PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DAFTAR ISI

                                                                                                                           Halaman
HALAMAN JUDUL.........................................................................................        i
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING...................................................        ii
LEMBAR PERSETUJUAN DOSEN PENGUJI..............................................        iii
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN.........        iv
ABSTRAK.........................................................................................................        v
PRAKATA.........................................................................................................        vi
DAFTAR ISI......................................................................................................        viii
DAFTAR TABEL..............................................................................................        x
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................        xi
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................        xii

BAB I PENDAHULUAN.................................................................................        1
       1.1     Latar Belakang...................................................................................        1
       1.2     Identifikasi Masalah...........................................................................        6
       1.3     Pembatasan Masalah...........................................................................        7
       1.4     Rumusan Masalah...............................................................................        7
       1.5     Tujuan Penelitian................................................................................        8
       1.6     Manfaat Penelitian..............................................................................        8

BAB II KAJIAN TEORI...................................................................................        10
       2.1     Deskripsi Teoretis...............................................................................        10
       2.2     Kajian Hasil Penelitian yang Relevan.................................................        33
       2.3     Kerangka Berpikir..............................................................................        35
       2.4     Perumusan Hipotesis..........................................................................        37

BAB III METODE PENELITIAN....................................................................        38
       3.1     Tempat dan Waktu Penelitian............................................................        38
       3.2     Rancangan Penelitian.........................................................................        38        3.3       Populasi dan Sampel Penelitian................................................................................................        42
       3.4     Kontrol Validitas Internal dan Eksternal...........................................        46
       3.5     Metode Pengumpulan Data................................................................        49
       3.6     Metode dan Teknik Analisis Data......................................................        64
       3.7     Hipotesis Statistik...............................................................................        68

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.................................        71        4.1       Deskripsi Data                  71
       4.2     Pengujian Asumsi...............................................................................        77
       4.3     Pengujian Hipotesis............................................................................        80
       4.4     Pembahasan Hasil Penelitian..............................................................        81
       4.5     Implikasi.............................................................................................        84

BAB V PENUTUP.............................................................................................        86
       5.1     Rangkuman.........................................................................................        86
       5.2     Simpulan.............................................................................................        88
       5.3     Saran...................................................................................................        89

DAFTAR RUJUKAN........................................................................................        91
LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN
      









DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel 1.1    Nilai UAS IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan
                   Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018.............................................. 4
Tabel 2.1    Domain Kognisi Bloom................................................................... 13
Tabel 2.2    Dimensi Proses Kognisi................................................................... 15
Tabel 2.3    Langkah-langkah Model Pembelajaran Time Token........................ 24
Tabel 2.4    Langkah-langkah Model Pembelajaran Time Token Berbantuan
                   Media Audio Visual.......................................................................... 31
Tabel 3.1    Rancangan Nonequivalent Post-test Only Control Group Design. .. 39
Tabel 3.2    Data Jumlah Populasi Penelitian Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018......................................................................... 43  
Tabel 3.3    Ringkasan Hasil Uji Kesetaraan Populasi Penelitian....................... 44
Tabel 3.4    Data Sampel Penelitian.................................................................... 45
Tabel 3.5    Metode Pengumpulan Data............................................................. 50
Tabel 3.6    Matriks Tabulasi............................................................................... 54
Tabel 3.7    Matriks Tabulasi Silang 2×2............................................................. 54
Tabel 3.8    Koefisien Validitas Isi..................................................................... 55
Tabel 3.9    Hasil Validitas Butir Tes.................................................................. 56
Tabel 3.10 Hasil Tingkat Kesukaran Butir Tes.................................................. 60
Tabel 3.11  Hasil Daya Beda Butir Tes.............................................................. 63
Tabel 3.12  Skala Penilaian Hasil Belajar IPS pada Skala Lima......................... 66
Tabel 4.1    Deskripsi Data HasilBelajar IPS...................................................... 72
Tabel 4.2    Distribusi Data Hasil Belajar IPS Kelompok Eksperimen............... 73
Tabel 4.3    Konversi PAP dengan Skala Lima................................................... 74
Tabel 4.4    Skala Penilaian Hasi Belajar............................................................. 74
Tabel 4.5    Distribusi Data Hasil Belajar IPS Kelompok Kontrol..................... 75
Tabel 4.6    Hasil Uji Normalitas Sebaran Data.................................................. 78
Tabel 4.7    Hasil Uji Hipotesis........................................................................... 81

DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                       Halaman
Gambar 2.1 Taksonomi Bloom........................................................................... 14
Gambar 2.2 Revisi Anderson.............................................................................. 15
Gambar 2.3 Bagan Kerangka Berpikir................................................................ 37
Gambar  4.1 Grafik Histogram Hasil Belajar IPS Kelompok Eksperimen......... 73
Gambar  4.2 Grafik Histogram Hasil Belajar IPS Kelompok Kontrol................ 76






















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                            Halaman
Lampiran 01.   Surat-surat Terkait Penelitian......................................................   95
Lampiran 02.   RPP Kelompok Eksperimen........................................................   117
Lampiran 03.   RPP Kelompok Kontrol..............................................................   127
Lampiran 04.   Kisi-kisi Instrumen Tes Hasil Belajar IPS Sebelum Uji Coba.....   135
Lampiran 05.   Instrumen Tes Hasil Belajar IPS Sebelum Uji Coba...................   138
Lampiran 06.   Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar IPS Sebelum Uji Coba...........   148
Lampiran 07.   Kisi-kisi Instrumen Tes Hasil Belajar IPS Setelah Uji Coba.......   149
Lampiran 08.   Instrumen Tes Hasil Belajar IPS Setelah Uji Coba.....................   151
Lampiran 09.   Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar IPS Setelah Uji Coba.............   159
Lampiran 10.   Daftar Nama Siswa Kelompok Eksperimen................................   160
Lampiran 11.   Daftar Nama Siswa Kelompok Kontrol......................................   161
Lampiran 12.   Daftar Nama Siswa Uji Coba di SD Negeri 1 Batuan Kaler......   162
Lampiran 13.   Daftar Nama Siswa Uji Coba di SD Negeri 2 Batuan................   163
Lampiran 14.   Uji Kesetaraan.............................................................................   164
Lampiran 15.   Hasil Validitas Isi tes..................................................................   168
Lampiran 16.   Hasil Uji Validitas Butir Tes.......................................................   169
Lampiran 17.   Cara Menghitung Validitas Butir Tes.........................................   170
Lampiran 18.   Hasil Uji Reliabilitas Tes.............................................................   172
Lampiran 19.   Cara Menghitung Reliabilitas Tes...............................................   173
Lampiran 20.   Hasil Uji Taraf Kesukaran Tes....................................................   174
Lampiran 21.   Cara Menghitung Taraf Kesukaran Tes.......................................   175
Lampiran 22.   Hasil Uji Daya Beda Tes.............................................................   176
Lampiran 23.   Cara Menghitung Daya Beda Tes...............................................   177
Lampiran 24.   Skor Post-test Hasil Belajar IPS Kelompok Eksperimen.............   178
Lampiran 25.   Skor Post-test Hasil Belajar IPS Kelompok Kontrol...................   179
Lampiran 26.   Deskripsi Data Post-test Kelompok Eksperimen.........................   180
Lampiran 27.   Deskripsi Data Post-test Kelompok Kontrol...............................   184
Lampiran 28.   Hasil Uji Normalitas Kelompok Eksperimen..............................   188
Lampiran 29.   Hasil Uji Normalitas Kelompok Kontrol.....................................   191
Lampiran 30.   Hasil Uji Homogenitas................................................................   194
Lampiran 31.   Hasil Uji Hipotesis......................................................................   195
Lampiran 32.   Jadwal Penelitian.........................................................................   197
Lampiran 33.   Cuplikan Media Audio Visual.....................................................   198
Lampiran 34.   Dokumentasi...............................................................................   203



