SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA “WIKRAMA PRINT” BERBASIS WEB PHP





    BAB I
PENDAHULUAN


1.1.     Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dibidang teknologi, perusahaan- perusahaan makin dipicu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai alat atau media untuk tetap bertahan dan memenangkan persaingan yang semakin ketat.Internet merupakan suatu media yang sudah tidak asing lagi diberbagai belahan dunia yang memiliki banyak fungsi, sehingga akhir-akhir ini penggunaan internet akan mendominasi seluruh kegiatan di dunia baik dimasa kini dan masa yang akan. Semua itu akan membawa dampak yang sangat besar bagi perusahaan. Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuk nya tingkat kompetisi yang semakin tajam, sehingga globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi pesat dan perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya.
Percetakan adalah sebuah proses industri (baik dilakukan oleh industri berskala kecil maupun besar) untuk memproduksi secara masal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Di samping itu, percetakan pun tidak hanya fokus pada cetak saja secara kasat mata, tetapi di sana mencakup berbagai teknik dan jenis kegiatan yang dilakukan, seperti desain, penempatan warna yang tepat, pengukuran jenis kertas, dan lain sebagainya.
Wikrama Print berdiri pada tahun 2005, merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang percetakan yang melayani jasa foto copy, print, kartu nama, undangan, id card, spanduk dan sejenisnya. Dengan sistem kerja yang berjalan pada Wikrama Print masih menggunakan cara manual dimana data penjualan masih ditulis sehingga akan mengakibatkan biaya, waktu dan tenaga yang cukup banyak, bahkan penghitungan penjualannya menjadi tidak akurat.
Oleh karena itu penulis mencoba merancang dan menganalisa system penjualan  yang dapat menunjang kelancaran dan kecepatan transaksi penjualan menggunakan peralatan komputer. Bertitik tolak dan permasalahan tersebut diatas maka penulis memilih judul sesuai dengan masalah dan kendala yang dihadapi oleh Wikrama Print, yaitu: “SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA WIKRAMA PRINT BERBASIS WEB”.

1.2.     Rumusan Masalah  
Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan permasalahan antara lain :
1.2.1      Bagaimana rancangan sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web?
1.2.2      Bagaimana rancangan basis data sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web?
1.2.3      Bagaimana rancanganantar muka sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web?

1.3   Tujuan Perekayasaan
Adapun tujuan dari penelitian yang ini adalah:
1.3.1      Untuk mendeskripsikan rancangan sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web
1.3.2      Untuk mendeskripsikan rancangan basis data sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web
1.3.3      Untuk mendeskripsikan rancanganantar muka sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web

1.4      Manfaat Perekayasaan
1.4.1      Bagi Penulis
Meningkatkan kemampuan menganalisis masalah dan memperluas wawasan pengetahuan mengenai  sistem yang diterapkan Wikrama Print.
1.4.2      Bagi Instansi
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi perusahaan dalam proses kelancaran transaksi.
1.4.3      Bagi Politeknik G2
Diharapkan bermanfaat sebagai refrensi bagi mahasiswa periode selanjutnya dan menambah perpustakaan Politeknik Ganesha Guru yang nantinya di pakai untuk mengetahui kualitas pendidikan di Politeknik Ganesha Guru dari setiap hasil penelitian mahasiswa disetiap periodenya.

1.5    Ruang Lingkup Perekayasaan
Batasan pada permasalahan dibuat untuk memusatkan tujuan yang ingin dicapai agar tidak menyimpang pada topik pembahasan yang dibahas. Berikut adalah ruang lingkup dari sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web :
1.    Sistem aplikasi yang akan dibuat merupakan sistem informasi penjualan berbasis web.
2.    Sistem mampu merekam data barang dan stok, data transaksi penjualan, serta merekam pengeluaran toko.
3.    Setiap petugas yang mencatat transaksi penjualan bertanggung jawab penuh terhadap transaksinya.
4.    Sistem ini akan memberikan informasi hasil transaksi penjualan, baik dalam bentuk harian, bulanan mapupun tahunan.

1.6 Metode Perekayasaan
1.1.1      Metode Pengumpulan Data
Beberapa metode digunakan dalam pengumpulan data perancangan sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web yakni sebagai berikut :
a)            Pengamatan (Observasi)
Pengamatan adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan secara langsung pada objek penelitian, yang dalam hal ini adalah pihak SD Negeri 3 Lokapaksa.

b)           Wawancara (Interview)
Wawancara adalah metode pengumpulan data dengan cara mengadakan tanya jawab secara langsung dari sumber informasi terkait objek yang diteliti yaitu guru pemungut tabungan siswa di SD Negeri 3 Lokapaksa.
c)            Studi Pustaka
Studi pustaka dilakukan dengan cara mempelajari teori-teori baik dari buku cetak maupun non cetak yang berhubungan dengan objek penelitian.
1.6.2     Metode Pengembangan
Metode pengembangan yang digunakan adalah Metode Waterfall. Metode waterfall merupakan metode yang sering digunakan oleh penganalisa sistem pada umumnya[1]. Inti dari metode waterfall adalah pengerjaan dari suatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear. Jadi jika langkah ke-1 belum dikerjakan, maka langkah 2 tidak dapat dikerjakan. Jika langkah ke-2 belum dikerjakan maka langkah ke-3 juga tidak dapat dikerjakan, begitu seterusnya. Secara otomatis langkah ke-3 akan dapat dilakukan jika langkah ke-1 dan ke-2 sudah dilakukan.

Secara garis besar langkah-langkah metode waterfalladalah Analisa, Desain, Penulisan, Pengujian dan Penerapan.


