelajaran Time Token Berbantuan Media
Audio Visual terhadap Hasil Belajar
IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018”
telah dilakukan oleh beberapa penelitian berikut.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Perwitasari
(2014) menyatakan, penerapan model pembelajaran time token arends dengan media audio
visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn Kelas V SDN Tambakaji
03 Semarang. Keterkaitan penelitian yang dilakukan oleh Perwitasari dengan
penelitian ini terletak pada persamaan model dan media pembelajaran yang
digunakan yaitu model pembelajaran time
token dan media audio visual.
Sedangkan yang membedakan adalah pada penelitian yang dilakukan oleh
Perwitasari meneliti peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model time token dengan media audio visual sedangkan penelitian ini
meneliti pengaruh model pembelajaran time
token berbantuan media audio visual
terhadap hasil belajar IPS.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ningzaswati
(2015) menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar dan hasil
belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif
teknik time token dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional
pada siswa kelas VI SD di Gugus IV Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Dalam
penelitian ini dibuktikan bahwa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa
yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik time token lebih baik dibandingkan
dengan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. Keterkaitan penelitian yang dilakukan oleh
Ningzaswati dengan penelitian ini terletak pada persamaan meneliti pengaruh
model pembelajaran time token terhadap
hasil belajar siswa, namun pada penelitian yang dilakukan oleh Ningzaswati
meneliti pengaruh model pembelajaran time
token terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA, sedangkan
penelitian ini meneliti pengaruh model pembelajaran time token berbantuan media audio
visual terhadap hasil belajar IPS.
Hasil penelitian yang dilakukan Jampel dan Puspita
(2017) menyatakan, aktivitas pembelajaran mengamati berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kognisi
siswa dalam aspek dimensi proses kognitif atau dengan kata lain, media audio visual yang digunakan dalam
aktivitas pembelajaran mengamati mampu meningkatkan hasil belajar. Keterkaitan
penelitian yang dilakukan oleh Jampel dan Puspita dengan penelitian ini
terletak pada persamaan media yang digunakan yaitu media audio visual. Sedangkan perbedaannya, pada penelitian yang
dilakukan oleh Jampel dan Puspita meneliti peningkatan hasil belajar siswa
sekolah dasar melalui aktivitas pembelajaran mengamati berbantuan audio visual, sedangkan penelitian ini
meneliti pengaruh model pembelajaran time
token berbantuan media audio visual
terhadap hasil belajar IPS.
Berdasarkan beberapa hasil penelitian relevan yang
telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model time token berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil
belajar.
2.3
Kerangka
Berpikir
Setelah melakukan observasi awal, studi dokumentasi
serta wawancara bersama guru kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati, ditemukan
bahwa permasalahan utama yang dihadapi yaitu masih banyak nilai UAS IPS semester
ganjil siswa kelas V pada tahun pelajaran 2017/2018 berada di bawah KKM. Hal
ini terjadi karena pembelajaran IPS yang dilaksanakan belum optimal, dalam pembelajaran
IPS guru lebih banyak menggunakan metode ceramah yang penyampaian materinya
dilakukan secara lisan. Pembelajaran yang demikian biasanya bersifat transfer pengetahuan,
artinya siswa hanya memperoleh pengetahuan dari guru sehingga siswa kurang memperoleh
kesempatan untuk mengeksplorasi pengetahuannya secara mandiri serta siswa
kurang terlibat aktif di dalam pembelajaran. Pembelajaran seperti ini membuat
siswa cepat bosan sehingga materi yang disampaikan guru kurang dapat diserap
dengan baik oleh siswa.
Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni
dalam pembelajaran IPS di kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati perlu
diterapkan model pembelajaran inovatif yang dapat melibatkan siswa secara
aktif, model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran time token. Model pembelajaran time token adalah model pembelajaran
yang lebih memfokuskan pada keterlibatan siswa di dalam pembelajaran. Selain
itu, model pembelajaran time token
dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan sosial yang dimiliki siswa,
karena model pembelajaran time token merupakan
salah satu contoh kecil dari penerapan pembelajaran demokratis, sehingga model
pembelajaran time token cocok
diterapkan pada pembelajaran IPS.