BAB I
PENDAHULUAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan sarana yang memiliki peranan penting di dalam suatu bangsa, karena melalui pendidikan dapat dilahirkan generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu membawa perubahan untuk bangsa itu sendiri atau sering disebut dengan agent of change. Guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dibutuhkan pendidikan yang berkualitas pula, baik dari segi sarana-prasarana maupun dari segi mutu pembelajaran, dalam hal ini perbaikan-perbaikan serta pembaharuan dibidang pendidikan sangatlah dibutuhkan. Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu, dengan penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku-buku pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana sekolah dengan memberikan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) serta meningkatkan kualitas tenaga pendidik melalui program PPG (Pendidikan Profesi Guru). Selain upaya-upaya tersebut, dalam meningkatkan mutu pendidikan, tenaga pendidik juga diharapkan memberikan kontribusinya di dalam meningkatkan kualitas pembelajaran salah satunya dengan melakukan perbaikan pembelajaran serta mengadakan inovasi baru di dalam pembelajaran.
Namun berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada tanggal 03 dan 04 Januari 2018 di sekolah dasar yang ada di Gugus III kecamatan Sukawati, ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru,  peserta didik seringkali hanya menghafal informasi (materi) yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tentu membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami apa yang mereka pelajari. Selain itu, guru juga lebih mendominasi pembelajaran sehingga siswa lebih banyak berperan sebagai penerima yang pasif. Pembelajaran yang demikian membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilaksanakan menjadi kurang bermakna. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan pembaharuan serta perbaikan-perbaikan di dalam pembelajaran yang dapat membangkitkan minat serta mendorong keterlibatan siswa di dalam pembelajaran.
Jika pembelajaran yang dilaksanakan tidak dapat membuat siswa belajar secara bermakna maka tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tidak akan dapat terwujud, begitu pula halnya dengan tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia yang telah tertuang dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  yang menyatakan bahwa:
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab.

Guna mencapai tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia tentunya harus ditunjang dengan keberhasilan proses pembelajaran yang dilaksanakan, ada dua faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal yaitu faktor-faktor yang berasal dari masing-masing individu yang meliputi keadaan fisiologis dan psikologis peserta didik seperti kesehatan jasmani, kecerdasan, motivasi serta minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar individu yang meliputi lingkungan, materi yang dipelajari serta guru/pengajar.
Pendidikan pada jenjang sekolah dasar mengajarkan berbagai disiplin ilmu, salah satunya adalah IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan disetiap jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dijenjang sekolah dasar hingga pendidikan dijenjang perguruan tinggi. Bidang studi IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial seperti: sosiologi, antropologi, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, dan ilmu politik. Berdasarkan hal tersebut biasanya materi yang diajarkan pada bidang studi IPS bersifat abstrak, oleh karena itu dibutuhkan inovasi pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran IPS menjadi lebih menarik sehingga dapat lebih mudah dipahami siswa.   
Namun pada kenyataannya, pembelajaran IPS yang dilaksanakan di sekolah dasar yang ada Gugus III Kecamatan Sukawati masih belum optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar IPS siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati yang masih rendah sehingga dibutuhkan inovasi-inovasi baru di dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut.
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa Gugus III kecamatan Sukawati terdiri dari enam sekolah dasar (SD) yaitu, SD Negeri 1 Batuan, SD Negeri 2 Batuan, SD Negeri 3 Batuan, SD Negeri 4 Batuan, SD Negeri 1 Batuan Kaler, dan SD Negeri 2 Batuan Kaler. Dari keenam SD tersebut, terdapat satu SD yang telah menerapkan kurikulum 2013 di empat jenjang kelasnya yaitu pada kelas I, II, IV, dan V, sedangkan di kelas III dan VI masih menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Oleh karena itu, SD Negeri 3 Batuan tidak termasuk dalam populasi penelitian, sehingga yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah sekolah dasar yang masih menerapkan KTSP pada kelas V, yaitu SD Negeri 1 Batuan, SD Negeri 2 Batuan, SD Negeri 4 Batuan, SD Negeri 1 Batuan Kaler, dan SD Negeri 2 Batuan Kaler.
Berdasarkan studi dokumentasi yang dilakukan pada tanggal 9 dan 11 Desember 2017, diperoleh nilai ulangan akhir semester ganjil siswa kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran IPS dapat dilihat pada Tabel 1.1.

Tabel 1.1
Nilai UAS IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III
Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018
No.
Nama SD
Jumlah Siswa
KKM
Jumlah
Nilai Rata-rata Kelas
Tuntas
Tidak Tuntas
1.
SD N 1 Batuan
29
75
6
23
68,20
2.
SD N 2 Batuan
29
70
11
18
69,14
3.
SD N 4 Batuan
26
75
3
23
62,08
4.
SD N 1 Batuan Kaler
38
70
13
25
68,24
5.
SD N 2 Batuan Kaler
28
70
6
22
64,21
                                  (Sumber: Wali kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati)
Berdasarkan Tabel 1.1, dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelas ulangan akhir semester ganjil siswa kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran IPS masih berada di bawah KKM. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan bersama guru kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar IPS siswa yaitu, (1) guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa menjadi bosan dalam mengikuti pembelajaran (2) guru lebih mendominasi di dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang aktif, (3) guru jarang menerapkan model pembelajaran inovatif, hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan guru terkait model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPS di sekolah dasar, (4) kurangnya pemanfaatan media di dalam proses pembelajaran, (5) rendahnya minat membaca yang dimiliki siswa.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan pada pembelajaran IPS di kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif di dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan yaitu model pembelajaran time token. Model pembelajaran time token adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat mendorong siswa untuk terlibat aktif di dalam pembelajaran serta berani mengungkapkan pendapat saat proses pembelajaran berlangsung. Pernyataan tersebut diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Diantari (2017) yang menyatakan, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantuan media question card pada muatan materi IPA menjadikan siswa lebih aktif dan berani untuk mengemukakan pendapat di depan kelas. Kemudian hasil penelitian Wiyarsi (2010) juga menyatakan bahwa penerapan cooperative learning teknik time token dapat meningkatkan aktivitas, minat, serta hasil belajar kognitif mahasiswa prodi pendidikan kimia Landak. Berdasarkan hal tersebut, maka penerapan model pembelajaran time token diharapkan dapat membangkitkan minat belajar siswa serta menjadikan siswa lebih aktif berpendapat sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif.  
Pada penelitian ini, model pembelajaran time token akan dipadukan dengan media audio visual agar pembelajaran yang dilaksanakan menjadi lebih efektif. Media audio visual merupakan media yang memiliki unsur gambar dan suara, yang cocok digunakan pada pembelajaran IPS di sekolah dasar, karena dilihat dari karakteristik materi IPS yang bersifat abstrak sehingga kurang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang berada pada tahap operasional konkret. Oleh karena itu, penggunaan media audio visual diharapkan dapat menjadikan materi IPS lebih konkret sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Jadi, penerapan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual pada pembelajaran IPS diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih efektif dan bermakna.  
Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mengangkat permasalahan ini ke dalam bentuk penelitian dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Time token Berbantuan Media Audio visual terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018”.