Berikut adalah penjelasan dari setiap tahapan yang ada pada Metode Waterfall :
1)            Analisa, Langkah ini merupakan analisa terhadap kebutuhan sistem. Pengumpulan data dalam tahap ini dengan melakukan sebuah penelitian, wawancara atau study literatur. Penulis menggali informasi sebanyak-banyaknya dari user dalam hal ini adalah petugas pemungut tabungan, sehingga sistem yang dibuat dapat melakukan tugas-tugas yang diinginkan oleh user tersebut. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen user requirment atau dapat dikatakan sebagai data kebutuhan atau keinginan user dalam pembuatan sistem.
2)            Design, Proses desain adalah tahap perancangan perangkat lunak berdasarkan kebutuhan user yang dapat diperkirakan sebelum dibuat coding. Proses ini berfokus pada : struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi interface, dan detail (algoritma) prosedural. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen yang disebut software requirment. Dokumen inilah yang digunakan untuk melakukan aktivitas pembuatan sistemnya.
3)            Coding & Testing, Coding merupakan penerjemahan design dalam sebuah bahasa yang dapat dikenali oleh komputer yaitu menggunakan bahasa pemrograman. Tahapan ini merupakan tahapan secara nyata dalam mengerjakan suatu sistem. Setelah pengkodean selesai maka akan dilakukan testing terhadap sistem yang telah dibuat tadi. Tujuan testing adalah menemukan kesalahan-kesalahan terhadap sistem tersebut dan kemudian dapat diperbaiki.
4)            Pengujian, Tahapan dimana sistem yang baru diuji kemampuan dan keefektifannya sehingga didapatkan kekurangan dan kelemahan sistem yang kemudian dilakukan pengkajian ulang dan perbaikan terhadap aplikasi menjadi lebih baik dan sempurna.
5)            Penerapan Program dan Pemeliharaan, Ini merupakan tahap terakhir, softwareyang  sudah  jadi  dijalankan  serta  dilakukan  pemeliharaan. Perangkat lunak yang sudah jadi memungkinkan terjadi beberapa mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat karena perangkat lunak harus menyesuaikan dengan lingkungan (periperal atau sistem operasi baru) baru, atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional. Pemeliharaan termasuk dalam memperbaiki  kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya.



BAB II
LANDASAN TEORI


2.1  Pengertian Sistem
Suatu sistem sangatlah dibutuhkan dalam suatu perusahaan, karena sistem sangatlah menunjang terhadap kinerja perusahaan, baik yang berskala kecil maupun besar. Supaya dapat berjalan dengan baik diperlukan kerjasama diantara unsur-unsur yang terkait dalam sistem tersebut.
Ada berbagai pendapat yang mendefinisikan pengertian sistem, seperti dibawah ini : “Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu”. (Jogiyanto,2005.1).
Istilah sistem secara umum dapat didefinisikan sebagai kumpulan hal atau elemen yang saling bekerja sama atau yang dihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu fungsi guna mencapai suatu tujuan. Sistem mempunyai karakteristik atau sifat – sifat tertentu, yaitu : Komponen Sistem, Batasan Sistem, Lingkungan Luar Sistem, Penghubung Sistem, Masukan Sistem, Keluaran Sistem, Pengolahan Sistem dan Sasaran Sistem (Edhy Sutanta, 2009: 4 ).
a.    Komponen sistem (components)
Sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk kesatuan. Komponen –komponen atau elemen-elemen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian – bagian dari sistem. Setiap subsistem mempunyai sifat – sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
b.    Batas Sistem (boundary)
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batas sistem  menunjukan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.
c.    Lingkungan Luar Sistem (environment)
Lingkungan luar dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan maupun merugikan. Lingkungan yang menguntungkan harus tetap dijaga dan dipelihara karena merupakan energi dari sistem. Sedangkan lingkungan luar yang merugikan harus di tahan dan dikendalikan, karena jika tidak akan mengganggu kelangsungan sistem.
d.    Penghubung (Interface)
Interface merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya. Interface ini memungkinkan satu subsistem untuk mengalirkan sumber daya ke subsistem lainnya.
e.    Masukan (Input)
Input merupakan energi yang dimasukan ke dalam sistem. Input dapat berupa maintenance input dan signal input. Maintenance input adalah energi yang dimasukan supaya sistem tersebut dapat beroprasi. Signal input adalah energi yang diproses untuk menghasilkan output.
f.     Keluaran (Output)
Output merupakan hasil dari energi yang diolah dan diklarifikasikan menjadi output yang berguna dan sisa pembuangan. Output dapat menjadi input unntuk subsistem yang lain.
g.    Pengolah Sistem ( Proscess)
Suatu sistem mempunyai bagian pengola yang akan merubah masukan menjadi keluaran.
h.    Sasaran Sistem (Objective)
Suatu sistem mempunyai tujuan (goal) atau  sasaran (objective). Sasaran dari sistem menentukan input yang dibutuhkan dan output yang akan dihasilkan.

2.2  Pengertian Informasi
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. (Jogiyanto,2005:11).
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna dan menjadi berarti bagi penerimanya. Kegunaan informasi adalah untuk mengurangi ketidakpastian di dalam proses pengambilan keputusan tentang suatu keadaan. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkan informasi tersebut. Kualitas informasi sangat dipengaruhi atau ditentukan oleh beberapa hal yaitu : Relevan (Relevancy), Akurat (Accurancy), Tepat waktu (Time liness), Ekonomis (Economy), Efisien (Efficiency), Ketersediaan (Availability), Dapat dipercaya (Reliability), Konsisten (Edhy Sutanta, 2009:8 ).