Disamping itu, upaya yang dapat dilakukan untuk
menambah kebermaknaan pembelajaran yang dilaksanakan yaitu dengan memadukan
model pembelajaran time token dengan
media audio visual. Penggunaan media audio visual dapat menjadikan pembelajaran
lebih menarik serta dapat memperjelas penyajian informasi (materi) agar tidak
terlalu bersifat verbalistis. Media audio
visual juga dapat membangkitkan minat belajar siswa serta dapat lebih mengkonkretkan
materi yang bersifat abstrak. Dengan demikian maka penerapan model pembelajaran
time token berbantuan media audio visual pada pembelajaran IPS
diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati
tahun pelajaran 2017/2018.
Gambar 2.3
Bagan Kerangka Berpikir
2.4
Perumusan
Hipotesis
Berdasarkan rumusan masalah, kajian teori dan
kerangka berpikir, dalam penelitian ini maka diajukan hipotesis penelitian
sebagai berikut.
Terdapat perbedaan yang signifikan
hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran time token
berbantuan media audio visual dengan
kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa
kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018.
Yaumi,
Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain
Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
DAFTAR
RUJUKAN
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Buku
Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung, Anak Agung Gede. 2017. Buku
Ajar Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS).
Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan,
UNDIKSHA.
Alentina, Ni Putu. 2013. “Model Pembelajaran Sinektik Berbasis
Penilaian Portofolio Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD
Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara”. Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1 No: 1 Tahun
2013).
Arsyad, Azhar. 2011. Media
Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Candiasa, I Made. 2010. Pengujian
Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja:
Undiksha Press.
Candiasa, I Made. 2011. Pengujian
Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja:
Undiksha Press.
Dantes, Nyoman. 2017. Desain
Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Diantari, Kadek Ari. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token
Berbantuan Media Question Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SDN
Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan”. Journal of Education Technology
(Vol: 1 No: 2 Tahun 2017).
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar
& Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum
dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jampel, I Nyoman dan Kadek Riza Puspita. 2017. “Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan
Audiovisual”. International Journal of Elementary Education (IJEE) (Vol:
1 No: 3 Tahun: 2017).
Juliati, Ni Wayan. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Time Token Berbantuan
Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Gugus I
Gianyar”. Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1 No: 1 Tahun 2013).
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen
Dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik
Pendidikan: Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas
Pendidikan Ganesha Press.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme
Guru. Jakarta: Kata Pena.
Kusuma, Putu Indra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik
terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau dari Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Gugus
Kolonel I Gusti Ngura Rai Denpasar Utara”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
(Vol: 1 No: 3 Tahun 2017).
Lestari, Kadek. Tia. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square
Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD”. Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1 No:1
Tahun 2013).
Mahadewi, Luh Putu Putrini, dkk. 2012. Media Video Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.
Ningzaswati, Dwi Ratna. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif
Teknik Time Token Terhadap Aktivitas
Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD”. e-Journal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Vol: 5 No: 1 Tahun 2015).
Perwitasari, Arum. 2014. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui
Model Time Token Arends dengan Media Audio Visual”. Jurnal Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(Vol: 3 No: 1 Tahun 2014).
Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Laporan
Sabbatical Leave Model-Model Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.
Rusman. 2015. Pembelajaran
Tematik Terpadu: Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Samlawi, Fakih dan Bunyamin Maftuh. 1998. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian
Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Santyasa, I Wayan. 2005. Buku
Ajar Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Setyosari, Panji. 2015. Metode
Penelitian & Pendidikan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model
Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian
Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung:
Alfabeta.
Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS
(Center of Academic Publishing Service).
Suprijono, Agus. 2016. Model-Model
Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran
di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group.
Sutirna dan Samsudin. 2015. Landasan
Kependidikan (Teori dan Praktek). Bandung: Refika Aditama.
Suwatra, Ignatius I Wayan, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah
Dasar. Singaraja: Undiksha.
Tegeh, Made. 2010. Media
Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Thobroni Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran
dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran
Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi
Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia
No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia pada: https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf
(diakses tanggal 15 Desember 2017).
Valentina, Olivia Febrayani. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar
PKn Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Seririt”. Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1
No: 1 Tahun 2013).
Wiyarsi, Antuni. (2010). “Implementation
of Cooperative Learning Type Time Token to Increase the Student Activity and
Interest Learning on General Chemistry”. Jurnal Pendidikan Kimia UNY.
Komentar
Posting Komentar