1.2    Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, adapun identifikasi masalah pada penelitian ini sebagai berikut.
1.    Hasil belajar IPS siswa belum memenuhi KKM.
2.    Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi kepada siswa sehingga siswa menjadi bosan dalam mengikuti pembelajaran.
3.    Guru lebih mendominasi di dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi kurang aktif.
4.    Guru jarang menerapkan model pembelajaran inovatif di dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPS.
5.    Kurangnya pemanfaatan media di dalam proses pembelajaran mengakibatkan materi yang disampaikan kurang dipahami oleh siswa.
6.    Kurangnya minat membaca yang dimiliki siswa sehingga siswa tidak mampu menemukan sendiri apa yang sedang mereka pelajari.

1.3    Pembatasan Masalah
Berdasarkan uraian identifikasi masalah di atas, peneliti membatasi masalah yang akan diteliti agar pembahasan penelitian tidak terlalu luas, selain itu pembatasan masalah dilakukan karena keterbatasan waktu, biaya, dan tenaga yang dimiliki. Penelitian ini dibatasi pada pengaruh model pembelajaran time token berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS pada ranah kognitif siswa kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati yang masih menggunakan KTSP pada tahun pelajaran 2017/2018.

1.4    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018?

1.5    Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018.

1.6    Manfaat Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat teoritis dan manfaat praktis yakni sebagai berikut.

1.6.1   Manfaat Teoretis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif pada perkembangan ilmu pengatahuan khususnya dalam pengembangan model pembelajaran di sekolah dasar guna meningkatkan hasil belajar siswa.

1.6.2   Manfaat Praktis 
a.    Bagi Sekolah
Sekolah memperoleh manfaat yaitu dapat menerapkan model pembelajaran time token pada kegiatan pembelajaran guna mendorong siswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran serta memberikan kesempatan yang sama pada setiap siswa untuk mengutarakan pendapat yang dimilikinya.
b.   Bagi Guru
Guru memperoleh pengetahuan tentang model pembelajaran time token yang nantinya dapat dijadikan pertimbangan dalam mencari model pembelajaran inovatif untuk membangkitkan minat belajar siswa serta menciptakan suasana kelas yang kondusif.
c.    Bagi Siswa
Penerapan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dapat meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
d.   Bagi Peneliti Lain
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi peneliti lain di bidang pendidikan yang melaksanakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual.

BAB II
KAJIAN TEORI

2.1    Deskripsi Teori
2.1.1   Hasil Belajar
Hasil belajar dan kegiatan pembelajaran merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan karena setelah melaksanakan proses pembelajaran tentu akan diadakan evaluasi atau pengukuran ketercapaian kegiatan pembelajaran, dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik setelah mengalami proses belajar. Pernyataan tersebut diperkuat dengan pendapat Susanto (2014:5) yang menyatakan bahwa, “hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar”. Senada dengan pendapat tersebut, Rusman (2015:67) menyatakan, “hasil belajar adalah sejumlah pengalaman yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik”. Selanjutnya, Suprijono (dalam Thobroni dan Mustofa, 2011:22) juga menyatakan bahwa, “hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, dan keterampilan”.
Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah perubahan-perubahan pada diri peserta didik yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh melalui sejumlah pengalaman dari kegiatan belajar. Merujuk pada pemikiran Gagne (dalam Thobroni dan Mustofa, 2011:23), hasil belajar berupa hal-hal berikut.
(1) Informasi verbal, yaitu kapabilitas mengungungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis. Kemampuan merespons secara spesifik terhadap rangsangan spesifik. Kemampuan tersebut tidak memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah, maupun penerapan aturan. (2) Keterampilan intelektual, yaitu kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang. Keterampilan intelektual terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analitis-sintesis fakta-konsep, dan mengembangkan prinsip-prinsip keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas kognitif bersifat khas. (3) Strategi kognitif, yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya. Kemampuan ini meliputi penggunaan konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah. (4) Keterampilan motorik, yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani. (5) Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku. 

Selanjutnya menurut Bloom (dalam Thobroni dan Mustofa, 2011: 23-24), hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Adapun rinciannya sebagai berikut.
1)   Domain kognitif mencakup:
a)    Knowledge (pengetahuan, ingatan);
b)   Comprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas, mencontohkan);
c)    Application (menerapkan);
d)   Analysis (menguraikan, menentukan hubungan);
e)    Synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentuk bangunan baru);
f)    Evaluating (menilai).

2)   Domain afektif mencakup:
a)    Receiving (sikap menerima);
b)   Responding (memberikan respons);
c)    Valuing (nilai);
d)   Organization (organisasi);
e)    Characterization (karakterisasi).
3)   Domain psikomotorik mencakup:
a)    Initiatory;
b)   Pre-routine;
c)    Rountinized;
d)   Keterampilan produktif, teknik, fisik, sosial, manajerial, dan intelektual.
Pada penelitian ini, hasil belajar yang diukur terbatas pada ranah kognitif yang merujuk pada ranah kognitif Bloom (dalam Dimyati dan Mudjiono, 2015:26-27) menyatakan ranah kognitif terdiri dari enam jenis perilaku sebagai berikut:
(1) Pengetahuan, mencapai kemampuan ingatan tentang hal yang telah dipelajari dan tersimpan dalam ingatan. Pengetahuan itu berkenaan dengan fakta, peristiwa, pengertian, kaidah, teori, prinsip, atau metode. (2) Pemahaman, mencakup kemampuan menangkap arti dan makna tentang hal yang dipelajari. (3) Penerapan, mencakup kemampuan menerapkan metode dan kaidah untuk menghadapi masalah yang nyata dan baru. Misalnya, menggunakan prinsip. (4) Analisis, mencakup kemampuan merinci suatu kesatuan ke dalam bagian-bagian sehingga struktur keseluruhan dapat dipahami dengan baik. Misalnya mengurangi masalah menjadi bagian yang telah kecil. (5) Sintesis, mencakup kemampuan membentuk suatu pola baru. Misalnya kemampuan menyusun suatu program kerja. (6) Evaluasi, mencakup kemampuan membentuk pendapat tentang beberapa hal berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya, kemampuan menilai hasil karangan.  