2.3  Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. (Jogiyanto,2005:18).
Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya. Keberhasilan suatu sistem informasi yang diukur berdasarkan maksud pembuatanya tergantung pada tiga faktor utama, yaitu : keserasian dan mutu data, pengorganisasian data, dan tatacara penggunaanya.untuk memenuhi permintaan penggunaan tertentu, maka struktur dan cara kerja sistem informasi berbeda-beda ber gantung pada macam keperluan atau macam permintaan yang harus dipenuhi. Suatu persamaan yang menonjol ialah suatu sistem informasi menggabungkan berbagai ragam data yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Untuk dapat menggabungkan data yang berasal dari berbagai sumber suatu sistem alih rupa (transformation) data sehingga jadi tergabungkan (compatible). Berapa pun ukurannya dan apapun ruang lingkupnya suatu sistem informasi perlu memiliki ketergabungan (compatibility) data yang disimpannya. (Hanif Al Fatta, 2009:9)
Menurut Sutabri (2005:42), sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Berdasarkan pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah sekumpulan prosedur organisasi yang dilaksanakan untuk mencapai suatu tujuan yaitu memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan untuk mengendalikan organisasi.
Informasi dalam lingkup sistem informasi memiliki beberapa ciri  yaitu:
a.    Baru, informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima.
b.    Tambahan, informasi dapat memperbaharui atau memberikan tambahan pada informasi yang telah ada.
c.    Korektif, informasi dapat menjadi suatu koreksi atas informasi yang salah sebelumnya.
d.    Penegas, informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada. Sifat –sifat Sistem Informasi

2.4  Pengertian Web
2.6.1     Perngertian Web Secara Umum
World Wide Web atau WWW atau juga dikenal dengan WEB adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung ke internet [5]. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai komputer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
2.6.1     Pengertian Web Menurut ParaAhli
a.    Menurut Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibanding dengan layanan lain seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.
b.    Menurut Wahana Komputer, Web adalah formulir komunikasi interaktif yang digunakan pada sutu jaringan komputer.
c.    Menurut A. Taufiq Hidayatullah, Web adalah bagian paling terlihat sebagai jaringan terbesar dunia, yakni intrenet.
d.    Menurut Haer Talib, Web adalah sebuah tempat di internet yang mempunyai nama dan alamat.
e.    Menurut Boone (Thomson), Web adalah koleksi sumber informasi kaya grafis yang saling berhubungan satu sama lain dalam internet yang lebih besar.
f.     Menurut Feri Indayudha, Web adalah suatu program yang dapat memuat film, gambar, suara, serta musik yang ditampilkan dalam internet.
g.    Menurut Yuhefizar, Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser

2.6.1     Cara Kerja Web
Adapun cara kerja web adalah sebagai berikut:
a.    Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman web atau web page.
b.    Halaman web tersebut disimpan dalam komputer server web.
c.    Sementara dipihak pemakai ada komputer yang bertindak sebagai komputer client dimana ditempatkan program untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).
d.    Browser membaca halaman web yang ada di server web.


2.5  Pengertian Basis Data (Database)
Basis data terdiri dari dua kata, yaitu Basis dan Data. Basis kurang lebih dapat diartikan sebagai gudang, tempat berkumpul, sedangkan data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa,  pembeli, penerima), barang-barang, konsep, peristiwa dan sebagainya. (Buku Teks Ilmu Komputer, “Basis Data”, Fatansyah, Bandung, 1999, Hal : 2).
Basis data hanyalah sebuah objek yang pasif atau mati, ia ada karena ada pembuatnya. Ia tidak akan pernah berguna jika tidak ada pengelola atau penggeraknya. Pengelola atau penggeraknya secara langsung adalah program atau aplikasi (Software).
Gabungan basis data dan pengelolanya menghasilkan sebuah sistem, secara umum basis data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan file (table) yang saling berhubungan dan sekumpulan program yang memungkinkan beberapapemakai untuk mengakses dan memanipulasi file-file (tabel-tabel).(Buku Teks Ilmu Komputer, “Basis Data”, Fatansyah, 1999, Hal : 9-10).

2.5.1         Komponen Sistem Basis Data
Dalam sebuah sistem basis data, secara lengkap akan terdapat komponen-komponen utama diantaranya sebagai berikut :
a.    Perangkat keras (Hardware)       
Perangkat keras yang biasa terdapat dalam sebuah sistem basis data adalah: Komputer, Memori sekunder yang on-line (Harddisk), Memori sekunder yang off-line (Tape atau Removable Disk), Media atau perangkat komunikasi.
b.    Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi merupakan program yang mengaktifkan atau memfungsikan system komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dalam komputer dan melakukan operasi-operasi dasar dalam komputer (operasi I/O, pengelolaan file dan lain sebagainya). Sistem yang banyak digunakan seperti : MS-DOS, MS-WINDOWS dan lain-lain.
c.    Basis Data (Database)
Sebuah sistem basis data dapat memiliki beberapa basis data. Setiap basis data dapat berisi atau memiliki sejumlah objek basis data seperti file atau tabel, indeks dan lain-lain.
d.    Sistem Pengelolaan Basis Data (Database Management System atau DBMS)
Pengelolaan basis data ditangani oleh sebuah perangkat lunak yang khusus atau spesifik, perangkat lunak inilah yang disebut Sistem Pengelolaan Basis Data (DBMS), yang akan menentukan bagaimana data organisasi, disimpan, diubah dan diambil kembali. Yang termasuk dalam perangkat lunak DBMS seperti : dBase III+, dBase IV, FoxBase, MS-Acces, MS SQLServer dan sebagainya.

2.5.2     Operasi Dasar Basis Data
Dalam sebuah basis data, dapat menempatkan satu atau lebih file atau tabel. Pada file atau tabel inilah sesungguhnya data disimpan atau ditempatkan. Setiap basis data dibuat untuk mewakili semua data yang spesifik. Untuk melakukan yang berkenaan dengan basis data tersebut dapat dilakukan operasi - operasi dasar meliputi :
a.    Pembuatan basis data baru (create database).
b.    Penghapusan basis data (drop database).
c.    Pembuatan file atau tabel baru ke suatu basis data (create table).
d.    Penghapusan file atau tabel dari suatu basis data (drop table).
e.    Penambahan atau pengisian data baru ke sebuah file atau tabel (insert).
f.     Pengambilan data dari sebuah file atau tabel (retrieve atau search).
g.    Pengubahan data dari sebuah file atau tabel (update)
h.    Penghapusan data dari sebuah file atua tabel (delete)
Operasi yang berkenaan dengan pembuatan objek (basis data dan tabel) merupakan operasi awal yang dilakukan sekali dan berlaku seterusnya. Sedangkan operasi-operasi yang berkaitan dengan isi tabel (data) merupakan operasi rutin yang akan berlangsung berulang-ulang dan karena itu operasi-operasi inilah yang lebih tepat mewakili aktivitas pengelolaan (management) dan pengolahan (processing) data dalam basis data.