Perancang pembelajaran harus mempertimbangkan keterampilan berpikir peserta didik dalam menyususn tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, gambaran jelas tentang masing-masing tingkat keterampilan berpikir tersebut perlu dideskripsikan secara detail untuk menghindari kekeliruan. Reigeluth (dalam Yaumi, 2013) mendeskripsikan gambaran umum masing-masing tingkatan pengetahuan sebagai berikut:

Tabel 2.1
Domain Kognisi Bloom
Bloom Taksonomi
Pengetahuan
Peserta didik yang bekerja pada tingkat ini hanya berkisar pada mengingat atau menghafal informasi dari yang konkret ke informasi yang abstrak.
Pemahaman
Pada tingkat ini, peserta didik mampu mengerti dan membuat rangkaian dari sesuatu yang dikomunikasikan. Artinya, peserta didik mampu menerjemahkan, menginterpretasi, dan meramalkan kemungkinan dalam berkomunikasi.
Aplikasi
Peserta didik dapat menerapkan konsep yang sesuai dan abstraksi dari suatu masalah atau situasi sekalipun tidak diminta untuk melakukannya.
Analisis
Peserta didik dapat memilah dan membagi materi ke dalam beberapa bagian dan mampu mendefinisikan hubungan antara bagian-bagian tersebut.
Sintesis
Peserta didik menciptakan produk, menggabungkan bagian-bagian dari pengalaman sebelumnya dengan bagian yang baru untuk menciptakan keseluruhan bagian.
Evaluasi
Peserta didik memberikan keputusan terhadap nilai dari suatu materi pembelajaran, argumen, atau pandangan yang berkenaan dengan sesuatu yang diketahui, dipahami, dilakukan, dianalisis, dan dihasilkan.

Lorin Anderson (dalam Yaumi, 2013:92-93) melakukan revisi khususnya dalam domain kognisi dengan mengubah penamaan yang semula menggunakan kategori kata benda menjadi kata kerja. Domain yang semula dideskripsikan dengan kata benda, seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi, direvisi dengan menggunakan kata kerja, seperti mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Domain kognisi dalam yang direvisi oleh Anderson, tidak lagi mencantumkan sintesis secara terpisah, tetapi tergabung dalam kata kerja mengevaluasi, kemudian menambahkan kata kerja menciptakan, sebagai tingkat tertinggi dalam sistem berpikir yang harus terintegrasi dalam tujuan pembelajaran. Menurut Anderson, taksonomi yang baru ini merefleksi bentuk sistem berpikir yang lebih aktif dan akurat dibandingkan dengan taksonomi sebelumnya.
Selanjutnya, selain domain kognisi terdapat pula istilah knowledge taxonomy (taksonomi pengetahuan), yang mencakup: (1) experiencial knowledge (pengetahuan berdasarkan pengalaman), (2) contextual knowledge (pengetahuan berdasarkan konteks), (3) declarative knowledge (pengetahuan bersifat deklaratif), dan (4) procedural knowlwdge (pengetahuan yang bersifat prosedural).


Gambar 2.1
Taksonomi Bloom
(Sumber: Yaumi, 2013:93)

Gambar 2.2
Revisi Anderson
(Sumber: Yaumi, 2013:93)

Hubbell (dalam Yaumi, 2013: 93) menjelaskan bahwa pengetahuan berdasarkan pengalaman berfungsi mengungkap jawaban dari pertanyaan, mengapa sesuatu itu penting, pengetahuan kontekstual berfungsi untuk mengetahui kapan harus menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, pengetahuan deklaratif merujuk pada apa yang harus dan perlu diketahui, dan pengetahuan prosedural dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana menggunakan pengetahuan dan keterampilan, seperti digambarkan berikut:

Tabel 2.2
Dimensi Proses Kognisi
DIMENSI PROSES KOGNISI
PENGETAHUAN
FAKTUAL
KONSEPTUAL
PROSEDURAL
METAKOGNISI
Memahami
Membuat daftar
Mendeskripsi
Menabulasi
Menggunakan
Mengetahui
Meringkas
Menginterpretasi
Memprediksi
Melakukan
Menerapkan
Menggolongkan
Menguji coba
Menghitung
Mengkontruksi
Menganalisis
Mengatur
Menjelaskan
Membedakan
Memperoleh
Mengevaluasi
Mengurut
Mengukur
Menyimpulkan
Menindaki
Menciptakan
Menggabungkan
Mendesain
Menyusun
Mengaktualisasi
                                                                                   (Sumber: Yaumi, 2013:93-94)
Selanjutnya Wasliman (dalam Susanto, 2014:12-13) menyatakan bahwa hasil belajar yang dicapai peserta didik dipengaruhi berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal sebagai berikut.
1)        Faktor internal
Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri peserta didik yang dapat mempengaruhi kemampuan belajarnya. Faktor internal dalam hal ini, meliputi: kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan, sikap, kebiasaan belajar, serta kondisi fisik dan kesehatan peserta didik. 
2)        Faktor eksternal
Faktor eksternal adalah faktor-faktor yang bersumber dari luar diri peserta didik yang dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Faktor eksternal dalam hal ini, meliputi: keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Kondisi keluarga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, misalnya saja hasil belajar siswa yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi kurang mampu akan berbeda dengan hasil belajar siswa yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi berkecukupan. Selanjutnya sekolah juga sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik karena semakin tinggi kualitas pengajaran dan kemampuan siswa di sekolah maka akan semakin tinggi pula hasil belajar yang dapat dicapai siswa. 
Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diperoleh melalui pengalaman belajar. Pada penelitian ini hasil belajar yang diukur terbatas pada hasil belajar pada ranah kognitif. Hasil belajar pada ranah kognitif mencakup pengetahuan serta pemahaman peserta didik terhadap informasi (materi) yang diajarkan.

2.1.2   Hakikat IPS
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu disiplin ilmu yang wajib diajarkan di setiap jenjang pendidikan mulai dari pendidikan di jenjang sekolah dasar bahkan hingga ke jenjang perguruan tinggi. IPS adalah disiplin ilmu yang mengajarkan ilmu sosial yang didasarkan pada fenomena dan realitas sosial. Pernyataan tersebut diperkuat dengan pendapat Samlawi dan Maftuh (1998) yang menyatakan, Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu program pendidikan yang mengintegrasikan konsep-konsep terpilih dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora yang bertujuan untuk pembinaan warga negara agar menjadi warga negara yang baik. Sejalan dengan pendapat tersebut, Trianto (2010:171) menyatakan bahwa, “Ilmu Pengetahuan Sosial dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang ilmu-ilmu sosial (sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya)”. Kemudian Jarolimek (dalam Susanto, 2014:141) juga menyatakan bahwa, “pada dasarnya pendidikan IPS berhubungan erat dengan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang memungkinkan siswa berperan dalam kelompok masyarakat di mana ia tinggal”.
Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu program pendidikan yang dirumuskan atas dasar fenomena dan realitas sosial yang berhubungan erat dengan pengetahuan, keterampilan, sikap serta nilai-nilai sosial dan humaniora yang bertujuan untuk pembinaan warga negara yang baik.
Secara historis, pendidikan IPS sebagai bidang studi dalam kurikulum sekolah mulai diajarkan di Indonesia sekitar tahun 1975 sebagai bidang studi IPS dalam kurikulum SD, SMP, dan SMA. Sejak berlakunya kurikulum 1975 ini, baik pada tingkat SD, SMP, maupun SMA pembelajaran diberikan dengan menggunakan pendekatan terpadu (integrated), meskipun terdapat perbedaan dalam tingkat keterpaduan di antara tiga jenjang pendidikan ini. Pendekatan terpadu telah digunakan sejak kurikulum 1975, kurikulum 1986, 1994, 2004 (KBK), hingga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dan istilah IPS pun masih digunakan untuk menamai mata pelajaran sosial pada tingkat SD dan SMP, walaupun dalam kenyataannya di SMP mata pelajaran IPS diajarkan secara terpisah. Adapun untuk tingkat SMA, mata pelajaran IPS tidak digunakan lagi untuk menamai kelompok mata pelajaran sosial ini, karena di SMA telah diorganisasi secara terpisah (separated). Pendidikan IPS di sekolah dasar merupakan bidang studi yang mempelajari manusia dalam semua aspek kehidupan dan interaksinya dalam masyarakat. Oleh karena itu, peranan IPS sangat penting untuk mendidik siswa dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan agar dapat mengambil bagian secara aktif di dalam kehidupannya kelak sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang baik (dalam Susanto, 2014).
Martoella (dalam Trianto, 2010) menyatakan bahwa pembelajaran IPS lebih menekankan pada aspek pendidikan daripada hanya sekadar transfer konsep karena dalam pembelajaran IPS, siswa dapat lebih banyak berlatih dan mengembangkan sikap, nilai, moral serta keterampilan berdasarkan konsep yang telah dimilikinya. Trianto (2010:173) menyatakan terdapat beberapa konsep dalam pembelajaran IPS yaitu,
(1) interaksi, (2) saling ketergantungan, (3) kesinambungan dan perubahan, (4) keragaman/kesamaan/perbedaan, (5) konflik dan konsesus, (6) pola, (7) tempat, (8) kekuasaan, (9) nilai kepercayaan, (10) keadilan dan pemerataan, (11) kelangkaan, (12) kekhususan, (13) budaya, dan (14) nasionalisme.

Adapun tujuan dari pembelajaran IPS yang dikemukakan oleh Mutakin (dalam Trianto, 2010) yakni sebagai berikut.
1)        Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
2)        Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
3)        Mampu membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.
4)        Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
5)        Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat.
6)        Memotivasi seseorang untuk bertindak berdasarkan moral.
7)        Fasilitator di dalam suatu lingkungan yang terbuka dan tidak bersifat menghakimi.
8)        Mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang baik dalam kehidupannya “to prepare students to be well-functioning citizen in a democratic society” dan mengembangkan kemampuan siswa menggunakan penalaran dalam mengambil keputusan pada setiap persoalan yang dihadapi.
9)        Menekan perasaan, emosi, dan derajat penerimaan atau penolakan siswa terhadap materi pembelajaran IPS yang diberikan.
Selanjutnya, Susanto (2014:149) mengungkapkan terkait tujuan dan ruang lingkup pembelajaran IPS dalam KTSP, yaitu:
(1) Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya. (2) Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial. (3) Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan. (4) Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat local, nasional, dan global.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan suatu program pendidikan yang dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial, yang mengintegrasikan konsep-konsep terpilih dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora bertujuan untuk pembinaan warga negara yang baik. IPS berhubungan erat dengan pengetahuan, sikap, keterampilan, serta nilai-nilai yang nantinya dapat membantu siswa untuk berperan di dalam kelompok masyarakat. Jadi hasil belajar IPS merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri individu mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor yang diperoleh melalui pengalaman belajar IPS. Namun pada penelitian ini, hasil belajar IPS yang diukur hanya pada ranah kognitif.


2.1.3   Model Pembelajaran Time Token
Model pembelajaran merupakan suatu bingkai yang mengemas pembelajaran mulai dari kegiatan awal hingga kegiatan akhir pembelajaran. Pernyataan tersebut diperkuat dengan pendapat Gagne, Briggs, dan Wager (dalam Suwatra dkk, 2015:3) yang menyatakan, “pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa”. Artinya pembelajaran yang akan dilaksanakan harus dirancang sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian siswa sehingga memungkinkan siswa untuk belajar secara bermakna. Mewujudkan suatu pembelajaran yang menarik dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dapat dilakukan dengan penerapan model pembelajaran.
Pemilihan model pembelajaran yang tepat, akan sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Apabila model pembelajaran yang diterapkan tidak tepat maka pembelajaran yang dilaksanakan akan menjadi kurang efektif sehingga tujuan pembelajaran akan sulit tercapai. Berdasarkan hal tersebut, guru diharapkan mampu memilih model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran, artinya model pembelajaran yang diterapkan harus disesuaikan dengan karakteristik materi yang diajarkan serta karakteristik peserta didik.  
Menurut Joyce, Weil, & Shower (dalam Suprijono, 2016) menyatakan, model pembelajaran adalah suatu perencanaan pembelajaran yang dapat digunakan sebagai acuan di dalam mendesain proses pembelajaran yang akan dilaksanakan, yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, seperti buku, film, program komputer, dan kurikulum. Model pembelajaran merupakan bingkai yang mengemas suatu pembelajaran, di dalamnya meliputi strategi, metode, teknik, serta taktik yang digunakan di dalam proses pembelajaran. Setiap model pembelajaran dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru di dalam mengajar, yang sekaligus dapat memandu guru untuk membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Keberadaan model pembelajaran di dalam suatu kegiatan pembelajaran menjadi sangat penting sehingga guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat serta mampu menerapkannya di dalam proses pembelajaran.
Shoimin (2014:216) menyatakan bahwa, “model pembelajaran time token adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif. Siswa dibentuk ke dalam kelompok belajar, yang dalam pembelajaran ini mengajarkan keterampilan sosial untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau menghindarkan siswa diam sama sekali dalam berdiskusi”.  Sejalan dengan pendapat tersebut, Kurniasih dan Sani (2016:107) menyatakan bahwa:
Model pembelajaran time token merupakan salah satu contoh kecil dari penerapan pembelajaran yang demokratis di sekolah. Model ini menjadikan aktivitas siswa menjadi titik perhatian utama. Dengan kata lain mereka selalu dilibatkan secara aktif. Guru dapat berperan untuk mengajak siswa mencari solusi bersama terhadap permasalahan yang ditemui.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang menerapkan konsep belajar demokratis dengan menanamkan keterampilan sosial dan siswa selalu dilibatkan secara aktif di dalam proses pembelajaran.    Sejalan dengan pengertian tersebut maka tujuan dari penerapan model pembelajaran time token yaitu untuk meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Menurut Rahmat Widodo (dalam Shoimin, 2014:216) model pembelajaran time token sangat tepat untuk pembelajaran struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, menghindari hanya beberapa siswa yang mendominasi pembicaraan atau siswa yang hanya diam saat proses diskusi di dalam pembelajaran. Model pembelajaran time token ini sangat cocok diterapkan untuk membantu guru dalam mengatasi kondisi kelas yang karakteristik siswanya cenderung diam dan tidak berani mengungkapkan pendapat saat pembelajaran.  
Menurut Kurniasih dan Sani (2016:107-108), kelebihan dari model pembelajaran time token yaitu:
(1) Mendorong siswa untuk meningkatkan inisiatif dan partisipasinya dalam proses pembelajaran. (2) Siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali. (3) Siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran ketika gilirannya telah tiba. (4) Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi. (5) Melatih siswa untuk mengungkapkan pendapatnya. (6) Menumbuhkan kebiasaan pada siswa untuk saling mendengarkan, berbagi, memberikan masukan dan keterbukaan terhadap kritik. (7) Mengajarkan siswa untuk menghargai pendapat orang lain. (8) Guru dapat berperan untuk mengajak siswa mencari solusi bersama terhadap permasalahan yang ditemui.