2.5.3     Manfaat Basis Data
Pengelolaan data dalam sebuah basis data adalah agar kita dapat memperoleh menemukan kembali data yang kita perlukan dengan mudah dan cepat. Pemanfaatan basis data dilakukan untuk memenuhi sejumlah tujuan sebagai berikut :
a.    Kecepatan dan kemudahan (Speed)
Pemanfaatan basis data memungkinkan kita untuk dapat menyimpan data melakukan perubahan terhadap data atau menampilkan kembali data dengan mudah dan cepat.
b.    Efisien Ruang Penyimpan (Space)
Dengan basis data yang efisien atau optimalisasi penggunaan ruang penyimpannya, agar dapat melakukan penekanan jumlah pengulangan (redudansi) data, baik dengan menerapkan pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi (dalam bentuk file) antar kelompok data yang saling berhubungan.
c.    Keakuratan (Accuracy)
Pemanfaatan pengkodean atau pembentukan relasi antar data dengan penerapan aturan atau batasan tipe data, domain data, keunikan data, dan sebagainya, sangat berguna untuk menekan ketidakakuratan pemasukan atau pengeluaran data.
d.    Ketersediaan (Availability)
Pertumbuhan data baik dari sisi jumlah maupun jenisnya sejalan dengan waktu akan semakin membutuhkan ruang penyimpan yang besar.
e.    Kelengkapan (Completeness)
Lengkap atau tidaknya suatu data yang kita kelola dalam sebuah basis data bersifat relatif baik terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu. Untuk mengakomodasikan kebutuhan kelengkapan data yang semakin berkembang, maka kita tidak hanya menambah record-record data, tetapi juga dapat melakukan perubahan struktur dalam basis data, baik dalam bentuk penambahan objek baru (table) atau dengan penambahan field-field baru pada suatu tabel.
f.     Keamanan (Security)
Sistem yang besar dan serius harus menerapkan aspek keamanan yang ketat, dan menentukan pemakai (user) yang boleh menggunakan basis data beserta objek-objek didalamnya.
g.    Kebersamaan Pemakaian (Sharability)
Pemakai basis data seringkali terbatas pada satu pemakai saja, atau satu lokasi saja. Basis data yang dikelola oleh system yang multiuser, akan dapat memenuhi kebutuhan, tetapi tetap menjaga atau menghindari munculnya persoalan baru seperti inkonsistensi data (karena data yang sama diubah oleh banyak pemakai) atau deadlock (karena ada banyak pemakai yang saling menunggu untuk menggunakan data).

2.5.4     Penerapan Basis Data
Sebuah perusahaan hampir semua memanfaatkan komputer dan senantiasa berhubungan dengan basis data. Secara teknis atau nyata, bidang-bidang fungsional yang telah umum memanfaatkan basis data demi efisien, akurasi dan kecepatan operasi antara lain: kepegawaian, pergudangan (inventory), akuntansi, reservasi, layanan pelanggan, (customer care), dan sebagainya.
Sedangkan bentuk organisasi atau perusahaan yang memanfaatkan basis data sebagai komponen system informasi dalam organisasi atau perusahaan dapat berupa : perbankan, produsen barang, gudang spare part, asuransi, rumah sakit, pendidikan atau sekolah, telekomunikasi dan sebagainya.