2.1.3.1  Langkah-langkah pembelajaran time token
Menurut Kurniasih dan Sani (2016:108-109) langkah-langkah model pembelajaran time token sebagai berikut.
(1) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) Guru mengondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi klasikal. (3) Guru memberikan tugas kepada siswa. (4) Guru memberikan sejumlah kupon berbicara kepada siswa dengan waktu ± 30 detik per kupon pada tiap siswa. (5) Guru meminta siswa menyerahkan kupon terlebih dahulu sebelum berbicara atau memberi komentar. Satu kupon digunakan untuk satu kesempatan berbicara dan siswa dapat tampil lagi setelah bergiliran dengan siswa lainnya. (6) Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh berbicara ataupun memberi komentar lagi. (7) Siswa yang masih memegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis. Demikian seterusnya hingga semua siswa mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. (8) Guru memberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan tiap siswa. (9) Setelah semua selesai, guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan, kemudian menutup pelajaran.

Langkah-langkah model pembelajaran time token yang dikemukakan oleh Kurniasih dan Sani di atas dimodifikasi sebagai berikut.

Tabel 2.3
Langkah-langkah Model Pembelajaran Time Token
No.
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Siswa menyimak penjelasan guru terkait tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2.
Guru mengondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi klasikal.
Siswa mengikuti arahan guru.
3.
Guru memberikan tugas kepada siswa.
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
4.
Guru memberikan sejumlah kupon berbicara kepada siswa dengan waktu ± 30 detik per kupon pada tiap siswa.
Masing-masing siswa mendapatkan kupon berbicara.
5.
Guru meminta siswa menyerahkan kupon terlebih dahulu sebelum berbicara atau memberi komentar. Satu kupon digunakan untuk satu kesempatan berbicara dan siswa dapat tampil lagi setelah bergiliran dengan siswa lainnya.
Siswa menyerahkan kupon sebelum berbicara atau memberi komentar.
6.
Guru menginformasikan bahwa siswa yang telah habis kopunnya tidak boleh berbicara ataupun memberi komentar lagi.
Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh berbicara ataupun memberi komentar lagi.
7.
Guru menginformasikan serta memotivasi siswa yang masih memegang kupon untuk berbicara hingga kuponnya habis.
Siswa yang masih memegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis. Demikian seterusnya hingga semua siswa mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.
8.
Guru memberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan tiap siswa.
Siswa memperoleh nilai sesuai waktu yang digunakan.
9.
Setelah semua selesai, guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan, kemudian menutup pelajaran.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.

Langkah pembelajaran time token yang telah dipaparkan di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran time token merupakan model pembelajaran kooperatif dengan menerapkan konsep pembelajaran demokratis yang menuntut siswa agar berani menyampaikan pendapat sehingga siswa terlibat aktif di dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran time token diharapkan dapat meningkatkan minat serta motivasi belajar yang diiringi dengan peningkatan hasil belajar siswa.