2.6  Tools Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web
2.6.1     Aplikasi yang Digunakan
1.            XAMPP
XAMPP adalah software web server apache yang di dalamnya tertanam server MySQL yang didukung dengan bahasa pemrograman PHP untuk membuat website yang dinamis [7]. XAMPP sendiri mendukung dua sistem operasi yaitu windows dan Linux. Untuk linux dalam proses penginstalanny menggunakan command line sedangkan untuk windows dalam proses penginstalannya menggunakan interface grafis sehingga lebih mudah dalam penggunaaan XAMPP di Windows di banding dengan Linux. Xampp sebuah aplikasi web server dan database, yang unik dari nama “XAMPP” ternyata adalah sebuah singkatan dari :
X : Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi,seperti Windows, Linux, Mac OS, dan juga Solaris. A :Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat web. Jika diperlukan juga berdasarkan kode PHP yang dituliskan,maka dapat saja suatu database diakses terlebih dahulu (misalnya dalam MySQL) untuk mendukung halaman web yang dihasilkan. M : MySQL, merupakan aplikasi database server. Perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari Structured Query Language.SQL merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database.MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengelola database beserta isinya.Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah, dan menghapus data yang berada dalam database. P : PHP, bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman untuk membuat web yang bersifat server-side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis.Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL, namun PHP juga mendukung sistem manajement database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya. P : Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
XAMPP memiliki 4 komponen utama yang di tanam di dalamnya yaitu sebagai berikut :
a.            Apache
Apache merupakan web server yang digunakan untuk menampilkan website di internet seperti menggunakan Mozilla fire fox, Google Crome, IE, Safari, dan lainnya berdasarkan kode-kode yang di tulis di dalam website tersebut baik menggunakan bahasa pemrograman HTML maupun PHP yang mengambil suatu database yang dibangun di MySQL, sehingga terbentuklah sebuah website yang dapat di lihat di Mozilla firefox dan kawan-kawannya [8]. Apache sendiri bersifat opensource sehingga dapat digunakan oleh siapa saja dan dikembangkan oleh siapa saj tentunya bagi yang mampu mengembagkannya.
b.            PHP
PHP meupakan bahasa pemrograman yang di digunakan untuk membuat website dinamis yang memungkinkan kita melakukan update website setiap saat [9]. Berbeda dengan HTML yang source kodenya di tampilkan di website, source code PHP tidak di tampikan di halaman muka suatu website karena PHP di olah dan diproses di server, PHP bersifat server-side scripting yang mampu berjalan di brbagai system operasi seperti windows, Linux, Mac OS, danlainnya. PHP memiliki kedinamisan dalam hal database yang dapat dihubungkan dengan PHP seperti MySQL, Oracle, MS Access, PostgreSQL. Namun untuk pemrograman website yang paling digunakan adalah MySQL. PHP sendiri sampai sekarang sudah mengalami perkembangan yang pesat dan sudah mencapai PHP 5.5. untuk mengawali kode dalam PHP menggunakan kode .
c.            MySQL
MySQL dapat digunakan untuk membuat dan mengola database beserta isinya. Kita dapat memanfaatkan MySQL untuk menambahkan, mengubah dan menghapus data yang berada dalam database. MySQL merupakan sisitem manajemen database yang bersifat relational. Artinya data-data yang dikelola dalam database akan diletakkan pada beberapa tabel yang terpisah sehingga manipulasi data akan menjadi jauh lebih cepat. MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar [10]. MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database yang ada di dalamnya. Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database.
d.            PHPMyAdmin
MySQL merupakan sebuah database yang dalam membuat perintah perintahnya menggunakan command line yang menyusahkan dalam proses input, delete, update database[11]. Di dalam XAMPP terdapat sebuah apliaksi yang dinamakan PHPMy Admin yang digunakan untuk membuat pengetikan kode-kode MySQL yang tadinya harus di ketik di command linedapat di olah menggunakan interface grafis sehingga memudahkan dalam pengelolaan database MySQL.
XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem oprasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi.
Sesuai dengan pengertian dan komponen-komponen yang terdapat pada xampp maka dalam pengembangan Sistem Aplikasi Tabungan Siswa Pada SD Negeri 3 Lokapaksa ini XAMPP digunakan sebagai database web server. Meskipun kini xampp telah berkembang hingga versi 5 tetapi dalam pengembangan aplikasi ini penulis masih menggunkan versi xampp yang lama yaitu XAMPP for windows versi 1.7.3 dengan alasan kenyamanan penggunaan.
2.            Adobe Dreamweaver
Perancangan Sistem Aplikasi Tabungan Siswa Pada SD Negeri 3 Lokapaksa ini tidak terlepas dari pembuatan desain tampilan web tersebut, karena desain web merupakan langkah awal dari pembuatan website. Dasar pembuatan website menggunakan bahasa HTML (HyperText Markup Language) yaitu bahasa pemrograman dalam pembuatan web. untuk mempermudah dalam perancangan dan pembuatan sistem aplikasi ini maka penulis menggunkan aplikasi editor web yang bersifat visual yaitu Adobe Dreamweaver dengan versi Adobe Dreamweaver CS 6.
Adobe Dreamweaver merupakan sebuah aplikasi pengembangan dari aplikasi Macromedia Dreamweaver yang telah diambil alih oleh Adobe System. Software Dreamweaver dikeluarkan oleh Adobe Systemini adalah program yang digunakan untuk membuat atau menyunting halaman web. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para Programmer, Desainer dan Developer web dikarenakan kemudahan dalam penggunaanya, kelengkapan fiturnya dan juga dukungannya terhadap teknologi terkini. Adobe Dreamweaver menyediakan fitur editor WYSIWYG (What You See is What You Get) atau dalam bahasa kesehariannya disebut Design View. Maksudnya adalah, tampilan hasil akhir web kita nanti akan sama dengan tampilan pada saat proses perancangan halaman web. Dengan segala fitur yang ada pada Adobe Dreamweaver, tidak perlu menguasai berbagai macam bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, dan sebagainya. Cukup mengetahui dasar dasarnya saja, karena didalam aplikasi ini sudah disediakan alat alat otomatis.
Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan 3 macam tampilan yaitu Code View, Design View dan Split View. Code View cocok untuk para programmer yang terbiasa dengan kode kode pemrograman web. Sedangkan Design View cocok untuk para Designer yang terbiasa dengan visual. Jika ingin menggunakan keduanya, dapat memilih Split View.
Adobe Dreamweaver mempunyai berbagai macam kegunaan. Ini dia kegunaan Adobe Dreamweaver
1.    Untuk mendesain situs web
2.    Untuk membuat program berbasis web
3.    Untuk membuat template blog
4.    Untuk membuat situs web tanpa bersentuhan langsung dengan bahasa pemrograman
Dreamweaver memiliki banyak kelebihan. Berikuti ini beberapa kelebihan dreamweaver atau keuntungan dreamweaver
a)    Dapat membuat kerangka website dengan mudah dan cepat
b)    Tersedia berbagai macam tema/template
c)    Memiliki 3 tampilan yaitu Code View, Design View dan Split View
d)    Memiliki Fitur Preview/Live View Kode yang dihasilkan ditulis secara rapi
e)    Memiliki alat alat khusus untuk membuat program berbasis web
f)     Mudah dioperasikan oleh pemula
g)    Memiliki banyak plugin