2.1.4   Media Audio Visual
Pembelajaran akan menjadi lebih bermakna apabila peserta didik dapat melihat langsung atau mengalami sendiri terkait materi yang sedang dipelajarinya. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan guru di dalam proses pembelajaran sehingga dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pernyataan tersebut didukung oleh pendapat Arsyad (2011:4-5) yang menyatakan bahwa, “media adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar”. Dalam hal ini media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting di dalam proses belajar mengajar karena media pembelajaran dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa. Disamping itu, media pembelajaran juga dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi yang dipelajari serta dapat membantu guru dalam meyampaikan materi kepada siswa sehingga pembelajaran yang dilaksanakan menjadi lebih efektif.
Gerlach dan Ely (dalam Arsyad, 2011:12-14) mengemukakan tiga ciri media yaitu, ciri fiksatif, ciri manipulatif, dan ciri distributif. Ketiga ciri tersebut merupakan petunjuk mengapa media digunakan saat pembelajaran dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu (atau kurang efisien) melakukannya. Adapun penjelasan dari ketiga ciri media tersebut secara lebih terperinci yakni sebagai berkut.
1)   Ciri Fiksatif (Fixative Property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek. Suatu peristiwa atau objek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, video tape, audio tape, disket komputer dan film. Ciri ini amat penting bagi guru karena kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat. Peristiwa yang kejadiannya hanya sekali (dalam satu decade atau satu abad) dapat diabadikan dan disusun kembali untuk keperluan pembelajaran.
2)   Ciri Manipulatif (Manipulative Property)
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar time-lapse recording. Misalnya, bagaimana proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografi tersebut. Di samping dapat dipercepat, suatu kejadian dapat pula diperlambat pada saat menayangkan kembali hasil suatu rekaman video. Misalnya proses loncat gajah atau reaksi kimia dapat diamati melalui bantuan kemampuan manipulatif dari media. 
3)   Ciri Distributif (Distributive Property)
Ciri distributif dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif mengenai kejadian itu. Dewasa ini distribusi media tidak terbatas pada satu kelas atau beberapa kelas pada sekolah-sekolah di dalam suatu wilayah tertentu, tetapi juga media itu misalnya rekaman video, audio, disket komputer dapat disebar ke seluruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja. Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat. Konsistensi informasi yang telah direkam akan terjamin sama atau hampir sama dengan aslinya. 
Dalam pemilihan media pembelajaran terdapat berbagai aspek yang harus dipertimbangkan seperti metode pembelajaran yang digunakan, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, respon yang diharapkan agar dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, dan karakteristik siswa. Di samping itu, kemenarikan media juga harus diperhatikan karena media pembelajaran yang digunakan di sekolah dasar harus diusahakan semenarik mungkin agar peserta didik tertarik untuk menggunakan atau pun memperhatikan.
Leshin, Pollock & Reigeluth (dalam Arsyad, 2011:36) mengklasifikasi media ke dalam lima kelompok, yaitu (1) media berbasis manusia, yang meliputi guru, instruktur, tutor, main-peran, kegiatan kelompok, field-trip; (2) media berbasis cetak, yang meliputi buku, penuntun, buku latihan, alat bantu kerja, dan lembaran lepas; (3) media berbasis visual, yang meliputi buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi, slide; (4) media berbasis audio visual, yang meliputi video, film, program slide-tape, televisi; (5) media berbasis komputer, yang meliputi pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video, hypertext. Dari kelima kelompok media tersebut, dalam penelitian ini digunakan media berbasis audio visual.
Menurut Tegeh (2010:94), “media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar, sehingga untuk menikmatinya diperlukan indera pendengaran dan penglihatan”. Sejalan dengan pendapat tersebut, Arsyad (2011) menyatakan, pengajaran melalui media audio visual adalah pengajaran yang produksi dan penggunaan materinya diterapkan melalui pandangan dan pendengaran, serta tidak seluruhnya bergantung kepada pemahaman kata atau simbol-simbol yang serupa sehingga penggunaan media audio visual tidak akan membuat pembelajaran terkesan monoton. Senada dengan pendapat yang dikemukakan Arsyad, Bacthiar (dalam Jampel dan Puspita, 2017) juga menjelaskan bahwa media audio visual dapat memperjelas penyajian informasi agar tidak terlalu bersifat verbalistis.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa, media audio visual merupakan media yang mempunyai unsur suara dan gambar sehingga pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat lebih menarik serta dapat memperjelas penyajian informasi (materi) agar tidak terlalu bersifat verbalistis.
Selanjutnya, Arsyad (2011) juga mengemukakan ciri utama teknologi media audio visual sebagai berikut.
1)   biasanya bersifat linear;
2)   biasanya menyajikan visual yang dinamis;
3)   digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya;
4)   representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak;
5)   dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif;
6)   umumnya berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah.
Kemudian Dale (dalam Arsyad, 2011:23-24) mengemukakan bahwa media audio visual sangat banyak memberikan manfaat di dalam proses pembelajaran. Adapun kelebihan dari media audio visual yang diungkapkan Sadiman (dalam Jampel dan Puspita, 2017) yaitu:
1)   dapat digunakan untuk klasikal ataupun individual
2)   dapat digunakan secara berulang
3)   dapat menyajikan materi secara fisik jika tidak dapat bicara secara langsung di dalam kelas
4)   dapat menyajikan objek yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam kelas
5)   dapat menyajikan objek secara detail
6)   dapat dipercepat ataupun diperlambat sesuai keperluan
7)   menyajikan gambar dan suara.
Berdasarkan paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa media audio visual merupakan media yang memiliki unsur suara dan gambar yang dapat menjadikan suasana belajar lebih menarik serta dapat memperjelas penyajian materi, seperti salah satu kelebihan media audio visual yaitu dapat menyajikan objek yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke dalam kelas serta dapat menyajikan objek secara lebih detail. Dengan demikian maka penggunaan media audio visual di dalam pembelajaran diharapkan dapat membuat siswa belajar secara bermakna. Dalam penelitian ini, jenis media audio visual yang digunakan adalah video pembelajaran dan film.

2.1.5   Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual
Pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar, peserta didik lebih banyak dilatih untuk mengembangkan potensi dan keterampilan yang dimilikinya agar peka terhadap lingkungan sosial. Dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar perlu diterapkan model dan media pembelajaran yang cocok untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan kondusif, untuk mewujudkan hal tersebut maka diterapkan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran yang dilakukan dengan penerapan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual merupakan pembelajaran yang mengutamakan partisipasi/keterlibatan siswa di dalam proses pembelajaran, dan dengan bantuan media audio visual yang dapat memperjelas penyajian informasi (materi) agar tidak terlalu bersifat verbalistis sehingga dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi IPS yang biasanya bersifat abstrak. Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual sebagai berikut.

Tabel 2.4
Langkah-langkah Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual
No.
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Siswa menyimak penjelasan guru terkait tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2.
Guru mengondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi klasikal.
Siswa mengikuti arahan guru.
3.
Guru menampilkan film serta video pembelajaran terkait materi yang akan dibahas.
Siswa mengamati video dan film yang ditampilkan oleh guru.
4.
Guru memberikan tugas kepada siswa.
Siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
5.
Guru memberikan sejumlah kupon berbicara kepada siswa dengan waktu ± 30 detik per kupon pada tiap siswa.
Masing-masing siswa mendapatkan kupon berbicara.
6.
Guru meminta siswa menyerahkan kupon terlebih dahulu sebelum berbicara atau memberi komentar. Satu kupon digunakan untuk satu kesempatan berbicara dan siswa dapat tampil lagi setelah bergiliran dengan siswa lainnya.
Siswa menyerahkan kupon sebelum berbicara atau memberi komentar.
7.
Guru menginformasikan bahwa siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh berbicara ataupun memberi komentar lagi.
Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh berbicara ataupun memberi komentar lagi.
8.
Guru menginformasikan serta memotivasi siswa yang masih memegang kupon untuk berbicara hingga kuponnya habis.
Siswa yang masih memegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis. Demikian seterusnya hingga semua siswa mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya.
9.
Guru memberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan tiap siswa.
Siswa memperoleh nilai sesuai waktu yang digunakan.
10.
Setelah semua selesai, guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan, kemudian menutup pelajaran.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
2.1.6   Pembelajaran Konvensional
Pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang biasanya diterapkan oleh guru pada kegiatan belajar mengajar. Pada pembelajaran konvensional biasanya guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Pernyataan tersebut diperkuat dengan pendapat yang dikemukakan Santyasa (2005:36) menyatakan “pembelajaran konvensional adalah pembelajaran yang lazim diterapkan seperti kegiatan rutinitas sehari-hari” Kemudian Sulaeman (dalam Rasana, 2009:18) berpendapat bahwa, “pembelajaran konvensional merupakan metode yang paling efisien dalam mengajar yang bersifat hafalan (ingatan)”. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centred approach), artinya guru yang lebih mendominasi atau lebih aktif di dalam pembelajaran sehingga siswa akan terkesan pasif. Dalam pelaksanaan pembelajaran konvensional lebih menekankan pada penggunaan metode ceramah, semua materi pelajaran dijelaskan oleh guru secara lisan sehingga komunikasi yang terjadi bersifat satu arah. Penerapan pembelajaran konvensional membuat peserta didik lebih banyak terlibat sebagai pendengar dan pencatat yang baik, hal tersebut mengakibatkan kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengeksplorasi materi pelajaran secara mandiri.
Sudjana (dalam Alentina, 2013) mengemukakan ciri-ciri pembelajaran konvensional yaitu (1) pembelajaran berpusat pada guru, (2) kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri, (3) terjadi pasif learning, (4) kurangnya interaksi diantara siswa. Pembelajaran yang demikian tentu akan membuat siswa merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga pembelajaran akan menjadi kurang efektif.  
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran konvensional kurang efektif diterapkan dalam kegiatan pembelajaran karena pembelajaran konvensional masih bersifat transfer pengetahuan yang kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi pengetahuannya secara mandiri.