3.            WebBrowser
Dalam menampilkan sebuah aplikasi berbasis web maka diperlukan sebuah web browser. Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer [12]. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informatif.
Browser pertama kali digunakan pada tahun 1993 yang diberi nama browser Mosaic. Mosaic adalah nama browser yang diciptakan oleh tim dari National Center for Supercomputing Applications at the University of illinois at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC) tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi yaitu WWW (World Wide Web). Browser Mosaic pada masa awal lahirnya sangat digandrungi oleh para penjelajah internet. Hal itu terjadi karena Browser Mosaic adalah alat penjelajah internet pertama yang memiliki tampilan grafis dan terlihat lebih menarik. Kepopuleran Mosaic ternyata tidak bertahan lama, pada tahun 1994 browser Mosaic mulai ditinggalkan dengan hadirnya Netscape Navigator. Setelah itu bermunculan-lah browser-browser baru dengan kemampuan yang terus ditingkatkan hingga sampai saat ini.
Berikut ini adalah web browser yang umum digunakan oleh masyarakat :
a)            Mozilla Firefox
Mozilla Firefox, adalah sebuah aplikasi untuk browsing yang sangat populer, dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Jika anda memerlukan aplikasi browsing yang ngacir dan teruji keamanannya saat travelling di internet, Software ini wajib di coba dan dijadikan aplikasi browsing utama. Software ini mampu melindungi PC / Laptop kita dari virus, worm, trojan horse dan spyware. Bukan menghapus, jangan salah arti. Maksudnya, jika anda tanpa sengaja mengakses situs yang berbahaya, Kita akan menerima pesan peringatan bahwa situs tersebut berbahaya untuk dibuka.

b)            Google Chrome
Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimalis dengan teknologi canggih untuk membuka web lebih cepat, aman dan lebih mudah. Memiliki satu kotak untuk semua dalam arti apabila anda  mengetik di address bar maka anda akan mendapatkan saran-saran untuk pencarian, semua halaman web, thumbnail dari situs utama anda dan akses halaman favorit dengan kecepatan langsung. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998 Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 miliar, menjadikannya bernilai $23 miliar.
c)            Opera
Opera mungkin banyak juga yang sudah mengenal bagi para pencinta internet, Opera web browser yang memiliki 2 versi yaitu mobile dan dekstop.Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. 
d)            Internet Explorer
Internet Explorer merupakan sebuah browser keluaran Microsoft yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk menmgakses internet, karena software ini didukung oleh teknologi baru untuk membuat tampilan web lebih dinamis dan lebih hidup serta kompetibel.Internet Explorer terdapat kumpulan aplikasi yang saling terintegrasi dan terdapat berbagai macam fasilitas khusus untuk mendukung pemakaian internet, yaitu diantaranya adalah I Net, I News, Net Meeting serta Chomic Chat.

2.6.1     Bahasa Pemrograman yang Digunakan
Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh programer untuk membuat sebuah program yang dapat memberikan instruksi pada mesin atau komputer [13]. Pengembangan dan perancangan Aplikasi ini menggunakan beberapa Bahasa pemrograman yakni :
1.            HTML (Hyper Text Markup Language)
HTML merupakan bahasa dasar pembutan web.  HTML bukan bahasa pemograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP.  HTML menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hypertext sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII (American Standard Code for Information Interchange) agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:
1)    Struktural. Tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan (contoh, < h1>Aplikasi
akan memerintahkan peramban untuk menampilkan "Rules" sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
2)    Presentasional. Tanda yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut (contoh, < b> boldface
akan menampilkan bold. Tanda presentasional saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan tulisan
3)    Hyperteks. Tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, < a href="http://www.erudeye.id/"> Erudeye
akan menampilkan erudeye.id sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
4)    Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (< button>), list (< li>), dan garis horizontal (< hr>). Konsep hypertext pada HTML memungkinkan pembuatan link pada suatu kelompok kata atau frasa untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web
2.            CSS (Cascading Style Sheet)
CSS merupakan kumpulan kode program yang digunakan untuk mendesain atau mempercantik tampilan halaman HTML. Dengan CSS kita dapat mengubah desain dari text, warna, gambar dan latar belakang dari hampir semua kode tag HTML. CSS dan HTML saling melengkapi, HTML ditujukan untuk membuat struktur, sedangkan CSS digunakan untuk mengubah tampilan. CSS bukan merupakan bahasa pemograman. Didalam CSS kita dapat mengendalikan ukuran gambar, warna teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya.  CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

3.            Javascript
Javascript adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar web browser seperti Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dan lain-lain. Javascript adalah bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming Language. Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemrograman yang prosesnya dilakukan oleh client, yang dalam hal ini adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Javascript pada awalnya berfungsi untuk membuat interaksi antara user dengan situs web menjadi lebih cepat tanpa harus menunggu pemrosesan di web server.  Dalam perkembangan selanjutnya, Javascript dibuat untuk berbagai keperluan yang lebih modern seperti animasi, fitur chatting, efek-efek modern, games, dan lain-lain. Saat ini dalam perkembangannya, Javascript sering sekali mengalami masalah, kode Javascript yang telah kita buat, mungkin dapat saja tidak bekerja di beberapa browser, namun Javascript akan tetap menjadi kebutuhan seorang programmer, apalagi untuk situs yang saat ini mengharuskan memiliki banyak fitur modern sebagai standar.

4.            PHP (Hypertext Preprocessor)
PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server, berbeda dengan Javascript yang diproses pada web-browser (client). PHP dapat digunakan dengan gratis dan bersifat open source. Untuk membuat halaman web, sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemrograman yang wajib digunakan. Kita dapat saja membuat website hanya menggunakan HTML saja. Web yang dihasilkan dengan HTML dan CSS ini dikenal dengan website statis, dimana konten dan halaman web bersifat tetap. Sebagai perbandingan, website dinamis yang dapat dibuat menggunakan PHP adalah situs web yang dapat menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi. Website dinamis juga dapat menyimpan data ke dalam database, membuat halaman yang berubah-ubah sesuai input dari user, memproses form, dan lainnya.
Kode PHP biasanya di sisipkan kedalam dokumen HTML dalam pembuatan web. Karena fitur inilah PHP disebut juga sebagai Scripting Language atau bahasa pemrograman script. PHP tidak hanya dapat melakukan hal tersebut, masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan dengan PHP, seperti menginput data ke database, menghasilkan gambar, menkonversi halaman text menjadi PDF, management cookie dan session, dan hal lainnya.
BAB III
ANALISA DAN DESAIN SISTEM
3.1 Analisis Sistem
Analisis sistem merupakan pengembangan fase-fase awal yang digunakan dalam mendekripsikan dan menguraikan bagian-bagian utuh ke dalam bagian komponennya dengan tujuan untuk mengidentisifikasi dan mengevaluasi suatu aplikasi agar mengetahui hambatan yang terjadi, serta kebutuhan yang diharapkan sehingga sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web ini dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
3.1.1 Gambaran umum sistem
Sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web merupakan sebuah aplikasi yang dapat mencatat semua transaksi penjualan barang ATK ataupun transaksi yang berupa pelayanan jasa. 
Gambaran umum sistem informasi penjualan pada Wikrama Print berbasis web dapat dilihat lebih jelas melalui diagram blok berikut ini pada Gambar 3.1.




Gambar 3.1 Gambaran umum sistem
Gambar tersebut menjelaskan bahwa jika terjadi transaksi penjualan, maka admin atau pegawai yang sedang bertugas akan melakukan perekaman data barang yang dibeli oleh pelanggan. Jika perekaman data telah selesai dilakukan, maka sistem akan memberikan informasi berupa bukti transaksi atau nota transaksi kepada pelanggan. Selain itu sistem juga akan memberikan informasi berupa laporan kepada manager.
3.2 Rancangan Sistem
Diagram Alir Data (DAD) atau Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. DFD merupakan alat bantu dalam menggambarkan atau menjelaskan DFD ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart, Bubble diagram, model proses, diagram alur kerja, atau model fungsi.
3.2.1      Diagram Konteks (Context Diagram)
Diagram ini menggambarkan rancangan global atau keseluruhan dari proses yang yang terjadi pada aplikasi tabugan siswa berikut ini merupakan tampilan dari diagram konteks sistem yang dirancang.






Gambar 3.2 Diagram konteks sistem

Diagram konteks pada Gambar 3.2 menjelaskan bagaimana interaksi antara sistem dengan entitas luar yang terdapat pada lingkungannya. Sistem ini akan dibangun dalam bentuk website dengan entitas luarnya yaitu admin dan pelanggan. Kesatuan luar tersebut memberikan input atau  menerima output dari sistem. Arus data (data flow) yang mengalir sebagai input dan output dari sistem diberi simbol suatu anak panah seperti terlihat pada gambar.
3.2.1      Data Flow Diagram (DFD) Level 0


DFD Level 0 merupakan turunan dari Diagram konteks, dimana terdapat 4 (empat) proses yang bisa dijabarkan lagi prosesnya. Proses-proses tersebut meliputi pengolahan data master, pengolahan data transaksi, manipulasi data web, dan login. DFD Level 0 dari sistem ini dapat dilihat pada Gambar 3.3

Gambar 3.3 DFD Level 0

3.2.1      Data Flow Diagram (DFD) Level 1 Proses 1.0 Pengolahan Data Master
DFD level 1 proses 1.0 pengolahan data master  merupakan penjabaran dari DFD level 0 pengolahan data master. Ada berbagai macam proses yang terjadi pada saat melakukan pengolahan data master, dimana proses-proses tersebut dapat didilihat pada Gambar 3.4.






Gambar 3.4 DFD Level 1 Proses 1.0

3.2.1      Data Flow Diagram (DFD) Level 1 Proses 2.0 Pengolahan Data Transaksi
DFD level 1 proses 2.0 pengolahan data transaksi  merupakan penjabaran dari DFD level 0 pengolahan data transaksi. Ada berbagai macam proses yang terjadi pada saat melakukan pengolahan data transaksi, dimana proses-proses tersebut dapat didilihat pada Gambar 3.5.


Gambar 3.5 DFD Level 1 Proses 2.0

3.2.1      Data Flow Diagram (DFD) Level 1 Proses 3.0 Manipulasi Data Web
DFD level 1 proses 3.0 manipulasi data web  merupakan penjabaran dari DFD level 0 manipulasi data web. Ada berbagai macam proses yang terjadi pada saat melakukan manipulasi data web, dimana proses-proses tersebut dapat didilihat pada Gambar 3.6.

Gambar 3.6 DFD Level 1 Proses 3.0

3.2.1      Data Flow Diagram (DFD) Level 1 Proses 4.0 Login
DFD level 1 proses 4.0 login  merupakan  penjabaran dari DFD level 0 login. DFD level 1 proses 4.0 login dapat didilihat pada Gambar 3.7.


Gambar 3.7 DFD Level 1 Proses 4.0

3.3 Rancangan Basis Data
Pengembangan sistem informasi  penjualan pada wikrama print berbasis web ini membutuhkan media untuk menyimpan data-data yang diperlukan oleh system untuk merekam aktifitas yang terjadi didalam sistem tersebut. Data tersebut dikelompokkan ke dalam tabel-tabel dan semua tabel tersebut dikumpulkan ke dalam basis data yang bernama db_sistem.
3.3.1 Tb_barang
Tabel tb_barang digunakan untuk menyimpan data dan stok barang yang terdapat pada sistem informasi ini. Adapun Struktur tabel tb_barang dapat dilihat pada Tabel 3.1.
Table 3.1 Tb_barang
No
Field
Type
Keterangan
1
kd_barang
Varchar (11)
KD barang (Primary Key)
2
nama_barang
Varchar (100)
Nama barang
3
Jenis_barang
Varchar (11)
Jenis barang (Jasa/ATK)
4
Harga_pokok
Double
Harga pokok barang
5
Harga_jual
Double
Harga jual barang
6
Jml_stok
Int(10)
Jumlah stok barang
7
Tgl_input
Varchar (20)
Tanggal input
8
Id_pegawai
Int(10)
Pegawai yang bertugas
9
Id_distributor
Int(10)
Data distributor barang
10
Kondisi
Varchar (11)
Kondisi barang (baik/rusak)
11
nota
Varchar (20)
No nota barang

3.3.2 Tb_transaksi
Tabel tb_transaksi digunakan untuk menyimpan segala data transaksi di dalam sistem informasi ini. Adapun Struktur tabel tb_transaksi dapat dilihat pada Tabel 3.2.
Table 3.2 Tb_transaksi
No
Field
Type
Keterangan
1
kd_transaksi
Varchar (11)
KD Transaksi (Primary Key)
2
Kd_barang
Varchar (11)
Kd Barang
3
id_pegawai
Int (10)
Pegawai yang mencatat transasksi
4
Tgl_transaksi
Varchar (20)
Tanggal transaksi
5
Harga_pokok
Double
Harga pokok barang saat transaksi
6
Harga_jual
Double
Harga jual barang saat transaksi
7
Jum_beli
Int (10)
Jumlah barang yang di beli
8
Total_belanja
Double
Jumlah total belanja
9
Id_pelanggan
Int(10)
Data pelanggan

3.3.3 Tb_pengeluaran
Tabel tb_pengeluaran digunakan untuk menyimpan data pengeluaran toko. Selain pemasukan tentunya dalam sebuah usaha akan mempunyai berbagai macam pengeluaran seperti misalnya untuk pembayaran listrik, telp, belanja barang, dan lain-lain. Adapun Struktur tabel tb_pengeluaran dapat dilihat pada Tabel 3.3.
Table 3.3 Tb_pengeluaran
No
Field
Type
Keterangan
1
Id_pengeluaran
Int(10)
Id_pengeluaran (Primary Key)
2
Nama_pengeluaran
Varchar (100)
Nama pengeluaran toko
3
Tgl_pengeluaran
Varchar (20)
Tanggal pengeluaran toko
4
Jum_pengeluaran
Double
Total pengeluaran
5
Nota_belanja
Varchar (20)
No nota belanja
6
Deskripsi
Text
Deskripsi pengeluaran

3.3.4 Tb_pelanggan
Tabel tb_pelanggan digunakan untuk menyimpan data dan informasi pelanggan toko. Adapun Struktur tabel tb_pelanggan dapat dilihat pada Tabel 3.4.
Table 3.4 Tb_pelanggan
No
Field
Type
Keterangan
1
Id_pelanggan
Int(10)
Id_pelanggan (Primary Key)
2
Nama_pelanggan
Varchar (100)
Nama pelanggan
3
Alamat
Varchar (100)
Alamat Pelanggan
4
Telp
Varchar (20)
No telp pelanggan
5
Keterangan
Text
Keterangan tambahan

3.3.5 Tb_pegawai
Tabel tb_pegawai digunakan untuk menyimpan data pegawai toko. Setiap pegawai akan diberikan user account agar bisa menggunakan sistem. Adapun Struktur tabel tb_pegawai dapat dilihat pada Tabel 3.5.
Table 3.5 Tb_pegawai
No
Field
Type
Keterangan
1
Id_pegawai
Int(10)
Id_pegawai (Primary Key)
2
Nama_pegawai
Varchar (100)
Nama pegawai
3
Alamat
Varchar (100)
Alamat Pegawai
4
Telp
Varchar (20)
No telp pegawai
5
Jabatan
Varchar (100)
Jabatan pegawai
6
Username
Varchar (20)
Username sistem
7
Password
Varchar (20)
Password sistem

3.3.6 Tb_berita
Tabel tb_berita digunakan untuk menyimpan data berita di dalam sistem informasi ini. Adapun Struktur tabel tb_berita dapat dilihat pada Tabel 3.6.
Table 3.6 Tb_berita
No
Field
Type
Keterangan
1
Id_berita
Int(10)
Id_berita (Primary Key)
2
judul
Varchar (200)
Judul Berita
3
deskripsi
Text
Desikripsi atau isi berita
4
Post_by
Varchar (100)
Diposkan oleh
5
Post_date
Varchar (50)
Tanggal upload berita
6
Status
Varchar (10)
Status tampilan (on/off)

3.3.7 Tb_profil
Tabel tb_profil digunakan untuk menyimpan data profil, visi dan misi, serta struktur organisasi perusahaan. Adapun Struktur tabel tb_profil dapat dilihat pada Tabel 3.8.
Table 3.7 Tb_profil
No
Field
Type
Keterangan
1
Id_profil
Int(10)
Id_profil (Primary Key)
2
judul
Varchar (200)
Judul Profil
3
deskripsi
Text
Desikripsi atau isi profil
4
lokasi
Varchar (100)
Lokasi profil (Profil usaha, visi dan misi, atau struktur organisasi)
5
Status
Varchar (10)
Status tampilan (on/off)

3.3.8 Tb_komentar
Tabel tb_komentar digunakan untuk menyimpan data komentar yang masuk ke dalam sistem. Dimana komentar akan dikirim oleh pelanggan ataupun orang lain yang mengunjungi sistem. Adapun Struktur tabel tb_komentar dapat dilihat pada Tabel 3.8.
Table 3.8 Tb_komentar
No
Field
Type
Keterangan
1
Id_komentar
Int(10)
Id_komentar (Primary Key)
2
Guest_name
Varchar (200)
Pengirim komentar
3
Guest_address
Varchar (200)
Alamat pengirim
4
Guest_email
Varchar (100)
Email pengirim
5
Guest_desc
Text
Desikripsi atau isi komentar
6
Post_time
Varchar (20)
Tanggal pengiriman komentar
7
publish
Varchar (10)
Status komentar (on/off)

3.4 Relasi Antar Tabel
Relasi antar tabel merupakan keterkaitan masing-masing tabel database yang digunakan pada sistem. Adapun relasi antar tabel dari sistem informasi penjualan pada wikrama print berbasis web ini dapat dilihat pada Gambar 3.8.



  



download program php
download sql

Komentar

Posting Komentar

Popular Posts

Jenis-Jenis Port beserta Penjelasan, Gambar, dan Fungsinya Pada Console Unit

Proposal Usaha Bengkel Las Dan Bubut “Sabadha Logam”

Drama : Liburan Ke Kebun Binatang