2.2    Kajian Hasil Penelitian yang Relevan
Hasil penelitian yang relevan terkait “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018” telah dilakukan oleh beberapa penelitian berikut.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Perwitasari (2014) menyatakan, penerapan model pembelajaran time token arends dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn Kelas V SDN Tambakaji 03 Semarang. Keterkaitan penelitian yang dilakukan oleh Perwitasari dengan penelitian ini terletak pada persamaan model dan media pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran time token dan media audio visual. Sedangkan yang membedakan adalah pada penelitian yang dilakukan oleh Perwitasari meneliti peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model time token dengan media audio visual sedangkan penelitian ini meneliti pengaruh model pembelajaran time token berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ningzaswati (2015) menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif teknik time token dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SD di Gugus IV Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Dalam penelitian ini dibuktikan bahwa aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik time token lebih baik dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Keterkaitan penelitian yang dilakukan oleh Ningzaswati dengan penelitian ini terletak pada persamaan meneliti pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar siswa, namun pada penelitian yang dilakukan oleh Ningzaswati meneliti pengaruh model pembelajaran time token terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar IPA, sedangkan penelitian ini meneliti pengaruh model pembelajaran time token berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS.
Hasil penelitian yang dilakukan Jampel dan Puspita (2017) menyatakan, aktivitas pembelajaran mengamati berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kognisi siswa dalam aspek dimensi proses kognitif atau dengan kata lain, media audio visual yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran mengamati mampu meningkatkan hasil belajar. Keterkaitan penelitian yang dilakukan oleh Jampel dan Puspita dengan penelitian ini terletak pada persamaan media yang digunakan yaitu media audio visual. Sedangkan perbedaannya, pada penelitian yang dilakukan oleh Jampel dan Puspita meneliti peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar melalui aktivitas pembelajaran mengamati berbantuan audio visual, sedangkan penelitian ini meneliti pengaruh model pembelajaran time token berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS.    
Berdasarkan beberapa hasil penelitian relevan yang telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model time token berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar.

2.3    Kerangka Berpikir
Setelah melakukan observasi awal, studi dokumentasi serta wawancara bersama guru kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati, ditemukan bahwa permasalahan utama yang dihadapi yaitu masih banyak nilai UAS IPS semester ganjil siswa kelas V pada tahun pelajaran 2017/2018 berada di bawah KKM. Hal ini terjadi karena pembelajaran IPS yang dilaksanakan belum optimal, dalam pembelajaran IPS guru lebih banyak menggunakan metode ceramah yang penyampaian materinya dilakukan secara lisan. Pembelajaran yang demikian biasanya bersifat transfer pengetahuan, artinya siswa hanya memperoleh pengetahuan dari guru sehingga siswa kurang memperoleh kesempatan untuk mengeksplorasi pengetahuannya secara mandiri serta siswa kurang terlibat aktif di dalam pembelajaran. Pembelajaran seperti ini membuat siswa cepat bosan sehingga materi yang disampaikan guru kurang dapat diserap dengan baik oleh siswa.    
Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dalam pembelajaran IPS di kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati perlu diterapkan model pembelajaran inovatif yang dapat melibatkan siswa secara aktif, model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran time token. Model pembelajaran time token adalah model pembelajaran yang lebih memfokuskan pada keterlibatan siswa di dalam pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran time token dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan sosial yang dimiliki siswa, karena model pembelajaran time token merupakan salah satu contoh kecil dari penerapan pembelajaran demokratis, sehingga model pembelajaran time token cocok diterapkan pada pembelajaran IPS.
Disamping itu, upaya yang dapat dilakukan untuk menambah kebermaknaan pembelajaran yang dilaksanakan yaitu dengan memadukan model pembelajaran time token dengan media audio visual. Penggunaan media audio visual dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik serta dapat memperjelas penyajian informasi (materi) agar tidak terlalu bersifat verbalistis. Media audio visual juga dapat membangkitkan minat belajar siswa serta dapat lebih mengkonkretkan materi yang bersifat abstrak. Dengan demikian maka penerapan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual pada pembelajaran IPS diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD di gugus III kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018.

Gambar 2.3
Bagan Kerangka Berpikir

2.4    Perumusan Hipotesis
Berdasarkan rumusan masalah, kajian teori dan kerangka berpikir, dalam penelitian ini maka diajukan hipotesis penelitian sebagai berikut.
            Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2017/2018.

DAFTAR RUJUKAN

Agung, Anak Agung Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2017. Buku Ajar Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan, UNDIKSHA.

Alentina, Ni Putu. 2013. “Model Pembelajaran Sinektik Berbasis Penilaian Portofolio Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara”. Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1 No: 1 Tahun 2013).

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Candiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Undiksha Press.

Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Diantari, Kadek Ari. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Question Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SDN Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Selatan”. Journal of Education Technology (Vol: 1 No: 2 Tahun 2017).

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jampel, I Nyoman dan Kadek Riza Puspita. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual”. International Journal of Elementary Education (IJEE) (Vol: 1 No: 3 Tahun: 2017).

Juliati, Ni Wayan. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Time Token Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Gugus I Gianyar”. Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1 No: 1 Tahun 2013).

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan: Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kusuma, Putu Indra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau dari Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngura Rai Denpasar Utara”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (Vol: 1 No: 3 Tahun 2017).

Lestari, Kadek. Tia. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas III SD”. Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1 No:1 Tahun 2013).

Mahadewi, Luh Putu Putrini, dkk. 2012. Media Video Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Ningzaswati, Dwi Ratna. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Vol: 5 No: 1 Tahun 2015).

Perwitasari, Arum. 2014. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Time Token Arends dengan Media Audio Visual”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia (Vol: 3 No: 1 Tahun 2014).

Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Laporan Sabbatical Leave Model-Model Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Samlawi, Fakih dan Bunyamin Maftuh. 1998. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santyasa, I Wayan. 2005. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Setyosari, Panji. 2015. Metode Penelitian & Pendidikan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Suprijono, Agus. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutirna dan Samsudin. 2015. Landasan Kependidikan (Teori dan Praktek). Bandung: Refika Aditama.

Suwatra, Ignatius I Wayan, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha.

Tegeh, Made. 2010. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Thobroni Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).  Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia pada: https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf (diakses tanggal 15 Desember 2017). 

Valentina, Olivia Febrayani. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Seririt”. Mimbar PGSD Undiksha (Vol: 1 No: 1 Tahun 2013).

Wiyarsi, Antuni. (2010). “Implementation of Cooperative Learning Type Time Token to Increase the Student Activity and Interest Learning on General Chemistry”. Jurnal Pendidikan Kimia UNY.
  
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Komentar

Popular Posts

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang